Saturday, March 23, 2013

TEKA-TEKI S3 PARA DOKTOR


KATA PENGANTAR
       Teka-teki dalam tulisan ini, penulis susun untuk keperluan penataran guru-guru di LPMP Riau. Bahan dasarnya ada sedikit yang penulis karang sediri, dan lebih banyak mengutip dari orang lain. Intisarinya ialah penyaluran rasa humor dan rasa ingin tahu, tidak ada motif bisnis sidikitpun. Kalaupun dibisniskan tidak akan laku. Orang tidak gemar lagi membaca saat ini, orang cuma hobi menonton. Karena itu buku seperti ini, tidak pernah penulis jual, sudah dicetak, hanya  dihadiahkan kepada teman-teman. Itupun yang sudah dapat hadiah, Cuma mereka simpan, tak pernah dibaca.
          Penulis tidak peduli, apakah tulisan ini dibaca tau tidak, tapi hobi penulis sudah tersalur hebat. Maaf jurursan penulis di S 3 UIN adalah Hukum Islam, tapi hobi penulis, teka-teki, humor, novel dan pantun.Entah mengapa demikian, penulis hanya ibarat mengikutkan air mengalir saja. Semoga pembaca tersalurkan pula bakatnya di bidang yang lain. Mari kita sama-sama giat dan terima kasih.
                                                                 Pekanbru 23-Maret 2013
                                                               Penulis
                                                         Drs.Mhd.Rakib Janib Jamari,S.H.,M.Ag

PENDAHULAUN
         Rasa ingin tahu pemulis muncul  di waktu kelas III SD,di Pulau Penyaalai Kuala Kampar, tahun 1969. Saat ini paling-paling terasa. Misalnya penulis menggali tanah secara tiba-tiba, tidak tahu apa tujuannya. Hasrat itu tidak bisa ditahan, sampai dapat teguran dari ibunda penulis, tapi hasrat itu kian membara. Entah bagaimana, tiba-tiba penulis menemukan sebuah besi putih, yang ternyata pisau lipat zaman Belanda, pisau anti karat. Rupa keinginan seperti itu pasti ada, dalam setiap pikiran manusia. Rasa ingin tahu pun bermacam-macam bentuknya. Banyak hal yang membuat manusia memiliki rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu itu muncul bisa dikarenakan ada hal-hal yang baru dilihat. Rasa ingin tahu akan sesuatu itu sudah ada sejak dulu. Rasa ingin tahu sama seperti rasa penasaran. Contohnya saja di zaman prasejarah, makhluk purba saja sudah memiliki rasa ingin tahu saat melihat benda baru yang dilihat. Seperti darimana api berasal di sebuah kayu.
          Pengetahuan juga bisa muncul dari rasa ingin tahu. Keinginan untuk mencoba hal baru yang sudah diamati akan menghasilkan sebuah pengetahuan. Seperti anak kecil yang melihat acara tarian di televisi karena dia ingin tahu gerakan-gerakan yang diamati di televisi. Akhirnya anak kecil tersebut mencoba mengikuti gerakan tarian tersebut. Anak kecil itu juga akan terus mencoba sampai rasa ingin tahu tentang gerakan tersebut sudah bisa diikuti.
          Orang-orang zaman dahulu banyak yang membuat pemikiran yang mungkin sekarang dikenal dengan legenda. Seperti legenda Gunung Tangkuban Perahu yang awal mulanya diceritakan seorang pria bernama Sangkuriang kecewa karena ditolak oleh Dayang Sumbi yang tak lain adalah ibunya sendiri. Akhirnya dia menendang kapal hingga terbalik. Legenda ini ada karena ada seseorang yang melihat Gunung Tangkuban Perahu seperti kapal yang terbalik. Maka dari itu muncullah legenda ini. Pengetahuan ini akhirnya dianggap sebagai cerita rakyat. Padahal, hal ini masih belum bisa dicari tahu kebenarannya. Sebenarnya masih banyak lagi contoh yang lain.
         Manusia memiliki keistimewaan dibanding makhluk Allah yang lain. Karena manusia memiliki akal untuk berpikir yang dari kecil hingga dewasa selalu mengalami perkembangan. Maka dari itu, sekarang banyak sekali anak kecil yang suka bertanya kepada yang lebih dewasa yang membuat anak kecil tersebut terlihat kritis dengan pertanyaannya. Hal tersebut muncul karena anak kecil tersebut memiliki rasa ingin tahu akan sesuatu yang baru dilihatnya. Rasa ingin tahu itu tidak akan pernah berhenti muncul dalam otak manusia. Sebab, setiap melihat atau mendengar hal yang baru yang membuat penasaran disitulah akan muncul yang namanya rasa ingin tahu. Tapi, sekarang rasa ingin tahu kadang sudah disalah gunakan ke hal yang negatif. Maka dari itu, mulai sekarang mulai mengarahkan rasa ingin tahu ke arah yang positif.



BAB   I
TEKA TEKI TINGKAT S 3
A.Teka teki Si Buta, Si Tuli, dan Si Bisu?
1.Ada tiga orang bersahabat, masing-masing Si Buta, Si Tuli, dan Si Bisu.

        Mereka bertiga bersahabat sudah sangat lama. Namun pada suatu hari Si Tuli mencuri tongkat pemberian seorang raja, tongkat sangat  berharga milik Si Buta. Si Buta tidak mengetahuinya, lagi pula Si Buta tidak menyangka bahwa sahabatnya sendiri tega mencuri tongkat berharganya. Namun Si Bisu mengetahui bahwa yang mencuri adalah Si Tuli, karena pada saat itu Si Bisu meliat kejadian pencurian itu dengan kepala mata sendiri. Si Bisu melihat Si Buta yang sangat sedih karena kehilangan brg berharganya merasa iba kemudian ingin memberitahukan kepada Si Buta bahwa Si Tuli lah yg telah mencuri. Pertanyaannya : "Bagaimana caranya Si Bisu memberitahukan kepada Si Buta bahwa Si Tuli lah yang telah mencuri barang berharganya?" Silakan jawabannya teman.. Thank you.

2. Seorang pria menggunakan pakaian berwarna serba hitam, celana hitam, sepatu hitam, kaos kaki hitam, sarung tangan hitam, dan kacamata hitam. Ia berjalan di sebuah lorong hitam. Seluruh lampu di lorong itu padam total. Kemudian, sebuah kendaraan berwarna hitam dengan lampu yang juga padam meluncur memasuki lorong. Namun tepat di depan orang itu kendaraan berhenti. Bagaimana mungkin pengendara kendaraan bisa melihat lelaki itu?
3.Nah ada sebuah keluarga yg berisi seorang ibu,seorang ayah,dan 7 orang anak laki2 dan,masing2 anak laki-laki tsb memiliki seorang adik perempuan
pertanyaannya: berapakah jumlah anggota keluarga tsb?
4. Di tengah gurun sahara tergeletak mayat seorang laki2 telanjang.
di sekelilingnya tidak ada jejak kaki sama sekali.
hanya banyak berserakan berbagai pakaian.
banyak pakaian dan juga ada sedotan yang pendek.

Apa yang terjadi?
5.Konon, ada sebuah pulau yang isinya terdiri dari dua kaum.
kaum 1 adalah kaum ksatria yg selalu jujur
kaum 2 adalah kaum pemboong yg boong terus!
pada suatu hari ad orang yg dateng ke pulau tsb dan bertemu dengan 2 pejalan kaki,dan pendatang tsb bertanya
"dari kaum manakah anda?"
pejalan kaki A berkata
"si B adalah kaum ksatria"
sedangkan si B berkata
"kami berasal dari kaum yg berbeda"

pertanyaannya:dari kaum manakah si A dan si B?Ada 2 buah ruangan yang jaraknya cukup jauh (let's say, 20 meter). Ruangan itu dihubungkan oleh sebuah lorong.

Di ruangan A terdapat 3 lampu pijar yang letaknya diatas sebuah meja.

Di ruangan B terdapat 3 tombol yang digunakan untuk menyalakan masing-masing lampu itu. Tombol ini sifatnya, kalau ditekan akan nyala, tapi kalo kita lepas akan mati.

Gimana cara mencari tombol mana menyalakan lampu yang mana?

Kondisi:
-Kita sendirian, tidak boleh minta bantuan orang lain.
-Kedua ruangan cukup jauh dan tertutup tanpa jendela atau lubang2 apapun (kecuali pintu yang menghubungkan).
-Hanya boleh sekali pencet masing-masing tombol (satu tombol diperbolehkan hanya sekali), dan hanya boleh sekali juga mengunjungi ruangan A dimana terdapat lampu (gak boleh mondar mandir).
-Kita dalam kondisi telanjang, gak bawa satu barang pun.
CASE CLOSED ,THE WINNER IS : TUFF Stough

Pertanyaan berikutnya :

Ada 2 orang kembar identik yang tinggal dalam satu rumah. Pertanyannya adalah bagaimana cara membedakan mereka?
ada dua kota, kota A dan Kota B. kedua kota tersebut berjarak 100 KM. nah ada dua kereta api. kereta pertama berangkat dr kota A ke kota B dengan kecepatan konstan 60 Kmph. dan kereta kedua berangkat dr kota B ke Kota A dengan kecepatan 40 Kmph. kedua kereta berangkat bersamaan.

saat kedua kereta tersebut berangkat bersamaan, diatas kereta B ada se-ekor burung yang terbang dengan kecepatan 150Kmph. burung tersebut terbang ke kota A mengikuti rel kereta api. saat burung tersebut bertemu dengan depan-nya kereta A, dia berputar balik. saat dia bertemu dengan kereta B, dia berputar balik lagi. jadi burungnya bolak balik gitu d, sampai kedua kereta bertemu.

pertanyaannya, berapa jarak yang ditempuh oleh burung itu, dan jelaskan alasannya.4. Sebuah pesawat terbang keberangkatan dari Medan ke Bandung memakan waktu 80 mnt selama perjalanan..sedangkan pesawat lainnya menempuh jarak Bandung-Medan selama 1jam 20 mnt...kenapa bisa begitu?(Asumsi:tidak ada gangguan cuaca selama perjalanan)1. Semua pemain sepakbola yang berkebangsaan Italia berwajah tampan. John adalah pemain sepakbola berkebangsaan Inggris.
a. John bukanlah pemain sepakbola yang tampan
b. John adalah pemain sepakbola yang tampan
c. Meskipun bukan berkebangsaan Italia, John pasti berwajah tampan
d. Mustahil John berwajah tampan
e. Tidak dapat ditarik kesimpulan

2. Sebagian orang yang berminat menjadi politikus hanya menginginkan harta dan tahta. Dani tidak berminat menjadi politikus.
a. Dani tidak menginginkan harta dan tahta.
b. Tahta bukanlah keinginan Dani, tapi harta mungkin ya.
c. Dani menginginkan tahta tapi tidak berminat menjadi politikus.
d. Dani tidak ingin menjadi politikus karena sudah kaya dan punya tahta
e. Tidak dapat ditarik kesimpulan

3. Azkia ingin nikah sebelum punya rumah. Ingin dapat kerja sebelum nikah. Setelah dapat kerja ingin punya usaha sambilan. Ingin punya anak setelah punya rumah. Ingin menikah setelah punya usaha sambilan. Dan ingin punya usaha sambilan sebelum punya rumah. Mana urutan yang tepat ?
a. Dapat kerja – nikah – punya rumah – usaha sambilan – punya anak
b. Dapat kerja – nikah – usaha sambilan – punya rumah – punya anak
c. Usaha sambilan – dapat kerja – nikah – punya anak – punya rumah
d. Punya anak – nikah – dapat kerja – usaha sambilan – punya rumah
e. Dapat kerja – usaha sambilan – nikah – punya rumah – punya anak

Untuk tes logika No.3 - 4 ini, jawablah :
a. Bila benar
b. Bila salah pada pernyataan pertama
c. Bila salah pada pernyataan kedua
d. Bila pernyataan pertama dan kedua salah
e. Bila salah pada kesimpulan

3. Semua mammalia bernafas dengan paru-paru
Ikan salmon adalah mammalia
Jadi, ikan salmon bernafas dengan paru-paru

4. Pabrik ”Bangun Jaya” hanya memberikan kenaikan gaji karyawan maksimal 2 kali dalam setahun.
Nina adalah staf departemen pemasaran yang sangat berprestasi di Pabrik ”Bangun Jaya”.
Jadi, Nina bisa mendapatkan kenaikan gaji lebih dari dua kali dalam setahun.

Untuk tes logika No.5 jawablah berdasarkan cerita yang diberikan

Dodi seorang anak yatim. Dia memiliki kucing kesayangan yang dinamakan didi. Dodi dan didi kemana-mana sering berdua. Bagaikan kakak beradik. Di sekolah Dodi sangat disayangi oleh Bu Rina. Diantara seluruh murid kelas 1 SD, Bu Rina paling menyayangi dodi karena selain sudah yatim, dia juga anak bungsu dan berwajah imut. Toni adalah teman paling akrab dodi. Meski tidak seangkatan, mereka berdua sangat akrab dan sering bermain di sungai dan sawah bersama. Toni sering mengolok-olok dodi sebagai anak manja, tapi itu hanya gurauan dan dodi menerima hal itu. Sebab jalan dari rumah Dodi menuju ke sekolah cukup jauh sehingga terkadang dia meminta tolong dibonceng sepeda motor Pak Sobarin, tetangganya yang tempat kerjanya searah dengan arah sekolah Dodi.

5. Berdasarkan cerita diatas hal-hal berikut ini tidaklah mustahil, kecuali ?
a. Hanya sedikit tetangga Dodi yang baik hati
b. Toni punya ayah dan ibu
c. Adik Dodi masih berusia dibawah 7 tahun
d. Teman sekolah Dodi lebih dari 30 anak
e. Didi penggemar berat ikan bandeng.
        Budi ingin pergi ke kota A. di perjalanan, ia menemui jalan yang akan ditempuhnya membelah 2. kemudian ia bertanya pada seseorang dan orang itu berkata "aku tidak tahu jalan ke kota A. di sebelah sana tinggal 2 orang bersaudara, ada yang jujur, dan ada yang pembohong. mereka mengetahui jalan ke kota A. kau bisa bertanya pada mereka.
budi lalu pergi ke rumah 2 bersaudara tersebut. kemudian salah satu dari 2 bersaudara tersebut keluar (budi tdk tahu siapakah yg keluar. si pembohong, atau si jujur ). APAKAH PERTANYAAN YANG HARUS BUDI TANYAKAN AGAR IA TAK TERSESAT?
         Seorang importir menerima kiriman barang dari luar negeri. Ia lupa berapa banyak barang yang ia pesan dan berapa harga masing-masing barang tersebut. Ia hanya ingat bahwa total harga barang tersebut adalah 1.111.111.

Berapa banyak barang yang ia pesan dan berapa harga masing-masing barang tersebut ? suatu benda melakukan gerakan bola balik sebanyk bilangan palindrome terbesar 4 digit, selama kurang dari 9/12 jam dan lebih dari 1/4 jam. berapa frekuensi dan periodenya ???? (bilangan palindrome contohnya 1331 (dibaca dari depan dan belakang tetap sama nilainya)
Petani bernama Paijo mempunyai banyak ayam betina. Ia tahu bahwa 20 di antaranya, tinggal dalam tiga kandang ayam, akan menetaskan 30 telur dalam 18 hari. Berapa lama yang diperlukan oleh 30 ayam betina, yang tinggal dalam empat kandang ayam, untuk menetaskan telur dengan jumlah yang sama?Apabila :
1=5
2=25
3=325
4=4325
5=????
Berapa banyak tanah di dalam sebuah lubang di tanah yang panjangnya 25 m, lebarnya 6 m, dan dalamnya 2 m? jika kecepatan cahaya adalah 300.000km/dtk. maka berapa jarak bumi - mars, bila perjalanan dari bumi ke mars adalah 1/5 tahun cahaya ????? tahunnya bukan tahun kabisat
Pada sebuah turnamen sepak bola, terdapat 143 tim yang akan bertanding. Turnamen ini dilakukan dengan memasangkan setiap 2 tim dari 143 tim yang ada untuk bertanding. Tim yang tidak mendapatkan giliran bertanding (apabila jumlah tim ganjil) akan langsung maju ke babak berikutnya. Tim yang kalah akan langsung gugur, dan yang menang akan maju ke babak berikutnya, dan dilakukan hal yang sama sampai diperoleh juaranya. Berapa banyak pertandingan keseluruhan yang ada pada turnamen ini?
Suatu saat, seorang anak merayakan ulang tahunnya. Dua hari kemudian, saudara kembarnya yang lebih tua yang merayakan ulang tahunnya. Bagaimana hal ini mungkin terjadi?jawabannya
Saudara kembar anak tersebut, yang lebih tua, lahir di atas kapal pada pagi-pagi sekali pada tanggal 1 Maret. Lalu, kapal tersebut melewati “International Date Line”, dan anak tersebut lahir pada tanggal 28 Februari. Pada tahun kabisat, si anak yang lebih muda akan merayakan ulang tahun dua hari sebelum kakak kembarnya berulang tahun.


Jawabannya
Ah, mudahlah itu.. baru mulai baca soalnya z w da tao, masak kata sandang "si" pake awalan huruf besar, aneh.. Itu semua kan nama org, Si Buta, Si Tuli, Si Bisu semua nama mereka bertiga, jadi mereka semua kan gak cacat, jadi cara Si Bisu memberitahukan kepada Si Buta ya tinggal ngomong az, pake SMS juga boleh biar Si Tuli gak curiga klo Si Buta yg tukang ngaduh. haha..

materi referensi:

Logika

     Ini kajian S 3 yang lebih serius.
Apa  pengertian Sebab, Syarat, Jami’ dan mani’(Hukum Wadh’i)
Hukum wadh’i terbagi kepada 5 bagian, berdasarakan penelitian di peroleh ketetapan, bahwwasannya hukum wadh’i ada kalanya menghendaki untuk menjadi suatu syarat bagi sebab sesuatu yang lain atau, menjadi penghalang atau menjadi pemboleh adanya rukshah (keringanan hukum) sebagai ganti ‘azimah, atau sah atau tidak sah.[1]
       B.       Pengertian Sebab
Sebab ialah sesuatu yang di jadikan oleh syari’ sebagai tanda atas musababnya dengan mengkaitkan keberadaan musabab dengan keberadaannya dan ketiadaan musabab dengan ketiadaannya. jadi, dari keberdaan sebab , maka di tetapakan adanya musabah dan dari ketiadaan sebab itu di tetapkan ketiadaannya. dengan demikian, sebab merupakan hal yang zhahir (nyata) dan pasti yang di jadikan oleh syar’i sebagai alamat atas hukum syara’, yaitu musababnya. Dari keberadaan sebab itu, di peroleh ketetapan keberadaan musabah, dan dari ketiadaannya, maka di peroleh ketetapan mengenai ketiadaan musabab itu.[2]
       C.      Macam-Macam Sebab
Sebab terkadang menjadi hukum taklifi, seperti waktu yang di jadikan oleh syar’i sebagai sebab untuk mewajibkan mendirikan shalat, karena firman Allah SWT :
Pemilikan nisab suatu yang berkembang dari pemilik zakat  bahkan sebagai sebab bagi pewajiban pembayaran zakat penyucian di tetapakan menjadi sebab bagi pemotongan tangan pencuri dan semisal hal-hal tersebut.[3]
Kadangkala sebab menjadi sebab bagi penempatan kepemilikan, atau halangan, atau menghilangkan kedua-duanya: sebagai mana jual beli untuk menetapkan kepemilikan dan menghilangkannya, pemerdekaan dan wakaf untuk menggugurkannya akad perkawinan untuk menetapakan kehalalan, talaq untuk menghilangkan kehalalnya, kekerabatannya hubungan semenda, dan wala’ untuk menentapkan hal pewarissan, pengerusakan harta orang lain untuk menetapakan kewajiban mengganti rugi atas orang yang merusakkan, dan persekutuan atau pemilik untuk penetapan hak syuf’ah (menutp harga barang yang di jual). Terkadang sebab merupakan suatu perbuatan mukallaf yang di kuasainya, seperti pembunuhan yang di lakukan dengan sengaja menjadi sebab adanya penganiayaan terhadapnya, kadang kala, sebab merupakan hal yang di luar kekuasaan mukallaf dan tidak termasuk perbuatannya, sebagaimana masuknya waktu adalah sebab bagi pewajiban shalat.[4]
       D.      Pengertian  Syarat
syarat ialah suatu yang keberadaan hukumnya tergantung pada keberadaan sesuatu itu, dan dari ketiadaanya sesuatu itu di peroleh ketetapan ketiadaan hukum tersebut. yang di maksutkan adalah keberadaannya ecar syara’, yang menumbulkan efeknya.
Syarat merupakan hal yang di luar hakekat sesuatu yang di syaratkan. ketidaan syarat menetapakan ketiadaan yang di syaratkan, namun adanya syarat tersebut tidak memastikan adanya yang di syaratkan.[5]
       E.       Contoh Syarat
Wudhu adalah syarat bagi keabsaan mendirikan shalat-shalat apabila tidak ada wudhu, maka mendirikan shalat tidak sah, namun keberadaan wudhu tidak memastikan pendirian shalat.
Syarat-syarat syar’iyyah adalah yang menympurnakan sebab dan menjadikan efek timbul padanya, misalnya pembunuhan meruoakan sebab bagi pewajiban qishash, akan tetapi dengan syarat, bahwa ia merupakan pembunuhan secara sengaja dan kezaliman.
Pebedaan antara rukun dan syarat sesuatu, pada hal masing-masing dari keduanya menjadi tempat tergantungnya keberadaan hukum : bahwasannya rukun merupakan bagian dari hakikat sesuatu, adapun syarat merupakan hal yang berada di luar hakikatnya, dan bukan termasuk bagian-bagiannya. misalanya ruku’ adalah rukun shalat, karena ia dalah bagian dari hakikat shalat, sedangkan bersucu adalah syarat shalat, karena ia adalah hal yang berada di luar hakeket shalat.
persyaratan suatu syarat terkadang melalui hukum syari’, dan ia di sebut syar’i
persyaratan suatu syarat terjadinya dengan tasharruf (tindakan hukum) mukallaf, dan ia disebut dengan syarat Ja’il.[6]
       F.       Pengertian Mani’
Mani’ adalah sesuatu yang keberadaannya menetapkan ketiadaan hukum, atau batalnya sebab ( Penghalang).
 Mani’ dalam istilah para ahli ilmu ushul fiqih adalah sesuatu hal yang ditemukan bersama keberadaan sebab dan terpenuhinya syarat- syaratnya, namun ia mncegah timbulnya musabab pada sebabnya. ketiadaan syarat tidaklah disebut mani’ dalam peristilahan mereka, meskipun ia menghalangi munculnya musabab pada sebabnya. suatu penghalaang terkadang menjadi mani’ terhadap keberadaan sebab syar’i, bukan timbulnya hukumnya,sebagai utang bagi orang yang memiliki senishab harta zakat. sesungguhnya hutang itu menghalangi terhadap keberadaan sebab bagi pewajiban zakat atas dirainya, karena harta kekayaan orang yang berhutang seakan-akan bukanlah miliknya dengan suatu pemilikan yang sempurna.


1. Ijab (kemestian): firman (teks ayat atau hadits) yang menuntut melaksanakan suatu perbuatan dengan tuntutan yang pasti.
2. Nadb (anjuran): firman (teks ayat atau hadits) yang menuntut mengerjakan suatu perbuatan dengan tuntutan yang tidak pasti.
3. Tahrim (larangan): firman (teks ayat atau hadits) yang menuntut meninggalkan suatu perbuatan dengan tuntutan yang pasti.
4. Karahah (kebencian): firman (teks ayat atau hadits) yang menuntut meninggalkan suatu perbuatan dengan tuntutan yang tidak pasti.
5. Ibahah (kebolehan): firman (teks ayat atau hadits) yang mebolehkan melakukan atau meninggalkan suatu perbuatan.

• Hukum wadh’i ialah firman Allah yang menjadikan sesuatu sebagai sebab adanya yang lain (musabbab); atau sebagai syarat yang lain (masyrut); atau sebagai penghalang adanya yang lain (mani’).

Mani’ adalah sesuatu hal yang karena adanya dapat menghalangi kewajiban melaksanakan sesuatu; atau menjadi penghalang terlaksananya suatu hukum.

Contoh:

a) Adanya najis pada tubuh atau pakaian, dapat menghalangi seseorang untuk melaksanakan shalat.

b) Adanya kewajiban zakat karena sudah mencapai nishab (batas minimal kewajiban zakat), karena ada hutang maka menjadi penghalang kewajiban berzakat, karena membayar hutang hukumnya juga wajib. Jadi, hutang menjadi penghalang membayar zakat.

c) Adanya kewajiban menunaikan ibadah haji ke Baitullah, karena tidak ada keamanan di jalan, maka tidak wajib berhaji. Ketidakamanan di jalan merupakan penghalang kewajiban haji.[7]
G.       Perbedaan antara Hukum Taklifi dan Wadh’i
1.    Hukum taklifi adalah menuntut melaksanakan suatu perbuatan atau membolehkan memilih (takhyir) bagi seorang mukallaf untuk melakukan suatu kewajiban atau tidak melakukan kewajiban itu. Sedangkan hukum wadh’i tidak menuntut, melarang atau membolehkan memilih suatu kewajiban, tetapi hanya menerangkan sebab, syarat, dan mani’ (penghalang) terhadap suatu kewajiban.
2.       Hukum taklifi selalu dalam kesanggupan orang mukallaf untuk melaksanakan atau meninggalkannya. Sedangkan hukum wadh’i kadang-kadang sanggup dilaksanakannya, dan kadang-kadang tidak mampu dikerjakan karena ada faktor-faktor: sebab, syarat, dan mani’


PENUTUP

A.      Kesimpulan
Pengertian sebab ialah sesuatu yang dijadikan oleh syari’ sebagai tanda atas musababnya dengan mengkaitkan keberadaan musabab dengan keberadaannya dan ketiadaan musabah dengan ketiadaannya. Sedangkan syarat ialah suatu yang keberadaan hukumnya tergantung pada keberadaan sesuatu itu, dan dari ketiadaanya sesuatu itu di peroleh ketetapan ketiadaan hukum tersebut dan pengertian  mani’ ini sendiri adalah sesuatu yang keberadaannya menetapkan ketiadaan hukum, atau batalnya sebab ( Penghalang).
B.      Saran
Harapan saya setelah tersusunnya makalah ini dapat menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca. Dan saya juga menyadari makalh ini jauh dari kesempurnaan untuk itu saya mengharapkan keritik dan saran yang bersifat membangun untuk di jadikan bahan acuan dalam pemuatan makalah selanjutnya.

DAFTAR PUSTAKA







JAWABAN BEDA JAMI’  DAN  MANI’
Syarat syarat definisi adalah jami’ (memuat) dan mani’ (menolak). Jami’ artinya bahwa definisi harus mampu memuat dan menggambarkan seluruh aspek obyek kajian. Mani’ berarti menutup pintu bagi aspek-aspek yang bukan termasuk obyek kajian untuk turut dibahas di dalamnya.

BAB     II
TEKA TEKI KEAGAMAAN

A.Inilah teka-teki agama Islam


Teka-teki Imam Ghazali r.a
Suatu hari, Imam Al-Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya lalu beliau bertanya (Teka Teki ) :

Imam Ghazali = ” Apakah yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini ?
Murid 1 = ” Orang tua “

Murid 2 = ” Guru “

Murid 3 = ” Teman “

Murid 4 = ” Kaum kerabat “

Imam Ghazali = ” Semua jawapan itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita ialah MATI. Sebab itu janji Allah bahawa setiap yang bernyawa pasti akan mati ( Surah Ali-Imran :185).


Imam Ghazali = ” Apa yang paling jauh dari kita di dunia ini ?”

Murid 1 = ” Negeri Cina “

Murid 2 = ” Bulan “

Murid 3 = ” Matahari “

Murid 4 = ” Bintang-bintang “

Iman Ghazali =Semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling benar adalah MASA LALU. Bagaimanapun kita, apapun keadaan kita, tetap kita tidak akan dapat kembali ke masa yang lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini, hari esok dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama”.

Iman Ghazali = ” Apa yang paling besar didunia ini ?”

Murid 1 = ” Gunung “

Murid 2 = ” Matahari “

Murid 3 = ” Bumi “

Imam Ghazali = ” Semua jawaban itu benar, tapi yang besar sekali adalah HAWA NAFSU (Surah Al A’raf: 179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu kita membawa ke neraka.”

Imam Ghazali = ” Apa yang paling berat didunia? “

Murid 1 = ” Baja “

Murid 2 = ” Besi “

Murid 3 = ” Gajah “

Imam Ghazali =Semua itu benar, tapi yang paling berat adalah MEMEGANG AMANAH (Surah Al-Azab : 72 ). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka menjadi khalifah pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya berebut-rebut menyanggupi permintaan Allah SWT sehingga banyak manusia masuk ke neraka kerana gagal memegang amanah.”
Imam Ghazali = ” Apa yang paling ringan di dunia ini ?”

Murid 1 = ” Kapas”
Murid 2 = ” Angin “
Murid 3 = ” Debu “
Murid 4 = ” Daun-daun”

Imam Ghazali =Semua jawaban kamu itu benar, tapi yang paling ringan sekali didunia ini adalah MENINGGALKAN SOLAT . Gara-gara pekerjaan kita atau urusan dunia, kita tinggalkan solat “
Imam Ghazali = ” Apa yang paling tajam sekali di dunia ini? “

Murid- Murid dengan serentak menjawab = ” Pedang “

Imam Ghazali = ” Itu benar, tapi yang paling tajam sekali didunia ini adalah LIDAH MANUSIA. Kerana melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.
Sebutkan satu yang tiada duanya,
2. dua yang tiada tiganya,
3. tiga yang tiada empatnya,
4. empat yang tiada limanya,
5. lima yang tiada enamnya,
6. enam yang tiada tujuhnya,
7. tujuh yang tiada delapannya,
8. delapan yang tiada sembilannya,
9. sembilan yang tiada sepuluhnya,
10. sesuatu yang tidak lebih dari
sepuluh,
11. sebelas yang tiada dua belasnya,
12. dua belas yang tiada tiga belasnya,
13. tiga belas yang tiada empat
belasnya.
14. Sebutkan sesuatu yang dapat
bernafas namun tidak mempunyai ruh!
15. Apa yang dimaksud dengan kuburan berjalan membawa isinya?
16. Siapakah yang berdusta namun masuk ke dalam surga?
17. Sebutkan sesuatu yang diciptakan Allah namun Dia tidak menyukainya?
18. Sebutkan sesuatu yang diciptakan Allah dengan tanpa ayah dan ibu!
19. Siapakah yang tercipta dari api, siapakah yang diadzab dengan api dan siapakah yang terpelihara dari api?
20. Siapakah yang tercipta dari batu, siapakah yg diadzab dengan batu dan siapakah yang terpelihara dari batu?
21. Sebutkan sesuatu yang diciptakan Allah dan dianggap besar!
22. Pohon apakah yang mempunyai 12 ranting, setiap ranting mempunyai 30 daun,setiap daun mempunyai 5 buah, 3 di bawah naungan dan dua di bawah sinaran matahari?
1.      Jawaban

 ‎1.Allah
2.malam dan siang
3. Kehilafan Nabi Musa saat brguru kpd nabi khidir
4. Kitabullah: Taurat, injil, zabur dn alqur'an
5.sholat 5 wktu
6. Jumlah hari ktika Allah mnciptakn makhlukNya.
7.langit 7 lapis
8.malaikat pemikul Arsy Allah
9. Jumlah mukjizat nabi musa.
10.kebaikn Allah SWT. (Al An'am. 160)
11.jumlah saudara2 yusuf
12. Mukjizat nabi Musa yg ada pada surat Al Baqarah ayat 60
13. Jumlah saudra yusuf ditmbah ayah dn ibunya
14.waktu subuh
15.ikan yg menelan nabi yunus
 ‎16.saudara yusuf yg berdusta kmudian stela kedustaan trsbt trungkap, ayah mreka nabi Yaqub memohonkn ampun kpd Allah.
17.suara keledai
18.nabi adam, malaikat, unta nabi shaleh. Dn kambing nabi ibrahim.
19.iblis: abu jahal: nabi ibrahim.
20.unta nabi shaleh: tentara bergajah: ash habul kahfi.
21.tipu daya wanita.(Yusuf. 28)
22.pohon adl tahun, ranting adl bulan. Daun adl hari, dn buah adl sholat 5 wktu, 3 di mlam hari dn 2 disiang hari.
B.Teka-teki aliran JIL, liberal
1. Siapa yang membaca teka teki ini, siap-siap sakit hati kepada JIL.
Agama apa : ketika masuk agama itu,  mereka potong sebagian kecil diriku, kalau keluar mereka potong diriku jadi kecil-kecil.” :roll::roll:

NB.
Kalau betul dapat hadiah 72 perawan! :D
Nah agama apa hayooo
ketika masuk syaratnya mudah
dan jika mau keluar syaratnya susah
Aye tau...ISLAM kan...?
Klo masuk anda harus sunat(sebagian kecil diriku) klo keluar maka nasib and ya dipotong jadi kecil2...

Klo aye bener jangan dikasih 72 perawan ye...aye bukan lesbian., bukan homo, bukan  Gay...
2. Agama apa hayo yang paling bergantung sama bulan?
Ngga boleh makan minum kalo dewanya ga ada?
Mau makan musti tunggu dewanya nongol?
babi haram, babu harum....

3. Apa bahasa Arabnya: ayo kita bakar?
4. Agama apa tuhannya ada banyak, tuhannya bisa mati, manusia jadi tuhan, tuhan bisa punya anak manusia, anak tuhan dibikin tv seri... anak tuhan kuaaaat sekali...
Petunjuk: bukan agama di Indonesia...
jawabannya... agama kuno orang-orang Athena
Bossnya Zeus
Ibunya Hera
Sodaranya Hades
Anaknya Hercules




BAB       III
TEKA-TEKI DALAM PANTUN

A.Teka-taki
Kalau ada jarum patah
                          Mengapa dimasukkan ke dalam peti
            Kalau JIL membuat masalah,
               Mengapa dibela, oleh Yahudi?


Asam kandis, asam gelugur
Kalau diambil, pasti meriang
Kalau mayat, pasti dikubur
Menapa JIL, tidak sembahyang


       Ada kahsiat, pohon koko,
             Tumbuh dekat pohon mangga
                   Maksiat bernama, kumpul kebo
                       Mengapa dicontoh, oleh manusia?



Kalau puan, puan cemara
Ambil gelas di dalam peti
Kalau tuan bijak laksana
 Agama apa, Tuahnnya mati?

            Pantun teka-teki inilah yang akan di share berry blog, sobat sebelumnya juga udah liat kan pantun jenaka,pantun agama dan pantun nasihat yang saya post sebelumnya, nah kali ini saya mau berbagi tentang contoh pantun teka-teki, semoga berguna ya .


Pulau padi, nampak di pantai,
Buluh betung,  siapa yang punya.
Kalau tuan,  cerdik pandai,
Langit tergantung, mana talinya?


             Kalau sawah,  hendak dibajak,
          Air tawar,  banyak gunanya.
             Kalau tuan, orang yang  bijak
  Biji di luar,  apa buahnya.


Kalau tuan bawa keladi
Bawakan juga si pucuk rebung
Kalau tuan bijak bestari
Binatang apa tanduk dihidung?


   Kalau tuan,  muda kelana,
      Pakai celana, di atas tumit.
 Kalau tuan, bijak laksana,
                        Berapa jumlahnya, bintang   dilangit,


Terendak bentan lalu dibeli
Untuk pakaian saya turun kesawah
Kalaulah tuan bijak bestari
Apa binatang kepala dibawah?
        Kalau raja, bermain gitar,
            Lagu Islami, bergaya Barat.
            Kalau ada pemimpin pintar,
                  Mustahil rakyat, miskin melarat.


Jika ditambak, udang mini,
Akan menyebar, banyak daerah.
Coba tebak, teka-teki ini
Buah apa, warnanya merah?


  Kalau tuan, bawa keladi
               Bawakan juga si pucuk rebung
   Kalau tuan, bijak bestari
                   Binatang apa, tak punya hidung ?


Air dalam bertambah dalam
Hujan di hulu belum lagi teduh
Hati dendam bertambah dendam
Obat apa, jadi   penyembuh.?

                                                    Beras ladang, musim se tahun
                                                    Malam kelam,  memasak nasi
                                                     Dalam batang,  ada daun,
                                                     Dalam daun,  ada isi.

Terendak bentan lalu dibeli
Untuk pakaian saya turun kesawah
Kalaulah tuan bijak bestari
Apa binatang kepala dibawah ?

                                                      Tugal padi, Labuhan Bilik.
                                                      Sayur kangkung, lebat daunnya,
                                                      Kalau tuan, sungguh  cerdik,
                                                      Rembulan melengkung, apa sebabnya ?

B.  Teka-taki Barmuda
         Anda yang gemar dengan kisah misteri, pasti mengenal Segitiga Bermuda. Wilayah laut di selatan Amerika Serikat dengan titik sudut Miami (di Florida), Puerto Rico (Jamaica), dan  Bermuda ini, telah berabad-abad menyimpan kisah yang tak terpecahkan. Misteri demi  misteri bahkan telah dicatat oleh pengelana samudera macam Christopher Columbus.  Lebih dari itu, tak jauh dari kapal, pada suatu malam tiba-tiba para awaknya dikejutkan dengan munculnya bola-bola api yang terjun begitu saja ke dalam laut. Mereka juga
menyaksikan lintasan cahaya dari arah ufuk yang kemudian menghilang begitu saja.

        Begitulah Segitiga Bermuda. Di wilayah ini, indera keenam memang seperti dihantui suasana yang tak biasa. Namun begitu rombongan Columbus masih terbilang beruntung, karena hanya disuguhi pertunjukkan. Lain dengan pelintas-pelintas yang lain. Di lain kisah, Segitiga Bermuda juga telah membungkam puluhan pesawat yang melintasinya. Peristiwa terbesar yang kemudian terkuak sekitar 1990 lalu adalah raibnya iringiringan lima Grumman TBF Avenger AL AS yang tengah berpatroli melintas wilayah laut ini pada
siang hari 5 Desember 1945. Setelah sekitar dua jam penerbangan komandan penerbangan B13 melapor, bahwa dirinya dan anak buahnya seperti mengalami disorientasi. Beberapa menitkemudian kelima TBF Avenger ini pun raib tanpa sempat memberi sinyal SOS.

       Hilangnya C-119 Kisah ajaib lainnya adalah hilangnya pesawat transpor C-119 Flying Boxcar pada 7 Juni 1965. Pesawat tambun mesin ganda milik AU AS bermuatan kargo ini, hari itu pukul 7.47 lepas
landas dari Lanud Homestead. Pesawat dengan 10 awak ini terbang menuju Lapangan Terbang Grand Turk, Bahama, dan diharapkan mendarat pukul 11.23. Pesawat ini sebenarnya hampir menuntaskan perjalanannya. Hal ini diketahui dari kontak radio yang masih terdengar hingga pukul 11. Sesungguhnya memang tak ada yang
mencurigakan. Kerusakan teknis juga tak pernah dilaporkan. Tetapi Boxcar tak pernah sampai tujuan.

      Dalam kontak radio terakhir tak ada indikasi apa-apa bahwa pesawat tengah
mengalami masalah. Namun setelah itu kami kehilangan jejaknya, begitu ungkap juru bicara Penyelamat Pantai Miami. Besar kemungkinan pesawat mengalami masalah kendali arah(steering trouble) hingga nyasar ke lain arah, tambahnya. Benar-benar aneh. Sebuah pesawat terbang ke arah selatan Bahama dan hilang begitu saja tanpa jejak, demikian komentar seorang veteran penerbang Perang Dunia II.

       Banyak teori kemudian dihubung-hubungkan dengan segala kejadian di sana. Adayang menyebut teori pelengkungan waktu, medan gravitasi terbalik, abrasi atmosfer, dan adajuga teori anomali magnetik-gravitasi. Selain itu ada juga yang mengaitkannya denganfenomena gampa laut, serangan gelombang tidal, hingga lubang hitam (black-hole) yang hanyaterjadi di angkasa luar sana. Aneh-aneh memang analisanya, namun tetap saja tak ada satu pun
yang bisa menjelaskannya. Hingga saat ini, telah banyak tenggapan-tanggapan atau teori-teori mengenai peristiwa-peristiwan aneh dan ghaib yang terjadi di kawasan tsb, diantaranya:

A. Sebuah Argumen dari suatu Perusahaan Asuransi Kapal Laut
Perusahaan asuransi laut Lloyds of London menyatakan bahwa segitiga bermuda bukanlah lautan yang berbahaya dan sama seperti lautan biasa di seluruh dunia, asalkan tidak membawa angkutan melebihi ketentuan ketika melalui wilayah tersebut. Penjaga pantai mengkonfirmasi keputusan tersebut. Penjelasan tersebut dianggap masuk akal, ditambah dengan sejumlah pengamatan dan penyelidikan kasus.

B. Teori Lorong Waktu. Menurut beberapa peneliti,mungkin dikawasan ini terdapat sebuah gangguan atmosfir di udara berupa lubang di langit.Ke lubang itulah pesawat terbang masuk tanpa sanggup untuk
keluar lagi. Dari misteri Lubang di Langit ini membentuk sebuah teori tentang adanya semacamperhubungan antara dunia dengan dimensi lain. lubang diLangit itu dianggap semacam alattransportasi seperti tampak di film Star Trek. Ataukah bentuk Lubang di Langit itu UFO? Orang
sering menghubungkan hilangnya pesawat kita dengan munculnya UFO.

C. Blue Hole

Konon di dasar laut segitiga bermuda terdapat semacam lubang/gua dasar laut,dulu gua ini memang sungguh ada, tetapi setelahjaman es berlalu, gua ini tertutup.Arus didalamnya sangat kuat dan sering membuat pusaran yang berdaya hisap. banyak kapal-kapal kecil atau manusia yang terhisap ke dalam blue hole itu tanpa daya,dan anehnya kapal-kapal kecil yang terhisap itu akan muncul kembali ke permukaan laut selang beberapa lama. Tapi yang menimbulkan pertanyaan ialah: Mungkinkah Blue Hole ini sanggup menelan
kapal raksasa ke dasar lautan?

D. Gas Metana

Penjelasan lain dari beberapa peristiwa lenyapnya pesawat terbang dan kapal laut secara misterius adalah adanya gas methana di wilayah perairan tersebut. Teori ini dipublikasikan untuk pertama kali tahun 1981 oleh Badan Penyelidikan Geologi Amerika Serikat. Teori ini berhasil diuji coba di laboratorium dan hasilnya memuaskan beberapa orang tentang
penjelasan yang masuk akal seputar misteri lenyapnya pesawat-pesawat dan kapal laut yang melintas di wilayah tersebut.

E. Misteri Lidah Lautan

Kawasan Segitiga bermuda sering juga disebut sebagai Tongue of the Ocean atau Lidah Lautan.Lidah Lautan mempunyai jurang bawah laut (canyon).Ada beberapa peristiwa kecelakaan di sana. Tidak banyak yang belum diketahui tentang Segitiga Bermuda, sehingga orang menghubungkan misteri Segitiga Bermuda ini dengan misteri lainnya. Misalnya saja misteri Naga Laut yang pernah muncul di Tanjung Ann, Massachussets AS, pada bulan Agustus
1917.

F. Misteri Makhluk Sargasso

Misteri lain yang masih belum terungkap adalah misteri Makhluk Laut Sargasso, yang bukan semata-mata khayalan. Di Lautan Sargasso,banyak kapal yang tak pernah sampai ketujuannya dan terkubur di dasar laut. Di sana terhimpun kapal-kapal dari berbagai jaman, harta karun, mayat tulang belulang manusia. Luas Laut Misteri Sargasso ini 3650 km untuk panjang
dan lebarnya 1825 km, dan di sekelilingnya mengalir arus yang kuat sekali, sehingga membentuk pusaran yang sangat luas yang berputar perlahan-lahan searah jarum jam.

G. Angin Puting Beliung

Mungkin di area ini sering terjadi badai laut yang mungkin bisa membentuk suatu pusaran angin yang dapat menyebabkan hancurnya sebuah pesawat terbang karena terhempaskan.

H. Beberapa Penjelasan Lain

Ada yang mengatakan Segitiga Bermuda disebabkan karena tempat tersebut
merupakan pangkalan UFO sekelompok mahkluk luar angkasa/alien yang tidak mau diusik oleh manusia,sehingga kendaraan apapun yang melewati daerah teritorial tersebut akan terhisap dan diculik. Ada juga yang mengatakan bahwa penyebabnya dikarenakan oleh adanya sumber magnet terbesar di bumi yang tertanam di bawah Segitiga Bermuda,sehingga logam bertontonpun
dapat tertarik ke dalam. Dan bahkan ada yang mengatakan Segitiga Bermuda
merupakan pusat bertemunya antara arus air dingin dengan arus air panas,sehingga akan mengakibatkan pusaran air yang besar/dasyat.
Berikut adalah beberapa Kejadian-kejadian yang terjadi di Segitiga Bermuda:

1840 : HMS Rosalie
1872 : The Mary Celeste, salah satu misteri terbesar lenyapnya beberapa kapal di segitiga
bermuda
1909 : The Spray
1917 : SS Timandra
1918 : USS Cyclops (AC-4) lenyap di laut berbadai, namun sebelum berangkat menara pengawas mengatakan bahwa lautan tenang sekali, tidak mungkin terjadi badai, sangat baik untuk pelayaran
1926 : SS Suduffco hilang dalam cuaca buruk
15
1938 : HMS Anglo Australian menghilang. Padahal laporan mengatakan cuaca hari itu sangat tenang
1945 : Penerbangan 19 menghilang
1952 : Pesawat British York transport lenyap dengan 33 penumpang
1962 : US Air Force KB-50, sebuah kapal tanker, lenyap
1970 : Kapal barang Perancis, Milton Latrides lenyap; berlayar dari New          Orleans menuju CapeTown.
1972 : Kapal Jerman, Anita (20.000 ton), menghilang dengan 32 kru
1976 : SS Sylvia L. Ossa lenyap dalam laut 140 mil sebelah barat Bermuda.
1978 : Douglas DC-3 Argosy Airlines Flight 902, menghilang setelah lepas landas dan kontak
radio terputus
1980 : SS Poet; berlayar menuju Mesir, lenyap dalam badai
1995 : Kapal Jamanic K (dibuat tahun 1943) dilaporkan menghilang setelah melalui Cap Haitien
1997 : Para pelayar menghilang dari kapal pesiar Jerman
1999 : Freighter Genesis hilang setelah berlayar dari Port of Spain menuju St Vincent

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook