TESIS ANTI TESIS DAN SINTESIS
DRS.H. MUHAMMAD RAKIB, S.H., M.Ag
Pekanbaru Riau Indonesia.
2014
0823 9038 1888
1. Tesis adalah pemaparan sebuah kebenaran yang disertai oleh metode penelitan dan data yang kongkrit.
2. Sedangkan Anti-tesis adalah bantahan atas Tesis tersebut.
3. Sintesis itu merupakan gabungan dari Tesis dan
antitesis dimana awanya menjelaskan Tesis sesuatu lalu disambung dengan anti
tesisnya dan di akhir dengan kesimpulan gabungan dari tesis dan anti tesis
tersebut
kira kira seperti itu, TAPI masih ada jawaban lain:
TESIS
merupakan kesimpulan atas sebuah hasil riset ilmiah yang didasari atas bukti-buti
dan pemikiran logis.
ANTITESIS adalah hasil sebuah riset ilmiah yang menggambarkan keterbaikan atau sangkalan atas tesis yang yang ada sebelumnya dengan maksud menuluruhkan tesis itu.
sintesis merupakan jawaban atau kesimpulan atas pertentangan yang dibuat antara tesis dan antitesis sehingga menjadi satu hal utuh yang merupakan hasil ilmiah yang baru.
contoh : tesis "diyakini bumi itu bulat dan merupakan pusat tata surya", anti tesis "matahari merupakan pusat tata surya, bukan bumi", dan menghasilkan sintesis "bumi itu bulat dan bukan pusat tata surya, melainkan pusat tata surya adalah matahari"
ANTITESIS adalah hasil sebuah riset ilmiah yang menggambarkan keterbaikan atau sangkalan atas tesis yang yang ada sebelumnya dengan maksud menuluruhkan tesis itu.
sintesis merupakan jawaban atau kesimpulan atas pertentangan yang dibuat antara tesis dan antitesis sehingga menjadi satu hal utuh yang merupakan hasil ilmiah yang baru.
contoh : tesis "diyakini bumi itu bulat dan merupakan pusat tata surya", anti tesis "matahari merupakan pusat tata surya, bukan bumi", dan menghasilkan sintesis "bumi itu bulat dan bukan pusat tata surya, melainkan pusat tata surya adalah matahari"
Tesis misalnya setiap memukul anak, melanggar HAM. Tapi memkul tanpa emosi, tanpa bekas, tidak melanggar HAM. Tidak semua jenis memukul, yang melanggar HAM..
NB : sebuah sintesis adalah merupakan tesis baru, bila nantinya ada yang membantahnya lagi dengan sintesis ilmiahnya…
Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi secara Sederhana
Skripsi dijadikan syarat kelulusan di
program S-1 dengan maksud memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk
menunjukkan bahwa dia
dapat menerapkan langkah-langkah pendekatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan
dan melaporkannya secara tertulis. Biasanya, dalam skripsi tidak dituntut
adanya sintesis
baru atau penemuan baru.Thesis dijadikan syarat kelulusan di program S-2 dengan
maksud memberikan kesempatan kepda mahasiswa untuk menunjukkan bahwa dia dapat
mebuat suatu sintesis baru atau penerapan pengetahuan yang sudah ada, dan
melaporkannya secara tertulis.Disertasi dijadikan syarat kelulusan di program
S-3 dengan maksud memberikan kesempatan kepda mahasiswa untuk menunjukkana
bahwa dia memahami (mengikuti) perkembangan mutakhir pengetahuan ilmiah di
bidang ilmunya dan memberikan sumbangan pada perkembangan ilmu itu
melalui penemuan baru yang orisinal yang dilaporkannya secara tertulis (http://www.pendidikanislam.net/index.php/untuk-siswa-a-mahasiswa/40-penelitian/60-skripsi-apakah-itu).
Pada dasarnya skripsi mahasiswa S1 merupakan
ajang latihan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian secara obyektif. Oleh
karena baru pertama sekali meneliti maka mahasiswa S1 ini sangat membutuhkan bimbingan dosen agar
tidak melakukan kesalahan fatal yang menyebabkan mereka harus mengulang. Tesis S2 merupakan
ajang peningkatan kemampuan mahasiswa dalam meneliti dan diharapkan mahasiswa
sudah mampu meneliti dengan bimbingan yang minimal dari dosen. Desertasi S3
merupakan pembuktian kemampuan mahasiswa S3 dalam meneliti secara mandiri.
Secara sederhana, skripsi itu menjawab
apa, tesis menjawab apa dan mengapa, Dan disertasi itu menjawab apa, mengapa
dan bagaimana. Contoh tentang penelitian daun katuk dalam menurunkan kolesterol
telur. Skripsi hanya menjawab pertanyaan apakah daun katuk menurunkan
kolesterol telur? Tesis itu menjawab dua pertanyaan, yaitu a) apakah daun katuk
menurunkan kolesterol telur dan; b) mengapa daun katuk menurunkan kolesterol.
Disertasi menjawab 3 pertanyaan, yaitu: a) apakah daun katuk menurunkan
kolesterol telur?; b) mengapa daun katuk menurunkan kolesterol telur? Dan; c)
bagaimana cara (mekanisme) daun katuk menurunkan kolesterol telur?
Seringkali dosen pembimbing lupa akan hal
tersebut, sehingga sering meminta mahasiswa meneliti lebih dari seharusnya. Apa
alasannya? Pertama, mungkin dikarenakan ketidaktahuannya dan pengalamannya
sebagai mahasiswa dulu juga seperti itu. Sebagai contoh, dosen pembimbing
meminta mahasiswa S1 untuk menjawab selain apa juga mengapa. Kedua, dosen
pembimbing sudah tahu hal ini tetapi dikarenakan ia menginginkan data
penelitian lebih, maka ia memaksakannya pada mahasiswa bimbingannya. Mungkin
sang dosen bermaksud data tersebut akan dipublikasikan dimana ia sebagai
penulis utamanya. Mungkin juga dosen mempunyai alasan yang lain.
Apapun alasannya, sesungguhnya dosen tidak
dibenarkan untuk memaksa mahasiswa di luar ketentuan atau kesepakatan yang berlaku.
Jika menginginkan data yang lebih akurat dan lebih banyak untuk menjawab
permasalahan yang ada, maka sebaiknya dosen membuat proposal penelitian sendiri dan mengajukannya
ke Dikti atau ke penyandang dana lainnya. Ia harus berkompetisi untuk
memperoleh dana penelitian.
Tabel 1. Perbedaan Umum antara Skripsi,
Tesis dan Disertasi
No
|
Aspek
|
Skripsi
|
Tesis
|
Disertasi
|
1
|
Jenjang
|
S1
|
S2
|
S3 (tertinggi)
|
2
|
Permasalahan
|
Dapat diangkat dari pengalaman
empirik, tidak mendalam
|
Diangkat dari pengalaman
empirik, dan teoritik, bersifat mendalam
|
Diangkat dari kajian teoritik
yang didukung fakta empirik, bersifat sangat mendalam
|
3
|
Kemandirian penulis
|
60% peran penulis, 40%
pembimbing
|
80% peran penulis, 20%
pembimbing
|
90% peran penulis, 10%
pembimbing
|
4
|
Bobot Ilmiah
|
Rendah – sedang
|
Sedang – tinggi.
Pendalaman / pengembangan terhadap teori dan penelitian yang ada
|
Tinggi, Tertinggi dibidang
akademik. Diwajibkan mencari terobosan dan teori baru dalam
bidang ilmu pengetahuan
|
5
|
Pemaparan
|
Dominan deskriptif
|
Deskriptif dan Analitis
|
Dominan analitis
|
6
|
Model Analisis
|
Rendah – sedang
|
Sedang – tinggi
|
Tinggi
|
7
|
Jumlah rumusan masalah
|
Sekitar 1-2
|
Minimal
3
|
Lebih dari 3
|
8
|
Metode / Uji statistik
|
Biasanya memakai uji
Kualitatif / Uji deskriptif, Uji statistik parametrik (uji 1 pihak, 2 pihak),
atau Statistik non parametrik (test binomial, Chi kuadrat, run test), uji
hipotesis komparatif, uji hipotesis asosiatif, Korelasi, Regresi, Uji beda,
Uji Chi Square, dll
|
Biasanya memakai uji Kualitatif
lanjut / regresi ganda, atau korelasi ganda, mulitivariate,
multivariate lanjutan (regresi dummy, data panel, persamaan simultan, regresi
logistic, Log linier analisis, ekonometrika static & dinamik, time
series ekonometrik) Path analysis, SEM
|
Sama dengan tesis dengan metode
lebih kompleks, berbobot yang bertujuan mencari terobosan dan teori baru
dalam bidang ilmu pengetahuan
|
9
|
Jenjang Pembimbing/ Penguji
|
Minimal Magister
|
Minimal Doktor dan Magister
yang berpengalaman
|
Minimal Profesor dan
Doktor yang berpengalaman
|
10
|
Orisinalitas penelitian
|
Bisa replika penelitian orang
lain, tempat kasus berbeda
|
Mengutamakan orisinalitas
|
Harus orisinil
|
11
|
Penemuan hal-hal yang baru
|
Tidak harus
|
Diutamakan
|
Diharuskan
|
12
|
Publikasi hasil penelitian
|
Kampus Internal dan disarankan
nasional
|
Minimal Nasional
|
Nasional dan Internasional
|
13
|
Jumlah rujukan / daftar
pustaka
|
Minimal 20
|
Minimal 40
|
Minimal 60
|
14
|
Metode / Program statistik
yang biasa digunakan
|
Kualitatif / Manual, Excel,
SPSS dll
|
Kualitatif lanjut / SPSS,
Eview, Lisrel, Amos dll
|
Kualitatif lanjut / SPSS,
Eview, Lisrel, Amos dll
|
Sumber : Agung Wahyudi Biantoro,
Metode Penelitian Ekonomi Islam, 2009 ..
PowerPoint Presentation:
Salah satu unsur pembangun peradaban
bangsa adalah melalui pendidikan. Karena dengan ilmu pengetahuan yang di dapat
di dalam pendidikan kita dapat meningkatkan derajat pribadi sendiri. Dengan
ilmu pengetahuan itu juga kita dapat mengetahui segala sesuatu yang belum
pernah kita ketahui sebelumnya . L atar Belakang
PowerPoint Presentation:
Hasil akhir dari sebuah pendidikan
tergantung pada tujuan awal pendidikan itu sendiri. Dalam Islam pun,
mengajarkan agar kita meraih pendidikan setinggi mungkin. Akan tetapi Islam dan
Barat memiliki pandangan berbeda mengenai hal tersebut. L atar Belakang
PowerPoint Presentation:
Paham rasionalisme yang berkembang
di Barat di jadikan dasar pijakan bagi Konsep-konsep pendidikan Barat. Oleh
karena itu kita harus mengetahui seperti apakah pendidikan di mata Islam itu.
Dan bagaimanakah sistem pendidikan di dalam Islam itu sendiri. L atar Belakang
PowerPoint Presentation:
Karakteristik Pendidikan Islam :
Pendidikan yang Tinggi Pendidikan yang Komprehensif dan Integral Pendidikan
yang Realistis Pendidikan yang Berkontinuitas Pendidikan yang Seimbang
Pendidikan yang Tumbuh dan Berkembang Pendidikan yang Global/ Internasional
Perbedaan Pendidikan Islam dan Barat
PowerPoint Presentation:
Karakteristik Pendidikan Barat Dalam
pendidikan Barat, ilmu tidak lahir dari pandangan hidup agama tertentu dan
diklaim sebagai sesuatu yang bebas nilai. Namun sebenarnya tidak benar-benar
bebas nilai tapi hanya bebas dari nilai-nilai keagamaan dan ketuhanan. Perbedaan
Pendidikan Islam dan Barat
PowerPoint Presentation:
Karakteristik Pendidikan Barat
Menurut Naquib al-Attas, ilmu dalam peradaban Barat tidak dibangun di atas
wahyu dan kepercayaan agama namun dibangun di atas tradisi budaya yang
diperkuat dengan spekulasi filosofis yang terkait dengan kehidupan sekular yang
memusatkan manusia sebagai makhluk rasional. Akibatnya, ilmu pengetahuan serta
nilai-nilai etika dan moral, yang diatur oleh rasio manusia, terus menerus
berubah. Sehingga dari cara pandang yang seperti inilah pada akhirnya akan
melahirkan ilmu-ilmu sekular. Perbedaan Pendidikan Islam dan Barat
PowerPoint Presentation:
Karakteristik Pendidikan Barat Lima
faktor yang menjiwai budaya dan peradaban Barat menurut al- Attas : Menggunakan
akal untuk membimbing kehidupan manusia . Bersikap dualitas terhadap realitas
dan kebenaran . Menegaskan aspek eksistensi yang memproyeksikan pandangan hidup
sekular. Menggunakan doktrin humanisme . menjadikan drama dan tragedi sebagai
unsur-unsur yang dominan dalam fitrah dan eksistensi kemanusiaan. Perbedaan
Pendidikan Islam dan Barat
PowerPoint Presentation:
Karakteristik Pendidikan Barat
Kelima faktor tersebut sangat mempen garuh i pola pikir para ilmuwan Barat
sehingga membentuk pola pendidikan yang ada di Barat. Ilmu yang dikembangkan
dalam pendidikan Barat dibentuk dari acuan pemikiran falsafah mereka yang
dituangkan dalam pemikiran yang bercirikan materialisme, idealisme,
sekularisme, dan rasionalisme. Pemikiran ini mempengaruhi konsep, penafsiran,
dan makna ilmu itu sendiri. René Descartes misalnya, tokoh filsafat Barat asal
Perancis ini menjadikan rasio sebagai kriteria satu-satunya dalam mengukur
kebenaran. Perbedaan Pendidikan Islam dan Barat
PowerPoint Presentation:
Karakteristik Pendidikan Barat Selain
itu para fils u f lainnya seperti John Locke, Immanuel Kant, Martin Heidegger,
Emillio Betti, Hans-Georg Gadammer, dan lainnya juga menekankan rasio dan panca
indera sebagai sumber ilmu mereka, sehingga melahirkan berbagai macam faham dan
pemikiran seperti empirisme, humanisme, kapitalisme, eksistensialisme,
relatifisme, atheisme, dan lainnya, yang ikut mempengaruhi berbagai disiplin
keilmuan, seperti dalam filsafat, sains, sosiologi, psikologi, politik,
ekonomi, dan lainnya . Perbedaan Pendidikan Islam dan Barat
PowerPoint Presentation:
Aktivitas pendidikan Islam telah
dimulai sejak adanya manusia (Nabi Adam dan Hawa) di dunia ini. Ayat Al-Qur’an
yang pertama kali di turunkan kepada Nabi Muhammad S AW adalah iqra’, yang
merupakan kunci dari aktivitas pendidikan. Menurut Harun Nasution dalam
Muhaimin (2011), secara garis besar sejarah (budaya) Islam terbagi menjadi 3
periode, yaitu: P eriode klasik (650-1250 M ), P eriode pertengahan (1250-1800
M) dan , P eriode modern (1800 M-sekarang) . Sejarah Pendidikan Islam
PowerPoint Presentation:
P eriode klasik (650-1250 M) Banyak
ilmuwan dan pemikir besar yang dilahirkan Islam pada periode klasik . Hal ini
tidak terlepas dari semangat untuk mempelajari serta mengamalkan Al-Quran dan
hadis itu sendiri , keinginan yang kuat untuk terus menimba dan mengembangkan
ilmu pengetahuan , serta kesinambungan antara ilmu agama dan ilmu-ilmu lainnya
menjadikan umat Islam sangat unggul dalam periode klasik . Sejarah Pendidikan
Islam
PowerPoint Presentation:
P eriode pertengahan (1250-1800 M)
Dalam periode ini Islam menjadi sangat tertinggal dari dunia barat yang
ironisnya kemajuan yang diraih dunia barat bersumber dari apa yang telah
dicapai Islam sebelumnya . Semua menjadi terbalik bagi umat Islam, tidak banyak
ulama yang berani untuk mengembangkan keilmuannya , umat Islam menjadi
terkotak-kotak , kebergantungan yang kuat terhadap pemimpin negara menjadikan
Islam sedemikian tertinggal dan asing terhadap ilmu serta teknologi yang
sejatinya bersumber pada dunia Islam. Sejarah Pendidikan Islam
PowerPoint Presentation:
P eriode modern (1800 M-sekarang)
Angin perubahan dan pengembalian Islam ke zaman keemasannya telah banyak
dikumandangkan . Telah banyak bermunculan kembali ulama-ulama yang tidak hanya
berkutat pada disiplin ilmu keagamaan tetapi juga ikut turut serta
mengembangkan ilmu-ilmu lainnya . Namun kembali , nampaknya periode ketiga yang
didefinisikan sebagai periode modern ini masih banyak menimbulkan perdebatan .
Kekhawatiran terbesar mucul dari anggapan modernisasi yang dilakukan nantinya
akan membawa umat Islam kedalam dunia westernisasi dan sekulerisme . Sejarah
Pendidikan Islam
PowerPoint Presentation:
Pengertian dari super student adalah
pelajar atau mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan
mempunyai tingkat ketaqwaan yang tinggi pula terhadap Allah SWT. Kita bisa
menjadi super student jika kita mau berusaha untuk belajar dengan tekun dan
berakhlak yang baik . Menjadi Super Student Dalam Islam
PowerPoint Presentation:
Untuk menjadi super student harus
mau berusaha untuk belajar dengan tekun dan berakhlak baik dan harus pula
melihat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas pembelajaran di
dalam pendidikan kita supaya aktivitas pembelajaran dapat berlangsung secara
sukses . Beberapa faktor tersebut meliputi : Tujuan Pendidikan . Pendidik .
Peserta Didik . Isi atau Materi Pendidikan . Metode Pendidikan . Lingkungan .
Menjadi Super Student Dalam Islam
PowerPoint Presentation:
Berikut adalah beberapa tahapan agar
proses dari aktivitas pembelajaran dapat maksimal : Berlajar Diiringi dengan
Doa dan Tidak Meninggalkan Shalat . Membuat Sistem Belajar Sendiri yang
Menghasilkan Hasil . Menumbuhkan Keinginan Untuk Sukses di Sekolah atau di
Perguruan Tinggi . Selalu Memotivasi Diri Sendiri . Fokus Pada Tujuan Studi .
Terus Melakukan Hal Baik dari Sebelumnya . Rendah Hati . Mengembangkan
Kreativitas . Banyak Membaca . Perluas Sosialisasi Diri .
PowerPoint Presentation:
Tokoh dalam Islam yang menurut kami
berhak mendapatkan predikat super student di masanya adalah Kyai
Haji Ahmad Dahlan . Karena beliau berjasa dalam membangkitkan kesadaran bangsa
ini melalui pembaharuan Islam dan pendidikan . Dan atas jasa-jasanya itu
pemerintah Republik Indonesia menetapkannya sebagai Pahlawan Nasional dengan
Surat Keputusan Presiden no. 657 tahun 1961. Tokoh Super Student Dalam Islam
PowerPoint Presentation:
Dasar-dasar penetapan itu ialah
sebagai berikut : KH. Ahmad Dahlan telah mempelopori kebangkitan umat Islam
untuk menyadari nasibnya sebagai bangsa terjajah yang masih harus belajar dan
berbuat . 2. Dengan organisasi Muhammadiyah yang didirikannya , telah banyak
memberikan ajaran Islam yang murni kepada bangsanya . Ajaran yang menuntut
kemajuan , kecerdasan , dan beramal bagi masyarakat dan ummat , dengan dasar
iman dan Islam. Tokoh Super Student Dalam Islam
PowerPoint Presentation:
3. Dengan organisasinya ,
Muhammadiyah telah mempelopori amal usaha sosial dan pendidikan yang amat
diperlukan bagi kebangkitan dan kemajuan bangsa , dengan jiwa ajaran Islam. 4.
Dengan organisasinya , Muhammadiyah bagian wanita ( Aisyiyah ) telah
mempelopori kebangkitan wanita Indonesia untuk mengecap pendidikan . Tokoh
Super Student Dalam Islam
PowerPoint Presentation:
Antara Pendidikan Islam dan Barat
jelas terlihat adanya kesenjangan pola berfikir yang digunakan para ilmuwan
sehingga menghasilkan karakter yang berbeda . Jika sumber dan metodologi ilmu
di Barat bergantung sepenuhnya kepada kaedah empiris , rasional dan cenderung
materialistik serta mengabaikan dan memandang rendah cara memperoleh ilmu
melalui wahyu dan kitab suci , maka metodologi dalam ilmu pengetahuan Islam
bersumber dari kitab suci al-Qur’an yang diperoleh dari wahyu , Sunnah
Rasulullah saw, serta ijtihad para ulama . Kesimpulan
PowerPoint Presentation:
Jika Westernisasi ilmu hanya
menghasilkan ilmu-ilmu sekular yang cenderung menjauhkan manusia dengan
agamanya sehingga terjadi kekalutan di dalamnya , maka Islamisasi ilmu justru
mampu membangunkan pemikiran dan keseimbangan antara aspek rohani dan jasmani
pribadi muslim yang akan menambahkan lagi keimanannya kepada Allah SWT.
Kesimpulan
PowerPoint Presentation:
Dilihat dari karakteristiknya
pendidikan Islam dengan jelas unggul dibanding dengan pendidikan lainnya .
Karena pendidikan dalam Islam mempunyai ikatan langsung dengan nilai-nilai dan
ajaran Islam yang mengatur seluruh aspek kehidupan . Maka jelas bahwa
pendidikan Islam tidak menutup mata terhadap perkembangan yang ada ditengah
masyarakat , termasuk perkembangan sains dan tekhnologi . Kesimpulan
PowerPoint Presentation:
Oleh karena itu menjadi super
student dalam Islam yaitu mendalami ilmu-ilmu pengetahuan secara menyeluruh
akan tetapi tidak melupakan keislamisasian dari ilmu tersebut . Hal tersebut
dilakukan agar kita tidak menjauh dari akidah Islam yang sesungguhnya . Akan
tetapi , Islam mempunyai sifat eksklusif sekaligus inklusif . Ketika berhadapan
dengan masalah teologi , hakikat sifat-Nya , seorang muslim tidak boleh
berkompromi dengan persepsi agama lain, kecuali yang berhubungan dengan masalah
rubbûbiyyah . Sebaliknya ketika membicarakan masalah nilai-nilai moral dan
etika , maka pintu komunikasi , dialog dan kerjasama dapat dibuka
seluas-luasnya . Kesimpulan
PowerPoint Presentation:
Agar pendidikan itu sesuai dengan
tujuannya semula yakni sesuai dengan UU sistem pendidikan no. 20 tahun 2003,
maka diperlukan sebuah kerja sama antara orang tua , masyarakat , sekolah , dan
pemerintah . Mereka hendaknya bersama-sama memperhatikan sistem pendidikan para
generasi muda . Agar generasi muda tersebut dapat menjadi super student yang
dapat mengharumkan nama bangsa di kancah internasional . Saran
PowerPoint Presentation:
That's All Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
aguspurnomosite.blogspot.com .
Terima Kasih.. Post Anda Membantu Saya Jangan Lupa Ya.. Kunjungi Blogku
ReplyDeletehttp://aikawafaith.blogspot.com/
Tenks gan penjelasannya....
ReplyDeletesaya senang dengan tulisan tentang tesis, antitesis, dan sintesis terutama yang diuraikan dalam power point...maaf saya mengopinya yaa....kunjungi juga blogku http://www.metonomia.blogspot.com
ReplyDelete