Monday, May 15, 2017

DOSA KECIL PERGURUAN TINGGI VS DOSA BESAR SEMUA LEMBAGA PENDIDIKAN

Rakib Jamari menambahkan 4 foto baru.
1 menit
DOSA KECIL PERGURUAN TINGGI VS DOSA BESAR SEMUA LEMBAGA PENDIDIKAN
Analisis Dr.Muhammad Rakib Pekanbaru Riau Indonesia.
Dosa itu bernama pembiaran pengangguran
INGIN TAHU CARA MENANGKAP IKAN,
UMPANNYA JANGAN, DIBERI ANGGUR,
INGIN TAHU DOSA PENDIDIKAN,
TANYAKAN SARJANA, YANG MENGANGGUR.

Seharusnya tidak ada seorangpun pemilik ijazah S1 yanf menganggur. Perguruan Tinggi harus bekerja sama dengan dunia industri, mengingat lemahnya daya serap tenaga kerja di beberapa sektor industri, membuat angka pengangguran bertambah. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah pengangguran di Indonesia pada Agustus 2015 sebanyak 7,56 juta orang, bertambah 320 ribu orang dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 7,24 juta jiwa.
Pada Agustus 2015, tingkat pengangguran terbuka menurut pendidikan didominasi oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 12,65 persen, disusul Sekolah Menengah Atas sebesar 10,32 persen, Diploma 7,54 persen, Sarjana 6,40 persen, Sekolah Menengah Pertama 6,22 persen, dan Sekolah Dasar ke bawah 2,74 persen.
Dikutip CNNIndonesia, Direktur Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan BPS Razali Ritonga mengatakan jumlah angkatan tenaga kerja meningkat sedangkan daya serap tenaga kerja dari beberapa industri melemah.
Jumlah angkatan kerja pada Agustus 2015 bertambah 510 ribu orang menjadi 122,38 juta, dibandingkan Agustus 2014 yang sebanyak 121,87 juta jiwa. "Ada PHK dan daya serap yang agak menurun, sehingga pengangguarn meningkat," kata Rizali di kantor pusat BPS, Jakarta, Kamis (5/11).
Razali mengatakan sebagian industri yang melakukan PHK adalah industri yang memiliki ketergantungan terhadap bahan baku impor. Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS turut menambah beban biaya produksi sektor industri tersebut.

SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook