Tuesday, November 24, 2020

 

Christian Prince Debat Agama Tentang Peperangan Di Surga

Catatan Kecil Dr.Mura,S.H.,M.Ag.

 PEREMPUAN, NAGA, ANAK LAKI-LAKI, MIKHAEL (Wahyu 12:1-18)

Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya (ayat 1). Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah, seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota (ayat 3). Maka ia melahirkan seorang Anak laki-laki, yang akan menggembalakan semua bangsa dengan gada besi; tiba-tiba Anaknya itu dirampas dan dibawa lari kepada Allah dan ke takhta-Nya (ayat 5).

 

Kitab Wahyu 12, 13 dan 14 berbicara mengenai Peperangan dan Keselamatan. Nubuat dilihat dari sudut orang-orang (people) yang hidup pada masa bencana besar atau masa tribulasi; terlihat hadirnya “tujuh” tokoh, yakni (i) seorang perempuan berselubungkan matahari; (ii) seekor naga merah padam; (iii) seorang Anak laki-laki; (iv) Mikhael, penghulu malaikat. (Michael the archangel); (v) keturunan lain dari perempuan itu (the offspring of the woman); (vi) binatang yang keluar dari dalam laut (the beast from the sea); (vii) binatang yang keluar dari dalam bumi.

 

1. Perempuan = Umat Allah (Wahyu 12:1-2 dan 13-16)

Tokoh pertama ialah “seorang perempuan berselubungkan matahari dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari duabelas bintang di atas kepalanya (Wahyu 12:1). Perempuan itu melambangkan negara dan umat Allah. “Seorang perempuan berselubungkan matahari dengan bulan…” Di sini benda-benda penerang bumi dalam Kitab Kejadian yang dijadikan Allah Bapa Yang Maha Kuasa digunakan dalam berbagai kejadian di berbagai bagian Alkitab. Perjanjian Lama menjelaskan, Yusuf melaporkan suatu mimpi bahwa ayahnya (Yakub), Ibunya (Rahel) dan ke sebelas saudaranya (yang masing-masing membentuk bangsa-bangsa di kemudian hari), diumpamakan sebagai matahari, bulan dan bintang-bintang. (Kejadian 37:9-11). Yusuf berkata: “Aku bermimpi pula: Tampak matahari, bulan dan sebelas bintang sujud menyembah kepadaku.” Apabila dihubungkan dengan Wahyu 12:1, jelas bahwa perempuan yang dikatakan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan dua belas bintang, mewakili para bapak leluhur umat Allah dan 12 suku itu digambarkan sebagai melahirkan Mesias (“Anak laki-laki”).

 

2. Naga = Satan (Wahyu 12:3-4, 9 dan 13)

Tokoh kedua ialah “Naga.” “Seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota (Wahyu 12:3). Naga menggambarkan sumber dari segala yang jahat; yaitu Iblis sendiri. Wahyu 12:9 menyebutnya sebagai “si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan.” Ia disebut “pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita” (Wahyu 12:10).

 

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook