Saturday, April 2, 2016

PANTUN Dr,Drs.Muhammad Rakib, SH.,M.Ag, ttg MEMBUKA DAN MENUTUP PIDATO

       
Dr.Drs.Muhammad Rakib, S.H.,M.Ag..Widyaiswara LPMP Riau di Pekaanbaru HP 0823 9038 1888


         Penggunaan pantun, perumamaan, cerita lucu, atau dengan kata-kata yang membakar semangat, kerap menjadi pilihan dalam menyampaikan pidato. Begitu pula dalam mengakhiri pidato, beragam cara dipilih untuk mengakhiri perbincangan. Pantun salah satunya, yang kerap digunakan dalam pidato non formal. Penggunaan pantun membuat pidato leih berkesan dan menyenangkan. Tak hanya digunakan sebgai penutup, pantun juga dapat digunakan sebagai pembuka pidato. Pantun merupakan sajak yang terdiri dari empat baris atau lebih, memiliki ciri khas dalam penulisan (typhografi), Dua baris di atas adalah sampiran, dua baris gerakhir adalah isinya,  dan menyimpan makna tertentu. Dalam tulisan  kali ini, Dr.Drs.M.Rakib Riau akan memberikan pantun yang dapat digunakan untuk mengakhiri pidato. Check it out!!!!!Lihat Video yang berjudul  Muhamaad Rakib, ikut lomba pidato dan menang, ttg Ideologi Bung Karno...

Bertiup angin utara,

Menuju, arah selatan.

Sambutlah salam dari saya,

Walaupun tidak berjaba tangan.

                                       Asssalamu alaikum WW.


[Contoh 1]
Jalan- jalan ke Kota Paris
Malamnya penuh, keindahan.
Duhai teman-temanku yang manis
Sambutlah salam, persaudaraan.

[contoh 2] 
Gunung meletus, menabur abu,
Menutupi, kolam ikan
Wahai bapak dan ibu- ibu
Kesalahanku,  mohon dimaafkan

[contoh 3]

Dari Mekkah, ke Madinan,
Ada awan, memayungi.
Jika salah, maafkanlah hamba
Semoga Tuhan, melindungi. 

[contoh 4]
Matahari terbit dari timur 
Awan terbang membumbung tinggi
Tak ada yang tahu batasan umur
Semoga kita dapat bertemu lagi

[contoh 5]
Makan coklat, orang kota.
Makan semangka, orang kubu.
Mohon maaf  salah - salah kata,
Semoga  berjumpa di lain waktu. 

1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete

Komentar Facebook