SEBAIKNYA PENCERAMAH MENGULANG-
ULANG KAJI
Catatan Kecil Dr.Mura
Riau
Kehebatan Bahasa Arab: Sesungguhnya Allah
turunkan al-Quran dalam bahasa Arab, agar
kamu
memikirkannya.QS Yusuf ayat 1-2.
Diulang-ulang, supaya jangan lupa
Cintai al-Quran, sampai ke akarnya
Agar tumbuh kokoh, tiada tara
Tidakkan murtad, walau digoda
Ini indahnya wazan Fa‘ala –
Yaf‘ulu (فَعَلَ – يَفْعُلُ).
Ada lima macam fi‘il yang mengikuti wazan Fa‘ala – Yaf‘ulu,
yaitu:
1. Fi‘il shaḥīḥ sālim,
yaitu fi‘il-fi‘il yang pada salah satu huruf aslinya, tidak terdapat huruf
‘illat (huruf sakit) dan mudhā‘af. Yang disebut huruf sakit itu ada tiga, yaitu
alif, wāwu dan yā’ (ا، و، ي). Apabila salah satu dari tiga huruf itu tidak
terdapat pada huruf aslinya, maka disebut: Shaḥīḥ sālim.
Contoh:
Shadaqa – Yashduqu (Benar) (صَدَقَ – يَصْدُقُ).
Basatha – Yabsuthu (Membentangkan) (بَسَطَ – يَبْسُطُ).
2. Fi‘il mahmūz fā’ (مَهْمُوْزُ الْفَاءِ), yaitu fi‘il shaḥīḥ, yang huruf pertamanya, terdiri dari huruf hamzah.
Contoh:
Akhadza – Ya’khudzu (Mengambil) (أَخَذَ – يَأْخُذُ).
Akala – Ya’kulu (Memakan) (أَكَلَ – يَأْكُلُ).
3. Fi‘il ajwaf wāwī (الْأَجْوَفُ الْوَاوِيُّ), yaitu fi‘il yang ‘ain fi‘il-nya, terdiri dari huruf ‘illat, yang berupa alif berasal dari huruf wāwu. Fi‘il semacam ini disebut Fi‘il mu‘tall ajwaf wāwī.
Contoh:
Qāla – Yaqūlu (Berkata)
(قَالَ – يَقُوْلُ).
Khāna- Yakhūnu (Mengkhianati) (خَانَ – يَخُوْنُ).
Shāna – Yashūnu (Menjaga) (صَانَ – يَصُوْنُ).
4. Fi‘il mu‘tall nāqish (الْمُعْتَلُّ النَّاقِصُ), yaitu fi‘il-fi‘il yang lām fi‘il-nya (huruf terakhir) terdiri dari huruf ‘illat.
Yang mengikuti wazan ini disebut Mu‘tall nāqish wāwī.
Contoh:
Da‘ā – Yad‘ū (Memanggil/berdoa) (دَعَا – يَدْعُوْ).
Tsaghā – Yatsghū
(Mengembik) (ثَغَا – يَثْغُوْ).
5. Fi‘il shaḥīḥ
mudhā‘af (الْفِعْلُ الصَّحِيْحُ الْمُضَاعَفُ), yaitu fi‘il shaḥīḥ yang ‘ain
fi‘il dan lām fi‘il-nya terdiri dari huruf yang sama, sehingga di-tasydīd-kan.
Contoh:
Ḥatstsa – Yaḥutstsu (Menganjurkan) (حَثَّ – يَحُثُّ).
Zhanna – Yazhunnu
(Menyangka) (ظَنَّ – يَظُنُّ).
Dikutip dari H.Abubakar Muhammad. Tuntunan Praktis.
No comments:
Post a Comment