Friday, June 20, 2014

KALAUDUNIA CERMIN AKHIRAT (JANGAN MEMBANGGAKAN MAKSIAT YANG TELAH



KALAUDUNIA
CERMIN AKHIRAT

(JANGAN MEMBANGGAKAN MAKSIAT YANG TELAH DILAKUKAN)


Dinasehatkan  : Siapa ORANG AKAN MASUK NERAKA:

1.Merasa bangga berbuat maksiat, bergaul bebas tanpa ikatan perkawinan
2.Membantu orang hanya untuk ria
3.Membanggakan ilmunya
4.Tidak menghargai bahkan mempergunjingkan orang lain.

Sahabat seiman –semoga kita selalu mendapat naungan-Nya-
Ketahuilah Sahabat...bahwa hidup di dunia adalah miniatur kehidupan kita di akhirat, apa yang terjadi di dunia ini adalah kilasan apa yang akan terjadi di akhirat. Namun semua kita dapatkan di dunia tidaklah serupa dengan apa yang ada di akhirat, namun jelas akhirat lebih dari segalanya..siksaannya jauh lebih pedih
dan nikmatnya pun jauh lebih manis.namanya saja yang sama tetapi hakikatnya berbeda..begitulah kata Ibnu Abbas R.a.

Sahabat seiman...

apa yang kita dapatkan adalah hasil dari perbuatan kita. jangan berfikir selamatnya kita dari berbuat maksiyat adalah keberuntungan kita, karena barangkali ada siksaan yang menimpa kita tidak menyadarinya, itu bisa berupa hilangnya keberkahan, kekhusyu’an, dan lezatnya dalam beribadah, atau perasaan takut, gelisah,
khwatir yang menghantui akan tertimpa oleh bencana...dan lain sebagainya.

betapa banyak orang yang ditutup matahatinya karena ia tidak dapat mengendalikan matanya dari keindahan dosa..betapa banyak orang yang tidak dapat bangun malam dan merasakan nikmatnya bermunajat kepada Allah Swt karena banyaknya ia mengkonsumsi harat yang haram dan syubhat..betapa banyak mata yang sulit menangisi dosanya dan hati yang sulit memahami kebenaran karena terlalu banyak terbuai dengan
permainan dan hal-hal yang sia-sia...

Sahabat seiman.... sebaliknya sahabat...jangan berfikiran, ada doa kita yang tidak diijabah, ada amal sholeh
kita yang belum terbalaskan...karena bisa jadi ada banyak balasan kebaikan yang tidak kita sadari, seperti nikmat sehat, berIslam, beriman, tenang, dan lain sebagainya

sahabat.... jika hukum di dunia telah mengajarkan kita seperti ini, maka lipatgandakan stamina dan energi kita untuk menyongsong akhirat yang lebih baik dan kekal...di hadapan kita terbentang sejuta kebaikan mari kita raih.



Mencermati Kondisi Batin: Ketika Kita Sedang dalam Kondisi Normal

*) Orang yang serba berkecukupan seringkali sulit beribadah secara khusyuk dan merasa tidak akrab dengan Tuhannya, meskipun melakukan berbagai ketaatan dan ibadah, kenapa?


*) Bagaimana dan apa kiatnya untuk memperoleh kedekatan diri dengan Tuhan dalam keadaan seperti ini?


Kondisi batin yang paling perlu diwaspadai ialah ketika kita sedang dalam keadaan normal. Ketika semua kebutuhan tercukupi apalagi berlebihan. Musibah, hajat, dosa besar, dan berbagai kesulitan dan kekecewaan hidup lainnya lebih sering mendorong seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT ketimbang kondisi batin yang sedang berkecukupan, baik dari segi kuantitatif maupun segi kualitatif. Tingkat kebutuhan hidup setiap orang berbeda-beda satau sama lain.

Namun wacana di dalam Islam dibedakan atas beberapa tingkatan kebutuhan, yaitu:

1) Kebutuhan dharury, yakni kebutuhan pokok atau basic needs seperti kebutuhan akan makan, minum, dan berhubungan suami-isteri.

2) Kebutuhan hajjiyat, yakni kebutuhan yang penting tetapi belum menjadi kebutuhan pokok, seperti kebutuhan akan sebuah tempat tinggal, kedaraan, dan alat komunikasi.

3) Kebutuhan tahsiniyyat, yakni kebutuhan yang bersifat pelengkap (luxury), seperti perabotan yang bermerek, aksessoris kendaraan, dan handphone yang lebih canggih. Seseorang yang berada dalam tingkat kedua dan ketiga perlu berhati-hati karena perjalanan spiritual dalam kondisi seperti ini seringkali jalan di tempat. Bahkan berpeluang untuk diajak turun oleh berbagai daya tarik dan godaan dunia. Berbeda jika seseorang sedang dirundung duka, sedang diuji dengan kebutuhan mendesak, atau sedang dilanda penyesalan dosa yang mungkin agak resisten terhadap godaan-godaan yang bersifat materi. Kesenangan hidup, apalagi kalau sampai berlebihan, bawaannya sulit mendaki (taraqqi) ke langit. Sebagai contoh, orang yang berkecukupan sulit sekali berlama-lama khusyuk dalam shalatnya, bukan hanya karena banyaknya godaan dunia yang ada dalam pikirannya, tetapi juga tidak punya tekanan batin atau trigger, semacam roket pendorong yang akan mengangkatnya ke langit. Trigger itu biasanya suasana batin yang betul-betul merasa sangat butuh pertolongan Tuhan. Seperti orang yang merasakan kesulitan yang sesegera mungkin harus mengeluarkan diri dari kesulitan itu. Itulah sebabnya Rasulullah pernah mengingatkan untuk waspada terhadap doa orang yang teraniaya (madhlum) karena doanya lebih cepat sampai kepada Tuhan. Memang dalam Islam dikenal ada dua sayap efektif yang bisa menerbangkan seseorang menuju Tuhan, yaitu sayap sabar dan sayap syukur.

Sayap sabar terbentuk dari ketabahan seseorang menerima cobaan berat dari Tuhan seperti musibah, penyakit kronis, penderitaan panjang, dan kekecewaan hidup. Jika sabar menjalani cobaan itu, maka dengan sendirinya terbentuk sayap-sayap yang akan mengangkat martabat dirinya di mata Tuhan.

Sayap kedua ialah syukur. Sayap syukur terbentuk dari kemampuan seseorang untuk secara telaten mensyukuri berbagai karunia dan nikmat Tuhan, seperti seseorang mendapatkan rezki melimpah, jabatan penting, dan kesehatan prima.

Sayap sabar dan sayap syukur sama-sama bisa mengorbitkan seseorang mendekati Tuhan tetapi pada umumnya hentakan sayap sabar lebih kencang ketimbang sayap syukur. Sayap sabar seolah-olah memiliki energi ekstra yang bisa melejitkan seseorang. Energi ekstra itu tidak lain adalah rasa butuh yang amat sangat terhadap Tuhan (raja’), penyerahan diri secara total kepada Tuhan (tawakkal), dan olah batin yang amat dalam (mujahadah).

Ketiga energi ekstra ini biasanya sulit terwujud di dalam diri orang yang berkecukupan. Bagaimana mungkin seseorang merasa butuh terhadap Tuhan sementara semua kebutuhan hidup serba berkecukupan. Bagaimana mungkin seseorang menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan sementara ia terperangkap di dalam dunia popularitas. Bagaimana mungkin melakukan olah batin sementara nuraninya diselimuti kilauan dunia. Bagaimana mungkin khusyuk beribadah sementara perutnya kekenyangan.

Orang yang hidupnya selalu berkecukupan dan enjoy dengan kehidupan seperti itu adalah sah-sah saja. Akan tetapi jika ia lupa bahwa kehidupan ini adalah sementara lantas lalai mempersiapkan bekal kehidupan akhirat maka pertanda hidup itu tidak berkah baginya. Mungkin saja orang itu sesungguhnya hidup di dalam kebahagiaan semu, selalu dibayangi oleh suasana batin yang hambar, kering, dan membosankan. Di dalam Islam, kekayaan dan kebahagiaan yang hakiki ialah kekayaan dan kebahagiaan jiwa (al-gina ginan nafs). Tanpa kekayaan dan kebahagiaan jiwa maka sesungguhnya tidak ada kekayaan dan kebahagiaan sejati. Islam tidak melarang orang untuk mengumpulkan kekayaan materi, bahkan Islam mengharuskan orang untuk bekerja produktif tetapi tetap efisien dan efektif.

“Dunia adalah cermin akhirat”, demikian kata Hadis. Sulit membayangkan akhirat yang baik tanpa dunia yang sukses. Ibadah mahdlah seperti shalat, zakat, haji, bahkan puasa, pun membutuhkan cost. Semuanya perlu biaya dan biaya itu urusan dunia.

Kiat mengatasi suasana batin yang berada dalam kondisi normal ialah memperkuat semangat raja’ dan mujahadah di dalam diri. Seseorang perlu sesekali mengecoh kehidupan dunianya dengan melakukan halwat atau takhannus seperti yang pernah dilakukan Rasulullah di Goa Hira, ketika ia sedang hidup berkecukupan di samping isterinya Khadijah yang kaya, bangsawan dan serba berkecukupan. Untuk kehidupan kita sekarang ini, mungkin tidak perlu mencari goa yang terpencil atau jauh-jauh meninggalkan kediaman dan keluarga. Yang paling penting ada suasana ’uzlah (pemisahan diri) sementara dari suasana hiruk pikuknya pikiran ke sebuah tempat yang sejuk dan nyaman. Bisa saja dengan melakukan i’tikaf di salah satu masjid, apalagi di dalam bulan suci Ramadlan. Di dalam masjid kita berniat untuk beri’tikaf karena Allah. Di sanalah kita mengecoh pikiran dan tradisi keseharian kita dengan membaca Al-Qur’an lebih banyak, shalat, tafakkur dan berzikir. Niatkan bahwa masjid ini adalah goa Hira atau goa Kahfi, yang pernah mengorbitkan kekasih-kekasih Tuhan, Nabi Muhammad dan Nabi Khidhir, melejit ke atas dan mendapatkan pencerahan.

Jika suasana batin dibiarkan berlalu menghabisi dan menyita sepanjang hidup kita, tanpa pernah diselingi dengan rasa faqir (miskin di mata Tuhan), apa lagi karena deposito dan kekayaan yang begitu melimpah sampai bisa diwarisi tujuh generasi, dikhawatirkan yang bersangkutan akan melahirkan generasi lemah (dha’f) di mata Allah. Bahkan tidak mustahil akan membebani kita di akhirat kelak. Milik kita di akhirat hanya yang pernah dibelanjakan di jalan Allah. Selebihnya berpotensi menyusahkan kehidupan jangka panjang kita di alam barzah dan di alam baqa di akhirat. Bersihkanlah harta kita dengan zakat dan shadaqah, luruskanlah pikiran kita dengan zikrullah, dan lembutkanlah jiwa kita tafakkur dan tadzakkur, tangguhkanlah pendirian kita di atas rel shirathal mustaqim. Dengan demikian, semoga kita mendapatkan seruan Ilahi: La tahzan innallaha ma’ana (Jangan khawatir, Allah bersama kita), Amin.

Sumber:Republika.co.id

    Rahasia Puasa Daud
    Asal Usul Puasa Daud. Dan Telah menceritakan kepada kami [Yahya bin Yahya] telah mengabarkan kepada kami [Khalid bin Abdullah] dari ...
    Ijinkan Aku Mencintaimu Karena Allah
    BISMILLAHIRRAHMANIRR A HIIM Ya Allah,,   Bila Pagi ini ada hati yang tersimpan benci ubahlah menjadi kasih sayang....
    Sosok Sahabat Yang Baik Menurut Islam
    Kawan Yang Baik Menurut Islam Salah satu nikmat Ilahi yang Allah berikan kepada manusia adalah rasa sosial dan kebutuhan untuk ber...
    5 Solusi Menghadapi Fitnah dan Zhalim
    JIKA KITA DIFITNAH DAN DIZHALIMI Suatu hal yang pasti tidak akan luput dari keseharian kita adalah difitnah dan dizhalimi orang ...
    Makna Korban di Hari Raya Idul Adha
    Idul Adha menurut Pak Quraish Shihab Makna Korban Korban dalam bahasa Indonesia ada dua makna, korban bisa jadi disakiti, bi...
    Alhamdulillah Jika Kita Dizalimi Atau Difitnah
    KETIKA CACIAN DAN HINAAN DATANG PADAMU M emang sangat susah dan sulit sekali kita bersikap berdiam dan bersabar apabila kita dihina,...
    Bait Do'a Di Hari Ulang Tahun
    Do’a Islami Bertepatan Dengan Hari Kelahiran Selain mendapatkan ucapan selamat ulang tahun dari teman maupun keluarga. Do’a Islami ...
    Menata Keikhlasan Hati
    Menata Ikhlas Meraih Bahagia Sahabat, setiap manusia pasti menginginkan kehidupan yang bahagia, menikmati hidup ini tanpa merasa te...
    Selamatan 7 Bulanan Dalam Islam
    Bolehkah Selamatan 7 Bulanan Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh Di negeri kita dan juga di banyak negeri Islam yang l...
    Fungsi dan Kedudukan Manusia di Dunia
    Pandangan Hidup Manusia Menurut Islam Manusia Sebagai Khalifatullah Fungsi dan kedudukan manusia di dunia ini adalah sebaga...

Blog Archive

      2014 (386)

      2013 (1681)

      2012 (1240)
          Desember (95)
          November (274)
            Hargailah Guru, Tokoh Agama Dan Orang Shalih
            Penurunan Semangat Beribadah
            Merindukan Pemimpin yang Memiliki Kepribadian
            Buanglah Sifat Mentalitas Korban Dalam Dirimu
            Teman Kerja yang Merusak Karier Anda
            Wahai Tetangga yang Baik
            Mulia dan Baik Hatinya Allah Terhadap Kita
            Berjabat Tangan
            Manusia itu Tempatnya Kekurangan
            Mengapa Doa Wanita Lebih Makbul Daripada Laki
            Sanjungan itu Hanyalah Semu Belaka
            Anjing Kecil Itu
            Hubungan Jasad dan Ruh Kepada Allah
            Solat yang Tidak Diterima Allah SWT
            Tahajud dan Sholatku Meninggalkan Bekas
            Kapan Terakhir Kita Membaca Al-Qur'an?
            Mengapa Kita Nyaris Tak Pernah Mengingat Mati
            Wanita Senjata Setan Untuk Mengganggu Laki-laki
            Mengapa Hati Kita Kotor Atau Sakit
            Keadaan Hidup Sesudah Kita Mati
            Janganlah Berbuat Dholim
            Jangan Jadikan Hatimu Sebesar Gelas
            Keadaan Manusia di Alam Kubur
            Bahayanya Kebodohan
            Segenggam Garam
            Peka-kah Iman Anda?
            Ada Apa Dengan Sakit Kita
            Ya Karim! Ya Karim!
            Penyakit Ujub Dalam Hati Kita
            Sunnah Obat Membersihkan Kotoran Hati
            Tanpa Ikhlas Amal Seseorang Akan Sia-sia
            Rasul SAW Mengingatkan Umatnya Berhati-hati Terhad...
            Tahukah Jika Hati Kita Telah Kotor !
            Perjalanan Hidup itu Kebahagiaan Atau Kesedihan
            Gaji Kecil Tapi Cukup Karena Berkah
            Siapakah yang Paling Cerdas di Dunia?
            Hubungan Antara Dunia, Kita dan Tuhan
            Kenalilah Kekurangan Diri Kita Sendiri
            Punya Harta dan Jabatan Akan Terhormat?
            Jangan Merasa Hidup ini Tidak Adil
            Iblis Tidak Suka Kita Berbuat Baik
            Semua Kembali Kepada Kita
            Masalah Itu Pernak-pernik Kehidupan
            Balasan Kebaikan dan Kejahatan
            Jangan Simpan Kebencian Dalam Hidupmu
            Cintanya Seorang Istri
            Cara Malaikat Maut Mencabut Nyawa Kita
            Kita Tidak Pernah Tahu Kapan Kita Akan Mati
            Agar Dicintai Allah dan Dicintai Manusia
            Ingat Teman! 1 Jam Akhirat = 42 Tahun Dunia
            Kisah Keimanan Tukang Becak
            Hari Asyura Tanggal 10 Muharram
            Sholatlah Sebelum Anda di Sholatkan
            Bid’ah yang Dilakukan Orang Pada Hari ‘asyura
            Hari Raya Anak Yatim 10 Muharram
            Sedikit Sekali Orang yang Mau Menyatakan Kebenaran...
            Tiga Sikap Hidup yang Positif
            Bagaimanakah Kehidupan Kita Kelak di Akhirat
            Tanda Kiamat Kecil Banyak Persaksian Palsu
            Hadiah Bagi Pejabat Dan Hukumnya
            Janganlah Makan Uang Riba
            Pengertian Riba Dalam Islam
            Seputar Riba
            Janganlah Menjadi Pejabat yang Hina
            Wanita Berhijablah
            Mengapa Cari Pemimpin yang Baik itu Sulit
            Kenalilah Allah Dikala Senang
            Apapun Dari Allah Pasti Baik
            Berdoa Untuk Orang Lain dan Diri Kita Sendiri
            Hidup Itu Pilihan Jadi Baik Atau Jahat
            Perlunya Qonaah Dalam Hidup ini
            Allah Menyuruh Kita Menjaga Amanah
            Kita Mencintai dan Membenci Karena Allah
            Ketenangan, Kedamaian dan Kebenaran
            Cermin Diri Kita Adalah Teman
            Kehidupan Dunia Suatu yang Melalaikan
            Berbicara Banyak Sama Allah Aja!
            Goresan Pena Ibu di Palestina Untuk Kita
            Berusahalah Tetap di Jalan yang Benar
            Jauhkan Ghibah dan Mencerca
            Berbuat Zhalim Kepada Orang
            Jaga Lisan dan Hati Dengan Istiqomah
            Pintu Rezeki Terbuka Karena Amalan
            Bertemanlah Dengan Orang yang Suka Bertaubat
            Cara Mendapatkan Rizki yang Tidak Disangka
            Keamanan dan Ketenangan Dalam Rumah Tangga
            Seorang Muslim Dalam Menghadapi Fitnah
            Sesungguhnya Pertolongan Allah itu Dekat
            Hutang dan Solusinya
            Amalan Pembuka Pintu Rezeki
            Mengatasi Rasa Marah
            Jangan Marah
            QS Al-Mu`minun Ciri-ciri Orang Beriman
            Allah Selalu Punya Rencana Indah Untuk Kita
            Iblis Adalah Musuh Utama Manusia Berzikirlah
            Sadarkah Kita itu Kaya
            Tersenyum itu Sehat
            Berdoa Adalah Kebutuhan Kita
            Siapakah yang Menjadi Penghuni Syurga?
            Rukun Sabar Ada Tiga
            Stress Bukan Penyakit Tapi Bisa Jadi Penyakit
            Jaga Wudhu
            Usahakan Untuk Tidak Dengki Atau Iri
            Jika Mau Sukses Ikuti 9 Kunci Hidup
            Sejuta Keutamaan Tahajud
            Penghapusan Dosa Dengan Taubat
            Mengeluh Perwujudan Dari Rasa Tidak Puas
            Senyummu Adalah Sedekah
            Dalam Taubat ada Unsur Hati, Emosi dan Hasrat
            Manisnya Iman
            Doa dan Dzikir Penghapus Dosa
            Siapa Penghuni Surga dan Neraka
            Ya Allah Ampunkanlah Aku
            Sholatlah Tak Ada Alasan
            Bersalaman Menggugurkan Dosa
            Kaya dan Miskin itu Eposide Kehidupan
            Inilah Nikmat
            Kondisi Manusia Pada Hari Kiamat
            Kebahagiaan Bukan Kemewahan dan Kekayaan
            Dalam Beribadah Kita Selalu Mengharap Pahala
            Keranjang Hitam Penuh Jelaga itu
            Banyak Jalan Menuju Ampunan Dosa
            Dosa itu Mengurangi Keimanan
            Mohon Ampun Dan Bertaubatlah Pada Allah
            Hidup ini Sebagai Sebuah Gelas Kosong
            Bacalah Al Qur'an
            Keutamaan dan Keindahan Qiyamul lail
            Lailatul Qadr Malam Penuh Berkah
            Harta Tidak Akan Berkurang Dengan Dishodaqohkan
            Enam Hari Puasa Syawal
            Noktah Hitam Dalam Jiwa Kita Lantaran Dosa
            Menjadi Pemimpin yang Benar Pemimpin
            Urgensi Dan Kewajiban Bertaubat
            Bertaubatlah Sebelum Telat
            Raihlah Kebahagiaanmu, Begitulah Pesan Ibu
            Bolehjadi Kamu Membenci Padahal Amat Baik Bagimu
            Dunia Adalah Cermin Akhirat
            Mari Kita Jujur Dengan Diri Kita Sendiri
            Kegemaran Orang Munafik Adalah Memfitnah
            Jika Orang Menyakiti Hati Kita Maafkanlah
            Jika Dizalimi Senjatanya Adalah Do'a
            Setiap Perkataan Fitnah Harus Ada Dhawabith
            Ayah Ibu Maafkan Anakmu
            Dengan Tahun Baru Islam Tingkatkan Kualitas Keiman...
            Wujud Malaikat Maut Berbeda-beda
            Si Iblis dan Penebang Kayu
            Manfaatkan Waktu Agar Tidak Sia-sia
            Seorang Nabi Aja Pingsan Melihat Neraka
            Manusia Adalah Sebuah Mikrosmos
            Menyambung Tali Persaudaraan Memperluas Rizqi
            Puasa Bathin
            Haji Tidak Sekedar Slogan dan Simbol
            3 Orang yang Dibawah Lindungan Allah
            Dalam Islam Mengemis Boleh Tidak Ya!
            Manusia Hidup Pasti Punya Masalah
            Kisah Pencuri dan Ahli Ibadah
            Cinta Allah Kepada Kita
            Mengapa Dengan Generasi Muda Islam Sekarang
            Pensucian Jiwa (Tazkiyatun Nafs)
            Ada Banyak Loh Akhlaq Sesama Muslim Mau Tau?
            Anak Itu Amanah Dari Allah SWT
            Beberapa Kesalahan Dalam Berdoa
            Kedua Orang Tua Lebih Utama Daripada Berjihad
            Jenis Amalan Ada Tiga Bentuk
            Makanan Halal dan Haram Dalam Islam
            Mengheningkan Cipta Bukan Adab Islam
            Cara Muslimah Berjilbab Jika Berwudhu
            Pesta Nikah Bukan Syarat Pernikahan
            Perempuan yang Tak Pantas Dijadikan Istri
            Kisah Seorang Mu’alaf Mantan Pendeta
            Api Neraka itu Bergejolak Mengupas Kulit Kepala
            Matematika Sedekah
            Diuji Bisa Dengan Kesenangan Atau Kesulitan
            Makna Syahadat Bagi Muslim
            7 Upaya Mencari Jodoh Menurut Islam
            Berdoa Itu Ada Adabnya
            Doa Merupakan Inti Ibadah
            Semua Yang Dikasih Allah Pasti Baik
            Menimbang Diri Apakah Layak Menjadi Imam
            Sebaiknya yang Jadi Imam Itu Orang yang Baik
            Dua Wanita Mulia Itu Adalah Ibuku Dan Istriku
            Kalo Mau Curhat Sama Allah Aja!
            Syarat Menjadi Imam Shalat Berjama'ah
            Istri Yang Sholih Akan Masuk Surga Bersama Suaminy...
            Apa Yang Dimaksud Dengan Ghibah?
            Membaca Tasbih Setiap Selesai Shalat
            Keterasingan Islam Saat Ini
            Pintu Surga Dan Neraka
            Orang yang Bangkrut Adalah
            Mengisi Hidup Dengan Ibadah
            Kefakiran Dapat Berpotensi Pada Kekufuran
            Sejarah Syaikh Abdul Qadir Al Jailani
            Bersabar Terhadap Gangguan Tetangga
            Benarkah Islam Adalah Agama Demokrasi
            Peter Sanders, Fotografer Muslim Kelas Dunia
            Janganlah Membeberkan Aib Tetangga Kita
            Penemu Cahaya itu Tidak Menerima Cahaya Allah
            Sahabat yang Tulus Itu Pasangan Hidup Kita
            Kebosanan Berasal Dari Pikiran
            Ciri Orang yang Hajinya Mabrur Kaya Apa Sih!
            Bersyukurlah Atas Kemampuan Diri Sendiri
            Pria Menyukai Wanita yang....
            Wanita Diciptakan dari Tulang Rusuk
            Menjadi Seorang Pendengar yang Baik
            Bacaan Setelah Membaca Al Quran
            Sikap Bijak Atas Tawaran Perjodohan
            Permasalahan Istimna’
            Sifat Istri Shalihah Berkhidmat Kepada Suami
            Sekarung Kesabaran
            Allah Melarang Kita Hidup Mewah Dan Boros
            Memuliakanlah Orang Tua
            Dajjal Pasti Muncul dan Nyata
            Akan Menjadi Haji Mabrur Atau Haji Mardud
            Musuh Islam Paling Utama Yahudi dan Nasrani
            Resep Ajaib Menjadi Sosok Pemaaf
            Bagaimanakah Akhlaq Nabi Muhammad SAW
            Menang Jadi Arang Kalah Jadi Abu
            Orang Tamak Selalu Lapar Dan Haus
            Islam Memuliakan Anak Perempuan
            Kewajiban Orang Tua Kepada Anak
            Kita Selalu Mengabaikan Peringatan Allah
            Semudah itu Manusia Melakukan Dosa
            Sifat-sifat yang Tidak Bisa Menyatu
            Zaman Sekarang Memenuhi Ciri Akhir Zaman
            Bagaimana Mengembalikan Masyarakat Pada Akidah
            Perbedaan Itu Sebuah Rahmat
            Fikiran Tanpa Penghalang Hasilnya Kebijaksanaan
            Lima Cara Membersihkan Hati
            Bersaudara Tanpa Cacian & Ghibah
            Apa Isi Sumpah Nabi
            Waktu Adalah Hidup
            Bagaimana Rasa Sakaratul Maut Itu?
            Istiqomah Membantu Diri Membentengi Jiwa
            Iman = Tashidu bil qolbi
            Islam Dan Amanah
            Indahnya Salat Malam
            Akhlak Berkaitan Dengan Amanah
            Amanah Satu Pilar Aqidah Islam
            Lisan Bukan Untuk Menggunjing
            Manusia Memiliki Harapan Dan Keinginan
            Si Kaya Bersyukurlah
            Success Is My Right
            Tidak Ada Manusia Sempurna
            Cara Mensikapi Perbedaan
            Jujur Dalam Kenyataan
            Haji Dan Manfaatnya Dalam Kehidupan
            Beberapa Hal Sunnah Sesudah Shalat
            Untuk Apa Kita Shalat
            Waspada Dengan Virus Perusak Amal
            Mimpi Apa Aku Semalam
            Cobalah Ketuk Pintu Batin Kita
            Tidak Rugi Berdoa Untuk Orang Lain
            Semua Ciptaan Allah Bermaksud
            Waktu Tidur Yang Tidak Dilakukan Rasul
            Muda Penuh Dosa Tua Tak Bertaubat
            Banyak Cara Menuju Sedekah
            Jika Marah Berwudhulah
            Waktu Subuh Kita Masih Bernafas
            Bekal Hidup Dengan 5 M
            Lembar Catatan Ini
            Yuk Cari Bekal Untuk Ke Kampung Akhirat
            Qanaah Kunci Kebahagiaan Hidup
            Memang Lidah Tak Bertulang
            Gejala Cemas yang Berlebihan
            Sabar Dan Rela Menghadapi Takdir Allah
            Bahaya Munafik
            Jauhi Sikap Su'udzon Wujudkan Persaudaraan
            Hormati Dan Tepati Janji
            Berburuk Sangka Khawatir Menjadi Fitnah
            Mendidik Anak Dalam Islam
            Rezeki Dalam Al-Qur'an
            Tunduk Pada Kebenaran dan Tidak Sombong
            Menghadapi Kenikmatan Dunia
           

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook