Wednesday, June 1, 2016

GURU PEMBELAJAR ITU KREATIF ADA MISI YANG TERSISIP



GURU PEMBELAJAR ITU KREATIF
ADA MISI YANG TERSISIP
CINTA ILMU, MENJADI POSITIF
DUNIA PENDIDIKAN, MENJADI TETRTIB

             BAGAIMANA BISA, MENANGKAP KUTU,
JIKA DILAKUKAN, ORANG BUTA.
                     BAGAIMANA PENDIDIKAN, BISA BERMUTU,
            TANPA KETERAMPILAN, WIRASWASTA.

Catatan Dr.M.Rakib Jamari,S.H.,M.Ag. Pekanbaru Riau Indonesia.

        Wiraswasta itu, artinya mandiri. Anak harus dididik untuk mandiri. Agar guru bukan hanya pandai menyajikan proses pembelajaran yang menarik, memberi motivasi dan menginspirasi guru harus senantiasa mengupdate dirinya dengan berbagai maukan positif yang didapat dari berbagai sumber seperti buku-buku, televisi, dunia maya/internet, kegiatan seminar pendidikan, pengembangan dan training  yang dilakukan departemen pendidikan atau sekolah yang bersangkutan berait dengan metode dan berbagai hal yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan belajar siswa.
       Guru merupakan seorang pembelajar, maka saat guru melupakan kebiasaannya ini maka reduplah sebuah proses pendidikan. Guru harus terus belajar dan belajar untuk meningkatkan kualitas dirinya. Dihadapan para siswa saat melakukan proses pembelajaran sebenarnya guru sedang mempertaruhkan dirinya, harga dirinya sedang dipertontonkan di hadapan para siswa. Apakah kebanggaan yang akan muncul karena sajian yang memuaskan atau kekecewaan karena minimnya inovasi yang mampu dilakukan saat memberikan sebuah proses pembelajaran.
        Guru merupakan role model atau conoh bagi para siswanya, maka tampilan awal guru sangat berpengaruh terhadap kelanjutan pembelajaran para siswanya. Maka janganlah sampai seorang guru mematikan potensinya pada rutinitas. Datang, duduk, salam, sedikit cuap-cuap beri tugas mencatat buat siswa lalu kembali ke kelas untuk siap-siap menuju tempat persinggahan yang lain untuk mengejar target kehidupan. Jika yang demikian realitasnya, sungguh menyedihkan dunia pendidikan ini. Bagaimana mau belajar kalau kemauan saja tidak ada, bagaimana mau mengajar kalau dikerjar target kehidupan, bagaimana bisa menjadi contoh kalau tampilan buruk yang dikemukakan.

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook