Saturday, June 6, 2020

AKU BARU TAHU, ADANYA QORIN DARI JIN DAN MANUSIA

JIN QORIN MENGIKUTI 
SEMUA ORANG, SEJAK LAHIR

Catatan Kecil 
Dr.HM.Rakib Jamari, SH.,M.Ag.
Tidak pernah kudapati informasi Qorin ini di pesantrenku, tidak ada juga di Kampusku, di masyarakatku, setelah aku berumur 60 tahun barulah dapat informasi paling berharga ini:
Quran Surat Qaf Ayat 27
۞ قَالَ قَرِينُهُۥ رَبَّنَا مَآ أَطْغَيْتُهُۥ وَلَٰكِن كَانَ فِى ضَلَٰلٍۭ بَعِيدٍ
Arab-Latin: Qāla qarīnuhụ rabbanā mā aṭgaituhụ wa lāking kāna fī ḍalālim ba'īd Terjemah Arti: Yang menyertai dia berkata (pula): "Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh". Tafsir Quran Surat Qaf Ayat 27 27. Yang menyertainya dari kalangan setan berkata untuk melepaskan diri darinya, “Wahai Rabb kami! Kami tidak menyesatkannya, akan tetapi justru dia yang berada di kesesatan yang jauh dari kebenaran.” Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram) Setan yang bersamanya di dunia berkata,
“Wahai Tuhan kami, bukan aku yang menyesatkannya, akan tetapi dia memang berada di jalan yang jauh dari jalan petunjuk.” Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia 27
. قَالَ قَرِينُهُۥ رَبَّنَا مَآ أَطْغَيْتُهُۥ(Yang menyertai dia berkata (pula):
“Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya) Yang dimaksud dengan orang yang menyertainya adalah setan yang dijadikan pendamping orang kafir tersebut, dia mengelak telah menyesatkannya. وَلٰكِن كَانَ فِى ضَلٰلٍۭ بَعِيدٍ(tetapi dialah yang berada dalam kesesatan yang jauh) Yakni jauh dari kebenaran. Aku mengajaknya kemudian dia menurutiku, seandainya dia adalah hamba-Mu yang tulus dalam imannya niscaya aku tidak akan mampu menyesatkannya.

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook