Friday, June 12, 2020

AWAS ADA ROH PEMBENCI

ADA ROH PEMBENCI
CATATAN KECIL 
DR.HM.RAKIB JAMARI,SH.,M.Ag.
Para pembenci, ada titipan Iblis pada diri seorang pembenci, dengan ilmu KUBOJI namanya kata orang Kampar, tidak pernah memberi kesempatan untuk dirinya menerima dan mencintai orang yang dibenci. Terkadang kebencian itu pun tidak logis, tidak masuk akal. Padahal kita sama-sama punya kesempatan untuk membenci atau menyayangi orang lain. Tetapi mengapa memilih untuk membenci? Ini sering terjadi di kanor-kantor, di pasar-pasar dan dunia mana orang berprofesi yang sama.Ini pengalaman pribadi penulis merasakannya sendiri.
Dikutip dari psikolog Anna Liwun, bahwa akar kebencian bermula ketika seseorang merasa benar dan superior terhadap orang yang dibenci. Mereka yang dibenci selalu dianggap salah dan tidak pernah benar. Apa yang dilakukan di mata si pembenci tak pernah benar. Kalau dia menyanyi dituduh mengangis, kalau dia mengajar, katanya bukan begiru yang sebenarnya. Kalau orang itu ditelpon orang meminta kerja sama, lalu sipembenci akan berteriak keras-keras, sampai pembicaraan terganggu. Begitu ya?
Hal yang penulis alami, yang lebih parah kebencian itu bahkan mampu mempengaruhi orang lain untuk turut membenci. Dan sekaligus mengadu doba dengan berbagai cara. Di depan kita orang lain dijelek-jekkannya, di belakang kita, yah kita pula yang dijelek-jelekkannya, padahal waktu itu penulis berbaring di sebalik pintu, mendengar semua kejelekkan sangat beracun itu.berkali-kali selama 7 tahun berturut-turut.di negara tetangga. Masya Allah. Menurut guru spiritual kebencian yang demikian sudah tidak wajar lagi. Ia menghalalkan segala cara agar orang lain juga turut dalam komunitas pembenci.
“ Ini seperti luka batin yang tak terobati karena kebencian” kata guru yang bijak ini. Bayangkan bahwa kebencian akan menghabiskan seluruh energi sehingga kita menghasilkan karakter negatif. Apa itu? Suka marah-marah, fitnah, memukul atau mencaci dan masih banyak lagi kebencian yang mengarah pada bahaya keselamatan.Duh masya Allah, ketimbang membenci, beri ruang untuk mendengar, melihat dan menerima kehadiran orang yang dibenci. Dengar dan terima mereka! Ternyata bisa jadi anda yang membenci salah selama ini.
Firman Allah mengyatakan, biasanya, orang yang dibenci berlebihan itu, jauh lebih baik dibandingkan dengan orang pembenci, kubaji. (QS. Al-Baqarah ayat 216 ). Boleh jadi kamu membenci seseorang padahal orang itulah suatu saat mampu memberikan kebahagiaan pada dirimu.(Wahuwa khoirul lakum).
Ingatlah bahwa kebencian anda tidak akan mengubah dunia menjadi seperti yang anda inginkan.
Menyimpan kebencian juga tidak akan mengubah hidup seperti yang anda inginkan. Hal yang anda butuhkan menerima dan menyayangi semua yang Tuhan ciptakan agar hidup lebih indah.
Kesimpulan
Kebencian tidak akan membuat hidup anda menjadi indah. Jadi buat apa membuang energi untuk membenci? mari saling mencintai...Hidup ini hanya sebentar saja, isilah dengan zikir dan saling menyayangi, insya Allah bisa, mulai hari ini, pasang nita dan pasrah.

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook