Caliah
Caliah adalah banyak alasan dan pandai mengada-ada, serta mengatakan yang tidak sebenarnya agar terlihat baik. Seorang pancaliah biasanya pandai berkata-kata, bermimik pun diupayakan terlihat seakan-akan pancaran dari hatinya yang jujur dan apa adanya.
Caliah adalah banyak alasan dan pandai mengada-ada, serta mengatakan yang tidak sebenarnya agar terlihat baik. Seorang pancaliah biasanya pandai berkata-kata, bermimik pun diupayakan terlihat seakan-akan pancaran dari hatinya yang jujur dan apa adanya.
NASI
LEMAK/ BUAH BIDARA,
SAYANG
SELASIH/ SAYA LURUTKAN.
LAPUKLAH
BADAN, DALAM PENJARA,
PENIPU
LICIK, PENUH PENYESALAN.
KALAU
PADI, KATAKAN PADI
JANGAN
DIMAKAN, BABI HUTAN.
KALAU
IRI, DENGKI DI
HATI,
JANGAN
IKUTKAN, BISIKAN SETAN.
KALAU
BENALU, SAMA SUBANG
KALAU
BUNGA, SAMA SANGGUL.
KALAU
MALU,
SUDAH HILANG,
SETAN
MEMBUAT, PERMINTAAN TERKABUL.
Menarik tulisan Yusrizal KW dalam salah satu Blog di internet,
penulis mengutipnya sedikit. Katanya begini:
Pelit licik, dalam bahasa
Indonesianya gelicik. Orang awak,
kerap menyebut “galiciak” atau manggaliciak. Artinya sama dengan elak, hindar,
menjauh dan sejenisnya. Kalau tergelicik, sama dengan terhindar, manggaliciak
sama dengan menghindar dari bahaya yang mengancam. Bisa begitu kurang lebih
artinya. Orang inimungkin keturunan mancik,tikus.
Tapi, kecenderungan arti atau makna
kata ini, di ranah Minang, relatif agak negatif. Apalagi di kata “galiciak”
terasa padu padan kata (suku kata) berkonatsi negatif, gali dan licik, yang
keduanya merupakan perilaku buruk. Gali sama dengan curang dan licik merupakan
perbuatan hina, menikam dari belakang, menggunting dalam lipatan.
Panggaliciak,
bagi urang awak, hal yang harus dihindari. Ini orang, suka meninggalkan barisan
ketika nampak kepentingan lain. Yang dipikirkannya, dimana dia akan merasa enak
dan nyaman, tak penting apakah caranya itu benar. Tak peduli ada orang yang
terlangkahi. Orangnya suka “emangnya gue pikiran” ketika dirinya selamat atau
bebas dari tanggungjawab.
Manggaliciak, merupakan perbuatan
hina, kalau konteksnya lepas dari tanggungjawab. Kurang lebih sama dengan
pengkhianat. Perbuatan “galiciak” lazim kita temukan di lingkungan keseharian
kita. Contoh kecil mungkin saban waktu bisa kita temui. Dalam kegiatan gotong
royong. Waktu berkumpul untuk memetakan lokasi mana yang harus dikerjakan, kita
berada di barisan paling depan. Paling dulu mengatakan siap. Pas gotong royong
dimulai, kita diam-diam menepi, tahu-tahu orang menyadari bahwa kita tak ada
lagi ketika gotong royong ditutup.
Manggaliciak
itu bisa juga seperti ini. Waktu kita susah, kepepet, baik sama orang yang kita
kira bisa membantu kita untuk kepenatan sesaat. Kita selalu menyanjung orang
yang membantu kita. Bahkan sekeluarga kita menyanjungnya. Tetapi, ketika kita
melihat peluang lain yang lebih baik, kita pamitan tanpa senyum. Di luar
berkata, orang yang membantu dan kita sanjung sebelumnya, dinilai suka menekan
walau sesungguhnya sikap kita yang menekan, dan menganggap bantuan yang pernah
diberi tak pernah ada. Karena bantuan yang baru, lebih besar dan bergengsi,
sehingga melupakan setiap kebaikan kecil yang pernah diberikan orang kepada
kita.
Manggaliciak itu,
boleh juga begini, kita yang salah, cepat-cepat mencari salah orang, sehingga
orang lain dianggap salah, kita melenggang di atas kesalahan kita yang dipaksa
ditutup dengan memunculkan kesalahan orang lain. Orang panggaliciak memang suka
main aman, meningkatkan citra dirinya pun dengan cara manggaliciak. Kata
“galiciak” yang artinya menghindar, menjauh atau mengelak, tentu dalam konteks
perilaku negatif kita bisa memaknainya selalu menghindari diri dari anggapan
salah, curang, licik dan senantiasa ingin bebas dan tak bertanggungjawab
terhadap sesuatu yang barangkali buruk secara sosial, walau kita berperan dalam
menciptakan hal negatif itu terjadi.
Orang panggaliciak,
selalu ingin cari aman dan mainnya dengan cara “gali” dan “licik”. Kalau ada
aturan mesti melalui prosedur, naik tangga itu mesti dari bawah, antre itu
mesti tertib, dia tak berlaku itu. Kalau bisa “melipat” kesempatan orang lain,
mengelakkan orang dari nasib baik asal kita bernasib baik, kenapa tidak. Yang
sering kita rasakan, orang suka manggaliciak ini adalah, kita kira dia bersama
kita, tahu-tahu dia sudah tak bersama kita.
Kita
kira dia akan sama-sama dengan kita mengambil beban berat sebagai
tanggungjawab, ternyata tidak. Kita anggap dia akan sehidup semati berjuang
dengan kita, ternyata di tengah perjuangan kita tak menemukan dia. Ketika kita
tanya, kok manggaliciak? Dengan tanpa gaya panggaliciak, dia mencari kambing
hitam, “Bukan manggaliciak. Si Anu yang mengajak saya, padahal saya akan tetap
bersama….” Selalu menghindar, mengelak, asal ia jaya.***.
SIMALANCA INDAK LAI
BERSELANCAR
Menarik juga ungkapan Wisran Hadi, katanya begini:
Simalanca tu adolah
sosok galie urang Minang sasiauak nan sabana galie, kalau dicari padanan kato
galie tu jo bahaso kini adaloh; suko mambohongi publik. Urang takicuah tapi
maraso indak dikicuah. Inyo mandapek urang indak kailangan.
Kutiko kapatang
inyo manjuakaie ka sumbayang taraweh, kopiahnyo ilang. Dek kopiahnyo ilang di
tampek nan kalam, nyo cari di tampek tarang. “Soal dima ilangnyo, bilo, bara
nan ilang itu bukan urusan pihak nan mancari,” katonyo manjawek tanyo urang.
Inyo ka
mambagi-bagi pitih ka kamanakannyo kutiko rirayo isuak. Pitihnyo ado limo ribu.
Supayo banyak, dituka nyo ka bank jo wang karateh limopuluah. Dek karano bank
indak mancetak pitih karateh limo puluah, nyo kecek an bank tu lah bangkrut.
“Iko skandal bank nan labiah babahayo pulo lai daripado skandal bank senturi,”
katonyo kalua dari kantua bank tu.
Tadanga pulo dek
Malanca kapatang, bahaso Presiden ka datang mambukak Kongres Kebudayaan. Kecek
Simalanca kadatangan presiden tu adolah permintaan dari presiden tu bana. Dek
karano dulu inyo banazar, kalau tapiliah jadi presiden, apo sajo kandak urang
Minang ka panuhinyo.
Kutiko bini
Simalanca pai ziarah ka kubua kaumnyo dan indak pulang-pulang salamo anam hari,
nyo bae maluluang panjang, manangih babuah-buah bahaso inyo lai namuah
manggantian lapiak. Kok dapek sabalun puaso. Tapi puaso lah duo hari masuak,
nan lapiak alun juo tatuka salai juo lai.
Makonyo dikecek an
Simalanca tu sosok urang Minang sasiuak nan sabananyo, dek karano Simalanca
bapegang ka prinsip iduik urang Minang tu bana. Adat Basandi Syara’,
Syara’Basandi Kibatubullah, manuruik inyo bukanlah prinsip iduik, tapi itu cuma
palamak kecek urang-urang pandai untuk mandapek proyek. Nan prinsip iduik urang
Minang tu adolah, nan sasuai alu jo patuik, sasuai patuik jo mungkin. Iduk
baraka mati bariman.
Itulah sababnyo,
inyo labiah khusyuk mambaco situs angek daripado sumbayang magrib di surau
Teleng. Sahinggo namo Simalanca tu dituka dek urang warnet tampek langganannyo
manjadi Peselancar. Hepta! Bahaso Minang nan alah disasuaian jo citarasa bahaso
gaul.
Kini urang nan
punyo warnet tu heran, baa mangko Simalanca indak berselancar lai. Lah duo
hari. Kutiko ditanyo dek Labai Panjang Jangguik, baa mangko Simalanca indak lai
berselancar, apokoh Simalanca lah mangganti identitasnyo dari urang Minang
manjadi urang nan indak Minang, atau dek karano kecewa Kongres Kebudayaan
diundur-undur? Simalanca langsuang baliak batanyo.
“Jadi baa bana
indentitas urang Minang ko dek Labai?” tanyo Simalanca.
“Indentitas urang
Minang sasisuak nan tahu ambo nyo. Identitas urang Minang nan kini indak,”
jawek Labai.
“Apo tu identitas
urang Minang saisuak?” tanyo Simalaca.
“Maanggap puaso tu
saroman ula. Dipacik an kapalonyo, dikabek ikuanyo, mati ula tu mah,” jawek
Labai.
“Mukasuiknyo.
“Kalau puaso
duopuluah sambilan hari, cukuik puaso di hari partamo jo hari akhir sajo. Puaso
abih rirayo tibo. Tu, bamaaf-maafan awak lai,” jawek Labai.***
G
gadele
banyak
gadele, melakukan banyak cara yang tidak baik untuk
mempengaruhi seseorang
galiang
ngeri
dan ragu menghadapi suatu yang tampak membahayakan
galie
licin
galie
cerdik,
culas
gamak
memegang
dengan telapak tangan
gatok
manggatok,
menggigit sesuatu yang agak keras, hingga putus atau pecah
gegah
tidak
kuat berdirinya
genah
alasan
yang dicari-cari, banyak genah = banyak lagu, =
banyak alasan
gomo
wajah
menjadi sembab
gompo
(padi)
gagal
goyoh
seseorang
sudah tua sekali
guyah
tidak
kuat terpasang, hampir lepas
Sifat pelit, penipu, bersilat lidah, kelingking berkait, telunjuk pura-pura lurus… kalau bukan
karena pengalaman sendiri, mungkin sampai sekarang saya akan masih berpikir
kalau sifat pelit itu hanya merupakan turunan dari persamaan sifat-sifat
manusia. Maksudnya, ga ada orang yang ditakdirkan punya sifat yang jelek.
Sifat-sifat jelek itu umumnya terbentuk dari kebiasaan atau lingkungan di
sekeliling individu itu sendiri. Punya sifat pembohong karena posisi dia
sebagai koruptor. Punya sifat yang sinis sama orang bisa jadi karena dia pernah
dicaci-maki sebelumnya. Punya sifat boros karena dia-nya aja yang ga tahan sama
barang bling-blig (ups.. itu mah saya atuh.. hehehehe). Intinya sifat buruk,
termasuk pelit, itu bukanlah sifat yang naluriah ada. Bukan sifat yang alami.
Bukan sifat yang pake “operasi plastik” dulu. Sejak kita lahir kayaknya ga
mungkin deh Tuhan juga menyertakan sifat buruk.
Terus masalahnya apa ?
Well… hm Gimana ya enaknya nulis? Jujur aja saya baru sadar
kalau keponakan saya yang balita itu punya sifat seperti paman Gober. Yup..
belum genap lima tahun. Yup.. itu keponakan saya. Yup.. saya baru sadar. Katanya : Awalnya saya hanya
mengira kalau memang anak kecil itu suka mainan dan kue. Dan memang anak kecil
agak sulit untuk membagi sesuatu yang disukainya. Orang tualah yang berperan
menasehati anaknya. Itu termasuk keponakan saya. Apalagi dia doyan makan hingga
agak subur begitu. Awalnya saya sih cuma tertawa aja
melihat dia yang tidak mau berbagi mainan dengan sepupunnya sendiri. Saya juga
tersenyum melihat dia minta jatah dua kali lipat setiap makanan yang dibagi.
Gemas rasanya melihat dia lahap makan. Pipinya itu unyu-unyu gimana gitu…
Saya termasuk juga ga
percaya ketika salah satu keponakan saya (sepupunya itu) bilang kalau si Mak
Wik (begitu saya memanggilnya) itu sangat pelit. Bisa saja kan itu cuma kecemburuan
anak kecil? Hingga saya “kena juga batunya” beberapa kali belakangan ini.
Dimulai dengan ketika dia
dan orang tuanya pulang dari kondangan. Kala itu, pulang kondangan diberi snack
wafer Niss*n dua bungkus. Mak Wik disuruh ortunya untuk membagi2 ke ibu dan
saya. Begitu saja susahnya bukan main. Ketika ibu (neneknya, mertua saya) mulai igit-igit (baca: gemas) diambillah itu wafer dua biji. Si Mak
Wik itupun bilang kalau dua biji itu termasuk jatah saya, Tante Pay. Semuanya
tertawa. Termasuk saya. Lucu sekali wajahnya. Kembali ortunya menyuruhnya
membagi.
Ketika itu Mak Wik bilang
“Sek.. gae Tante Pay tak goleknoi sing krowak ae..” (artinya: tunggu.. buat Tante Pay dicariin wafer yang
sudah cuil saja). Lagi-lagi saya tertawa gemas. Berhubung wafer yang krowak
alias cuil itu ga ada maka Mak Wik bilang begini “Ga sido wes.. Tante
Pay lho kemaren gudo aku!!” (artinya:
Ga jadi.. Tante Pay kemarin selalu menggodaku).
What …!!! Kali ini mata saya terbelalak ga percaya. Ayahnya bilang “kalau Tante Pay gitu, aku ga bisa ngomong lagi”. What..!! Dua kali saya ternganga. Lalu ibu bilang “Halah.. bilang ae ga mau ngasi.. pake alasan mbulet” Hahahahaha.
What …!!! Kali ini mata saya terbelalak ga percaya. Ayahnya bilang “kalau Tante Pay gitu, aku ga bisa ngomong lagi”. What..!! Dua kali saya ternganga. Lalu ibu bilang “Halah.. bilang ae ga mau ngasi.. pake alasan mbulet” Hahahahaha.
Yup… saya tertawa ketika
itu membenarkan perkataan ibu. Aduh.. ada apa dengan anak itu? Waktu itu saya
cuma ambil angin lalu. Biasa saja. Dan suatu malam kembali saya “kena batunya”
lagi. Bapak (kakeknya, mertua saya) pulang sambil membawa oleh-oleh kembang api
dua bungkus buat kedua cucu laki-lakinya. Keponakan yang paling tua
memamerkannya pada saya yang bergambar sepeda motor balap. Setelah itu, sayapun
ingin melihat kepunyaan Mak Wik. Tahu apa yang dikatakannya saudara-saudara..
?? “ntar kalau jatuh trus tumpah semua gimana?”. What.. !! Ini dah
kali ketiga ya saya bilang “what”. Hahaha. Keponakan saya yang tua meminta saya
memaklumi dengan bercelutuk “Tante
Pay.. Mak Wik itu ancene mueeediiittt kok”.
(mueedditt: itu puueelliiitt) What…!! Hahaha.. kejadian empat kali dah. Paling
sekali lagi bilang, saya bakal dapat kulkas. Hehehehe.
Sungguh saya penasaran
kenapa ponaan saya yang unyu-unyu bisa bersikap begitu. Sekali-dua kali sih ga
masalah. Namanya juga anak kecil. Tapi kali ini, saya harus memastikan sesuatu
hal. Ketika saya bincang-bincang dengan salah satu tetangga. Barulah saya sadar
telah melewatkan sesuatu hal. Menurut tetangga saya, ibunya itu termasuk orang
yang agak pelit terus ketemu dengan ayahnya yang memang super pelit dan
perhitungan maka jadilah anaknya begitu. Whattt… !! (lho.. kulkasnya mana??)
Karena didikan ortu saya
yang tidak boleh menggantungkan diri pada orang lain membuat saya jarang
meminjam pada orang lain termasuk saudara. Apalagi sekarang saya tidak pernah
meminjam sesuatu pada saudara ipar makanya saya tidak tahu sifat asli dari ayah
dan ibunya Mak Wik.
Perkataan tetangga yang sejak kecil bergaul dengan ibu Mak Wik membuat saya agak percaya. (ga mungkin kan mertua saya akan bilang kalau anaknya ada sifat jelek?) Terlebih lagi.. si Mak Wik yang pelit sekarang sudah menjadi “rahasia umum”. Termasuk kebiasaan dia yang bermanis-manis (mukanya memang manis dan lucuuu banget) ria ketika ada seseorang yang memberi dia sesuatu dan memalingkan muka ketika itu tidak ada. Kok malah berkembang dari pelit menjadi matre seehhh?? Bujubunee..
Perkataan tetangga yang sejak kecil bergaul dengan ibu Mak Wik membuat saya agak percaya. (ga mungkin kan mertua saya akan bilang kalau anaknya ada sifat jelek?) Terlebih lagi.. si Mak Wik yang pelit sekarang sudah menjadi “rahasia umum”. Termasuk kebiasaan dia yang bermanis-manis (mukanya memang manis dan lucuuu banget) ria ketika ada seseorang yang memberi dia sesuatu dan memalingkan muka ketika itu tidak ada. Kok malah berkembang dari pelit menjadi matre seehhh?? Bujubunee..
Bagi saya sih.. ini
bukanlah perkara yang sederhana. Karena ya itu tadi. Saya berkeyakinan ga
mungkin deh Tuhan memberikan sifat jelek pada seorang manusia sejak lahir.
Bukankan bayi itu lahir tanpa dosa? Ga mungkin pelit itu adalah naluri. Ga
mungkin pelit itu bawaan orok.
Sampai kini, analisa saya
kenapa Mak Wik itu pelit hanya ada dua yang utama. Pertama, dia meniru
seseorang yang pelit dengan sangat sempurna (anak kan peniru ulung?). Kedua,
pelit itu sudah ada dalam DNA-nya. Sudah bawaan dia sejak lahir. Sudah ada
dalam darahnya. Peribahasa yang sangat tidak saya suka yaitu Buah tidak akan
jatuh dari pohonnya, itu adalah fakta yang berlaku juga untuk sifat jelek. Saya
tidak bisa memikirkan hal lain selain dua hal itu karena umur Mak Wik yang
belum genap lima tahun.
Kali ini mungkin sifat
pelitnya membuat dia semakin unyu-unyu menggemaskan. Tapi begitu dia besar
nanti, saya mengkhawatirkan pertemanan dia. Dan begitu dia sudah dewasa nanti
(asumsi: cateris paribus), dia akan menjadi Mister Krab generasi Platinum II.
Ohh…tiiiddaakkkkkkkkk……….
Pemikiran itu berkembang
lagi. Jika hipotesa saya benar bahwa memang ada sifat pelit yang dibawa manusia
sejak lahir maka begitu pula sifat jelek lainnya. Jangan-jangan seorang
koruptor memang sudah sifat lahir dia suka berdusta. Jangan-jangan orang
pemarah karena sifat dia yang memang begitu, bukan karena situasi yang membuat
dia marah. Jangan-jangan gosipers itu karena memang sifat dia yang iri hati
sejak lahir. Jangan-jangan orang jahat memang dari sono-nya sudah jahat. Jangan-jangan…
Lagi-lagi… jika saya
benar maka hipotesa saya benar maka bertambahlah tugas para jomblo di semesta
ini. Yaitu meneliti lagi sifat calon pasangan dengan seksama. Jangan sampai
punya calon yang sifatnya (baca:sifat jelek) sama dengan dia. Karena
kemungkinan besar kelak anaknya “menderita” sifat jelek dua kali lipat. Atau
malah nol ya.. kan minus ketemu plus (kita-nya yang plus gettoooo..) sama
dengan nol. Tapi, siapa juga yang mau nikah dengan orang yang punya sifat
jelek?? Situ mauu ??
No comments:
Post a Comment