PENDAHULAUAN
Bismillah, Walhamdulillah Wassalatu Wassalamu
`Ala Rasulillah, Wa'ala Aalihie Wasahbihie Waman Walaah
Ta‘ziah dari segi istilah bererti menyuruh seseorang dengan bersabar dan mendorongnya dengan pahala yang dijanjikan, memperingati daripada dosa, mendoakan bagi si mati dengan keampunan dan mendoakan bagi orang yang terkena musibah dengan mendapat penggantinya. (Mughni al-Muhtaj: 1/481)
Sudah menjadi kebiasaan di kalangan masyarakat untuk menziarahi keluarga si mati atau orang yang terkena musibah. Amalan serupa ini amatlah digalakkan oleh Islam. Akan tetapi hendaklah diingat dan dijaga batasan-batasan dan etika yang diajarkan oleh Islam berhubung menziarahi keluarga si mati atau orang yang terkena musibah.
Hukum Ta‘ziah
Para fuqaha tidak berselisih pendapat dalam mengharuskan ucapan ta‘ziah kepada orang yang ditimpa musibah sama ada disebabkan kematian atau kebakaran dan sebagainya. Bahkan ta‘ziah itu sunat diucapkan kepada mereka yang ditimpa musibah, sebagaimana Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang maksudnya :
"Tiadalah seorang mukmin yang mengucapkan ta‘ziah pada saudaranya yang ditimpa musibah, melainkan Allah Subhanah memberikannya pakaian daripada pakaian kehormatan di hari qiamat.”(Hadis riwayat Ibnu Majah)
Adapun ta‘ziah itu sunat diucapkan kepada ahli keluarga musibah pada keseluruhannya, sama ada terdiri daripada orang dewasa lelaki dan perempuan atau pun kanak-kanak yang berakal. Akan tetapi tidak boleh mengucapkan ta‘ziah itu kepada perempuan yang muda melainkan sesamanya perempuan, suami atau pun mahramnya. Ini kerana ditakuti akan mendatangkan fitnah.
Waktu Dan Jangka Masa Ta‘ziah
Sunat mengucapkan ta‘ziah kepada ahli keluarga musibah sebelum dan selepas menguburkan si mati. Adapun lebih afdhal mengucapkan ta‘ziah itu selepas menguburkan si mati kerana kesibukan ahli keluarga pada menguruskan mayat si mati. Berlainan halnya jika ahli keluarga itu terlalu sedih dan resah sebelum dikuburkan mayat tersebut, maka afdhal didahulukan ta‘ziah itu bagi menghilangkan kesedihan dan keresahannya.
Ucapan ta‘ziah kepada ahli keluarga musibah itu, hendaklah tidak melebihi kira-kira tiga hari lebih kurang. Kerana dalam jangka masa tiga hari itu, ahli keluarga musibah pada kebiasaannya hati mereka sudah mula tenang dan tidak merasa sedih dan resah lagi. Oleh yang demikian, makruh mengucapkan ta‘ziah kepada ahli keluarga si mati selepas berlalunya tiga hari agar tidak menimbulkan lagi kesedihan mereka. Akan tetapi jika salah seorang di antara orang yang mengucapkan ta‘ziah dan orang yang diucapkan ta‘ziah itu tidak ada pada masa tersebut, maka harus diucapkan ta‘ziah itu selepas tiga hari.
Menyediakan Makanan Bagi Ahli Keluarga Si mati
Ta‘ziah dari segi istilah bererti menyuruh seseorang dengan bersabar dan mendorongnya dengan pahala yang dijanjikan, memperingati daripada dosa, mendoakan bagi si mati dengan keampunan dan mendoakan bagi orang yang terkena musibah dengan mendapat penggantinya. (Mughni al-Muhtaj: 1/481)
Sudah menjadi kebiasaan di kalangan masyarakat untuk menziarahi keluarga si mati atau orang yang terkena musibah. Amalan serupa ini amatlah digalakkan oleh Islam. Akan tetapi hendaklah diingat dan dijaga batasan-batasan dan etika yang diajarkan oleh Islam berhubung menziarahi keluarga si mati atau orang yang terkena musibah.
Hukum Ta‘ziah
Para fuqaha tidak berselisih pendapat dalam mengharuskan ucapan ta‘ziah kepada orang yang ditimpa musibah sama ada disebabkan kematian atau kebakaran dan sebagainya. Bahkan ta‘ziah itu sunat diucapkan kepada mereka yang ditimpa musibah, sebagaimana Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang maksudnya :
"Tiadalah seorang mukmin yang mengucapkan ta‘ziah pada saudaranya yang ditimpa musibah, melainkan Allah Subhanah memberikannya pakaian daripada pakaian kehormatan di hari qiamat.”(Hadis riwayat Ibnu Majah)
Adapun ta‘ziah itu sunat diucapkan kepada ahli keluarga musibah pada keseluruhannya, sama ada terdiri daripada orang dewasa lelaki dan perempuan atau pun kanak-kanak yang berakal. Akan tetapi tidak boleh mengucapkan ta‘ziah itu kepada perempuan yang muda melainkan sesamanya perempuan, suami atau pun mahramnya. Ini kerana ditakuti akan mendatangkan fitnah.
Waktu Dan Jangka Masa Ta‘ziah
Sunat mengucapkan ta‘ziah kepada ahli keluarga musibah sebelum dan selepas menguburkan si mati. Adapun lebih afdhal mengucapkan ta‘ziah itu selepas menguburkan si mati kerana kesibukan ahli keluarga pada menguruskan mayat si mati. Berlainan halnya jika ahli keluarga itu terlalu sedih dan resah sebelum dikuburkan mayat tersebut, maka afdhal didahulukan ta‘ziah itu bagi menghilangkan kesedihan dan keresahannya.
Ucapan ta‘ziah kepada ahli keluarga musibah itu, hendaklah tidak melebihi kira-kira tiga hari lebih kurang. Kerana dalam jangka masa tiga hari itu, ahli keluarga musibah pada kebiasaannya hati mereka sudah mula tenang dan tidak merasa sedih dan resah lagi. Oleh yang demikian, makruh mengucapkan ta‘ziah kepada ahli keluarga si mati selepas berlalunya tiga hari agar tidak menimbulkan lagi kesedihan mereka. Akan tetapi jika salah seorang di antara orang yang mengucapkan ta‘ziah dan orang yang diucapkan ta‘ziah itu tidak ada pada masa tersebut, maka harus diucapkan ta‘ziah itu selepas tiga hari.
Menyediakan Makanan Bagi Ahli Keluarga Si mati
Sunat bagi jiran dan kaum karabat yang jauh menyediakan makanan untuk ahli keluarga si mati, sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada ahlinya ketika mendapat khabar kematian Saiyidina Ja‘far bin Abi Thalib: yang maksudnya :
“Kamu buatkanlah makanan bagi keluarga Saiyidina Ja‘far, sesungguhnya telah didapati mereka itu kesibukan (atas kematian Saiyidina Ja‘far).”(Hadis riwayat Tirmidzi)
Haram menyediakan makanan kepada orang yang meratapi si mati (niyahah), seperti perempuan yang meraung menangis sambil menampar-nampar pipinya dan merobek-robek pakaiannya. Ini kerana, orang yang menyediakan makanan untuk orang yang meratapi itu bekerjasama dalam maksiat. (I‘anah At-Thalibin: 2/165)
Adapun bagi ahli keluarga si mati itu sendiri adalah makruh menyediakan makanan dan mengumpulkan orang ramai bagi menjamu jamuan itu, kerana ia boleh menambahkan lagi kesedihan, kesibukan di samping menguruskan jenazah dan ia juga boleh menyerupai perbuatan orang jahiliah dan perbuatan ini juga adalah bid‘ah makruhah. Sebagaimana dalam sebuah hadis daripada Jarir bin Abdillah Al- Bajaliy berkata yang maksudnya :
"Kami (sahabat) mengiktibarkan berhimpun di tempat ahli keluarga si mati dan mereka (ahli keluarga si mati) membuat jamuan makanan selepas penguburan si mati: itu adalah sebagai satu niyahah (ratapan).” (Hadis riwayat Ibnu Majah)
Adapun jika jamuan makan yang biasa dilakukan itu bertujuan untuk mendapatkan rahmat Allah Subhanahu wa Ta‘ala bagi si mati, maka tujuan itu adalah baik.
Akan tetapi jika ahli keluarga si mati itu memberatkan diri dengan berbagai-bagai makanan dengan tujuan ria’, bermegah-megah dan perkara-perkara yang boleh membawa kepada ria’ dan bertujuan untuk meratapi si mati, maka itu adalah perbuatan orang jahiliah.
Lafaz Ta‘ziah
Sebagaimana penjelasan di atas, sunat ke atas orang Islam mengucapkan ta‘ziah kepada orang yang ditimpa musibah.
Adapun ucapan ta‘ziah itu jika ditujukan kepada ahli keluarga yang Islam dan bagi si mati yang Islam, lafaznya adalah seperti berikut yang ertinya :
"Semoga Allah membesarkan pahalamu dan
membaikkan kesabaranmu dan mengampunkan bagi si matimu.”
Persoalan yang timbul, bolehkah mengucapkan ta‘ziah kepada orang orang bukan Islam dan bagaimanakah lafaznya?
Ucapan Ta‘ziah Bagi Orang Bukan Islam
Harus bagi orang Islam memberi ucapan ta‘ziah kepada orang kafir zimmi bahkan sunat hukumnya jika mengharapkan Islamnya.
Apabila si mati orang bukan Islam dan ucapan ta‘ziah itu ditujukan kepada keluarganya yang Islam, lafaznya ialah seperti berikut :
Ertinya:“Semoga Allah membesarkan pahalamu dan kesabaranmu dan semoga Allah memberimu penggantinya.”
Akan tetapi haram didoakan bagi mayat orang bukan Islam itu dengan memohon keampunan baginya, walaupun ucapan ta‘ziah itu ditujukan kepada keluarga si mati yang Islam. Contoh lafaz mendoakan keampunan yang diharamkan bagi mayat orang bukan Islam itu seperti berikut :
Ertinya :“Semoga Allah mengampuni si matimu.”
Berbeda halnya jika si mati itu orang Islam. Maka harus didoakan si mati itu dengan memohonkan keampunan, walaupun ucapan ta‘ziah itu kepada keluarga yang bukan Islam bagi si mati yang Islam.
Akan tetapi tidak boleh diucapkan ta‘ziah kepada keluarga yang bukan Islam bagi si mati yang Islam itu dengan mendoakannya supaya Allah membesarkan pahala keluarga yang bukan Islam itu. Kerana tiada pahala bagi orang-orang bukan Islam. Tetapi harus diucapkan ta‘ziah kepada keluarga bukan Islam itu jika si mati orang Islam dengan lafaz seperti berikut :
Ertinya : “Semoga Allah mengampuni si matimu dan membaikkan kesabaranmu.” (Mughni Al-Muhtaj: 1/481-482)
Manakala ucapan ta‘ziah bagi ahli keluarga bukan Islam dan si mati yang bukan Islam, adalah lebih baik ditinggalkan kerana ianya mendoakan orang bukan Islam dengan berkekalan dan sentiasa dalam kekufurannya. Sebagai contoh lafaz ta‘ziah yang ditujukan kepada keluarga bukan Islam dan si mati yang bukan Islam, yang mana lebih baik ditinggalkan itu ialah :
Ertinya : "Semoga Allah memberimu penggantinya.”
Sebagaimana penjelasan di atas adalah haram bagi umat Islam mengucapkan ta‘ziah kepada ahli keluarga yang bukan Islam dengan mendoakan semoga Allah membesarkan pahala mereka. Begitu juga mengucapkan bagi si mati yang bukan Islam dengan mendoakan keampunan. Kerana mendoakan orang-orang bukan Islam itu ada batasnya, untuk lebih jelasnya dihuraikan hukum mendoakan orang bukan Islam.
Hukum Mendoakan Orang Bukan Islam
Terdapat garis pandu dan batas bagi keharusan mendoakan orang bukan Islam. Tidak semua doa atau permohonan itu diharuskan bagi mereka. Adalah haram mendoakan orang bukan Islam sama ada dia terdiri daripada keluarga sendiri ataupun sebaliknya, dengan doa yang berbentuk permohonan keampunan dan seumpamanya yang tidak layak disebut bagi orang bukan Islam. Kerana ianya dilarang sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta‘ala yang tafsirnya :
"Tidaklah dibenarkan bagi Nabi dan orang-orang yang beriman, meminta ampun bagi orang-orang musyrik, sekalipun orang itu kaum kerabat sendiri, sesudah nyata bagi mereka bahawa orang-orang musyrik itu adalah ahli neraka.” (Surah At-Taubah: 113)
Daripada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Musa yang berkata yang maksudnya :
"Orang-orang Yahudi berpura-pura bersin di majlis Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, dengan tujuan supaya Baginda bersabda dan mendoakan mereka dengan mendapat rahmat Allah – sebagaimana doa bagi orang-orang Islam apabila mereka bersin – Maka Baginda bersabda (kepada orang-orang Yahudi ketika mereka bersin) semoga Allah memberi hidayat kepada kamu dan membetulkan hal ehwal kamu.” (Hadis riwayat Tirmidzi)
Daripada hadis di atas, jelas menunjukkan bahawa tidak harus mendoakan orang bukan Islam agar mereka mendapat keampunan dan rahmat daripada Allah Subhanahu wa Ta‘ala. Kerana rahmat Allah Subhanahu wa Ta‘ala itu khusus bagi orang-orang yang beriman. Akan tetapi harus bagi kita mendoakan orang-orang bukan Islam itu supaya mendapat hidayat, taufiq serta beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta‘ala.
Sebagaimana hadis yang diriwayatkan daripada Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu berkata yang maksudnya :
“Thufail bin ‘Amr datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam seraya berkata: “Wahai Rasulullah! Sesungguhnya kabilah Daus telah menderhaka dan enggan (menerima Islam), mohonlah (berdoalah) kepada Allah agar ditimpakan keburukan ke atas mereka.” Orang-orang menyangka bahawa Baginda akan berdoa memohon sesuatu keburukan ke atas mereka (kabilah Daus). Maka Baginda bersabda: “Ya Allah! Berikanlah hidayat kepada kabilah Daus dan datangkanlah mereka sebagai orang-orang Islam.” (Hadis riwayat Bukhari)
Sementara hadis yang diriwayatkan oleh Anas Radhiallahu ‘anhu berkata yang maksudnya :
“Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah minta tolong menimba air, lalu ada orang Yahudi yang menimbakan air untuk Baginda. Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mendoakannya: “Semoga Allah menjadikanmu tampan selalu.” Maka orang Yahudi itu sehingga meninggal dunia tidak pernah kelihatan uban dikepalanya.” (Hadis riwayat Ibnu as-Sunni)
Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam pernah diminta oleh sahabat Baginda iaitu Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, untuk mendoakan ibunya yang masih kafir supaya memeluk agama Islam. Lalu Baginda pun mendoakannya dan dimakbulkan permohonannya itu oleh Allah Subhanahu wa Ta‘ala.
Doa-doa seperti di atas ini adalah diharuskan. Tetapi mendoakan orang bukan Islam dengan memohon keampunan dan keselamatan daripada azab dunia dan azab akhirat, maka itu adalah haram.
Pada zaman yang semakin giat membangun ini, bermacam pendapat dan pemikiran yang timbul dan berbagai usaha yang dilakukan terutama sekali dalam strategi-strategi untuk melemah atau menjatuhkan umat Islam, sekaligus terhadap agama Islam itu sendiri.
Apa yang jelas, melalui strategi-strategi yang nyata mahupun terselindung, budaya-budaya di luar kehendak syara‘ beransur-ansur menyerap ke negara Islam sama ada melalui media massa atau berbagai bentuk saluran, secara tidak langsung atau terus menerus yang dapat dilihat oleh kaca mata orang Islam sendiri.
Budaya-budaya yang dimaksudkan itu ialah seperti merayakan halloween dan valentine’s day, mencurahkan rasa sedih dengan menghidupkan lilin beramai-ramai, bertafakkur atau senyap dalam beberapa minit sebagai mengingati orang yang telah mati atau berkumpul untuk upacara blessing (memohon rahmat, restu dan berkat) untuk orang bukan Islam yang telah mati dalam upacara remembrance day dan sebagainya. Begitu juga, istilah beramal turut disalahgunakan seperti konsert amal, fun-fair amal dan sebagainya untuk mengaburi mata orang Islam yang kononnya pekerjaan itu adalah usaha yang berkebajikan. Akan tetapi sama ada disedari atau tidak pekerjaan dan acara-acara itu bercampur-aduk dengan berbagai perkara yang membawa kepada kemaksiatan dan dosa.
Oleh yang demikian, hendaklah kita berhati-hati dalam melakukan sesuatu perkara. Berfikir panjang dalam membuat sesuatu keputusan sama ada ianya menyalahi hukum Islam atau tidak. Tanpa disedari, seperti memperingati kematian orang-orang bukan Islam dan sekaligus mendoakan mereka itu dalam keampunan dan rahmat daripada Tuhan. Perkara inilah yang mesti kita ambil kira kerana ianya sudah jelas dilarang oleh Islam.
Persoalan yang timbul, bolehkah mengucapkan ta‘ziah kepada orang orang bukan Islam dan bagaimanakah lafaznya?
Ucapan Ta‘ziah Bagi Orang Bukan Islam
Harus bagi orang Islam memberi ucapan ta‘ziah kepada orang kafir zimmi bahkan sunat hukumnya jika mengharapkan Islamnya.
Apabila si mati orang bukan Islam dan ucapan ta‘ziah itu ditujukan kepada keluarganya yang Islam, lafaznya ialah seperti berikut :
Ertinya:“Semoga Allah membesarkan pahalamu dan kesabaranmu dan semoga Allah memberimu penggantinya.”
Akan tetapi haram didoakan bagi mayat orang bukan Islam itu dengan memohon keampunan baginya, walaupun ucapan ta‘ziah itu ditujukan kepada keluarga si mati yang Islam. Contoh lafaz mendoakan keampunan yang diharamkan bagi mayat orang bukan Islam itu seperti berikut :
Ertinya :“Semoga Allah mengampuni si matimu.”
Berbeda halnya jika si mati itu orang Islam. Maka harus didoakan si mati itu dengan memohonkan keampunan, walaupun ucapan ta‘ziah itu kepada keluarga yang bukan Islam bagi si mati yang Islam.
Akan tetapi tidak boleh diucapkan ta‘ziah kepada keluarga yang bukan Islam bagi si mati yang Islam itu dengan mendoakannya supaya Allah membesarkan pahala keluarga yang bukan Islam itu. Kerana tiada pahala bagi orang-orang bukan Islam. Tetapi harus diucapkan ta‘ziah kepada keluarga bukan Islam itu jika si mati orang Islam dengan lafaz seperti berikut :
Ertinya : “Semoga Allah mengampuni si matimu dan membaikkan kesabaranmu.” (Mughni Al-Muhtaj: 1/481-482)
Manakala ucapan ta‘ziah bagi ahli keluarga bukan Islam dan si mati yang bukan Islam, adalah lebih baik ditinggalkan kerana ianya mendoakan orang bukan Islam dengan berkekalan dan sentiasa dalam kekufurannya. Sebagai contoh lafaz ta‘ziah yang ditujukan kepada keluarga bukan Islam dan si mati yang bukan Islam, yang mana lebih baik ditinggalkan itu ialah :
Ertinya : "Semoga Allah memberimu penggantinya.”
Sebagaimana penjelasan di atas adalah haram bagi umat Islam mengucapkan ta‘ziah kepada ahli keluarga yang bukan Islam dengan mendoakan semoga Allah membesarkan pahala mereka. Begitu juga mengucapkan bagi si mati yang bukan Islam dengan mendoakan keampunan. Kerana mendoakan orang-orang bukan Islam itu ada batasnya, untuk lebih jelasnya dihuraikan hukum mendoakan orang bukan Islam.
Hukum Mendoakan Orang Bukan Islam
Terdapat garis pandu dan batas bagi keharusan mendoakan orang bukan Islam. Tidak semua doa atau permohonan itu diharuskan bagi mereka. Adalah haram mendoakan orang bukan Islam sama ada dia terdiri daripada keluarga sendiri ataupun sebaliknya, dengan doa yang berbentuk permohonan keampunan dan seumpamanya yang tidak layak disebut bagi orang bukan Islam. Kerana ianya dilarang sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta‘ala yang tafsirnya :
"Tidaklah dibenarkan bagi Nabi dan orang-orang yang beriman, meminta ampun bagi orang-orang musyrik, sekalipun orang itu kaum kerabat sendiri, sesudah nyata bagi mereka bahawa orang-orang musyrik itu adalah ahli neraka.” (Surah At-Taubah: 113)
Daripada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Musa yang berkata yang maksudnya :
"Orang-orang Yahudi berpura-pura bersin di majlis Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, dengan tujuan supaya Baginda bersabda dan mendoakan mereka dengan mendapat rahmat Allah – sebagaimana doa bagi orang-orang Islam apabila mereka bersin – Maka Baginda bersabda (kepada orang-orang Yahudi ketika mereka bersin) semoga Allah memberi hidayat kepada kamu dan membetulkan hal ehwal kamu.” (Hadis riwayat Tirmidzi)
Daripada hadis di atas, jelas menunjukkan bahawa tidak harus mendoakan orang bukan Islam agar mereka mendapat keampunan dan rahmat daripada Allah Subhanahu wa Ta‘ala. Kerana rahmat Allah Subhanahu wa Ta‘ala itu khusus bagi orang-orang yang beriman. Akan tetapi harus bagi kita mendoakan orang-orang bukan Islam itu supaya mendapat hidayat, taufiq serta beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta‘ala.
Sebagaimana hadis yang diriwayatkan daripada Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu berkata yang maksudnya :
“Thufail bin ‘Amr datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam seraya berkata: “Wahai Rasulullah! Sesungguhnya kabilah Daus telah menderhaka dan enggan (menerima Islam), mohonlah (berdoalah) kepada Allah agar ditimpakan keburukan ke atas mereka.” Orang-orang menyangka bahawa Baginda akan berdoa memohon sesuatu keburukan ke atas mereka (kabilah Daus). Maka Baginda bersabda: “Ya Allah! Berikanlah hidayat kepada kabilah Daus dan datangkanlah mereka sebagai orang-orang Islam.” (Hadis riwayat Bukhari)
Sementara hadis yang diriwayatkan oleh Anas Radhiallahu ‘anhu berkata yang maksudnya :
“Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah minta tolong menimba air, lalu ada orang Yahudi yang menimbakan air untuk Baginda. Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mendoakannya: “Semoga Allah menjadikanmu tampan selalu.” Maka orang Yahudi itu sehingga meninggal dunia tidak pernah kelihatan uban dikepalanya.” (Hadis riwayat Ibnu as-Sunni)
Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam pernah diminta oleh sahabat Baginda iaitu Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, untuk mendoakan ibunya yang masih kafir supaya memeluk agama Islam. Lalu Baginda pun mendoakannya dan dimakbulkan permohonannya itu oleh Allah Subhanahu wa Ta‘ala.
Doa-doa seperti di atas ini adalah diharuskan. Tetapi mendoakan orang bukan Islam dengan memohon keampunan dan keselamatan daripada azab dunia dan azab akhirat, maka itu adalah haram.
Pada zaman yang semakin giat membangun ini, bermacam pendapat dan pemikiran yang timbul dan berbagai usaha yang dilakukan terutama sekali dalam strategi-strategi untuk melemah atau menjatuhkan umat Islam, sekaligus terhadap agama Islam itu sendiri.
Apa yang jelas, melalui strategi-strategi yang nyata mahupun terselindung, budaya-budaya di luar kehendak syara‘ beransur-ansur menyerap ke negara Islam sama ada melalui media massa atau berbagai bentuk saluran, secara tidak langsung atau terus menerus yang dapat dilihat oleh kaca mata orang Islam sendiri.
Budaya-budaya yang dimaksudkan itu ialah seperti merayakan halloween dan valentine’s day, mencurahkan rasa sedih dengan menghidupkan lilin beramai-ramai, bertafakkur atau senyap dalam beberapa minit sebagai mengingati orang yang telah mati atau berkumpul untuk upacara blessing (memohon rahmat, restu dan berkat) untuk orang bukan Islam yang telah mati dalam upacara remembrance day dan sebagainya. Begitu juga, istilah beramal turut disalahgunakan seperti konsert amal, fun-fair amal dan sebagainya untuk mengaburi mata orang Islam yang kononnya pekerjaan itu adalah usaha yang berkebajikan. Akan tetapi sama ada disedari atau tidak pekerjaan dan acara-acara itu bercampur-aduk dengan berbagai perkara yang membawa kepada kemaksiatan dan dosa.
Oleh yang demikian, hendaklah kita berhati-hati dalam melakukan sesuatu perkara. Berfikir panjang dalam membuat sesuatu keputusan sama ada ianya menyalahi hukum Islam atau tidak. Tanpa disedari, seperti memperingati kematian orang-orang bukan Islam dan sekaligus mendoakan mereka itu dalam keampunan dan rahmat daripada Tuhan. Perkara inilah yang mesti kita ambil kira kerana ianya sudah jelas dilarang oleh Islam.
BAB I
PANTUN
DAN SYAIR TAKZIYAH
Selamat Jalan Ibunda
yang dikasihi.
Engkau Menemukan Kedamaian Abadi
Kebaikanmu
Menggelorakan Jiwa Kami,
Kebaikanmu
menyebarkan, cinta Ilahi.
Redup mentari , hujan tertahan,
Pasang lampu, dua tiga.
Hidup mati di tangan tuhan
Tiada siapa , dapat menduga…
Pada tahun ke 10 kenabian,
Pasang lampu, dua tiga.
Hidup mati di tangan tuhan
Tiada siapa , dapat menduga…
Pada tahun ke 10 kenabian,
Rasulullah sangat tertekan,
Pengikutnya kurang perbekalan
Pedih menderita, akibat kemiskinan
Beliau dikejutkan wafatnya, Abu Talib
Perisai pelindung, menggantung nasib
Kuat dan pengaruhnya tidak sedikit.
Kini terbaring, tak pernah bangkit.
Siti Khadijah,.. Namamu indah…
Uswah hasanah.. tauladan Muslimah
Serikandi pertama… Islam bermula
Kau korbankan hartamu, tanpa lelah.
Siti khadijah.. wanita amanah,
Setia mendampingi, Rasulullah.
Waniata kaya, memilih hidup sederhana,
Uswah hasanah.. tauladan Muslimah
Serikandi pertama… Islam bermula
Kau korbankan hartamu, tanpa lelah.
Siti khadijah.. wanita amanah,
Setia mendampingi, Rasulullah.
Waniata kaya, memilih hidup sederhana,
Kemuliaannya,tiada
tara.
Ketika
hidupnya Abu Talib, berakhir
Di saat itu, Baginda menangis,
Di saat itu, Baginda menangis,
Gagal meng’iman’kan, paman yang kritis,
Itulah takdir , sebenarnya, sudah tertulis.
Paman tercinta, yang banyak jasa.
Seperti doa Nabi Ibrahim terhadap bapanya,
Ditolak Allah permohonan ampun baginda
Gagal beriman, hingga
hujung hayatnya.
Ya kawan-kawan. Jika permohonan ampun yang dipohon sendiri oleh baginda untuk bapa saudara tercinta yang banyak berjasa pun ditolak, bagaimana halnya dengan kita semua yang belum jelas berjasa kepada baginda dan agama Allah ini? Bayangkanlah..!
Saudara sekalian,
Sudah jatuh ditimpa tangga. Hanya 1 bulan 5 hari selepas kewafatan Abu Tolib, wafat pula isteri kesayangan baginda Saidatina Khadijah, pada usia 65 tahun.
Kawan-kawan nak tau tak siapakah Khadijah di sisi Rasulullah?
(tarik respond jawapan dari audien – sampai dapat jawapan)
Alangkah bahagia… beristerikan Khadijah
Agung jasamu… di persada sejarah
Membantu dakwah… baginda Rasulullah
Berbahagialah Khadijah… di sisi Allah.
Ya hadirin sekalian,
Siti Khadijah adalah seorang isteri yang sangat disayangi baginda. Walaupun usianya 15 tahun lebih tua, namun beliaulah satu-satunya isteri yang melahirkan 6 orang putera-puteri baginda. Ini tidak berlaku pada isteri-isteri baginda yang lain walaupun umur mereka jauh lebih muda. Ini bukti betapa intim-nya baginda terhadap beliau sehingga berulang kali baginda nyatakan yang kehilangan kasih Khadijah tidak pernah berganti.
Lebih menyayat hati apabila saya membaca riwayat di saat maut menghampirinya, Siti Khadijah bekas hartawan ini berkata dengan nada penuh tulus kepada baginda. “Wahai Rasulullah.. hartaku telah tiada, telah habis ku labur untuk dakwah mu, namun kalaulah batang tubuhku ini boleh dikau jadikan jembatan untuk menyambung dakwahmu, akan ku relakan juga wahai suami ku…”
Ya Allah, betapa mulianya Siti Khadijah bte Khawailid, seorang isteri yang setia dan tulus, mujahidah ke jalan Allah.
Sidang hadirin sekalian,
Ibnu Ishak meriwayatkan setelah kedua-dua insan ini meninggal dunia, pihak Quraisy lebih berani mengancam Rasulullah dengan berbagai penyiksaan yang belum pernah di alami sebelumnya. Malah golongan bawahan pun berani menabur pasir dan selut ke atas kepala Rasulullah. Ada riwayat yang mengatakan Rasulullah pernah diludah dan dibaling najis. Pernah ketika membantu membasuh kepala baginda salah seorang puterinya menangis terisak-isak kesedihan mengenangkan nasib baginda.
SETERUSNYA KAWAN2, demi melarikan diri dari dugaan itu, baginda coba keluar berdakwah ke To’if, sebuah daerah yang mana baginda tidak dikenali, dengan harapan penduduk di sana akan menyahut seruan Baginda. Malangnya baginda malah menghadapi tentangan yang lebih pahit lagi.
Peribadi yang bergelar ‘al-Amin’ (ibarat Tan Seri) dan jasa baginda yang pernah menjadi Ketua Pertubuhan jihad bernama ‘Hizbul Fudhul’, Komanden ‘Perang Fijar’, pegawai pemegang ‘kunci Kaabah’ serta bersifat sebagai ‘Jaksa Pendamai’ di Mekah lansung tidak diambil kira oleh penduduk To’if ketika mereka menyiksa baginda. Dakwah baginda ditolak mentah-mentah sahingga dikatakan baginda sebagai ‘orang gila’. dicaci, dimaki bahkan dibaling batu, hingga patah gigi dan berdarah di dahi.
Alangkah malangnya baginda. Sedih tak? - (dapatkan jawapan audien)
Selepas kematian dua insan yang dikasihi itu, tiada lagi penduduk Mekah pengikut Abu Jahal yang mahu beriman dan mendengar seruannya. semua laluan dan pintu dakwah tersekat. Itulah yang menyebabkan baginda berdukacita lalu menamakan tahun itu ‘Tahun perkabungan dan dukacita’.
Akhirnya ancaman terhadap baginda memuncak sehingga Abu Jahal yang juga bapa saudara baginda memerintahkan hukuman bunuh terhadap Baginda. Pada satu malam Rumah baginda dikepung, memaksa baginda melarikan diri bersembunyi tiga hari di gua Thur sebelum melarikan diri ke Yathrib dengan pertolongan Allah bersama sahabat Abu Bakar as-siddiq. Sayidina Ali r.a. sanggup mempertaruhkan nyawanya dengan tidur di tempat tidur baginda pada malam itu.
Hadirin sekalian,
Perjuangan jihad tetap akan menempuh cobaan yang sangat perih. Ini telah Allah nyatakan dalam surah Al Baqarah ayat 214 yang berbunyi…
Ertinya : Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah ?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.
Subhanallah, banyak sekali hikmah yang dapat dipelajari dari sirah ini, betul tak..?
(tanya audien dgn tegas, sampai mereka jawab dgn jelas)
Di antara pelajaran yang sempat saya nyatakan ialah,
1. Rasulullah bukan menyesali kepergian dua insan tersayang, tetapi lebih menangisi kegagalan meng’iman’kan bapa saudara baginda, dan keengganan penduduk Mekah untuk beriman selepas kematian mereka.
2. Baginda bukan menangis atau dendam karena disakiti keadaan, tapi kasihan atas dosa pelaku yang jahil dan sedih kerana gagal menyampaikan wahyu Allah.
3. Perjuangan dakwah tidak boleh lepas dari melalui pelbagai cabaran.
4. Selain kekuatan ‘akidah’ dan ‘risalah’, kekuatan ekonomi dan pengaruh politik memainkan peranan penting dalam usaha dakwah.
5. Kejayaan perjuangan dakwah baginda walaupun kehilangan bantuan dari insan-insan tersayang membuktikan kuasa Allah untuk meyakinkan pendakwah agar sentiasa bertawakal kepadaNya, walau apapun ujian yang diterima.
6. Berdakwah tidak boleh sendirian, ia memerlukan sokongan para sahabat yang sehati sejiwa dan sehidup semati.
7. Peranan isteri tersangat penting dalam membantu kelancaran usaha dakwah.
8. Faktur umur dan harta bukan menjadi halangan untuk membina sebuah keluarga bahgia dan kekal abadi.
9. Sayidatina Khadijah adalah contoh isteri terbaik - tidak memilih dan menyayangi suami kerana hartanya, bahkan sanggup pula mengorbankan seluruh harta peribadinya demi membantu suami tersayang.
10.Rasulullah contoh suami terbaik – tidak menyayangi isteri kerana umur, kecantikan dan hartanya. Walaupun Khadijah berusia 15 tahun lebih tua, bahkan setelah beliau meninggal dunia, kasih baginda tidak berubah.
Ya kawan-kawan. Jika permohonan ampun yang dipohon sendiri oleh baginda untuk bapa saudara tercinta yang banyak berjasa pun ditolak, bagaimana halnya dengan kita semua yang belum jelas berjasa kepada baginda dan agama Allah ini? Bayangkanlah..!
Saudara sekalian,
Sudah jatuh ditimpa tangga. Hanya 1 bulan 5 hari selepas kewafatan Abu Tolib, wafat pula isteri kesayangan baginda Saidatina Khadijah, pada usia 65 tahun.
Kawan-kawan nak tau tak siapakah Khadijah di sisi Rasulullah?
(tarik respond jawapan dari audien – sampai dapat jawapan)
Alangkah bahagia… beristerikan Khadijah
Agung jasamu… di persada sejarah
Membantu dakwah… baginda Rasulullah
Berbahagialah Khadijah… di sisi Allah.
Ya hadirin sekalian,
Siti Khadijah adalah seorang isteri yang sangat disayangi baginda. Walaupun usianya 15 tahun lebih tua, namun beliaulah satu-satunya isteri yang melahirkan 6 orang putera-puteri baginda. Ini tidak berlaku pada isteri-isteri baginda yang lain walaupun umur mereka jauh lebih muda. Ini bukti betapa intim-nya baginda terhadap beliau sehingga berulang kali baginda nyatakan yang kehilangan kasih Khadijah tidak pernah berganti.
Lebih menyayat hati apabila saya membaca riwayat di saat maut menghampirinya, Siti Khadijah bekas hartawan ini berkata dengan nada penuh tulus kepada baginda. “Wahai Rasulullah.. hartaku telah tiada, telah habis ku labur untuk dakwah mu, namun kalaulah batang tubuhku ini boleh dikau jadikan jembatan untuk menyambung dakwahmu, akan ku relakan juga wahai suami ku…”
Ya Allah, betapa mulianya Siti Khadijah bte Khawailid, seorang isteri yang setia dan tulus, mujahidah ke jalan Allah.
Sidang hadirin sekalian,
Ibnu Ishak meriwayatkan setelah kedua-dua insan ini meninggal dunia, pihak Quraisy lebih berani mengancam Rasulullah dengan berbagai penyiksaan yang belum pernah di alami sebelumnya. Malah golongan bawahan pun berani menabur pasir dan selut ke atas kepala Rasulullah. Ada riwayat yang mengatakan Rasulullah pernah diludah dan dibaling najis. Pernah ketika membantu membasuh kepala baginda salah seorang puterinya menangis terisak-isak kesedihan mengenangkan nasib baginda.
SETERUSNYA KAWAN2, demi melarikan diri dari dugaan itu, baginda coba keluar berdakwah ke To’if, sebuah daerah yang mana baginda tidak dikenali, dengan harapan penduduk di sana akan menyahut seruan Baginda. Malangnya baginda malah menghadapi tentangan yang lebih pahit lagi.
Peribadi yang bergelar ‘al-Amin’ (ibarat Tan Seri) dan jasa baginda yang pernah menjadi Ketua Pertubuhan jihad bernama ‘Hizbul Fudhul’, Komanden ‘Perang Fijar’, pegawai pemegang ‘kunci Kaabah’ serta bersifat sebagai ‘Jaksa Pendamai’ di Mekah lansung tidak diambil kira oleh penduduk To’if ketika mereka menyiksa baginda. Dakwah baginda ditolak mentah-mentah sahingga dikatakan baginda sebagai ‘orang gila’. dicaci, dimaki bahkan dibaling batu, hingga patah gigi dan berdarah di dahi.
Alangkah malangnya baginda. Sedih tak? - (dapatkan jawapan audien)
Selepas kematian dua insan yang dikasihi itu, tiada lagi penduduk Mekah pengikut Abu Jahal yang mahu beriman dan mendengar seruannya. semua laluan dan pintu dakwah tersekat. Itulah yang menyebabkan baginda berdukacita lalu menamakan tahun itu ‘Tahun perkabungan dan dukacita’.
Akhirnya ancaman terhadap baginda memuncak sehingga Abu Jahal yang juga bapa saudara baginda memerintahkan hukuman bunuh terhadap Baginda. Pada satu malam Rumah baginda dikepung, memaksa baginda melarikan diri bersembunyi tiga hari di gua Thur sebelum melarikan diri ke Yathrib dengan pertolongan Allah bersama sahabat Abu Bakar as-siddiq. Sayidina Ali r.a. sanggup mempertaruhkan nyawanya dengan tidur di tempat tidur baginda pada malam itu.
Hadirin sekalian,
Perjuangan jihad tetap akan menempuh cobaan yang sangat perih. Ini telah Allah nyatakan dalam surah Al Baqarah ayat 214 yang berbunyi…
Ertinya : Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah ?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.
Subhanallah, banyak sekali hikmah yang dapat dipelajari dari sirah ini, betul tak..?
(tanya audien dgn tegas, sampai mereka jawab dgn jelas)
Di antara pelajaran yang sempat saya nyatakan ialah,
1. Rasulullah bukan menyesali kepergian dua insan tersayang, tetapi lebih menangisi kegagalan meng’iman’kan bapa saudara baginda, dan keengganan penduduk Mekah untuk beriman selepas kematian mereka.
2. Baginda bukan menangis atau dendam karena disakiti keadaan, tapi kasihan atas dosa pelaku yang jahil dan sedih kerana gagal menyampaikan wahyu Allah.
3. Perjuangan dakwah tidak boleh lepas dari melalui pelbagai cabaran.
4. Selain kekuatan ‘akidah’ dan ‘risalah’, kekuatan ekonomi dan pengaruh politik memainkan peranan penting dalam usaha dakwah.
5. Kejayaan perjuangan dakwah baginda walaupun kehilangan bantuan dari insan-insan tersayang membuktikan kuasa Allah untuk meyakinkan pendakwah agar sentiasa bertawakal kepadaNya, walau apapun ujian yang diterima.
6. Berdakwah tidak boleh sendirian, ia memerlukan sokongan para sahabat yang sehati sejiwa dan sehidup semati.
7. Peranan isteri tersangat penting dalam membantu kelancaran usaha dakwah.
8. Faktur umur dan harta bukan menjadi halangan untuk membina sebuah keluarga bahgia dan kekal abadi.
9. Sayidatina Khadijah adalah contoh isteri terbaik - tidak memilih dan menyayangi suami kerana hartanya, bahkan sanggup pula mengorbankan seluruh harta peribadinya demi membantu suami tersayang.
10.Rasulullah contoh suami terbaik – tidak menyayangi isteri kerana umur, kecantikan dan hartanya. Walaupun Khadijah berusia 15 tahun lebih tua, bahkan setelah beliau meninggal dunia, kasih baginda tidak berubah.
Kekejaman
Israel - Opini Islam
Kebejatan Yahudi benar-benar
tidak bisa terukur lagi. Kalau sobat-sobat baca di media massa, ataupun
browsing di internet tentang ulah Yahudi, hanya kegeraman yang akan
sobat-sobat dapatkan. Di sana sobat-sobat akan menemukan berita muka cabul Yahudi atas
rakyat Palestina. Perbuatan cabul sipir Israel atas
tahanannya sangat tidak manusiawi. Bagaimana mungkin seorang tawanan dipaksa
bugil kemudian dilecehkan, difoto, diancam, bahkan disodomi!Yahudi Israel benar-benar
tidak punya otak!
v:shapes="_x0000_i1027">
Bahkan,
seorang Yahudi tua bangkotan berkepala 6 saja melakukan hal
serupa. Beberapa anak berusia di bawah umur pun tak luput dari kebusukan
birahinya. Beberapa anak kecil diserang,dianiaya. Perbuatan macam apa yang
dilakukan mereka?Ada lagi nih sobat,
mantan presiden Israel, dipenjara gara-gara dua kasus pencabulan yang
dilakoninya!pencabulan yang dilakukan itu juga menimpa
terhadap beberapa karyawannya. Sungguh memalukan.Yang lebih parah lagi,
dikabarkan ribuan warga Israel berfoto bugil bareng di Laut
Mati dengan tujuan promosi Laut Mati.
v:shapes="_x0000_i1030">Yahudi Israel muka cabul. Kita saja,
untuk hal sekecil apapun yang berhubungan dengan aurat sangat berhati-hati.
Itu! Israel, gila-gilaan! Hanya karena isu Laut Mati bakal kering beberapa
tahun lagi. Mereka sampai menggelar aksi (kepedulian?) sebegitu bejatnya.
Air Mata Palestin (Nukilan sajakku khas buat umat Islam Palestin)
Sudah kering air mata Palestin
Menangisi para syuhada yang gugur di medan jihad
Bertempur dengan Israel Laknatullah
Sudah kering air mata Palestin
Melihat bantuan tidak kunjung tiba
Saudara seIslam di Timur Tengah hanya diam seribu bahasa
Sudah kering air mata Palestin
Melihat anak-anak kecil yang tidak berdosa, wanita dan pemuda gugur satu persatu
Di saat para pejuang Hamas sedang bertempur
Hanya doa qunut nazilah menjadi bekalan pengharapan
Umat Islam seluruh dunia tulus mengadu kepada Allah
Agar diberi bantuan dari langit dan segala tenteraNya
Sudah kering air mata Palestin
Sayu melihat darah menjadi murah
Nyawa seakan tidak berharga lagi
Hanya menunggu saat kematian
Di penjara terbesar dunia
Sempadan Gaza yang terpinggir dari bantuan dunia
Akibat kekejaman Israel durjana
Sudah kering air mata Palestin
Meratapi kematian sanak saudara
Hanya membilang hari
Bilakah diriku akan dijemput Allah
Dalam episod kezaliman Israel dan Amerika yang tidak berkesudahan
DI NANKING,
PEMBANTAIAN TERKEJAM
Pembantaian Nanking (Hanzi
sederhana: 南京大屠杀; Hanzi
tradisional: 南京大屠殺; pinyin: Nánjīng Dàtúshā), juga dikenal
sebagai Pemerkosaan Nanking, adalah satu perisitwa kejahatan
perang berbentuk Genosida yang dilakukan oleh tentara Jepang di Nanjing yang
ketika itu ibu kota Republik
Cina, setelah kecundang di tangan Tentara
Kekaisaran Jepang pada 13
Desember 1937. Durasi pembantaian ini tidak begitu
jelas, namun kekerasan senantiasa selama enam minggu, sehingga awal Februari
1938.
Nanking Massacre alias Pembantaian
Nanking. Peristiwa pahit yang terjadi selama enam minggu sejak 13 Desember 1937
itu masih dikenang warga Nanking dan warga China sebagai peristiwa pembantaian
oleh serdadu Jepang saat Negeri Matahari Terbit itu menduduki China.
Pemerintah China mengklaim 300.000 warga tewas dalam pembantaian tersebut.
Pembantaian Nanjing adalah bukti nyata kebrutalan serdadu Jepang selama masa Perang Dunia II. Ribuan warga sipil tak bersenjata dan tentara China yang terluka, yang ditangkap, ditembak dengan senjata mesin dan dibunuh dengan bayonet.
Mayat-mayat bergelimpangan di tepi Sungai Qinhuai dan Sungai Yantze yang membelah Kota Nanjing. Kota Nanjing berubah menjadi kota penuh darah dan ketakutan.
Tak ada tempat bagi warga kota untuk berlindung. Bukan itu saja. Yang mengerikan adalah ribuan perempuan China menjadi korban pemerkosaan oleh tentara Jepang.
Pemerintah China mengklaim 300.000 warga tewas dalam pembantaian tersebut.
Pembantaian Nanjing adalah bukti nyata kebrutalan serdadu Jepang selama masa Perang Dunia II. Ribuan warga sipil tak bersenjata dan tentara China yang terluka, yang ditangkap, ditembak dengan senjata mesin dan dibunuh dengan bayonet.
Mayat-mayat bergelimpangan di tepi Sungai Qinhuai dan Sungai Yantze yang membelah Kota Nanjing. Kota Nanjing berubah menjadi kota penuh darah dan ketakutan.
Tak ada tempat bagi warga kota untuk berlindung. Bukan itu saja. Yang mengerikan adalah ribuan perempuan China menjadi korban pemerkosaan oleh tentara Jepang.
Sudah hampir
71 tahun peristiwa itu berlalu, tetapi warga Nanjing belum
sepenuhnya
dapat melupakan kejadian tersebut. Dan memang, Pembantaian Nanjing
bukan untuk
dilupakan. Anak-anak sekolah di China sejak dini diajak ke monumen
Pembantaian
Nanjing agar mereka sejak kecil sudah diingatkan akan peristiwa
ini. Ketika
Kompas mengunjungi Memorial Hall of Nanjing Massacre, awal November
lalu, museum
itu ramai dikunjungi warga China. Di sana, semua data dan
deskripsi
peristiwa ini tergambar dengan sangat jelas. Bahkan, ada contoh
bagaimana
korban-korban tewas di dalam rumahnya.
Pembantaian
Nanjing adalah bukti nyata kebrutalan serdadu Jepang selama masa
Perang Dunia
II. Ribuan warga sipil tak bersenjata dan tentara China yang
terluka,
yang ditangkap, ditembak dengan senjata mesin dan dibunuh dengan
bayonet.
Mayat-mayat bergelimpangan di tepi Sungai Qinhuai dan Sungai Yantze
yang
membelah Kota Nanjing. Kota Nanjing berubah menjadi kota penuh darah dan
ketakutan.
Tak ada tempat bagi warga kota untuk berlindung. Bukan itu saja.
Yang
mengerikan adalah ribuan perempuan China menjadi korban pemerkosaan oleh
tentara
Jepang.
Peristiwa
ini memberi inspirasi bagi Iris Chang, perempuan Amerika keturunan
China, untuk
menulis buku berjudul The Rape of Nanking-The Forgotten Holocaust
of World War
II. Data-data yang terungkap dalam buku itu, termasuk data tentang
neneknya
yang menjadi korban, mengejutkan dunia Barat. Namun, Iris Chang
setelah itu
mendapat ancaman dan teror dari kaum sayap kanan Jepang, yang
menolak
peristiwa Nanjing. Tidak tahan dengan teror dan ancaman itu, Iris Chang
akhirnya
ditemukan tewas, diduga akibat mengalami depresi. Namun, bukunya, The
Rape of
Nanking, mengalami cetak ulang dan menjadi best seller.
Salah satu
korban pembantaian Nanjing, Li Xiuling, seperti dikutip Newsweek
(20/7/1998),
mengungkapkan kemarahannya kepada Jepang. ?Saya benci Jepang
begitu
dalam,? kata Liu Xiuling, yang saat peristiwa terjadi sedang hamil tujuh
bulan. Tiga
serdadu Jepang menikamnya 37 kali saat itu. Bayi yang dikandungnya
tewas,
tetapi Li selamat.
Untuk
memperingati hari kemenangan perang anti
-fasis di seluruh
dunia dan
memperingatkan setiap orang Tiongkok
jangan melupakan sejarah
agresi yang berdarah itu, kami membuat acara khusus untuk menceritakan
peristiwa "Pembantaian Besar
Nanjing" waktu agresor Jepang
menduduki
Kota Nanjing
bagian timur Tiongkok.
Pada tgl 13 Desember tahun 1937,
sekitar 200 ribu agresor Jepang menduduki Kota Nanjing ibu kota Tiongkok waktu
itu, dan segera setelah itu agresor Jepang menjalankan pembantaian biadab
terhadap penduduk damai dan orang militer yang sudah meletakkan senjata di kota
itu. Hanya dalam waktu 6 pekan, 300 ribu penduduk Tiongkok telah direnggut
nyawanya di bawah todongan senapan serdadu Jepang, di antaranya termasuk 90
ribu orang tahanan. Inilah peristiwa "Pembantaian besar Nanjing"yang
terkenal dalam Perang Dunia Kedua.
Nenek Xia Shuqin yang berusia 77
tahun adalah salah satu korban pembantaian Nanjing yang masih hidup. Ketika
mengenang hari seram 69 tahun yang lalu itu, Nenek Xia Shuqin dengan air mata
berlinang-linang mengatakan, hanya dalam setengah hari saja, serdadu Jepang
telah menghancurkan keluarganya beranggota 9 orang yang bahagia.
Nenek itu menceritakan, "Pada
hari itu serdadu Jepang menggedor pintu dengan bengis. Ayah saya yang pergi
membuka pintu ditembak mati seketika itu. Ibu saya yang menggendong adik prempuanku
bersama seorang ibu dan 2 anak tetangga bersembunyi di bawah meja. Ketika itu
serdadu Jepang menyeret ibu saya dari bawah meja, dengan sangkur tempur menusuk
mati adikku dan menelanjangi ibu saya. Kakak beradik 4 orang kami bersembunyi
di ranjang, kemudian dua kakak prempuanku diseret dan diperkosa oleh serdadu
Jepang sedangkan saya ditusuk 3 kali
Dengan demikian, pagi hari tgl 13
Desember tahun 1937, 7 dari 9 anggota keluarga Xia Shuqin yang tinggal di jalan
Xinlukou nomor 5 Kota Nanjing itu dibunuh tak beralasan oleh serdadu Jepang. Di
antaranya ibu dan 2 orang kakak prempuannya sebelum dibunuh diperkosa oleh
serdadu Jepang. Keluarga Xia hanya tersisa Xia Shuqin berusia 8 tahun dan Xia
Shuyun berusia 4 tahun waktu itu. Setelah serdadu Jepang pergi, dalam 14 hari
kedua gadis kecil itu mengisi perut dengan sedikit beras goring sangan dan
kerak nasi di samping jenazah anggota keluarga sampai akhirnya ditemukan
tetangga.
Nenek Xia Shuqin mengatakan, selama
ia masih hidup di bumi ini ia akan memberikan kesaksian atas pembantaian besar
itu, dan berjuang menentang kekuatan ultrakanan Jepang yang menyangkal "
Pembantaian Basar Nanjing" dan mengungkapkan kenyataan sejarah sebenarnya
kepada rakyat seluruh dunia.
Kenyataan dibunuhnya keluarga Xia
juga direkam dengan kamera oleh pendeta Amerika Serikat John Magge. Magge waktu
itu sebagai Ketua Dewan Nanjing Palang Merah Internasional ketika diberi tahu
perkara pembunuhan keluarga Xia itu, ia segera pergi ke rumah Xia di jalan
Xinlukou itu dan memotret kejadian tersebut. Selain itu ia juga memberi-tahu
kejadian itu kepada tokoh-tokoh warga asing yang tinggal di Nanjing dan
kejadian itu dicatat dalam buku catatan harian warga Jerman John Rabe dan bahan
" arsip zone keamanan Nanjing".
Sementara itu terdapat pula foto
dalam jumlah besar yang merekam adegan sejarah yang berdarah. Di antaranya
sebagian disimpan oleh seorang korban pembantaian yang masih hidup bernama Lu
Jing. Waktu agresor Jepang menduduki Kota Nanjing, ia adalah seorang magang di
sebuah studio foto. Foto-foto yang merekam adegan kejam pembunuhan terhadap
warga Tiongkok itu dibuat oleh serdadu Jepang sendiri. Ia dengan
sembunyi-sembunyi mengambil sejumlah dari foto yang diantar serdadu Jepang ke
tokonya untuk dicetak. Lu Jing orang tua yang sudah meninggal dunia tahun lalu
itu sebelumnya ia dalam wawancara dengan wartawan kami menceritakan:"
Ketika itu saya mencuci foto-foto yang diberikan serdadu Jepang, sangatlah
menakutkan, di antaranya ada yang pemenggalan kepala orang Tiongkok. Saya
memberi tahu kepada majikan saya dan kemudian saya memutuskan untuk menyimpan
dengan sembunyi-sembunyi foto-foto tersebut sebagai bukti untuk kemudian
hari."
Foto-foto sebagai bukti Pembantaian Besar Nanjing itu
disimpan terus sampai saat kemenangan perang melawan Jepang dan diserahkan
kepada Pengadilan Militer Nanjing sebagai bukti untuk mengadili penjahat perang
Jepang.
Sejarah tidak dapat dilupakan,
lebih-lebih tidak dapat diubah. Kalau tidak, tragedi itu akan terjadi berulang
kali. Mahasiswa Jepang yang belajar di Universitas Peking Yoshi Kazu Kato
mengatakan kepada wartawan, yang penting adalah jangan melupakan sejarah.
Ia mengatakan, " Sebagai
seorang muda saya berpendapat adalah kenyataan Jepang mengagresi Tiongkok.
Kedua negara hendaknya mengadakan pertukaran dan kerja sama di atas dasar
dengan tepat memperlakukan sejarah."
Justru seperti yang dikatakan oleh
mahasiswa Jepang itu, bahwa tidak hanya rakyat Tiongkok yang memperingati ulang
tahun ke-60 kemenangan melawan Jepang, tetapi hari kemenangan itu juga patut
diperingati oleh rakyat Jepang dan rakyat seluruh dunia. Karena kemenangan
perang melawan Jepang tidak saja mengakhiri malapetaka besar rakyat Tiongkok ,
Asia dan negara-negara lainnya, tetapi juga mengakhiri penderitaan rakyat
Jepang akibat perang tersebut. Memperingati sejarah bertujuan justru untuk
membuat rakyat kedua negara mengenal sejarah dan "bercermin pada sejarah
dan berorientasi ke masa depan", supaya persahabatan dan hubungan kerja
sama bersahabat antara kedua negara Tiongkok dan Jepang dipelihara dengan lebih
baik.
Shiro Ishii adalah seorang ahli
mikrobiologi dan letnan jenderal Unit 731, sebuah unit perang biologis Tentara
Kekaisaran Jepang selama Perang Sino-Jepang. Ia dilahirkan di bekas Desa
Shibayama Kabupaten Sanbu di Prefektur Chiba, dan belajar kedokteran di Universitas
Kekaisaran Kyoto.
Pada 1932, ia memulai eksperimen pendahuluan dalam perang biologis sebagai proyek rahasia militer Jepang. Pada tahun 1936, Unit 731 terbentuk. Ishii membangun sebuah senyawa besar – lebih dari 150 gedung-gedung lebih dari enam kilometer persegi – di luar kota Harbin, Cina.
Beberapa dari sekian banyak kekejaman yang dilakukan oleh Ishii dan yang lain di bawah komandonya di Unit 731 meliputi: pembedahan makhluk hidup hidup orang (termasuk wanita hamil yang dihamili oleh dokter), tahanan dengan kaki diamputasi dan dipasang ke bagian lain dari tubuh mereka, sejumlah tawanan dibuat beku anggota tubuhnya dan dicairkan untuk mempelajari hasil gangren yang tidak diobati.
Manusia juga digunakan sebagai kasus uji hidup untuk pelempar granat dan nyala api. Tahanan disuntik dengan inokulasi penyakit, dengan disamarkan sebagai program vaksinasi, untuk mempelajari efek mereka. Untuk mempelajari efek penyakit kelamin yang tidak ada obat, tawanan laki-laki dan perempuan sengaja diinfeksi dengan sifilis dan gonore melalui perkosaan, lalu dipelajari.
Setelah Jepang takluk dari Amerika , Ishii menghabiskan waktunya dalam penjara untuk kejahatannya dan meninggal pada usia 67 akibat kanker kerongkongan.
Pada 1932, ia memulai eksperimen pendahuluan dalam perang biologis sebagai proyek rahasia militer Jepang. Pada tahun 1936, Unit 731 terbentuk. Ishii membangun sebuah senyawa besar – lebih dari 150 gedung-gedung lebih dari enam kilometer persegi – di luar kota Harbin, Cina.
Beberapa dari sekian banyak kekejaman yang dilakukan oleh Ishii dan yang lain di bawah komandonya di Unit 731 meliputi: pembedahan makhluk hidup hidup orang (termasuk wanita hamil yang dihamili oleh dokter), tahanan dengan kaki diamputasi dan dipasang ke bagian lain dari tubuh mereka, sejumlah tawanan dibuat beku anggota tubuhnya dan dicairkan untuk mempelajari hasil gangren yang tidak diobati.
Manusia juga digunakan sebagai kasus uji hidup untuk pelempar granat dan nyala api. Tahanan disuntik dengan inokulasi penyakit, dengan disamarkan sebagai program vaksinasi, untuk mempelajari efek mereka. Untuk mempelajari efek penyakit kelamin yang tidak ada obat, tawanan laki-laki dan perempuan sengaja diinfeksi dengan sifilis dan gonore melalui perkosaan, lalu dipelajari.
Setelah Jepang takluk dari Amerika , Ishii menghabiskan waktunya dalam penjara untuk kejahatannya dan meninggal pada usia 67 akibat kanker kerongkongan.
Martin luther King Jr “I have a
dream”
Foto
ini diambil di Washington,US dalam gerakan penyetaraan hak asasi manusia,
ratusan ribu demonstran terutama warga kulit hitam amerika menuntut penyetaraan
hak pada 28 Agustus 1963, hal ini sebagai reaksi atas perilaku diskriminasi
Rakyat Amerika selama beratus tahun terhadap Ras Afro Amerika (kulit hitam),
seperti : Bus Umum bagian belakang untuk kulit hitam, dan didepan untuk kulit
putih. Seorang Nenek2 kulit hitam menolak untuk duduk dibelakang bus dengan
alasan yang sangat terkenal “Apabila saya duduk dibelakang, maka saya akan
membiarkan cucu saya duduk dibelakang, lebih baik saya mati daripada melihat
itu terjadi”
Dalam
pidatonya Martin Luther King mengucapkan kata2 yang sangat fenomenal dan
Sekarang seorang Presiden US Kulit hitam pertama mengulang kata2nya di Memorial
Lincoln Washington DC “Barrack Obama”
“I
have a dream that my four little children will one day live in a nation where
they will not be judged by the color of their skin but by the content of their
character”
FILM
YANG MENGANGKAT CERITA INI :
“A Ripple of Hope”
“A Ripple of Hope”
Pembantaian Pengungsi gereja Nyamata Di Rwanda
Apabila
kalian belum melihat Film Hotel Rwanda atau Sometimes in April, segeralah untuk
menonton.. kalian akan melihat bahwa manusia terkadang seperti binatang, foto
ini menunjukkan peristiwa Genosida diRwanda dimana 10.000 pengungsi Suku Tutsi
berkumpul diGereja, mereka berfikir bahwa gereja adalah tempat yang
suci(sanctuary), namun ini adalah kesalahan fatal, ekstrimist Hutu membantai
tanpa ampun, sekitar 10rb lebih pengungsi tewas didalam dan diluar gereja,
hanya butuh 5 jam untuk membantai pengungsi tersebut, dan kalaupun ada yang
selamat adalah wanita yang sudah diperkosa puluhan kali. April 1994, satu
lagi.. Senjata favorit militan Hutu adalah “Machetes” pisau panjang tajam yang
semuanya Impor dari China, murah dan praktis
FILM
YANG MENGANGKAT CERITA INI :
“Hotel Rwanda”
“Sometimes in April”
“shooting dogs”
“Hotel Rwanda”
“Sometimes in April”
“shooting dogs”
Auschwitz-Birkenau death camp in Poland, Jews Genocide
(kaum
yahudi naik kereta menuju pemberhentian auscwitz yg fenomenal)
Anda pasti tau Genosida kaum yahudi oleh Nazi, namun apakah anda tau dimana Camp Genosida terbesar dan yang paling memakan banyak korban?? jawabannya adalah Auschwitz-Birkenau di polandia, Tempat ini adalah Rumah jagal bagi ratusan ribu yahudi, umumnya yang menjadi prioritas penjagalan adalah mereka Kaum homo, gipsi, politikus, orang cacat, wanita/masa subur, Tempat ini menjadi sentral pembantaian dikarenakan memiliki gas chamber berkapasitas 1000 orang, para korban sengaja di masukkan ke dalam ruangan kamar mandi palsu lengkap dengan showernya, namun yang keluar bukanlah air melainkan Gas beracun bernama ziklon B, camp ini hasil buah tangan Goebler dan Himler, tangan kanan Hittler pada perang dunia II (7 April 1940)
Anda pasti tau Genosida kaum yahudi oleh Nazi, namun apakah anda tau dimana Camp Genosida terbesar dan yang paling memakan banyak korban?? jawabannya adalah Auschwitz-Birkenau di polandia, Tempat ini adalah Rumah jagal bagi ratusan ribu yahudi, umumnya yang menjadi prioritas penjagalan adalah mereka Kaum homo, gipsi, politikus, orang cacat, wanita/masa subur, Tempat ini menjadi sentral pembantaian dikarenakan memiliki gas chamber berkapasitas 1000 orang, para korban sengaja di masukkan ke dalam ruangan kamar mandi palsu lengkap dengan showernya, namun yang keluar bukanlah air melainkan Gas beracun bernama ziklon B, camp ini hasil buah tangan Goebler dan Himler, tangan kanan Hittler pada perang dunia II (7 April 1940)
untuk
gambaran : perkiraan yahudi di polandia tahun 1935 3,3jt orang, sehabis
pendudukan nazi hanya bersisa 270rb orang atau lebih 90% tewas
Camp
ini berhasil dibebaskan oleh tentara Red Army(rusia), sebelumnya tentara german
terlebih dulu membunuh sebagian besar tahanan dan sisanya adalah mereka yang
beruntung karena tentara jerman kehabisan peluru
FILM
YANG MENGANGKAT CERITA INI :
“schindler list”
“The Pianist”
“schindler list”
“The Pianist”
Srebrenica Mass Murder, Bosnia
v:shapes="_x0000_i1026">
Buat
yang belom tau, Sebrenica adalah nama kota di Bosnia Herzegovina. Kota ini
menyimpan kenangan buruk tentang genosida massal oleh tentara Serbia pimpinan
Ratko Mladic peristiwa ini sangat berbau rasisme antara suku serb dengan muslim
bosnia, Dalam waktu 3 minggu Pasukan serbia pimpinan ratko mladic berhasil
menewaskan 8300 warga sipil Muslim Bosnia, ini adalah genosida massal terbesar
setelah Perang dunia kedua dizamannya sebelum Genosida Rwanda.
Dunia
barat sangat terlambat dalam mengatasi Perang Serbia Bosnia, dimana UN bersikap
seperti Anjing pemalu (sebutan warga bosnia) karena bersifat Penjaga namun
tidak berbuat apa2, Cara membunuh yang paling kejam di srebrenica adalah para
wanita,anak2 dan orang tua disuruh lari ke sungai dan ditembak, banyak saksi yang
menyaksikan peristiwa ini dan kenangan akan banjir darah. Killing field
ditemukan beberapa tahun kemudian atas bantuan citra satelit US, kini Memorial
Srebrenica berdiri tegak memuat 8340 nama korban muslim bosnia. Ratko mladic
ditangkap pada tahun 2006, hingga kini sebagian warga serbia menganggap ratko
mladic adalah pahlawan yang dihormati.
FILM
YANG MENGANGKAT CERITA INI :
“Hunting Party”
“Behind Enemy Lines”
“Hunting Party”
“Behind Enemy Lines”
Kamikaze “Insane Japanese Pilot”
(difoto
ini tampak Pesawat Zero Japan yang kehabisan peluru melaksanakan tugas
terakhirnya dengan menabrakan diri)
Mnurut
kalian Pada perang Koral (Perang pasifik) siapakah angkatan udara yang menang?
Amerika? memang amerika secara aklamasi menang dalam perang tersebut, tapi
siapakah sebenarnya yang menang dalam jumlah perusakan terbanyak? jawabannya
Japanese Air Fighter, tidak ada yang meragukan Pesawat A6M(mitsubishi engine)
Zero, pesawat ini dan turunannya menghancurkan 1500 lebih pesawat amerika dan
menghancurkan beberapa kapal induk dalam serangan Kamikaze, Masih ingat Pear
Harbor, Hawai 1941, Jendral Jepang secara khusus memanggil Putra2 terbaik
matahari terbit untuk melaksanakan Kamikaze project, para istri dan keluarga
calon merayakan pesta karena merupakan suatu kehormatan, namun tak sedikit yang
menangis dan bunuh diri karena ini adalah perpisahan terakhir, hal ini
dikarenakan Para pilot bomber hanya diberikan Bensin yang hanya cukup untuk
sekali jalan, ini untuk memaksimalkan daya hancur bagi penyerangan Pearl Harbor
bayangkan..
340 Pesawat Kamikaze menghancurkan 4 buah kapal induk, 188 pesawat serang, 3
cruiser besar dan menewaskan 2800 personel.
Gerakan 30 September
Gerakan
30 September atau yang sering disingkat G 30 S PKI, G-30S/PKI, Gestapu (Gerakan
September Tiga Puluh), Gestok (Gerakan Satu Oktober) adalah sebuah peristiwa
yang terjadi pada tanggal 30 September 1965 di mana enam pejabat tinggi militer
Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha
pemberontakan yang disebut sebagai usaha Kudeta yang dituduhkan kepada anggota
Partai Komunis Indonesia.
jumlah Korban orang yang dibantai tidak diketahui dengan persis – perkiraan yang konservatif menyebutkan 500.000 orang, sementara perkiraan lain menyebut dua sampai tiga juga orang. Namun diduga setidak-tidaknya satu juta orang menjadi korban dalam bencana enam bulan yang mengikuti kudeta itu.
jumlah Korban orang yang dibantai tidak diketahui dengan persis – perkiraan yang konservatif menyebutkan 500.000 orang, sementara perkiraan lain menyebut dua sampai tiga juga orang. Namun diduga setidak-tidaknya satu juta orang menjadi korban dalam bencana enam bulan yang mengikuti kudeta itu.
DOA SEORANG JENDERAL
” Tuhan, buatkanlah bagi saya,
seorang putra yang cukup kuat untuk menyadari kalau ia sedang lemah, dan cukup
tabah untuk menghadapi dirinya sendiri kalau ia sedang takut, yang akan bangga
dan tidak putus asa kalau kalah secara jujur, dan rendah hati serta lembut
dalam kemenangan.
Buatkanlah bagi saya seorang putra,
yang bukan cuma bisa berharap, tetapi juga mampu berbuat, putra yang akan
mengenal ENGKAU . Jangan bawa ia ke jalan yang serba mudah, dan serba enak ,
tetapi biarlah ia belajar berdiri di tengah badai dan biarlah ia belajar
merasakan penderitaan orang-orang yang gagal.
Buatkanlah bagi saya seorang putra
yang hatinya jernih, yang cita-citanya tinggi, putra yang dapat mengendalikan
dirinya sendiri sebelum mencoba mengendalikan orang lain, yang meraih massa
depan tetapi tidak melupakan massa lalu.
Dan kalau semua itu telah menjadi miliknya, saya mohon agar ia diberi rasa humor. Berilah ia kerendahan hati, supaya ia selalu ingat kesederhanaan dari keagungan sejati, keterbukaan dari kebijaksanaan sejati dan kelemahan dari kekuatan sejati.”
Foto-Foto Peristiwa Masa Lalu Yang Paling Mengerikan
dan Tdak Terlupakan
Foto atau gambar dari masa lalu adalah
pengingat atas kengerian tak terkatakan dan penderitaan yang telah menjadi
bagian dari sejarah kita di dunia yang penuh dengan kekacauan ini. Tidak
ketinggalan kebrutalan yang tidak diinginkan oleh umat manusia itu sendiri
memberikan konstribusi pada kenyataan bahwa sulit membedakan mana manusia dan
mana monster.
Berikut adalah beberapa foto paling menyedihkan,
paling mengerikan, paling mengejutkan dan bikin syok yang pernah diambil:
Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang
Di atas adalah foto awan berbetuk jamur akibat bom
atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima dan Nagasaki saat perang dunia II.
Amerika Serikat melepaskan dua bom atom di dua kota penting Jepang yaitu di
Hiroshima yang menewaskan 90,000-166,000 orang dan di Nagasaki yang menewaskan
60,000-80,000 orang.
Eksekusi Seorang Tentara Viet Cong
Foto di atas, berjudul “Jenderal Nguyen Ngoc Loan
mengeksekusi seorang tahanan Viet Cong di Saigon”, dianggap sebagai salah satu
foto yang paling terkenal dalam sejarah jurnalistik. Seorang fotografer
Amerika, Edward Adams, dianugerahi sebuah Pulitzer
Prizeuntuk foto ini yang memperlihatkan Kepala Polisi Nasional Vietnam
Selatan mengeksekusi seorang tentara Viet Cong.
Serangan 11 September 2001 (9/11)
Pada tanggal 11 September 2001, teror melanda Amerika
ketika dua pesawat penumpang diduga dibajak oleh Al-Qaeda menabrak menara
kembar World Trade Center di New York City, yang diklaim menewaskan hampir 3000
orang tidak berdosa. Beberapa foto dalam tragedi ini menunjukkan sejumlah orang
melompat dari gedung untuk menghindari ledakan setelah pesawat yang dibajak tersebut
menabrak menara kembar WTC.
Penjara Abu Ghraib
Setahun setelah
invasi Irak tahun 2003 atau pada awal tahun 2004, laporan mengejutkan tentang
penyiksaan, pemerkosaan dan pembunuhan para tahanan yang ditahan di penjara Abu
Ghraib mulai muncul ke permukaan yang kemudian menjadi perhatian publik.
Tindakan tidak berperikemanusiaan ini dilakukan oleh personil Militer Angkatan
Darat Amerika Serikat bersama dengan lembaga-lembaga pemerintah tambahan AS.
Anak Kecil
dan Burung Pemakan Bangkai
Foto ini diambil
oleh seorang fotografer Afrika Selatan, Kevin Carter, menunjukkan seorang anak
di Sudan yang sedang kelaparan berhenti untuk beristirahat saat merangkak
menuju tenda makan PBB. Di dekat anak kecil itu berdiri seekor burung pemakan
bangkai yang dengan sabar menunggu si anak kecil itu meninggal untuk dimakan.
Tak seorang pun
yang tahu apa yang terjadi pada anak kelaparan itu. Fotografer Kevin Carter
yang memenangkan Pulitzer
Prize atas foto tersebut
bunuh diri tiga bulan setelah ia mengambil foto mengerikan dan memilukan itu.
Seorang
Ayah Palestina Yang Melindungi Putranya
Foto-foto di atas
adalah bingkai dari adegan mengejutkan yang ditangkap oleh 2 kameraman asal
Perancis di dekat Jalur Gaza. Rekaman itu menunjukkan seorang ayah Palestina,
Jamal al-Durrah, mencoba untuk melindungi putranya yang berumur 12 tahun,
Muhammad al-Durrah, dari tembakan sementara bersembunyi di balik dinding beton.
Jamal al-Durrah memberikan sinyal dan memanggil pasukan Israel di luar sana untuk
menghentikan tembakan. Putranya mati tertembak dan dia sendiri terluka parah.
Hector
Pieterson (Pemberontakan Soweto)
Hector Pieterson
menjadi ikon pemberontakan Soweto tahun 1976 di Afrika Selatan. Dia tewas pada
usia 12 tahun ketika polisi menembaki mahasiswa yang sedang berdemontrasi. 16
Juni 1976 ditetapkan sebagai hari perlawanan terhadap kekejaman pemerintah yang
memilih kasih terhadap kulit hitam dan kulit putih, dimana kulit
hitam harus membayar jika ingin bersekolah, membayar pajak dengan lebih, dan
segalanya yang merugikan pihak kulit hitam.. Saat ini dikenal sebagai Hari
Nasional Pemuda. Foto di atas menunjukkan Hector Pieterson yang tewas sedang
diangkat oleh seorang mahasiswa.
Pemakaman
Seorang Anak Yang Tidak Dikenal (Bencana Bhopal)
Foto di atas
menunjukkan salah satu dari 3.787 korban yang disebabkan oleh bencana Bhopal
tahun 1984 dimana gas beracun (MIC) dilepas oleh Union Carbide India Limited,
diikuti dengan pertisida tanaman yang mana diperkirakan menimbulkan 40.000
kasus penyakit atau kecacatan yang disebabkan oleh paparan gas.
Menghukum
Mati Pria Muda Berkulit Hitam Tanpa Pemeriksaan Pengadilan
Foto mengerikan
ini menunjukkan hukuman mati dua pria kulit hitam muda tanpa pengadilan yang
dituduh memperkosa seorang wanita berkulit putih dan membunuh pacarnya. Suka
cita tampak di wajah massa yang menghukum dua pria kulit hitam tersebut yang
telah menjadi bangkai setelah disiksa.
Eksekusi
Orang Yahudi Terakhir dari Vinnitsa
Foto di atas
adalah Orang Yahudi Terakhir dari Vinnitsa, Ukraina, (kiri) pada tahun 1941
dimana seorang Yahudi berlutut di depan sebuah kuburan massal akan dieksekusi
oleh seorang anggota sebuah regu maut paramiliter, Einsatzgruppe D. Foto
tersebut diambil dari album pribadi seorang tentara Einsatzgruppen. 28.000
orang Yahudi dari Vinnitsa dan sekitarnya dibantai pada waktu itu. LM
Bagaimana ulasan tentang Foto-Foto
Peristiwa Masa Lalu Yang Paling Mengerikan
Kumpulan Kaidah Fikih Ghair
al-Asasiyah
Drs.M.Rakib Janib
Jamari,S.H.,M.Ag.
Qawaidul
Fiqhiyah atau biasa disebut kaidah-kaidah fikih adalah ketentuan-ketentuan yang
bersifat kulli (menyeluruh atau umum) yang mencakup
bagian-bagiannya. Bisa juga dikatakan sebagai ketentuan umum yang menghukumi
beberapa bab pembahasan masalah fikih. Terkait dengan hakikat dari kaidah fikih
itu sendiri, dapat dilihat kembali pada artikel makalah tentang hakikat qawaid fiqhiyah sebelumnya. Jelasnya,
kaidah-kaidah fikih ini sangat penting dalam kehidupan manusia. Salah satu
manfaatnya yaitu agar dapat mengetahui prinsip-prinsip umum fikih.
Dalam ilmu qawaidul fiqhiyah, kaidah-kaidah fikih ada yang disebut qawaid
al-fiqhiyah al-asasiyyah dan ada pula yang disebut qawaid
al-fiqhiyah ghairu asasiyyah atau yang disebut dengan
kaidah-kaidah fikih yang bukan merupakan kaidah asasiyyah. Khususnya dalam
makalah ini yang akan dibahas adalah kaidah-kaidah fikih yang bukan merupakan
kaidah-kaidah dasar yang lima seperti yang dibahas pada artikel-artikel
sebelumnya seperti kaidah tentang al-Umu>r bi Maqa>s}idiha>, al-Yaqi>n la> Yuza>lu bi asy-Syakk, al-masyaqqah tajlib at-taisir, adh-adhararu yuzal, dan kaidah al-’adah muhakkamah. Namun demikian,
kaidah yang dibahas dalam makalah ini tetap disebut sebagai kaidah kulli (menyeluruh atau umum) sehingga berlaku pula untuk persoalan-persoalan hukum Islam (fikih) dalam berbagai bidang sesuai dengan bagiannya masing-masing.
kaidah yang dibahas dalam makalah ini tetap disebut sebagai kaidah kulli (menyeluruh atau umum) sehingga berlaku pula untuk persoalan-persoalan hukum Islam (fikih) dalam berbagai bidang sesuai dengan bagiannya masing-masing.
Pembahasan
Pengertian
Al-Qawaid Al-Fiqhiyyah Al-Ammah Ghairu Asasiyyah
Qawaidul
Fiqhiyyah menurut bahasa berarti dasar-dasar yang berhubungan dengan
masalah-masalah atau jenis-jenis hukum (fikih). Sedangkan menurut istilah ahli
ushul, qawaidul fiqhiyyah adalah hukum yang biasa berlaku bersesuaian dengan
sebagian besar bagian-bagiannya.[i] Jadi, qawaidul fiqhiyyah adalah
suatu perkara kulli yang berlaku pada semua bagian-bagian atau
cabang-cabangnya, yang dengannya diketahui hukum-hukum cabang tersebut.
Sedangkan qawaid
al-fiqhiyyah ghairu asasiyyah berarti kaidah-kaidah umum fikih yang bukan
kaidah asasiyyah seperti yang diuraikan sebelumnya. Kaidah tersebut adalah
kaidah-kaidah umum yang ruang lingkup dan cakupannya luas. Kaidah ini berlaku
dalam berbagai cabang hukum fikih. Di antaranya yaitu dalam bidang muamalah,
peradilan, jinayah dan hukum keluarga.
Manfaat
Kaidah Fikih
Kaidah-kaidah
fikih sangat penting dan bermanfaat bagi ilmu fikih. Manfaat kaidah fikih ini
antara lain, yaitu:[ii]
- Dengan
mengetahui kaidah-kaidah fikih kita akan mengetahui prinsip-prinsip umum
fikih sehingga dapat mengetahui titik temu dari masalah-masalah fikih.
- Dengan
memperhatikan kaidah-kaidah fikih akan lebih mudah menetapkan hukum bagi
masalah-masalah yang dihadapi.
- Dengan
memperhatikan kaidah-kaidah fikih akan lebih arif dalam menerapkan
materi-materi fikih dalam waktu dan tempat yang berbeda, untuk keadaan dan
adat yang berlainan.
Beberapa
Kaidah-Kaidah Ghair Asasiyyah
Berikut ini sembilan macam kaidah-kaidah umum fikih yang
bukan kaidah asasiyyah (al-qawaid al-fiqhiyyah al-ammah ghairu asasiyyah),
yaitu:[iii]
1. ﻤﺎ ﻻ ﻴﺘﻢ ﺍﻠﻮﺠﺐ ﺇﻻ ﺒﻪ ﻔﻬﻮ ﻮﺍ ﺠﺐ
”Sesuatu
kewajiban yang tidak sempurna pelaksanaannya kecuali dengan adanya sesuatu hal,
maka sesuatu hal tersebut hukumnya wajib pula ada.”
Maksud
kaidah ini yaitu apabila suatu kewajiban tidak sempurna pelaksanaannya kecuali
dengan adanya perbuatan atau hal lain maka perbuatan tersebut wajib pula
dilaksanakan.
Contoh: shalat
adalah wajib dan shalat tidak sah apabila tidak suci dari hadas dan berwudhu,
maka suci dari hadas dan berwudhu juga wajib dilakukan. Contoh lainnya,
membayar hutang itu wajib, maka bekerja ekstra untuk dapat membayar hutang
sampai lunas adalah wajib, karena apabila bekerja hanya untuk mencukupi
kebutuhan hidup saja, tentunya dapat berakibat tidak terbayarnya hutang.
Kaidah ini
diperkuat dengan kaidah:
ﻠﻠﻮﺴﺎﺌﻞ ﺤﻜﻢ ﺍﻠﻤﻘﺎﺼﺪ
”Hukum
wasilah/sarana adalah sama dengan hukum tujuan”
Contoh:
Menunaikan ibadah haji itu wajib bagi yang mampu, maka wajib pula menyediakan
sarana-sarana dalam pelaksanaan ibadah haji.”
2 ﻤﺎ ﺤﺮﻢ ﺇﺴﺘﻌﻤﺎ ﻠﻪ ﺤﺮﻢ ﺇﺘﺧﺎﺬﻩ
“Apa yang
diharamkan untuk digunakan, maka haram pula
mendapatkannya/membuatnya”
Maksudnya
yaitu sesuatu yang haram digunakan, baik haram dimakan, diminum ataupun
dipakai, maka haram pula hukum mendapatkannya atau membuatnya.
Contoh:
Memakan bangkai dan binatang yang diharamkan dalam islam, maka haram pula
menerimanya, membelinya, menjualnya dan membuat tempat sarana-sarana lainnya.
3. Kaidah
Ketiga
ﻤﺎ ﺤﺮﻢ ﺃﺧﺬﻩ ﺤﺮﻢ ﺇﻋﻂﺎﺀﻩ
“Apa yang
diharamkan untuk diambil atau dibuat, maka haram pula memberikannya”
Contoh:
Haram mengambil barang milik orang lain, maka haram pula memberikan barang
tersebut kepada orang lain.
4 ﺍﻠﻤﺸﻐﻮﻞ ﻻ ﻴﺸﻐﻞ
“Sesuatu
yang sedang dijadikan objek perbuatan tertentu, maka tidak boleh dijadikan
objek perbuatan lainnya”
Contoh:
Apabila seseorang telah meminjamkan pulpennya kepada adiknya misalnya, maka ia
(kakak atau yang meminjamkan) tidak boleh lagi hendak meminjamkan pulpennya
tersebut kepada temannya, terkecuali sang adik telah mengembalikan pulpen
tersebut kepadanya terlebih dahulu. Begitu juga dengan permasalahan hukum Islam
lainnya.
5 ﻴﻘﺒﻞ ﻘﻮﻞ ﺍﻠﻤﺘﺮﺟﻢ ﻤﻄﻠﻘﺎ
“Kata-kata
seorang penerjemah diterima tanpa syarat”
Contoh:
Seorang turis Amerika yang sedang berlibur ke Indonesia, maka ia harus menerima
terjemahan bahasa dari pemandu wisatanya.
6ﺍﻠﻨﻌﻤﺔ ﺒﻘﺪﺮ ﺍﻠﻨﻘﻤﺔ ﻮﺍﻠﻨﻘﻤﺔ ﺒﻘﺪﺮ ﺍﻠﻨﻌﻤﺔ
“Kenikmatan
disesuaikan dengan kadar jerih payah dan jerih payah disesuaikan dengan
kenikmatan”
Maksudnya
yaitu suatu keuntungan diukur dengan pengorbanan dan pengorbanan diukur menurut
keuntungan. Potongan pertama dari kaidah ini sering diungkapkan dengan “al-ujrah
bi qadri al-masyaqqah”, artinya upah diukur dengan jerih payah atau
kesulitan. Makin sulit mencapai sesuatu, maka makin tinggi pula nilai yang
didapat. Makin berat godaannya, makin besar pahalanya.
Contoh:
Seorang siswa yang rajin belajar akan mendapatkan pengetahuan lebih luas
dibandingkan dengan siswa yang kurang rajin belajar, karena pengetahuan yang
luas sepantasnya diperoleh oleh siswa yang rajin.
7 ﻻ ﻤﺴﺎﻍ ﻠﻺ ﺠﺘﻬﺎﺪ ﻔﻲ ﻤﻮﺮﺪ ﺍﻠﻨﺺ
“Tidak diperkenankan
ijtihad pada tempat yang telah ada nashnya”
Maksud nash disini
yaitu ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis Nabi sebagai sumber hukum. Kaidah di atas
dapat dipahami bahwa apabila teks hukum sudah jelas, maka tidak perlu lagi ada
penafsiran.
Contoh:
Hukum meminum khamar itu sudah jelas haram, maka tidak perlu lagi berijtihad
untuk mencari untuk menetapkan hukumnya lagi atau hanya mencari-cari agar bisa
menjadi halal.
8 ﺍﻠﻤﻴﺴﻮﺮﻻ ﻴﺴﻘﻄ ﺒﺎﻠﻤﻌﺴﻮﺮ
“Suatu
perbuatan yang mudah dijalankan, tidak menggugurkan perbuatan yang sukar
dijalankan”
Maksudnya
yaitu adanya suatu perbuatan yang mudah dikerjakan dan ada pula perbuatan yang
sulit dilakukan, namun keduanya memiliki keterkaitan. Kalau kedua perbuatan
tersebut sama-sama merupakan kewajiban, maka keduanya tetap dilakukan sedapat
mungkin.
Contoh:
Seorang suami berkewajiban memberikan nafkah untuk istri dan anak-anaknya,
namun ia hanya mampu memberikan nafkah yang relatif sedikit karena pekerjaannya
hanya sebagai seorang buruh, maka berilah nafkah tersebut. Tidak berarti karena
ia hanya bisa memberikan nafkah sedikit lalu dia boleh meninggalkan kewajiban
memberikan nafkah untuk istri dan anak-anaknya tersebut. Kaidah di atas mirip
dengan kaidah
ﻤﺎ ﻻﻴﺪﺮﻚ ﻜﻠﻪ ﻻ ﻴﺘﺮﻚ ﻜﻠﻪ
ﻤﺎ ﻻﻴﺪﺮﻚ ﻜﻠﻪ ﻻ ﻴﺘﺮﻚ ﻜﻠﻪ
“Apa
yang tidak bisa dilaksanakan secara keseluruhan, jangan ditinggalkan
seluruhnya”
Kaidah-kaidah
tersebut mendapat pengukuhannya dengan hadis Nabi:
ﺇﺬﺍ
ﺃﻤﺮﺘﻜﻢ ﺒﺄﻤﺮﻔﺄﺘﻮﺍ ﻤﻨﻪ ﻤﺎ ﺍﺴﺘﻄﻌﺘﻢ
“Apabila aku
memerintahkan kamu sekalian dengan suatu perintah maka lakukanlah perintah itu
semampu kalian.” (HR. Baihaqi dari Ibnu ‘Abbas)
9. ﻴﺪﺨﻞ ﺍﻠﻘﻮﻱﻋﻠﻰ ﺍﻠﻀﻌﻴﻒ ﻮﻻﻋﻜﺲ
“Yang kuat
mencakup yang lemah dan tidak sebaliknya”
Contoh:
Seseorang melakukan kejahatan-kejahatan yang hukumannya berbeda, misalnya
mencuri kemudian berzina. Maka hukumannya adalah potong tangan dan dirajam.
Maka dalam kaidah ini hukuman rajam bisa menyerap hukuman potong tangan, namun
tidak sebaliknya.
Penutup
Qawaid al-fiqhiyyah ghairu asasiyyah berarti kaidah-kaidah
umum fikih yang bukan kaidah asasiyyah. Kaidah ini adalah kaidah-kaidah umum
yang ruang lingkup dan cakupannya luas yaitu mencakup berbagai cabang hukum
fikih. Misalnya dalam bidang muamalah, peradilan, jinayah dan hukum
keluarga. Kaidah-kaidah fikih sangat bermanfaat dalam ilmu fikih. Salah satu
manfaatnya yaitu dengan memperhatikan kaidah-kaidah fikih akan lebih mudah
menetapkan hukum bagi masalah-masalah yang dihadapi dengan disesuaikan menurut
waktu dan tempat penerapan hukum (fikih) yang berbeda-beda.
Daftar
Pustaka
Bakry,
Nazar, Fiqh dan Ushul Fiqh, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2003.
Djazuli, A., Ilmu Fikih:
Penggalian, Perkembangan, dan Penerapan Hukum Islam, Jakarta: Kencana,
2006.
______, Kaidah-kaidah
Fikih: Kaidah-kaidah Hukum Islam daam Menyelesaikan Masalah-masalah yang
Praktis, Jakarta: Kencana, 2007.
No comments:
Post a Comment