Sunday, September 25, 2016

PENELITAN TENTANG KETERAMPILAN DI SMP Renungan Dr.M.Rakib Pekanbaru Riau Indonesia 2016

PENELITAN TENTANG KETERAMPILAN DI SMP
Renungan Dr.M.Rakib Pekanbaru Riau Indonesia 2016

Di manapun peneltian itu dilakuakan, oleh siapapun, yang penting, di tingkat dasar, para sisiwa harus punya keterampilan dalam kehidupan. Itu baru namanya pendidikan bermutu
Ada seseorang yang meneliti, katanya.:  Ruang Lingkup mata pelajaran keterampilan SMP meliputi aspek-aspek: keterampilan kerajinan, Pemanfaatan teknologi sederhana yang meliputi teknologi rekayasa, teknologi budidaya dan teknologi pengolahan serta kewirausahaan. Mata pelajaran keterampilan di SMP 5 wajib diikuti oleh semua siswa baik laki-laki. Pada isi kurikulum tidak ditemukan bias gender, Sekolah diharapkan mampu mengidentifikasi potensi daerah setempat yang dapat dikembangkan melalui kegiatan kerajinan dan pemanfaatan teknologi sederhana dan memiliki sikap profesional dan kewirausahaan Analisis terhadap materi bahan ajar untuk mata pelajaran keterampilan di SMPN 5 dilakukan pada buku acuan yang digunakan.

Menurut Endang B, analisis pada materi bahan ajar dalam buku yang dipilih tersebut meliputi: kata pengantar, daftar isi, pokok bahasan, uraian materi, contoh soal, dan gambar/atau ilustrasi. Bias jender ditemukan pada gambar/ilustrasi pada buku keterampilan untuk kelas VII di halaman 3 (gambar mencangkul oleh laki-laku), 11 (gambar menghias keramik oleh perempuan), 27 (gambar membakar vas bungan oleh laki-laki); pada buku Keterampilan Teknologi Kerumahtanggaan di halaman 33 dan 39 (gambar memasak oleh perempuan) serta pada buku Keterampilan Untuk SMP Kelas VIII di halaman 32 (gambar memilin benang oleh peremuan), 65 (gambar membuat tempe semua perempuan) dan 71 (gambar mendorong kereta jual singkong). Berdasarkan hasil observasi proses belajar mengajar yang dilakukan guru mata pelajaran keterampilan di SMPN 5 bias gender terjadi hanya pada saat guru memberikan giliran pertanyaan sering diberikan kepada siswa laki-laki sebab pada saat pelajaran berlangsung sering ada siswa laki-laki yang membuat ulah. Untuk mengalihkan perilaku yang tidak baik tersebut guru kemudian memberikan pertanyaan, dan bila tidak bisa menjawab lalu diperingatkan.

PANTUN PEDULI MUTU PENDIDIKAN
OLEH Dr.Muhammad Rakib, S.H.,M.Ag Pekanbaru
Widyaiswara Ahli Madya LPMP Prov.Riau. HP 0823 9038 1888

Berdiri katu, dekat menara,
Ditumis dengan, asam gelugur
Ciri-ciri pendidikan bermutu, di suatu negara
Tidak seorangpun, yang menganggur.

Kutu ikan, di lidahnya,
Bentuknya, seperti linggis.
Mutu pendidikan ada dua,
Akademis dan, sosiologis.

Memakai terasi, pada sayuran,
Anak dara, pandai menumis
Yang dapat mengatasi, pengangguran
Mutu pendidikan secara, sosiologis


1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete

Komentar Facebook