3.JAWABAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN
|
KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN
DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013
Penyelesaian
tugas ini umum untuk membekali peserta medapat pengalaman dan keterampilan dalam
meningkatkan peran kepala sekolah
sebagai pemimpin pembelajaran dalam mengerahkan sumber daya secara efektif sehingga dapat menjamin
terwujudnya kualitas
pembelajaran yang diharapkan pada
pelaksanaan kurikulum 2013.
Deskripsi
indikator kompetensi, materi yang perlu kepala sekolah kuasai, dan deskripsi
aktivitas belajar dapat dilihat pada gambar berikut:
Kepemimpinan pembelajaran adalah
tindakan yang dilakukan Kepala sekolah untuk
mengembangkan lingkungan kerja yang produktif dan memuaskan bagi guru,
serta pada akhirya mampu menciptakan kondisi belajar siswa meningkat. Dalam
fungsinya sebagai pengarah yang inspiratif kepala sekolah hendaknya dapat mendorong terjadinya peningkatan mutu pengelolaan
internal sekolah sehingga memungkinkan terselenggaranya proses pembelajaran
yang merangsang para siswa untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi.
Untuk mendukung berkembangnya kondisi sekolah
seperti yang diharapkan sekurang-kurangnya kepala sekolah mampu menetukan arah
perubahan, menyeleraskan hubungan kerja orang-orang di sekolah, dan meningkatkan
motivasi berprestasi. Harapan demikian dipetakan pada gambar di bawah ini.
Definisi
dan ruang lingkup kegiatan kepala sekolah dalam melaksanakan peran sebagai
pemimpin pembelajaran yang telah dikuasai, diharapkan dapat mengungkit
inspirasi Saudara sehingga mendapatkan pikiran baru untuk memperbaharui
model-model tindakan kepemempinan di sekolah. Untuk mengeksplorasi gagasan
baru, ada baiknya Saudara langsung mencoba mengerjakan lembar kerja di bawah ini.
Perumusan
Masalah
A.
Amati gambar ruang lingkup
kepemimpinan pembelajaran. Selajutnya rumuskan pertanyaan untuk mendalami fakta
dan konsep dengan menggunakan model berikut:
Apa...?
Kepemimpinan
pembelajaran.
|
Mengapa....?
Karena menciptakan kondisi belajar siswa meningkat. Dalam fungsinya sebagai
pengarah yang inspiratif kepala sekolah hendaknya dapat mendorong
terjadinya peningkatan mutu pengelolaan internal sekolah sehingga
memungkinkan terselenggaranya proses pembelajaran yang merangsang para siswa
untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi.
|
Bagaimana....?
Caranya, Kepala Sekolah menetukan
arah perubahan, menyeleraskan hubungan kerja orang-orang di sekolah, dan meningkatkan
motivasi berprestasi.
|
B.
Berdasarkan pertanyaan yang telah
Saudara rumuskan, coba rumuskan masalah yang paling strategis pada peran
kepempimpinan pembelajaran yang perlu Saudara pecahkan
Contoh pertanyaan:
·
Apakah kepala sekolah telah
berperan efektif sebagai pemimpin pembelajaran?
Rumusan
pertanyaan tersebut dapat diubah ke dalam bentuk pernyataan masalah seperti
berikut:
·
Kepala sekolah belum efektif
berperan sebagai pemimpin pembelajaran.
Berdasarkan contoh itu, coba
rumuskan satu masalah yang Saudara paling penting untuk mengembangkan peran
kepemimpinan di sekolah.
Kondisi
Nyata
|
Kondisi
Yang diharapkan
|
Guru-guru tidak bergairah dalam pembelajaran.
|
Warga sekolah, berpartisipasi aktif dalam
pembelajaran.
|
Masalah
pada peran kempimpinan:
Kepala Sekolah kurang memberikan motivasi terhadap
guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Dibutuhkan pikiran baru untuk memperbaharui
model-model tindakan kepemempinan di sekolah.
|
C.
Mengembangkan Solusi:
Berdiskusilah dalam kelompok untuk
pengetahuan, fakta, data, informasi dari pengalaman Saudara sebagai kepala
sekolah. Selanjutnya tentukan solusi untuk menyelesaikan masalah. Tidakan apa
yang akan Saudara lakukan agar pelaksanaan kurikulum berhasil mencapai tujuan?
Contoh Rencana Tindakan: Kepala
sekolah sebagai pemimpin pembelajaran akan
mengadakan rapat tiap akhir bulan dengan guru-guru secara bekala,
membahas data yang terhimpun dari kegiatan supervisi, dan menggunakan data
untuk bahan perbaikan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Berikut rumuskan program
kepemimpinan yang akan Saudara lakukan.
Program:
Mengadakan studi banding ke luar daerah, terutama ke
sekolah yang lebih maju.
Tujuan:
Mencontoh dan keberhasilan sekolah lain yang lebih
maju, yang kondisinya hampir sama.
Indikator Keberhasilan:
Banyak guru dan siswa menggunakan istilah-istilah di
sekolah pembanding yang menjadi kata kunci dalam memajukan pembelajaran.
|
D.
Faktor penunjang dan penghambat:
Penunjang :
Warga sekolah sangat besar minatnya untuk mengadakan
studi banding..................................................................................................................................................................................................................................................
Penghambat
Waktunya terbatas dan memerlukan biaya yang agak
besar.
..................................................................................................................................................................................................................................................
|
E. Strategi Kepemimpinan
1.
Melaksanakan pertemuan berkala
untuk memantau perkembangan keterlaksanaan dan keberhasil menerapkan kurikulum
2013.
Strategi:
a. Mengarahkan
guru dalam menyusun RPP
b. Menelaah
RPP
c. Melaksanakan
pelaksanaan supervisi akademik meliputi;
1) Pertemuan pra-supervisi
2)
Pelaksanaan
supervisi
·
Monitoring
input, proses, dan output
·
Wawancara
·
Studi dokumen
·
Penilaian
·
Penyusunan Rekomendasi
3) Evaluasi–Refleksi
terhadap seluruh kegiatan supervisi
d. Membahas
data hasil telaah RPP dan Supervisi dalam rapat rutin bulanan. Hasil pembahasan
digunakan kepala sekolah untuk mengarahkan dan membangun motivasi guru dalam
memperbaiki hasil belajar siswa.
Berdasarkan
contoh di atas, coba rumuskan strategi kepemimpinan pembelajaran yang akan
Saudara lakukan untuk mendukung pelaksanaan kurikulum 2013:
Rencana Strategi
|
Tujuan
|
Indikator Keberhasilan
|
Studi banding dalam waktu libur.
|
Pengembangan wawasan guru dan siswa.
|
Banyak guru dan siswa yang membuat catatan studi
banding dan mendokumentasikan kegiatan yang menarik pada pemelajaran di
sekolah pembanding.
|
F. Tentukan
instrumen untuk mengukur keberhasilan Saudara pada format berikut:
No.
|
Tindakan
Kepemimpan
|
Tujuan
dan Indikator Keberhasilan
|
Deskripsi
ketercapain tujuan
|
Pencapaian
Tujuan
|
||
Belum mencapai target
|
Mencapai target
|
Melebihi Target
|
||||
1
|
Memberi
motivasi melalui studi banding.
|
Banyaknya
guru dan siswa yang menyiapkan biaya transportasi dan dokumentasi.
|
Setelah
studi banding, guru dan siswa memiliki kelompok belajar dan memakai peralatan
yang selama ini belum digunakan.
|
10%
|
90%
|
0 %
|
2
|
Membuat karya tulis tentang manfaat studi banding.
|
Banyak guru dan siswa yang membuat sendiri alat
pemebelajaran.
|
Ditemukan beberapa peralatan pembelajaran yang
selama ini tidak ada di sekolah asal.
|
15%
|
85%
|
0 %
|
Kelompok..........
Ketua Muhammad Rakib
Sekretaris Mardalena
Anggota :
Rais
Fatimah
Mugiyana
No comments:
Post a Comment