Thursday, December 26, 2013

PENEMU MUSLIM TERLUPAKAN

Para ilmuwan dan penemu Muslim  Persia
 Membuat beberapa penemuan yang luar biasa 

OLEH HAJI M.RAKIB RIAU.2013

Para ilmuwan dan penemu Muslim (Arab, Persia dan Turki) telah berhasil membuat beberapa penemuan yang luar biasa ratusan tahun lebih dulu dibanding rekan-rekan mereka di Eropa. Mereka menarik pengaruh dari filsafat Aristoteles dan Neo-Platonis, termasuk Euclid, Archimedes, Ptolemy dan lain-lain. Kaum muslimin pada saat itu telah berhasil membuat berbagai penemuan di bidang kedokteran, bedah, matematika, fisika, kimia, filsafat, astrologi, geometri dan bidang lainnya.yang tak terhitung jumlahnya dan menuliskan karya-karyanya dalam berbagai buku.

Berikut beberapa ilmuwan dan penemu muslim dengan penemuan luar biasa mereka.
1. AL-FARABI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWaY6UsEnleBx6GEnMO9gK03Ct_vk0icNwX0i-10UZMJL64_2d4F7W7lLSfq4s5eNfQk1Tz0HxUWjOCzzTx36sXtW6Z193YRE6lUIxmVP-V7sbuQwGLrgY1XVcwWcWHyagUU7CxRPJSSs/s1600/al-farabi.jpg

Abū Nasir Muhammad bin al-Farakh al-Fārābi (872-950) disingkat Al-Farabi adalah ilmuwan dan filsuf Islam yang berasal dari Farab, Kazakhstan.

Ia juga dikenal dengan nama lain Abū Nasir al-Fārābi (dalam beberapa sumber ia dikenal sebagai Abu Nasr Muhammad Ibn Muhammad Ibn Tarkhan Ibn Uzalah Al- Farabi, juga dikenal di dunia barat sebagai Alpharabius, Al-Farabi, Farabi, dan Abunasir).

Al Farabi dianggap sebagai salah satu pemikir terkemuka dari era abad pertengahan.

Selama hidupnya al Farabi banyak berkarya. Jika ditinjau dari Ilmu Pengetahuan, karya-karya al- Farabi dapat ditinjau menjdi 6 bagian:
  1. Logika
  2. Ilmu-ilmu Matematika
  3. Ilmu Alam
  4. Teologi
  5. Ilmu Politik dan kenegaraan
  6. Bunga rampai (Kutub Munawwa’ah).
Karyanya yang paling terkenal adalah Al-Madinah Al-Fadhilah (Kota atau Negara Utama) yang membahas tetang pencapaian kebahagian melalui kehidupan politik dan hubungan antara rejim yang paling baik menurut pemahaman Plato dengan hukum Ilahiah Islam.

http://en.wikipedia.org/wiki/Al-Farabi

 
2. AL-BATANI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitF4mXRsGbniNUQ3HlJUw6oSvofts-pA2jZLFa70x4QLXNOWFBa_36l34gCo90xnYRzBOHZHeLFPvbe-5efUcRPh4iEs5fpWMgF6W1AaqVmcHR4tUCE75fsTOQqkCNlYKITT1ON81t4l4/s1600/al-battani.jpg

Al Battani (sekitar 858-929) juga dikenal sebagai Albatenius adalah seorang ahli astronomi dan matematikawan dari Arab. Al Battani nama lengkap: Abū Abdullāh Muhammad ibn Jābir ibn Sinān ar-Raqqī al-Harrani as-Sabi al-Battānī), lahir di Harran dekat Urfa.

Salah satu pencapaiannya yang terkenal dalam astronomi adalah tentang penentuan Tahun Matahari sebagai 365 hari, 5 jam, 46 menit dan 24 detik.

Al Battani juga menemukan sejumlah persamaan trigonometri:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh7DpUeyqOFbHa8NXRoSBRzM_JDmzWIfpEgLGgbjS-0OxNh40pDlKZj_WaPvN59IA9ZPQLZBAC6hy1mPma2G6ZfcbrZ5dNlJeACkYkM6W5RqYbfmcNfU_xMXMtw7tqffEX_aGQd7MALACM/s1600/al-battani-method-1.png
Ia juga memecahkan persamaan sin x = a cos x dan menemukan rumus:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVzcH_AC58qlgGr4NiCFoSXSuRZt2NADM4wlX4N6aAzJ1dckjk2xhbhtw4uyeIJTnBhhDWfBnXJgbdV7h7SdJZ6gcDC4xKhlo5D4fisUQv7LS5wKZFcx485MLLBQjNof1a2PCawf6biZs/s1600/al-battani-method-1-1.png
dan menggunakan gagasan al-Marwazi tentang tangen dalam mengembangkan persamaan-persamaan untuk menghitung tangen, cotangen dan menyusun tabel perhitungan tangen.

Al Battani bekerja di Suriah, tepatnya di ar-Raqqah dan di Damaskus, yang juga merupakan tempat wafatnya.

http://id.wikipedia.org/wiki/Al-Battani

 
3. IBNU SINA
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiC9oXmuACSWp4SgihEqkkNW6mkZqCBhoMqiP35EFuOFMCZTTZFa5mE59N0o_kGRWEZ4-hSHa9XFIfpqc9-I4G4X-Pc8XJDQa2sVeyIiAl_wovhFVIE_PPJPWEVmxnqVAZpPtrrR_kPhKU/s1600/avicenna.jpg
Ibnu Sina (980-1037) dikenal juga sebagai Avicenna di Dunia Barat adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan juga dokter kelahiran Persia (sekarang sudah menjadi bagian Uzbekistan). Ia juga seorang penulis yang produktif dimana sebagian besar karyanya adalah tentang filosofi dan pengobatan. Bagi banyak orang, beliau adalah Bapak Pengobatan Modern dan masih banyak lagi sebutan baginya yang kebanyakan bersangkutan dengan karya-karyanya di bidang kedokteran. Karyanya yang sangat terkenal Qanun fi Thib  merupakan rujukan di bidang kedokteran selama berabad-abad.

Ibnu Sina bernama lengkap Abū ‘Alī al-Husayn bin ‘Abdullāh bin Sīnā lahir pada 980 di Afsyahnah daerah dekat Bukhara, sekarang wilayah Uzbekistan (kemudian Persia), dan meninggal pada bulan Juni 1037 di Hamadan, Persia (Iran).

Dia adalah pengarang dari 450 buku pada beberapa pokok bahasan besar, banyak di antaranya memusatkan pada filosofi dan kedokteran. Dia dianggap oleh banyak orang sebagai Bapak Kedokteran Modern, George Sarton menyebut Ibnu Sina sebagai "Ilmuwan paling terkenal dari Islam dan salah satu yang paling terkenal pada semua bidang, tempat, dan waktu". Karyanya yang paling terkenal adalah The Book of Healing dan The Canon of Medicine, dikenal juga sebagai sebagai Qanun (judul lengkap: Al-Qanun fi At Tibb).

Karya
  1. Qanun fi Thib (Canon of Medicine/Aturan Pengobatan)
  2. Asy Syifa (terdiri dari 18 jilid berisi tentang berbagai macam ilmu pengetahuan)
  3. An Najat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYJKCa7D6EC628VpwwTWctQHShUwtKLadr-cqairB5zLIhlSBsY_rDmbKGtNwjniZZNgSTqH2enUb9SDzhggHo5GrlD0jTnuCIaUTBfUHK5mbm6r7hjielyzr-bRN0rKJjzwUAqDSRR4s/s1600/ibn-battuta.jpg
Abu Abdullah Muhammad bin Battutah atau juga dieja Ibnu Batutah adalah seorang pengembara (penjelajah) Berber Maroko.

Atas dorongan Sultan Maroko, Ibnu Batutah mendiktekan beberapa perjalanan pentingnya kepada seorang sarjana bernama Ibnu Juzay, yang ditemuinya ketika sedang berada di Iberia. Meskipun mengandung beberapa kisah fiksi, Rihlah merupakan catatan perjalanan dunia terlengkap yang berasal dari abad ke-14.

Lahir di Tangier, Maroko antara tahun 1304 dan 1307, pada usia sekitar dua puluh tahun Ibnu Batutah berangkat haji - ziarah ke Mekah. Setelah selesai, dia melanjutkan perjalanannya hingga melintasi 120.000 kilometer sepanjang dunia Muslim (sekitar 44 negara modern).

http://en.wikipedia.org/wiki/Ibn_Battuta

 
5. IBNU RUSYD
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi31Jd8xKgrUUyL-4sQpExR05WbFQqQ0Vp0A_MxVntZ6rFvop_-B4ME1qTLUXCs9bivcmvV94ZQNF9jC7L0fKM66FF9W1dabQJaIuVwZXFiId-P8oOa6ZH67zYknsBtsaciAEnKkxcyF24/s1600/ibn-rushd.jpg
Ibnu Rusyd (Ibnu Rushdi, Ibnu Rusyid, lahir tahun 1126 di Marrakesh Maroko, wafat tanggal 10 Desember 1198) juga dikenal sebagai Averroes, adalah seorang filsuf dari Spanyol (Andalusia).

Ikhtisar

Abu Walid Muhammad bin Rusyd lahir di Kordoba (Spanyol) pada tahun 520 Hijriah (1128 Masehi). Ayah dan kakek Ibnu Rusyd adalah hakim-hakim terkenal pada masanya. Ibnu Rusyd kecil sendiri adalah seorang anak yang mempunyai banyak minat dan talenta. Dia mendalami banyak ilmu, seperti kedokteran, hukum, matematika, dan filsafat. Ibnu Rusyd mendalami filsafat dari Abu Ja'far Harun dan Ibnu Baja.

Ibnu Rusyd adalah seorang jenius yang berasal dari Andalusia dengan pengetahuan ensiklopedik. Masa hidupnya sebagian besar diberikan untuk mengabdi sebagai "Kadi" (hakim) dan fisikawan. Di dunia barat, Ibnu Rusyd dikenal sebagai Averroes dan komentator terbesar atas filsafat Aristoteles yang memengaruhi filsafat Kristen di abad pertengahan, termasuk pemikir semacam St. Thomas Aquinas. Banyak orang mendatangi Ibnu Rusyd untuk mengkonsultasikan masalah kedokteran dan masalah hukum.
Pemikiran Ibnu Rusyd

Karya-karya Ibnu Rusyd meliputi bidang filsafat, kedokteran dan fikih dalam bentuk karangan, ulasan, essai dan resume. Hampir semua karya-karya Ibnu Rusyd diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan Ibrani (Yahudi) sehingga kemungkinan besar karya-karya aslinya sudah tidak ada.

Filsafat Ibnu Rusyd ada dua, yaitu filsafat Ibnu Rusyd seperti yang dipahami oleh orang Eropa pada abad pertengahan; dan filsafat Ibnu Rusyd tentang akidah dan sikap keberagamaannya.

Karya 
  • Bidayat Al-Mujtahid
  • Kulliyaat fi At-Tib (Kuliah Kedokteran)
  • Fasl Al-Maqal fi Ma Bain Al-Hikmat Wa Asy-Syari’at

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook