Sunday, August 18, 2013

LAPUKLAH BADAN, DALAM PENJARA, PENIPU LICIK, PENUH PENYESALAN.


Caliah
Caliah adalah banyak alasan dan pandai mengada-ada, serta mengatakan yang tidak sebenarnya agar terlihat baik. Seorang pancaliah biasanya pandai berkata-kata, bermimik pun diupayakan terlihat seakan-akan pancaran dari hatinya yang jujur dan apa adanya.

NASI LEMAK/ BUAH BIDARA,
SAYANG SELASIH/ SAYA LURUTKAN.
LAPUKLAH BADAN, DALAM PENJARA,
PENIPU LICIK, PENUH PENYESALAN.





KALAU PADI,  KATAKAN PADI
JANGAN DIMAKAN, BABI HUTAN.
KALAU IRI,  DENGKI  DI  HATI,
JANGAN IKUTKAN, BISIKAN SETAN.

KALAU BENALU,  SAMA SUBANG
KALAU BUNGA,  SAMA SANGGUL.
KALAU  MALU,  SUDAH  HILANG,
SETAN MEMBUAT,  PERMINTAAN TERKABUL.

           Menarik tulisan  Yusrizal KW dalam salah satu Blog di internet, penulis mengutipnya sedikit. Katanya begini:

          Pelit licik, dalam bahasa Indonesianya gelicik. Orang awak, kerap menyebut “galiciak” atau manggaliciak. Artinya sama dengan elak, hindar, menjauh dan sejenisnya. Kalau tergelicik, sama dengan terhindar, manggaliciak sama dengan menghindar dari bahaya yang mengancam. Bisa begitu kurang lebih artinya. Orang inimungkin keturunan mancik,tikus.

          Tapi, kecenderungan arti atau makna kata ini, di ranah Minang, relatif agak negatif. Apalagi di kata “galiciak” terasa padu padan kata (suku kata) berkonatsi negatif, gali dan licik, yang keduanya merupakan perilaku buruk. Gali sama dengan curang dan licik merupakan perbuatan hina, menikam dari belakang, menggunting dalam lipatan.
Panggaliciak, bagi urang awak, hal yang harus dihindari. Ini orang, suka meninggalkan barisan ketika nampak kepentingan lain. Yang dipikirkannya, dimana dia akan merasa enak dan nyaman, tak penting apakah caranya itu benar. Tak peduli ada orang yang terlangkahi. Orangnya suka “emangnya gue pikiran” ketika dirinya selamat atau bebas dari tanggungjawab.

           Manggaliciak, merupakan perbuatan hina, kalau konteksnya lepas dari tanggungjawab. Kurang lebih sama dengan pengkhianat. Perbuatan “galiciak” lazim kita temukan di lingkungan keseharian kita. Contoh kecil mungkin saban waktu bisa kita temui. Dalam kegiatan gotong royong. Waktu berkumpul untuk memetakan lokasi mana yang harus dikerjakan, kita berada di barisan paling depan. Paling dulu mengatakan siap. Pas gotong royong dimulai, kita diam-diam menepi, tahu-tahu orang menyadari bahwa kita tak ada lagi ketika gotong royong ditutup.

            Manggaliciak itu bisa juga seperti ini. Waktu kita susah, kepepet, baik sama orang yang kita kira bisa membantu kita untuk kepenatan sesaat. Kita selalu menyanjung orang yang membantu kita. Bahkan sekeluarga kita menyanjungnya. Tetapi, ketika kita melihat peluang lain yang lebih baik, kita pamitan tanpa senyum. Di luar berkata, orang yang membantu dan kita sanjung sebelumnya, dinilai suka menekan walau sesungguhnya sikap kita yang menekan, dan menganggap bantuan yang pernah diberi tak pernah ada. Karena bantuan yang baru, lebih besar dan bergengsi, sehingga melupakan setiap kebaikan kecil yang pernah diberikan orang kepada kita.

          Manggaliciak itu, boleh juga begini, kita yang salah, cepat-cepat mencari salah orang, sehingga orang lain dianggap salah, kita melenggang di atas kesalahan kita yang dipaksa ditutup dengan memunculkan kesalahan orang lain. Orang panggaliciak memang suka main aman, meningkatkan citra dirinya pun dengan cara manggaliciak. Kata “galiciak” yang artinya menghindar, menjauh atau mengelak, tentu dalam konteks perilaku negatif kita bisa memaknainya selalu menghindari diri dari anggapan salah, curang, licik dan senantiasa ingin bebas dan tak bertanggungjawab terhadap sesuatu yang barangkali buruk secara sosial, walau kita berperan dalam menciptakan hal negatif itu terjadi.
Orang panggaliciak, selalu ingin cari aman dan mainnya dengan cara “gali” dan “licik”. Kalau ada aturan mesti melalui prosedur, naik tangga itu mesti dari bawah, antre itu mesti tertib, dia tak berlaku itu. Kalau bisa “melipat” kesempatan orang lain, mengelakkan orang dari nasib baik asal kita bernasib baik, kenapa tidak. Yang sering kita rasakan, orang suka manggaliciak ini adalah, kita kira dia bersama kita, tahu-tahu dia sudah tak bersama kita.

           Kita kira dia akan sama-sama dengan kita mengambil beban berat sebagai tanggungjawab, ternyata tidak. Kita anggap dia akan sehidup semati berjuang dengan kita, ternyata di tengah perjuangan kita tak menemukan dia. Ketika kita tanya, kok manggaliciak? Dengan tanpa gaya panggaliciak, dia mencari kambing hitam, “Bukan manggaliciak. Si Anu yang mengajak saya, padahal saya akan tetap bersama….” Selalu menghindar, mengelak, asal ia jaya.***.
SIMALANCA INDAK LAI BERSELANCAR

Menarik juga ungkapan Wisran Hadi, katanya begini: 

Simalanca tu adolah sosok galie urang Minang sasiauak nan sabana galie, kalau dicari padanan kato galie tu jo bahaso kini adaloh; suko mambohongi publik. Urang takicuah tapi maraso indak dikicuah. Inyo mandapek urang indak kailangan.

Kutiko kapatang inyo manjuakaie ka sumbayang taraweh, kopiahnyo ilang. Dek kopiahnyo ilang di tampek nan kalam, nyo cari di tampek tarang. “Soal dima ilangnyo, bilo, bara nan ilang itu bukan urusan pihak nan mancari,” katonyo manjawek tanyo urang.

Inyo ka mambagi-bagi pitih ka kamanakannyo kutiko rirayo isuak. Pitihnyo ado limo ribu. Supayo banyak, dituka nyo ka bank jo wang karateh limopuluah. Dek karano bank indak mancetak pitih karateh limo puluah, nyo kecek an bank tu lah bangkrut. “Iko skandal bank nan labiah babahayo pulo lai daripado skandal bank senturi,” katonyo kalua dari kantua bank tu.

Tadanga pulo dek Malanca kapatang, bahaso Presiden ka datang mambukak Kongres Kebudayaan. Kecek Simalanca kadatangan presiden tu adolah permintaan dari presiden tu bana. Dek karano dulu inyo banazar, kalau tapiliah jadi presiden, apo sajo kandak urang Minang ka panuhinyo.

Kutiko bini Simalanca pai ziarah ka kubua kaumnyo dan indak pulang-pulang salamo anam hari, nyo bae maluluang panjang, manangih babuah-buah bahaso inyo lai namuah manggantian lapiak. Kok dapek sabalun puaso. Tapi puaso lah duo hari masuak, nan lapiak alun juo tatuka salai juo lai.

Makonyo dikecek an Simalanca tu sosok urang Minang sasiuak nan sabananyo, dek karano Simalanca bapegang ka prinsip iduik urang Minang tu bana. Adat Basandi Syara’, Syara’Basandi Kibatubullah, manuruik inyo bukanlah prinsip iduik, tapi itu cuma palamak kecek urang-urang pandai untuk mandapek proyek. Nan prinsip iduik urang Minang tu adolah, nan sasuai alu jo patuik, sasuai patuik jo mungkin. Iduk baraka mati bariman.

Itulah sababnyo, inyo labiah khusyuk mambaco situs angek daripado sumbayang magrib di surau Teleng. Sahinggo namo Simalanca tu dituka dek urang warnet tampek langganannyo manjadi Peselancar. Hepta! Bahaso Minang nan alah disasuaian jo citarasa bahaso gaul.

Kini urang nan punyo warnet tu heran, baa mangko Simalanca indak berselancar lai. Lah duo hari. Kutiko ditanyo dek Labai Panjang Jangguik, baa mangko Simalanca indak lai berselancar, apokoh Simalanca lah mangganti identitasnyo dari urang Minang manjadi urang nan indak Minang, atau dek karano kecewa Kongres Kebudayaan diundur-undur? Simalanca langsuang baliak batanyo.

“Jadi baa bana indentitas urang Minang ko dek Labai?” tanyo Simalanca.

“Indentitas urang Minang sasisuak nan tahu ambo nyo. Identitas urang Minang nan kini indak,” jawek Labai.

“Apo tu identitas urang Minang saisuak?” tanyo Simalaca.

“Maanggap puaso tu saroman ula. Dipacik an kapalonyo, dikabek ikuanyo, mati ula tu mah,” jawek Labai.
“Mukasuiknyo.
“Kalau puaso duopuluah sambilan hari, cukuik puaso di hari partamo jo hari akhir sajo. Puaso abih rirayo tibo. Tu, bamaaf-maafan awak lai,” jawek Labai.***

G
gadele
banyak gadele, melakukan banyak cara yang tidak baik untuk mempengaruhi seseorang
galiang 
ngeri dan ragu menghadapi suatu yang tampak membahayakan
galie 
licin
galie 
cerdik, culas
gamak 
memegang dengan telapak tangan
gatok 
manggatok, menggigit sesuatu yang agak keras, hingga putus atau pecah
gegah 
tidak kuat berdirinya
genah 
alasan yang dicari-cari, banyak genah = banyak lagu, = banyak alasan
gomo 
wajah menjadi sembab
gompo 
(padi) gagal
goyoh 
seseorang sudah tua sekali
guyah 
tidak kuat terpasang, hampir lepas


          Sifat pelit, penipu, bersilat lidah, kelingking berkait, telunjuk pura-pura  lurus… kalau bukan karena pengalaman sendiri, mungkin sampai sekarang saya akan masih berpikir kalau sifat pelit itu hanya merupakan turunan dari persamaan sifat-sifat manusia. Maksudnya, ga ada orang yang ditakdirkan punya sifat yang jelek. Sifat-sifat jelek itu umumnya terbentuk dari kebiasaan atau lingkungan di sekeliling individu itu sendiri. Punya sifat pembohong karena posisi dia sebagai koruptor. Punya sifat yang sinis sama orang bisa jadi karena dia pernah dicaci-maki sebelumnya. Punya sifat boros karena dia-nya aja yang ga tahan sama barang bling-blig (ups.. itu mah saya atuh.. hehehehe). Intinya sifat buruk, termasuk pelit, itu bukanlah sifat yang naluriah ada. Bukan sifat yang alami. Bukan sifat yang pake “operasi plastik” dulu. Sejak kita lahir kayaknya ga mungkin deh Tuhan juga menyertakan sifat buruk. 

        Terus masalahnya apa ? Well… hm Gimana ya enaknya nulis? Jujur aja saya baru sadar kalau keponakan saya yang balita itu punya sifat seperti paman Gober. Yup.. belum genap lima tahun. Yup.. itu keponakan saya. Yup.. saya baru sadar. Katanya : Awalnya saya hanya mengira kalau memang anak kecil itu suka mainan dan kue. Dan memang anak kecil agak sulit untuk membagi sesuatu yang disukainya. Orang tualah yang berperan menasehati anaknya. Itu termasuk keponakan saya. Apalagi dia doyan makan hingga agak subur begitu. Awalnya saya sih cuma tertawa aja melihat dia yang tidak mau berbagi mainan dengan sepupunnya sendiri. Saya juga tersenyum melihat dia minta jatah dua kali lipat setiap makanan yang dibagi. Gemas rasanya melihat dia lahap makan. Pipinya itu unyu-unyu gimana gitu…

      Saya termasuk juga ga percaya ketika salah satu keponakan saya (sepupunya itu) bilang kalau si Mak Wik (begitu saya memanggilnya) itu sangat pelit. Bisa saja kan itu cuma kecemburuan anak kecil? Hingga saya “kena juga batunya” beberapa kali belakangan ini.
Dimulai dengan ketika dia dan orang tuanya pulang dari kondangan. Kala itu, pulang kondangan diberi snack wafer Niss*n dua bungkus. Mak Wik disuruh ortunya untuk membagi2 ke ibu dan saya. Begitu saja susahnya bukan main. Ketika ibu (neneknya, mertua saya) mulai igit-igit (baca: gemas) diambillah itu wafer dua biji. Si Mak Wik itupun bilang kalau dua biji itu termasuk jatah saya, Tante Pay. Semuanya tertawa. Termasuk saya. Lucu sekali wajahnya. Kembali ortunya menyuruhnya membagi.
Ketika itu Mak Wik bilang “Sek.. gae Tante Pay tak goleknoi sing krowak ae..” (artinya: tunggu.. buat Tante Pay dicariin wafer yang sudah cuil saja). Lagi-lagi saya tertawa gemas. Berhubung wafer yang krowak alias cuil itu ga ada maka Mak Wik bilang begini “Ga sido wes.. Tante Pay lho kemaren gudo aku!!” (artinya: Ga jadi.. Tante Pay kemarin selalu menggodaku).

           What …!!! Kali ini mata saya terbelalak ga percaya. Ayahnya bilang “kalau Tante Pay gitu, aku ga bisa ngomong lagi”. What..!! Dua kali saya ternganga. Lalu ibu bilang “Halah.. bilang ae ga mau ngasi.. pake alasan mbulet” Hahahahaha.
Yup… saya tertawa ketika itu membenarkan perkataan ibu. Aduh.. ada apa dengan anak itu? Waktu itu saya cuma ambil angin lalu. Biasa saja. Dan suatu malam kembali saya “kena batunya” lagi. Bapak (kakeknya, mertua saya) pulang sambil membawa oleh-oleh kembang api dua bungkus buat kedua cucu laki-lakinya. Keponakan yang paling tua memamerkannya pada saya yang bergambar sepeda motor balap. Setelah itu, sayapun ingin melihat kepunyaan Mak Wik. Tahu apa yang dikatakannya saudara-saudara.. ?? “ntar kalau jatuh trus tumpah semua gimana?”. What.. !! Ini dah kali ketiga ya saya bilang “what”. Hahaha. Keponakan saya yang tua meminta saya memaklumi dengan bercelutuk Tante Pay.. Mak Wik itu ancene mueeediiittt kok”. (mueedditt: itu puueelliiitt) What…!! Hahaha.. kejadian empat kali dah. Paling sekali lagi bilang, saya bakal dapat kulkas. Hehehehe.

        Sungguh saya penasaran kenapa ponaan saya yang unyu-unyu bisa bersikap begitu. Sekali-dua kali sih ga masalah. Namanya juga anak kecil. Tapi kali ini, saya harus memastikan sesuatu hal. Ketika saya bincang-bincang dengan salah satu tetangga. Barulah saya sadar telah melewatkan sesuatu hal. Menurut tetangga saya, ibunya itu termasuk orang yang agak pelit terus ketemu dengan ayahnya yang memang super pelit dan perhitungan maka jadilah anaknya begitu. Whattt… !! (lho.. kulkasnya mana??)
Karena didikan ortu saya yang tidak boleh menggantungkan diri pada orang lain membuat saya jarang meminjam pada orang lain termasuk saudara. Apalagi sekarang saya tidak pernah meminjam sesuatu pada saudara ipar makanya saya tidak tahu sifat asli dari ayah dan ibunya Mak Wik. 

       Perkataan tetangga yang sejak kecil bergaul dengan ibu Mak Wik membuat saya agak percaya. (ga mungkin kan mertua saya akan bilang kalau anaknya ada sifat jelek?) Terlebih lagi.. si Mak Wik yang pelit sekarang sudah menjadi “rahasia umum”. Termasuk kebiasaan dia yang bermanis-manis (mukanya memang manis dan lucuuu banget) ria ketika ada seseorang yang memberi dia sesuatu dan memalingkan muka ketika itu tidak ada. Kok malah berkembang dari pelit menjadi matre seehhh?? Bujubunee..
Bagi saya sih.. ini bukanlah perkara yang sederhana. Karena ya itu tadi. Saya berkeyakinan ga mungkin deh Tuhan memberikan sifat jelek pada seorang manusia sejak lahir. Bukankan bayi itu lahir tanpa dosa? Ga mungkin pelit itu adalah naluri. Ga mungkin pelit itu bawaan orok.

         Sampai kini, analisa saya kenapa Mak Wik itu pelit hanya ada dua yang utama. Pertama, dia meniru seseorang yang pelit dengan sangat sempurna (anak kan peniru ulung?). Kedua, pelit itu sudah ada dalam DNA-nya. Sudah bawaan dia sejak lahir. Sudah ada dalam darahnya. Peribahasa yang sangat tidak saya suka yaitu Buah tidak akan jatuh dari pohonnya, itu adalah fakta yang berlaku juga untuk sifat jelek. Saya tidak bisa memikirkan hal lain selain dua hal itu karena umur Mak Wik yang belum genap lima tahun.
Kali ini mungkin sifat pelitnya membuat dia semakin unyu-unyu menggemaskan. Tapi begitu dia besar nanti, saya mengkhawatirkan pertemanan dia. Dan begitu dia sudah dewasa nanti (asumsi: cateris paribus), dia akan menjadi Mister Krab generasi Platinum II. Ohh…tiiiddaakkkkkkkkk……….

         Pemikiran itu berkembang lagi. Jika hipotesa saya benar bahwa memang ada sifat pelit yang dibawa manusia sejak lahir maka begitu pula sifat jelek lainnya. Jangan-jangan seorang koruptor memang sudah sifat lahir dia suka berdusta. Jangan-jangan orang pemarah karena sifat dia yang memang begitu, bukan karena situasi yang membuat dia marah. Jangan-jangan gosipers itu karena memang sifat dia yang iri hati sejak lahir. Jangan-jangan orang jahat memang dari sono-nya sudah jahat. Jangan-jangan…
Lagi-lagi… jika saya benar maka hipotesa saya benar maka bertambahlah tugas para jomblo di semesta ini. Yaitu meneliti lagi sifat calon pasangan dengan seksama. Jangan sampai punya calon yang sifatnya (baca:sifat jelek) sama dengan dia. Karena kemungkinan besar kelak anaknya “menderita” sifat jelek dua kali lipat. Atau malah nol ya.. kan minus ketemu plus (kita-nya yang plus gettoooo..) sama dengan nol. Tapi, siapa juga yang mau nikah dengan orang yang punya sifat jelek?? Situ mauu ??

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook