JAWABAN BUDAYA SEKOLAH (SMP).
  
  | 
 
Pentingnya membangun budaya organisasi di sekolah terutama 
berkenaan dengan upaya pencapaian tujuan pendidikan sekolah dan 
peningkatan kinerja sekolah. Proses pendidikan tidak akan terjadi dengan
 sendirinya melainkan harus direncanakan, diprogram, dan difasilitasi 
dengan dukungan dan partisipasi aktif guru sebagai pendidik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi(1) pengamatan/observasi (2) wawancara mendalam (3) studi dokumentasi. Semua data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut diorganisasikan, ditafsirkan, dan dianalisis guna menyusun temuan di lapangan. Temuan dalam penelitian ini adalah (1) nilai-nilai yang berlaku untuk membangun budaya sekolah di Madrasah Tsanawiyah Muhammad Basiuni Imran Sambas ; (2)budaya organisasi yang dilakukan warga sekolah; (3) prestasi yang dicapai Madrasah Tsanawiyah Muhammad Basiuni Imran Sambas, serta (4) faktor- faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penerapan nilai-nilai budaya sekolah di Madrasah Tsanawiyah Muhammad Basiuni Imran Sambas.
Kata kunci : Budaya Sekolah, Prestasi Akademik
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi(1) pengamatan/observasi (2) wawancara mendalam (3) studi dokumentasi. Semua data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut diorganisasikan, ditafsirkan, dan dianalisis guna menyusun temuan di lapangan. Temuan dalam penelitian ini adalah (1) nilai-nilai yang berlaku untuk membangun budaya sekolah di Madrasah Tsanawiyah Muhammad Basiuni Imran Sambas ; (2)budaya organisasi yang dilakukan warga sekolah; (3) prestasi yang dicapai Madrasah Tsanawiyah Muhammad Basiuni Imran Sambas, serta (4) faktor- faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penerapan nilai-nilai budaya sekolah di Madrasah Tsanawiyah Muhammad Basiuni Imran Sambas.
Kata kunci : Budaya Sekolah, Prestasi Akademik
RANCANGAN PROGRAM  PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH
Penyelesaian
tugas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah mengelola sumber daya sekolah yang
dipimpinnya sehingga dapat mewujudkan keunggulan budaya sekolahnya dalam
melaksanakan kurikulum 2013.
Pengembangan
budaya menunjang suasana sekolah, suasana kelas, dan membangun hubungan kerja
harmonis sehingga terwujud sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang kondusif.
Dengan dukungan budaya sekolah yang bermutu dapat tumbuh norma, keyakinan,
sikap, karakter, dan motif berprestasi seluruh warga sekolah dengan dukungan
keunggulan budaya.
Di
bawah ini dapat dilihat diagram model aktivitas kepala sokolah yang perlu
mendapat dukungan iklim sekolah yang kondusif.
Arah
dari  pengembangan budaya sekola adalah
meningkatkan keunggulan belajar siswa melalui dukungan budaya sekolah. Diagram ruang lingkup kegiatan pengembangan
arah kegiatannya dapat dilihat pada diagram berikut:
M
Merujuk pada uraian singkat dan
materi pelatihan cobalah kerjakan lembar tugas secara  individu dalam kegiatan kelompok. Hasil kerja
diharapkan dapat digunakan sebagai program yang akan Saudara terapkan di
sekolah. 
Deskripsi Kondisi Nyata 
 | 
  
Banyak sekolah di pedesaan yang
  tidak merawat toiletnya dan kurang indah lingkungannya. 
 | 
 |
Deskripsi Kondisi Yang Diharapkan 
 | 
  
: 
 | 
  
Guru dan siswa berlomba-lomba menunjukkan
  budya cinta kebersihan lingkungan. 
 | 
 
Masalah dalam pengembangan Budaya 
 | 
  
: 
 | 
  
Lingkungan sekolah dimanapun,
  dapat direkayasa menjadi lingkungan yang bertaman indah dan bersih, tapi
  belum dikelola dengan budaya nyang baik. 
 | 
 
Rencana kegiatan untuk memecahkan masalah (satu jenis
  kegiatan) 
 | 
  
: 
 | 
  
Mengadakan perlombaan menciptakan
  lingkungan yang bersih dan indah. 
 | 
 
Tujuan kegiatan 
 | 
  
: 
 | 
  
Memberikan motifasi kepada guru
  dan siswa agar cinta kebersihan dan keindahan lingkungan. 
 | 
 
Indikator pencapaian 
 | 
  
: 
 | 
  
Banyaknya guru dan siswa yang
  memelihara bunga kesyangannya di lingkungan sekolah. 
 | 
 
Strategi kegiatan 
 | 
  
: 
 | 
  
Perlombaan ini, diadakan setiap
  bulan. 
 | 
 
Struktur organisasi kegiatan 
 | 
  
: 
 | 
  
Wali Kelas +Ketua kelas+Semua
  siswa 
 | 
 
Waktu pelaksanaan 
 | 
  
: 
 | 
  
Setiap hari sabtu 
 | 
 
Biaya Kegiatan 
 | 
  
: 
 | 
  
Dari siswa dan dana komite. 
 | 
 
Strategi penjaminan keterlaksanaan dan keberhasilan: 
 | 
  
: 
 | 
  
Persiapan diingatkan setiap hari
  oleh semua guru atas motivasi Kepala 
  Sekolah. 
 | 
 
Sebagai bagian dari penjaminan
cobalah Saudara kembangkan instrumen untuk memantau keterlaksanaan dan
keberhasil program pada tabel di bawah ini.
No. 
 | 
  
Kegiatan
  Pengembangan
  budaya 
 | 
  
Indikator
  Keberhasilan 
 | 
  
Catatan Deskripsi
  Keberhasilan 
 | 
  
Pencapaian
  Tujuan 
 | 
 ||
Belum mencapai target 
 | 
  
Mencapai target 
 | 
  
Melebihi Target 
 | 
 ||||
1 
 | 
  
Bersih 
 | 
  
Lengkapnya peralatan kebersihan 
 | 
  
Guru dan siswa mempunya bunga dan pohon
  kesayangannya di sekolah. 
 | 
  
15% 
 | 
  
75% 
 | 
  
100% 
 | 
 
2 
 | 
  
Cinta Lingkungan 
 | 
  
Banyaknya pohon kesayangannya di sekolah.  
 | 
  
15% 
 | 
  
75% 
 | 
  
100% 
 | 
 |
Kelompok..........
Ketua          
M.Rakib...Pekanbaru
Sekretaris     Mardalena....Inhil
Anggota
- Mugiyana…………….Rohil
 - Rais…………….Inhil
 - …Fatimah………….Inhil
 
No comments:
Post a Comment