3.JAWABAN  KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN  
  
  | 
 
KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN  
DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013
Penyelesaian
tugas ini umum untuk membekali peserta medapat pengalaman dan keterampilan dalam
meningkatkan peran  kepala sekolah
sebagai pemimpin pembelajaran dalam mengerahkan sumber daya  secara efektif sehingga dapat menjamin
terwujudnya kualitas
pembelajaran yang diharapkan pada
pelaksanaan kurikulum 2013.
Deskripsi
indikator kompetensi, materi yang perlu kepala sekolah kuasai, dan deskripsi
aktivitas belajar dapat dilihat pada gambar berikut:

Kepemimpinan pembelajaran adalah
tindakan yang dilakukan Kepala sekolah untuk 
mengembangkan lingkungan kerja yang produktif dan memuaskan bagi guru,
serta pada akhirya mampu menciptakan kondisi belajar siswa meningkat. Dalam
fungsinya sebagai pengarah yang inspiratif kepala sekolah hendaknya dapat mendorong terjadinya peningkatan mutu pengelolaan
internal sekolah sehingga memungkinkan terselenggaranya proses pembelajaran
yang merangsang para siswa untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi.
Untuk mendukung berkembangnya kondisi sekolah
seperti yang diharapkan sekurang-kurangnya kepala sekolah mampu menetukan arah
perubahan, menyeleraskan hubungan kerja orang-orang di sekolah, dan meningkatkan
motivasi berprestasi. Harapan demikian dipetakan pada gambar di bawah ini.

Definisi
dan ruang lingkup kegiatan kepala sekolah dalam melaksanakan peran sebagai
pemimpin pembelajaran yang telah dikuasai, diharapkan dapat mengungkit
inspirasi Saudara sehingga mendapatkan pikiran baru untuk memperbaharui
model-model tindakan kepemempinan di sekolah. Untuk mengeksplorasi gagasan
baru, ada baiknya Saudara langsung mencoba mengerjakan lembar kerja di  bawah ini.
Perumusan
Masalah
A.   
Amati gambar ruang lingkup
kepemimpinan pembelajaran. Selajutnya rumuskan pertanyaan untuk mendalami fakta
dan konsep dengan menggunakan model berikut:
| 
   
Apa...?  
Kepemimpinan
  pembelajaran. 
 | 
 
| 
   
Mengapa....? 
Karena menciptakan kondisi belajar siswa meningkat. Dalam fungsinya sebagai
  pengarah yang inspiratif kepala sekolah hendaknya dapat mendorong
  terjadinya peningkatan mutu pengelolaan internal sekolah sehingga
  memungkinkan terselenggaranya proses pembelajaran yang merangsang para siswa
  untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi. 
 | 
 
| 
   
Bagaimana....? 
Caranya,  Kepala Sekolah menetukan
  arah perubahan, menyeleraskan hubungan kerja orang-orang di sekolah, dan meningkatkan
  motivasi berprestasi. 
 | 
 
B.   
Berdasarkan pertanyaan yang telah
Saudara rumuskan, coba rumuskan masalah yang paling strategis pada peran
kepempimpinan pembelajaran yang perlu Saudara pecahkan 
Contoh pertanyaan:
·        
Apakah kepala sekolah telah
berperan efektif sebagai pemimpin pembelajaran?
Rumusan
pertanyaan tersebut dapat diubah ke dalam bentuk pernyataan masalah seperti
berikut:
·        
Kepala sekolah belum efektif
berperan sebagai pemimpin pembelajaran.
Berdasarkan contoh itu, coba
rumuskan satu masalah yang Saudara paling penting untuk mengembangkan peran
kepemimpinan di sekolah.
| 
   
Kondisi
  Nyata 
 | 
  
   
Kondisi
  Yang diharapkan 
 | 
 
| 
   
Guru-guru tidak bergairah dalam pembelajaran. 
 | 
  
   
Warga sekolah, berpartisipasi aktif dalam
  pembelajaran. 
 | 
 
| 
   
Masalah
  pada peran kempimpinan: 
Kepala Sekolah kurang memberikan motivasi terhadap
  guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Dibutuhkan pikiran baru untuk memperbaharui
  model-model tindakan kepemempinan di sekolah. 
 | 
 |
C.   
Mengembangkan Solusi:
Berdiskusilah dalam kelompok untuk
pengetahuan, fakta, data, informasi dari pengalaman Saudara sebagai kepala
sekolah. Selanjutnya tentukan solusi untuk menyelesaikan masalah. Tidakan apa
yang akan Saudara lakukan agar pelaksanaan kurikulum berhasil mencapai tujuan?
Contoh Rencana Tindakan: Kepala
sekolah sebagai pemimpin pembelajaran akan 
mengadakan rapat tiap akhir bulan dengan guru-guru secara bekala,
membahas data yang terhimpun dari kegiatan supervisi, dan menggunakan data
untuk bahan perbaikan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Berikut rumuskan program
kepemimpinan yang akan Saudara lakukan.
| 
   
Program: 
Mengadakan studi banding ke luar daerah, terutama ke
  sekolah yang lebih maju. 
Tujuan: 
Mencontoh dan keberhasilan sekolah lain yang lebih
  maju, yang kondisinya hampir sama. 
Indikator Keberhasilan: 
Banyak guru dan siswa menggunakan istilah-istilah di
  sekolah pembanding yang menjadi kata kunci dalam memajukan pembelajaran. 
 | 
 
D.  
Faktor penunjang dan penghambat:
| 
   
Penunjang : 
Warga sekolah sangat besar minatnya untuk mengadakan
  studi banding.................................................................................................................................................................................................................................................. 
Penghambat 
Waktunya terbatas dan memerlukan biaya yang agak
  besar. 
.................................................................................................................................................................................................................................................. 
 | 
 
E.    Strategi Kepemimpinan 
1.   
Melaksanakan pertemuan berkala
untuk memantau perkembangan keterlaksanaan dan keberhasil menerapkan kurikulum
2013. 
Strategi:
a.    Mengarahkan
guru dalam menyusun RPP
b.    Menelaah
RPP
c.    Melaksanakan
pelaksanaan supervisi akademik meliputi;
1)     Pertemuan pra-supervisi
2)   
Pelaksanaan
supervisi 
·        
 Monitoring
input, proses, dan output
·        
 Wawancara
·        
Studi dokumen
·        
Penilaian
·        
Penyusunan Rekomendasi
3)     Evaluasi–Refleksi
terhadap seluruh kegiatan supervisi
d.    Membahas
data hasil telaah RPP dan Supervisi dalam rapat rutin bulanan. Hasil pembahasan
digunakan kepala sekolah untuk mengarahkan dan membangun motivasi guru dalam
memperbaiki hasil belajar siswa.
Berdasarkan
contoh di atas, coba rumuskan strategi kepemimpinan pembelajaran yang akan
Saudara lakukan untuk mendukung pelaksanaan kurikulum 2013:
| 
   
Rencana Strategi 
 | 
  
   
Tujuan 
 | 
  
   
Indikator Keberhasilan 
 | 
 
| 
   
Studi banding dalam waktu libur. 
 | 
  
   
Pengembangan wawasan guru dan siswa. 
 | 
  
   
Banyak guru dan siswa yang membuat catatan studi
  banding dan mendokumentasikan kegiatan yang menarik pada pemelajaran di
  sekolah pembanding. 
 | 
 
F.    Tentukan
instrumen untuk mengukur keberhasilan Saudara pada format berikut:
| 
   
No. 
 | 
  
   
Tindakan
  Kepemimpan 
 | 
  
   
Tujuan
  dan Indikator Keberhasilan 
 | 
  
   
Deskripsi
  ketercapain tujuan 
 | 
  
   
Pencapaian
  Tujuan 
 | 
 ||
| 
   
Belum mencapai target 
 | 
  
   
Mencapai target 
 | 
  
   
Melebihi Target 
 | 
 ||||
| 
   
1 
 | 
  
   
Memberi
  motivasi melalui studi banding. 
 | 
  
   
Banyaknya
  guru dan siswa yang menyiapkan biaya transportasi dan dokumentasi. 
 | 
  
   
Setelah
  studi banding, guru dan siswa memiliki kelompok belajar dan memakai peralatan
  yang selama ini belum digunakan. 
 | 
  
   
10% 
 | 
  
   
90% 
 | 
  
   
0 % 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Membuat karya tulis tentang manfaat studi banding. 
 | 
  
   
Banyak guru dan siswa yang membuat sendiri alat
  pemebelajaran. 
 | 
  
   
Ditemukan beberapa peralatan pembelajaran yang
  selama ini tidak ada di sekolah asal. 
 | 
  
   
15% 
 | 
  
   
85% 
 | 
  
   
0 %  
 | 
 
Kelompok..........
Ketua            Muhammad Rakib 
Sekretaris      Mardalena
Anggota  :
                      Rais
                      Fatimah
                      Mugiyana
No comments:
Post a Comment