Saturday, February 1, 2014

Menguak Rahasia dan Ilmu Hikmah … Syariat Islam itu Indah..H.M.Rakib , S.H.,M.Ag..Drs. Pekanbaru…Riau 2014



Menguak Rahasia  

  Ilmu Hikmah


H.M.Rakib , S.H.,M.Ag..Drs.  Pekanbaru…Riau  2014

         Ada yang berpendapat, bahwa ilmu hikmah itu bukan bagian dari tasawuf…
        Melanjutkan tulisan tentang Khoriqul adah ( perkara yang diluar kebiasaan ) Ada satu lagi yang termasuk Khoriqul adah, yaitu kelebihan yang diberikan Allah didasari dari laku riyadhoh atau membaca sesuatu dengan dosis yang ditentukan pula, ilmu ini sering disebut ; ilmu hikmah, maka ilmu ini bisa dicapai atau dimiliki oleh siapapun, tidak memerlukan bakat khusus, siapa yang memenuhi persyaratan dan melaksanakan tata-caranya, dia akan memperolehnya.
       Syariat Islam itu Indah‘ pun dihadirkan Pustaka Al-Kautsar tidak lain guna memperkenalkan syariat Islam apa adanya kepada kaum Muslimin-khususnya-dan juga semua orang. Melalui buku yang ringkas namun bernas ini, pembacanya dapat melihat jelas alangkah sempurnanya Islam. Betapa aturan hidup dari Ilahi ini selalu cocok untuk diterapkan di segala waktu dan tempat. Setiap perintah, anjuran, kebolehan, dan larangan mengandung hikmah dan rahasia masing-masing.

        Semoga, dengan pencerahan ini, tiada lagi kaum Muslimin yang menolak penerapan syariat agama mereka sendiri. Juga, diharapkan tidak ada minoritas nonmuslim yang menentang penerapan syariat Islam di negara mayoritas Muslim. Sebab, ‘undang-undang langit’ ini pada hakikatnya bermanfaat bagi semua ras manusia, jin, hewan, tumbuhan, dan seluruh alam semesta, tanpa terkecuali. Manfaatnya tidak terbatas hanya bagi umat Islam sendirian. Dengan melaksanakannya, sempurnalah kasih sayang, keadilan, dan keberkahan Allah dinikmati semua hamba-Nya, agar mereka memperoleh kebahagiaan di dunia sebelum di akhirat kelak.
         Ada yang berpendapat, bahwa ilmu hikmah itu bukan bagian dari tasawuf, meskipun ada ulama-ulama sufi yang memberikan ilmu hikmah, ilmu hikmah bisa berupa do’a atau wirid-wirid semacam hizib, asma atau berupa wifiq\wafak ( rajah-rajah berupa angka maupun huruf hijaiyyah ).
Ulama-ulama yang menerangkan tentang ilmu hikmah ini semisal ; Syaikh Ali al-Buny dengan kitab man’baul hikmah yang masyhur, Abi hasan as-Syadzili dengan kitab Sirrul jalil yang membuat juga hizib nashor yang melegenda.
      Tatkala Nabi Musa menghidupkan orang mati terbunuh dengan cara dipukul dengan bagian (lidah/ buntut) sapi/ Al- Baqoroh, maka menjadi musyriklah bila seseorang percaya bahwa yang memiliki kekuatan menghidupkan adalah bagian BUNTUT/ LIDAH sapi atau kekuatan nabi Musa sendiri, sebagaimana yang dilakukan oleh nabi Isa menghidupkan orang mati dan banyak yang percaya bahwa itu adalah kekuatan nabi Isa sendiri, bukannya kekuatan Allah Yang Maha Menghidupkan dan Maha Mematikan yang diberikan kepada nabi Musa dan Isa….. Tatkala Nabi Musa membelah lautan dengan TONGKAT nya, maka menjadi musyriklah seseorang yang percaya bahwa tongkatnya itulah yang memiliki kekuatan membelah lautan…. Tatkala nabi Muhammad menyatakan bahwa “Habbah sauda’” itu obat dari segala penyakit kecuali kematian” – shohih, maka menjadi kafirlah seseorang yang percaya bahwa “HABBAH SAUDA’ itu memang memiliki kekuatan sendiri yang menyembuhkan, bukan khasiyat kekuatan dari Allah……
       Ketika nabi Muhammad menyatakan bahwa “AIR ZAMZAM” itu mempunyai khasiyat sesuai apa niat peminumnya”- shohih, maka menjadi musyriklah seseorang yang mendewakan” air zamzam… Tatkala seseorang percaya bahwa opium dan heroin itu mempunyai sifat dan kekuatannya sendiri yang merusak tubuh dan jiwa, maka orang tersebut ada dalam bahaya kekafiran.
Ketika seorang pasien mendatangi seorang dokter (atau dukun) dan diberi paracetamol, kemudian pasien itu percaya bahwa kesembuhannya karena PARACETAMOL atau karena sang dokter, maka menjadi rusaklah keimanan dia, kecuali kalau ia percaya bahwa ALLAH TELAH MELETAKKAN KHASIAT (Content) PENURUN PANAS pada paracetamo



Bila seorang meyakini bahwa Uranium. Plutonium, Radium dll memiliki Khasiyat (content) “GAIB” tak kelihatan mata yang dapat merusak tubuh dan dapat merangsang mutasi gen yang dapat menimbulkan Cancer, serta memiliki kekuatan “JIN ATOMIC” maka selama ia meyakini yang memberikan CONTENT/ khasiyat itu adalah Allah, maka itu tak menjadi masalah.
Contoh- contoh diatas menjelaskan kepada kita bahwa Allah tidak mustahil menempatkan khasiyat dan content tertentu kepada benda- namun hati- hati jangan diyakini bahwa benda itulah yang memiliki kekuatan sendiri.
Tatkala nabi Dawud berdo’a “Robbana afrigh alaina shobron watsabbit aqdaaman wan shurna alal qoumil kafiriin”, tentu saja dengan bahasa Ibrani (nabi Dawud keturunan Bani Israel yang berbahasa Ibrani)dan tentu terasa aneh ditelinga kita yang tak mengerti bahas Ibrani- seperti mantra saja-, maka do’a yang setara dengan itu DENGAN BAHASA APAPUN yang tujuannya hanya kepada Allah adalah terpuji dan do’a itu bernilai ibadah, KARENA DO’A TIDAK HARUS MEMAKAI BAHASA ARAB.
Sebaliknya segala do’a WALAU PAKAI BAHASA ARAB, bila mengandung keyakinan KEKUATAN SELAIN ALLAH, maka do’a itu adalah DO’A YANG TERTOLAK.
Hizib apapun yang dibaca dengan mengharap meyakini akan datangnya pertolongan Allah, maka itu baik.
Hizib apapun yang diyakini PUNYA KEKUATAN SENDIRI, maka itu tertolak….
Akhirnya, kami ingatkan pesan nabi tentang Hizb agar bagi para pengamal Hizib, jangan melalaikan Hizbnya;
‘An Umar bin al- Khottob Qoola, Qoola Rasulillahi SAW: “Man Naama ‘ala HIZBIHI minallail au min syai-in minhu faqoro’ahuu maa baina sholatil fajri washolatid dhuhri kutiba lahuu ka annamaa qoro’ahuu minal lail”. = Barang siapa ketiduran dari HIZB nya disuatu malam atau sebagian darinya kemudian ia membacanya diwaktu antara sholat subuh dan solat dhuhur, maka ia dituliskan seperti telah membaca hizb nya dimalam hari. Shohih, H.R. Muslim – Ryadhus sholihin bab Fil mukhafadhoh ‘alal a’maal .no,2 halaman 92.
Kajiannya sangat menarik dan kayaknya kyai pengamal Hizib juga .
1. Sebuah hadits,dari Imran bin Husain,Radhiyallahu Anhu,menuturkan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam melihat seorang laki-laki terdapat di tangannya gelang kuningan,maka beliu bertanya :”apakah ini?Orang itu menjawab :”Penangkal sakit”.Nabi pun bersabda:”Lepaskan itu, karena dia hanya akan menambah kelemahan pada dirimu;soalnya kalau kamu mati sedang dia itu masih ada pada tubuhmu , kamu tidak akan beruntung selama lamanya” hadits riwayat imam ahmad.
2.Dirwayatkan hadits marfu dari Abdullah bin Ukaim: Barangsiapa menggantungkan sesuatu barang (dengan anggapan bahwa barang itu bermanfaat atau dapat melindungi dirinya), niscaya Allah menjadikan dia selalu
mengandalkan barang tersebut.(hadits riwayat Imam Ahmad dan at-Turmidzi).
Kedua petikan hadits ini berkaitan dengan :
1.Ruqyah;yaitu yang di sebut pula Azimah ini khusus diizinkan selama penggunannya bebas dari hal-hal syirik,soalnya Rasulullah telah memberi keringanan dalam hal ini .
2.Tamimah :sesuatu yang di kalungkan di leher anak-anak sebagai penangkal atau pengusir penyakit,pengaruh jahat yang di sebabkan rasa dengki seseorang ,dst.
3.Wadaah:sesuatu yang di ambil dari laut, menyerupai rumah kerang: menurut anggapan orang-orang Jahiliyah dapat digunakan sebagai penagkal penyakit .Termasuk dalam pengertian ini adalah jimat.
4.Tiwalah:sesuatu yang dibuat dengan anggapan bahwa hal tersebut dapat membikin istri mencintai suami,atau seorang suami mencintai istrinya.
Keempat hal ini menurut Ibnu Masud Radhiyallahu Anhu adalah perbuatan yang terlarang
Gelang, benang dan sejenisnya tidak berguna untuk menolak atau mengusir sesuatu penyakit,bahkan berbahaya , karena Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :<>
Betul, tapi saya hanya mengamalkan HIZB MA’TSUUROOT, yakni semua bacaa’an YANG PERNAH DIBACA dan diajarkan Rasululloh.
kata nya kitab karangan imam al buni itu kitab sesat.ap benar itu.& kitab ilmu hikmah itu juga kitap sesat yang tidak di ajarkan rasulullah saw.& menyimpang dari ajaran islam.mohon penjelasan ny ustadz.
Mohon klarifikasinya, jangan sampe salah antara Ilmu Hikmah dan Al-Hikmah. untuk Al-Hikmah, karena itu sangat amat berbeda.
Antum bisa baca disini : http://perguruan-al-hikmah.blogspot.com/.
aslm, maaf numpang berkomentar menurut pengalaman ana, kitab yang antum sebutkan seperti samsul ma’arif karya syaikh al-buni asli orang syiah ternyata hanya menjadikan dukun berkedok ustadz tidak lain amalan yg ada di dalam kitab itu hanya mendatangkan jin yg pada akhirnya membuat kita menjadi paranormal atau sebangsanya. Ada seorang ustadz,dia mengamalkan yg ada di kitab itu katanya bisa mendatangkan malaikat yg katanya bisa disuruh2 yg bernama abdur rohman padahal ustadz tersebut tidak tahu itu tipu daya jin. Dia mengaku2 sebagai malaikat padahal kita tahu sendiri pd riwayat2 yg mutawatir bahwa malaikat jibril tidak datang kepada nabi muhamad saw kecuali atas perintah allah swt bukan atas kehendak beliau. jadi ustadz tersebut dibohongi oleh jin yg mengaku sebagai malaikat abdur rohman, jadi kita sebaiknya sebagai umat islam utk menjauhi karya karya ulama perdukunan seperti itu


No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook