S A P
SATUAN ACARA PENATARAN
                     
Materi PAI SMP-SMA
Mata Tatar    
                   :
PENDALAMAN MATERI PENDIDIKAN  AGAMA  ISLAM 
  SMP-SMA
Widyaiswara Penatar      
: Drs.Mhd.Rakib, S.H.,M.Ag
Standar Kompetensi         : Guru Memiliki kedalaman materi
PAI di SMP-SMA
Diskripsi Mata Tataran      : Mata tataran  ini memberikan pemahaman
kepada para guru agama tentang materi PAI di Sekolah Menengah Pertama dan
Sekolah Menengah Atas, sekaligus mendalami tentang materi PAI yang diajarkan di
SMP dan SMA, setelah penataran  ini guru PAI diharapkan dapat
menguasai, mendalami, serta mempraktekkan dalam proses pembelajaran di SMP dan
SMA.
Urgensi mata tatar : 
            Memahami,
menghayati dan mendalami beberapa materi yang diajarkan di SMP dan SMA,
sekaligus memberikan pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam tentang
materi PAI serta mampu mempraktekkan dalam proses pembelajaran di SMP dan SMA.
No 
 | 
  
Kompetensi Dasar 
 | 
  
Indikator 
 | 
  
Materi pokok dan uraian 
 | 
  
Pengalaman belajar 
 | 
  
Alokasi waktu 
 | 
  
Penilaian 
 | 
  
Sumber 
 | 
 
1 
 | 
  
Memiliki kedalaman materi PAI
  SMP-SMA 
 | 
  
Mahasiswa faham dan menguasai
  serta mampu menjelaskan bahan ajar PAI SMP-SMA 
 | 
  
Pendalaman Materi PAI SMP/SMA 
 | 
  
Penjelasan singkat,Diskusi, Tanya
  Jawab 
 | 
  
100 Menit 
 | 
  
Performance proyek paper, dan ters
  tulis 
 | 
  
Kurikulum Dan Hasil Belajar GBPP
  PAI SMP Variable Pembelajaran,Buku Tajwid Terjemah Al-Qur’an Depag Buku Ajar
  Buku Suplemen 
 | 
 
2 
 | 
  
Memiliki kedalaman Konsep PAI
  SMP-SMA 
 | 
  
Guru faham dan menguasai serta
  mampu menjelaskan Konsep PAI SMP-SMA 
 | 
  
Konsep PAI di Sekolah 
 | 
  
Guru  membaca, menganalisis, menulis makalah,
  presentasi berdiskusi 
 | 
  
100 Menit 
 | 
  
Performance proyek paper, dan ters
  tulis 
 | 
  |
3 
 | 
  
Memiliki kedalaman materi ajar PAI
  SMP-SMA 
 | 
  
Guru PAI faham dan menguasai serta
  mampu menjelaskan bahan ajar al Qur’an Hadis di SMP 
 | 
  
Pendalaman Mata Pelajaran al-Quran
  Hadis di SMP 
 | 
  
Guru PAI membaca, menganalisis,
  menulis makalah, presentasi berdiskusi 
 | 
  
100 Menit 
 | 
  
Performance proyek paper, dan ters
  tulis 
 | 
  |
4 
 | 
  
Guru PAI faham dan menguasai serta
  mampu menjelaskan bahan ajar al Qur’ di SMA 
 | 
  
Pendalaman Mata Pelajaran al-Quran
  Hadis di SMA 
 | 
  
Guru PAI membaca, menganalisis,
  menulis makalah, presentasi berdiskusi 
 | 
  
100 Menit 
 | 
  
Performance proyek paper, dan ters
  tulis 
 | 
  ||
5 
 | 
  
Guru PAI faham dan menguasai serta
  mampu menjelaskan bahan ajar Akidah Akhlak PAI di SMP 
 | 
  
Pendalaman Mata Pelajaran Akidah
  Akhlak di SMP 
 | 
  
Guru PAI membaca, menganalisis,
  menulis makalah, presentasi berdiskusi 
 | 
  
100 Menit 
 | 
  
Performance proyek paper, dan ters
  tulis 
 | 
  ||
6 
 | 
  
Guru PAI faham dan menguasai serta
  mampu menjelaskan bahan ajar Akidah Akhlak di SMA 
 | 
  
Pendalaman Mata Pelajaran Akidah
  Akhlak di SMA 
 | 
  
Guru PAI membaca, menganalisis,
  menulis makalah, presentasi berdiskusi 
 | 
  
100 Menit 
 | 
  
Performance proyek paper, dan ters
  tulis 
 | 
  ||
7 
 | 
  
Guru PAI faham dan menguasai serta
  mampu menjelaskan bahan ajar Fiqih SMP 
 | 
  
Pendalaman Mata Pelajaran Fikih di
  SMP 
 | 
  
Guru PAI membaca, menganalisis,
  menulis makalah, presentasi berdiskusi 
 | 
  
100 Menit 
 | 
  
Performance proyek paper, dan ters
  tulis 
 | 
  ||
8 
 | 
  
Guru PAI faham dan menguasai serta
  mampu menjelaskan ajar Fiqih di SMA 
 | 
  
Pendalaman Mata Pelajaran Fikih di
  SMA 
 | 
  
Guru PAI membaca, menganalisis,
  menulis makalah, presentasi berdiskusi 
 | 
  
100 Menit 
 | 
  
Performance proyek paper, dan ters
  tulis 
 | 
  ||
9 
 | 
  
Guru PAI faham dan menguasai serta
  mampu menjelaskan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam di SMP 
 | 
  
Pendalaman Mata Pelajaran Sejarah
  Kebudayaan Islam di SMP 
 | 
  
Guru PAI  membaca, menganalisis, menulis makalah,
  presentasi berdiskusi 
 | 
  
100 Menit 
 | 
  
Performance proyek paper, dan ters
  tulis 
 | 
  ||
10 
 | 
  
Guru PAI faham dan menguasai serta
  mampu menjelaskan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam di SMA 
 | 
  
Pendalaman Mata Pelajaran Sejarah
  Kebudayaan Islam di SMA 
 | 
  
Guru PAI membaca, menganalisis,
  menulis makalah, presentasi berdiskusi 
 | 
  
100 Menit 
 | 
  
Performance proyek paper, dan ters
  tulis 
 | 
  ||
11 
 | 
  
Memiliki keterampilan dalam
  mendisain pembelajaran PAI SMP-SMA 
 | 
  
Guru PAI memiliki kemampuan dan
  keterampilan dalam menyusun perangkat pembelajaran PAI serta dapat menyajikan
  dan mengevaluasi dengan baik dan benar 
 | 
  
Konsep membuat silabus dan
  RPPAplikasi penyusunan silabus dan RPP PAI SMP-SMA 
 | 
  
Silabus dan RPP dan mempresentasikan
  makalah dan berdiskusi Tanya jawab 
 | 
  
100 Menit 
 | 
  
Performance proyek paper, dan ters
  tulis 
 | 
  
Daftar Bacaan :
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
 - PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
 - Permenag No. 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah
 - Supiana, Materi Pendidikan Agama Islam, Bandung: Rosdakarya, 2006.
 - E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
 - Buku-buku Pendidikan Agama Islam untuk SD, SMP, dan SMA.
 - Buku-buku al-Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI untuk MI, MTs, dan MA/MAK
 - Pedoman Materi PAI di Sekolah Umum, Departemen Agama RI
 - E.Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2006.
 
Pekanbaru, Riau 20 Pebruari 2013
Widyaiswara LPMP Riau.
Penatar
Drs.Mhd.Rakib, S.H., M.Ag
N I P.   1959 
0831  1986   011001
No comments:
Post a Comment