Saturday, May 9, 2015

DAFTAR ISI



DAFTAR ISI KARYA ILMIAH M.RAKIB PEKANBARU RIAU INDONESIA. 2015
HP 0823 9038 1888
              
Motto…………………………………………………………………………i
ABSTRAK…………………………………………………….…………….ii
KATA PENGANTAR…………………………………..…………  ……….iii
BAB  I    PENDAHULUAN…………………………………………………1
A.    Latar Belakang…………………………………………..…….………2
B.     Perumusan Masalah………………….……………….……..……….11
C.    Tujuan Penelitian…………………………………….……….………12
D.    Manfaat Penelitian………………………………….………………..19
1.      Secara Teoretis…………………………………………………...…..19
2.      Manfaat Praktis……………………..………………………………..19
E.    Tinjauan Pustaka………………………………………………..……20
1.      Review Literatur……………..………………………………………20
2.      PenelitianTerdahulu…………………………………………………21
3.      Hukuman fisik dalam konteks Indonesia……………………..…24
F.     MetodePenelitian…………………………………………………….25
1.      Objek Penelitian…………………………………………………….25
2.      Sumber data…………………………………………………………26
3.      Fokuspenelitian…………………….…………………………….....28
4.      Analisis data…………………………………………………………29

BAB II  DASAR-DASAR KETENTUAN HUKUM DALAM ISLAM…31
A.    Sumber Hukum Islam…………………………………………..….31
1.      Al-Qur’an………………………………………………………..…..31
a.      KehujjahanAl-Qur’an………………………………………………34
b.      Keseimbangan kata dalam al-Qur’an………………………....…36
c.       Cara Mengeluarkan Hukum Dari Al-Quran……………………37

2.      Al-Hadits………………………………………………39

a.         Pengertian al-Hadits…………………………………………….39
b.        Fungsi al-Haditsterhadap Al-Qur’an…….……………………39
c.         MenguraikanKemujmalan  Al-Qur’an…………………..…...41
d.        MengkhususkanKeumuman Al-Qur’an………………………41
e.        MengqayyidkanAyat Yang Mutlaq……………………………..44

3.      Ijma’…………………………………………………48

4.      Qiyas………………………………………………………….….50

a.      Ruanglingkup pembahasan qiyas………………………….....50
b.       Batasan penggunaan qiyas………..………………………….51
B.  Karakteristik  Hukum Islam…………………………………53
1.    DidasarkanpadawahyuIlahi……………………………………60
2.   BersifatMenyeluruh………………….……………….……..…60
3.        Terkait Langsung  Dengan  Masalah    Akhlak/Moral…….61
4.        AdanyaOrientasiKolektivitas………………………………..62
1)      Rabbaniyyah……………………………………………………62
2)      Insaniyyah……………………………………………………..62
3)      Wasathiyyah…………………………………………………..64
C.    Ketentuan Hukum Islam Tentang Perlindungan Anak……62
1.      Konsep Islam Tentang Anak………………………………….63
2.      Usia Anak Menurut Fiqih……………………………………..65
3.      Batas Kewajiban Orangtua Memberi Nafkah……………….66
4.      Kekerasan Terhadap Anak Dalam Kajian Fiqih……………69
5.      Delinkuensi Dalam Pandangan Kajian Fiqih……………….72
6.      Hukum Islam Tentang Sanksi Terhadap Anak…………….73
a.      Pengertian Sanksi Hukuman…………….…………………..73
b.      Tujuan Sanksi Hukuman……….…………………………….73
c.       Macam-Macam Sanksi Dalam Hukum Islam…………....73
1)       Hudud…………………………………………………………..78
2)       Qishas…………………………………..…………………….78
3)       Ta’zîr …………………………………..………………………9
4)       Mukhâlafât….……………………………………………….79
7. Hukuman Dalam Islam Bukan Penganiayaan………………0
BAB  III  KONSEP HUKUM PERLINDUNGAN ANAK  DI INDONESIA……………………………………………….91
A.    Semangat Anti KekerasanTerhadapAnak……………………..91
1.      Pengertian Kekarasan………..………………………………,91
2.      Sejarah Undang-Undang Perlindungan Anak…………………92
a.       Penghapusan Hukuman Fisik…..…………………………….92
b.      MemperkuatAturanYuridis Dan Non-Yuridis…………………95
1)      Perlindungan Yang BersifatYuridis…………………………...95
2)      Perlindungan Yang Bersifat Non-Yuridis…………………….95
c.       MenerapkanHukumanKepidanaan Dan Keperdataan…………8

3.      PrinsipDasarUndang-UndangPerlindunganAnak………………100
a.       SinkronDenganHakAsasiManusia(HAM)……...………………100
b.      MemperjuangkanPrinsip Anti Diskriminasi…………………...102
c.       KepentinganTerbaikbagiAnak………………………………….102
d.      Hak  Hidup Bagi   Anak………………………………………..103
e.       Penghargaan Terhadap  Pendapat Anak……………………….103
f.       MenciptakanSuasanaKondusip…………………………………105
1)      MenumbuhkanMinatbelajar…………………………………….105
2)      Menjalin Rasa SalingPengertian……………………………………..…105
3)      Menghindari  Sikap  Egois  Orangtua  Dan Guru………………………106
4)      MeningkatkanKaualitasPengendalianEmosi…………………………...106
B.     Urgensi  Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002…………………………………125
1.      Penjaminan  Terpenuhinya Hak-Hak   Anak…………………………………...125
2.      Keharusan  Memuliakan  Anak………………………………………………...108
3.      Penghapusan  Eksploitasi  Anak……………………………………………….111
4.      Tidak  Menjadikan  Hukuman  Fisik Sebagai  Jalan   Pintas…...……………...117
5.      Penyelenggaraan  Perlindungan   Khusus…………………………………..…123
C.     Signifikansi  Undang-Undang  Perlindungan  Anak   Indonesia………………..…125
1.      Signifikansi Undang-Undang  Perlindungan  Anak   Indonesia…………….…125
2.      Pencegahan Terhadap Tindakan Pemaksaan…………………………………..125
3.      Tidak Ada Lagi Perlakuan Kasar…..…………………..………………………128
4.      Penghapusan Kekerasan Di Sekolah………………………………………….132
BAB     IV ANALISIS  KONSEPPERLINDUNGAN ANAK  MENURUT  HUKUM ISLAM DAN  UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN2002………….……..……….141
A.    Perbedaan   Konsep  Kekerasan  Terhadap  Anak  Di  Dalam UU 23  Dan Hukum Islam………………………………………………………………….……………..….141
1.      Perbandingan  Paradigma  Yang   Dianut   Keduanya………………. …….…141
2.      Berbandingan Dalam Mengartikan  Istilah  Tindak    Kekerasan……………143
3.      Perbandingan Prinsip Perlindungan Anak ...…………………………….……149
a.      Larangan   Memukul     Bagi     Guru……………….……………………..151
b.      Larangan Bagi Orangtua ..............................................................................151
c.       Larangan  Memberikan   Ancaman………………………………………...152
4.      Analisis   Teori-Teori   Hukuman   Terhadap  Anak………………………….153
a.        Teori   Hukum     Alam……………………………..……………………….153
b.        Teori   Bakat    Alam…………….…………………………………………..153
c.         Teori    Ganti     Rugi…………..…………………………………….………137
d.        Teori  Menakut-   nakuti……….……………………………………………138
e.         Teori  Balas  Dendam………………………………………………………138
f.         TeoriMemperbaiki…………………………………………………………..139
g.        TeoriMelindungi……………………………………………………………..140
h.        TeoriMenjerakan…………………………………………………………….141
            5.   Hak   Dan   Kewajiban   Anak    Dalam     Islam……………………………...141
a.      Pengertianhak………………………………………………………………. 141
b.      Hak-HakAnak……………………………………………………………..….142
c.       Makna  Menghukum    Anak   Yang   TidakSalat………………………...143
 6.  Analisis  Terhadap   Hukuman Fisik Yang   Sesuai   Dengan  Syari’ah………….....155
a.         Memukul  Anak……………………………….…….……………………………….144
b.        Memukul YangMelampaui Batas……………….…….……………………….….145
c.         Pukulan  Sebagai    Instrumen……..…………..…………………………………..148

7. Analisis Para Ahli  Tentang   Hukuman   TerhadapAnak……….………… …………157
a.         Analisis   sosiologis………………………..…………..………………………….....158
b.        Analisis Kriminologi…………………………………..…………………….….…..158
c.         Analisis  Hukum  Islam  Tentang   Hukuman  Terhadap  Anak…………..…….159
8.  Analisis Filosofis Hukuman Ta’zir.................................................................................162    
     a.  Menghargai  Kebijakan  Kepada  Pemimpin……………….……………………….162
     b.  Menjawab Kecemasan Islamophbia Hukuman Ta’zir..............................................162
     c.  Jawaban Terhadap Kritik  Hukuman Fisik Terhadap Anak...................................166
     d.  Jawaban Terhadap Kritik  Hukuman Fisik Terhadap Anak...................................166
     e.  Hukum Yang TidakTerpisah Dari Moral…………………………………..…...……166
     f.  MenjawabKeraguanKelompokSekular……………………………………………..166
B.     Penyebab Perbedaan Makna Dan Konsep Kekerasan .............................................190
1.      Di Dalam Hukum Islam Ada Konsep Sakral.......................................................190
2.      Hukum Islam Tidak    Individualisme……………..………….……………...…192
3.      Sumber Hukumnya Berbeda......................................................................................192
4.      Sejarah Hukumnya  Berbeda………………………………….…..……………111
5.      Pembuat  Hukumnya  Berbeda…………..…..……………………………....…117
6.       Sanksi   Dunia  Akhirat……………………………………………………...…..210
7.        Hukum Islam Bersifat Vertikaldan Horizontal………..……..……...………214
8.        Perbedaan  Kaedah   Hukumnya…………………….………...……….…….216
9.        Sumber  Hukum  Dari  Hukum Yang Tidak  Tertulis……..……..………....221
10.    Berbeda Kakteristik............................................................................................203
a.            Karakter Ilahiah ........................................................................................223
b.           Berkarakter ketaatan mutlak.....................................................................223
C.    Sisi Kesamaan Antara Hukum Islam Dan UU No.23 Tahun 2002………………235
1.  Sama-Sama  Mengedepankan    Kelembutan…………….……………….…...236
2.  Semangat  Mendahulukan     Pencegahan………………………………….…..242
            3    Sanksi  Terhadap Orang   DewasaYang     Melanggar HakAnak.…247
                 a . Sanksi     Umum……………………….……………………………233
                 b. Sanksi     Khusus……………………………………….…………..234
4. Sanksi  Hukum   Yang  Bersamaan   Dengan Moral………………………..240
5. Analisis Terhadap Kebijakan Memberikan Hukuman Ringan............................250
Tesis penelitian......................................................................................................282
BAB   V  KESIMPULAN ………………………………………………………………….296
A. Kesimpulan……………………………………………………………………………296
B. Rekumendasi……………………………………………………...………………..298
C. Penutup……………………………………………………………………………..299
Lampiran      
Lampiran                  

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook