Thursday, May 19, 2016

Kritik Terhadap Missionaris dan Orientalis.....JANGAN MINDER, TERHADAP BARAT

MENGAPA MINDER TERHADAP BARAT
Jangan Malas Memberi Kritik Terhadap Missionaris dan Orientalis
Catatan Kecil Dr.Haji M.Rakib Jamari,S.H.,M.Ag. Pekanbaru
JANGAN MINDER, TERHADAP BARAT
MEREKA ADALAH ILMUWAN YANG TERSESAT
KADANG SALAH, KADANG TEPAT,
NADALAN MERERKA JUMA FILSAFAT

                  KECERDASAN ROHANI MEREKA KOSONG
                  AKIBATNYA GELISAH, DAN SOMBONG,
                  SUKA MENJAJAH, BIRAHINYA MENDORONG
                  AKHLAKUL KARIMAHNYA, MEREKA POTONG

KEBEBASAN MEREKA, SEPERTI BINATANG
TUNTUNAN WAHYU, TIDAK DIPANDANG.
APAPUN AGAMA, DILETAKKAN DI BELAKANG
MAYORITAS MUSLIM, MEREKA KEKANG.


          Kebanyakan hujatan terhadap Islam belakangan ini terjadi akibat kebodohan, kesilauan,  dan rasa minder terhadap peradaban Barat. (Eksposisi Tesis Islam-Barat Prof. Naquib al-Attas)  Begitulah kata  DR.Adian Husaini,MA. Pada beberapa waktu yang lalu, kata Adian Husaini lagi,  saya bersama beberapa peneliti INSISTS menyampaikan presentasi dalam sejumlah workshop tentang pemikiran Islam dan Barat di Solo dan Yogya. Ada sejumlah fenomena dan cerita menarik yang perlu kita telaah. Ada berita, bahwa seorang dosen wanita di satu perguruan Islam,menjadi imam salat bagi suami dan anak-anaknya, karena ia lebih baik bacaan Qur’annya, dibandingkan suaminya. Ini adalah pengaruh dari paham gender equality. Ada dosen yang berbicara di depan kelas, bahwa kita perlu al-Quran baru.

           Menurut mereka, metode Hermeneutika sudah menjadi harga mati untuk diterapkan dalam penafsiran al-Quran, sehigga tidak perlu digugat lagi. Kucuran dana dari Amerika Serikat untuk proyek liberalisasi Islam sungguh luar biasa. Ada seorang hakim agama bercerita bahwa training-training tentang kesetaraan gender terus-menerus diadakan untuk mengubah pemikiran mereka. Selain dilakukan di hotel-hotel berbintang, peserta pun dibayar. Fenomena westernisasi dalam pemikiran dan studi Islam begitu kental dan menggejala serta ngetrend.

          Disamping dampak serius dari penggunaan metode liberal dalam studi Islam, yang juga memprihatinkan adalah kualitas ilmiah dari penyebaran-penyebaran paham itu. Paham ini disebarkan dalam bentuk dogma, tidak diikuti sikap kritis yang memadai ketika mengadopsi teori-teori Barat. Sebaliknya, sikap kritis dan hujatan sering ditujukan kepada ilmuwan-ilmuwan besar Islam, seperti Imam Syafiial-Ghazali, dan sebagainya. Kebanyakan, sikap sinis dan hujatan terhadap ilmuwan-ilmuwan muslim, terjadi akibat kebodohan, ketidaktahuan, dan kesilauan terhadap kemajuan material yang dicapai peradaban Barat sekarang ini.


          Untuk mengkrtisi pemasalahan ini  dalam Catatan ini, kita akan menampilkan dan menelaah, pandangan seorang cendekiawan Muslim Prof. Dr. Syed Muhammad Naquib al-Attas tentang Islam dan Barat tersebut dalam sebuah tesisnya. Naquib al-Attas saat ini merupakan satu diantara ilmuwan terbesar di dunia Islam yang pendapatnya tentang Barat menjadi kajian ilmiah di dunia internasional. Hal itu bisa dilihat dari karya-karya ilmiah dan perjalanan intelektualnya.

1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete

Komentar Facebook