Monday, June 1, 2015

NEGOSIASI GAYA MELAYU



        NEGOSIASI GAYA MELAYU

 
M.Rakib Pekanbaru Riau Indonesia 2015

Dalam bernegoriasi, pihak Ali bin Abi Talib mengutus, seorang sufi bijak, sudah tua dan terhormat. Sedangkan pihak Mu’awiyah mengutus, Umar bin Ash, masih muda, licik dan pandai berilat lidah. Akhirnya dimenangkan oleh pihak Mu’awiyah yang punya trick taktik licik. Tapi merupakan kemenangan semu sangat bermasalah.

Konflik antara  Mu’awiyah dan Ali, mirip dengan konflik sesebuah negara dengan negara lain di dunia pada masa ini harus diselesaikan melalui perundingan dan bukan melalui peperangan. Bahaskan pernyataan di atas.

Sejak dahulu lagi, kerakusan pemimpin dalam membuat keputusan untuk berperang sering membawa melapetaka kepada rakyatnya. Sejarah telah membuktikan bahawa Perang Dunia Pertama dan Perang Dunia Kedua telah membawa pelbagai implikasi kepada dunia sejagat. Tokoh-tokoh pemimpin seperti Hitler dan George W.Bush pasti akan dikenang oleh rakyat negara yang terbabit sebagai pemimpin yang mementingkan diri sendiri bagai enau dalam belukar melepaskan pucuk masing-masing yang telah memusnahkan dan menghancurkan keharmonian negara mereka. Oleh itu, pemimpin sekarang harus mengambil iktibar bahawa peperangan tidak dapat menyelesaikan sesuatu konflik dalam masa yang singkat dan mereka perlu mengambil pendekatan dengan berunding demi kesejahteraan rakyatnya. Jangan nanti gajah sama gajah berjuang, pelanduk mati di tengah-tengah. Terdapat pelbagai manfaat apabila pemimpin mengambil pendekatan berunding daripada menggunakan senjata untuk menyelesaikan masalah.

Antara kebaikan mengambil pendekatan berunding dalam menyelesaikan konflik antara sesebuah negara ialah pertumpahan darah tidak akan berlaku dan banyak nyawa yang tidak berdosa dapat diselamatkan. Hal ini dikatakan demikian kerana perundingan akan melibatkan pemimpin yang duduk semeja berusaha untuk mencari jalan keluar bagi konflik yang dihadapi. Perbincangan yang melibatkan golongan pemimpin ini pasti akan mencari jalan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah yang berbangkit. Saidina Ali Abi Talib pernah berpesan bahawa pasak kekuatan sesebuah negara hendaklah didirikan atas keadilan para pemerintah. Oleh itu, rakyat tidak akan mengalami kesengsaraan hidup akibat ledakan bom dan tembakan peluru berpandu. Anak-anak tidak akan hilang tempat bergantung dan masa depan mereka akan lebih terjamin. Cukuplah kita melihat penderitaan dan kesengsaraan hidup yang dialami oleh anak-anak dari bumi Palestin, Iraq dan Afgahnistan serta beberapa buah negara di Afrika sebagai akibat kehilangan insan yang disayangi. Jelaslah bahawa perundingan akan mengelakkan berlakunya pertumpahan darah.

Jika ditinjau dari perspektif yang lain, sesebuah negara itu tidak akan mengalami kerugian harta benda jika menggunakan rundingan sebagai jalan untuk menyelesaikan. Kita sedia maklum bahawa peperangan pasti akan meranapkan bangunan, kenderaan, kawasan tumpuan ekonomi dan sebagainya. Peperangan laazimnya menggunakan senjata-senjata cacnggih seperti bom nuklear dan peluru berpandu yang mampu memusnahkan apa-apa sahaja dalam sekelip mata. Sebagai contohnya, peperangan yang berlaku di antara Israel dan Palestin telah membawa kemusnahan infrastruktur negara yang teruk sekali gus menelan belanja yang banyak untuk membaik pulih keadaan. Hal ini bertepatan dengan kata pepatah yang berbunyi, menang menjadi arang, kalah menjadi abu. Sekiranya cara perundingan dipilih sudah pasti kemusnahan harta benda tidak akan berlaku. Rakyat dapat menyimpan wang mereka demi masa depan mereka manakala wang kerajaan juga dapat dijana untuk pembangunan ekonomi negara kerana kebanyakan infrastruktur negara masih berkeadaan baik lagi. Kerajaan tidak perlu lagi membeli senjata, kapal pejuang dan kapal perisai yang baharu. Oleh itu, jelaslah kepada kita bahawa perundingan pasti dapat mengelakkan kemusnahan harta benda yang tidak diduga sama ada harta benda persendirian atau milik kerajaan.

Di samping itu, hubungan diplomatik antara dua buah negara juga dapat dijalin dengan lebih erat apabila pemimpin menggunakan rundingan sebagai cara untuk menyelesaikan konflik yang dihadapinya. Sesungguhnya setiap yang berlaku pasti ada hikmahnya. Begitu juga dengan konflik yang dihadapi oleh sesebuah negara. Jika jalan perundingan yang dipilih daripada pertumpahan darah maka ikatan silaturahim antara dua buah negara akan terjalin. Perasaan berbaik-baik dan berprasangka positif akan wujud dalam sanubari mereka lantas kedamaian yang dipilih oleh mereka. Mereka akan berpegang pada konsep buang yang keruh, ambil yang jernih. Perundingan antara mereka bukan sahaja membincangkan jalan keluar bagi konflik yang dihadapi malahan juga mereka akan berkonsi pandangan untuk memajukan negara masing-masing. Oleh hal yang demikian, pendekatan rundingan dapat menjalinkan hubungan dua hala antara negara yang terbabit.

Kebaikan yang seterusnya ialah negara-negara yang terlibat dalam rundingan bagi menyelesaikan konflik akan dipandang tinggi dan mulia oleh negara-negara lain di persada antarabangsa. Pada masa ini, majoriti masyarakat di seluruh dunia mendambakan kehidupan yang aman damai dan harmoni, yakni bebas daripada berlakunya pertumpahan darah. Namun begitu, terdapat segelintir pemimpin yang angkuh dan berhidung tinggi daripada bersikap mementingkan keamanan dan kepentingan rakyat. Kita lihat sahaja pemimpin Korea Utara yang sering membuat provokasi dengan melancarkan ujian nuklear walaupun tindakan mereka dikecam hebat oleh Pertubuhan Bangsa-bangsa Bersatu (PBB) dan masyarakat dunia yang lain. Begitu juga dengan pihak Amerika Syarikat yang dianggap sebagai polis dunia telah dikritik sebagai akibat daripada kedegilan mereka menyelesaikan masalah dengan cara melakukan keganasan yang kononnya ingin menghapuskan pengganas. Secara tidak langsung, perbuatan mereka telah menjejaskan imej negara terbabit. Tuntasnya, cara perundingan dan persepakatan amat bersesuaian untuk menyelesaikan masalah daripada cara peperangan.        Sebelum melakukan negosiasi dalam diplomasi, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah komunikasi. Menurut Lasswell (1948), komunikasi dapat diartikan sebagai kegiatan atau proses hubungan seorang komunikator untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu kepada komunikan, yaitu orang yang menerima pesan tersebut, melalui media tertentu dan akan menghasilkan dampak tertentu. Dari definisi tersebut, Laswell kemudian menjabarkan lima unsur penting dalam komunikasi, yaitu komunikator, komunikan, pesan, media, dan juga dampak atau efek. Komunikator adalah pihak-pihak yang berperan sebagai penyampai pesan atau informasi kepada komunikan. Komunikator ataupun komunikan tersebut dapat direpresentasikan oleh individu ataupun kelompok-kelompok kepentingan tertentu. Sedangkan pesan yang disampaikan dapat berupa verbal, yaitu dalam bentuk lisan dan tulisan, ataupun nonverbal dengan menggunakan isyarat gerakan dan simbol. Dalam menyampaikan pesan tersebut, antara komunikator dan komunikan membutuhkan perantara khusus sebagai pengantar pesan, yang disebut dengan media. Media yang digunakan pun tidak terbatas pada media tertentu, namun telah diperluas dengan berbagai macam teknologi yang ada, seperti internet. Di sisi lain, media juga berfungsi untuk menyebarluaskan dampak-dampak yang muncul setelah adanya pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan. Dampak sendiri diartikan oleh Lasswell (dalam Effendy, 2000) sebagai akibat yang muncul pada komunikan setelah adanya pesan atau informasi dari komunikator, sehingga proses komunikasi selanjutnya akan terjalin secara dua arah.
            Hal yang juga erat kaitannya dengan diplomasi adalah negosiasi. Berridge (2001) mengartikan negosiasi sebagai kerjasama antar pihak yang bersangkutan dalam menyelesaikan dan mencegah permasalahan secara damai. Negosiasi yang dilakukan biasanya lebih bersifat win-win solution, dengan memetingkan pada keuntungan bersama pihak-pihak yang bersangkutan. Dalam melakukan negosiasi, unsur penting yang tidak boleh dilupakan adalah tujuan dari adanya diplomasi tersebut. Karena posisi tujuan dalam negosiasi berfungsi sebagai penunjuk arah jalannya proses negosiasi tentang apa yang akan dicapai. Lewicki (2009) menambahkan bahwa sebuah tujuan haruslah dilengkapi dengan konsep-konsep yang matang dalam perumusannya. Perumusan tersebut juga akan lebih efektif jika disertai dengan strategi-strategi yang dirancang untuk mencapai tujuan tersebut. Negosiasi membutuhkan penerapan strategi dalam tujuan dengan baik, karena strategi merupakan rancangan keseluruhan mengenai hal yang akan dijalankan dalam proses negosiasi.
                Keberhasilan diplomasi juga memiliki hubungan dengan cara-cara yang dilakukan selama proses negosiasi, sehingga para negosiator tidak bersikap semena-mena selama proses negosiasi berlangsung. Sikap negosiator diatur dalam etika, yang didefinisikan sebagai penentu suatu tindakan sebagai hal yang benar ataupun salah. Lewicki (2012) berpendapat bahwa etika yang ada juga berfungsi sebagai standar yang ditetapkan untuk membedakan kriteria dalam menilai dan mengevaluasi tindakan negosiator dalam bernegosiasi.Etika dalam berdiplomasi, sebagai mana dijelaskan oleh Hamilton dan Richard (1995), meliputi beberapa hal penting. Yang pertama, diplomat yang ditugaskan oleh negaranya adalah seorang yang jujur terhadap negaranya dan dituntut untuk pandai berbohong pada negara lain demi mencapai kepentingan negaranya dan diusahakan dengan tanpa menimbulkan konflik. Yang kedua, diplomat juga harus pandai dalam memanfaatkan segala situasi dan kondisi lawan untuk meroleh dukungan dan respon dari pihak yang bersangkutan. Yang ketiga, diplomat diperbolehkan untuk membesar-besarkan kebaikan negara dan menyembunyikan kejelekan negara untuk memperkuat dukungan dari negara lain. Selanjutnya, diplomat juga harus cerdik untuk mengamati dan mencari tahu berbagai kelemahan dari pihak lawan melalui apa yang disampaikan oleh lawan. Diplomat diperbolehkan untuk melakukan kecerdikan yang licik demi negaranya, namun hal tersebut harus dilakukan dengan tanpa melanggar kesepakatan yang sudah ditandatangani. Dari beberapa uraian tersebut menjelaskan bahwa etika bukanlah suatu batasan yang keberadaanya untuk mengekang gerak diplomat, namun merupakan aturan dan cara para diplomat dalam melakukan diplomasi.
            Selain etika, hal penting yang harus diperhatikan adalah bahasa. Bahasa meliputi dua kategori, yaitu bahasa verbal dan nonverbal atau bahasa tubuh (gesture). Bahasa verbal, yaitu bahasa yang berupa lisan ataupun tulisan menjadi pokok utama dalam hubungan diplomasi karena merupakan penghubung antar para diplomat. Komunikasi dalam bernegosiasi juga dapat dipahami hanya jika bahasa kedua belah pihak atau lebih saling memahamkan, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman. S. L. Roy (1995) menambahkan pentingnya menguasai bahasa adalah syarat paling utama bagi seorang diplomat. Seorang diplomat setidaknya menguasai salah satu dari bahasa internasional yang telah ditetapkan oleh PBB, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Spanyol, Bahasa Arab, Rusia, dan Cina. Karena jika seorang diplomat tidak menguasai bahasa internasional yang di akui dunia, apa yang disampaikan dengan bahasanya tidak akan dipahami oleh lawan bicaranya, sehingga komunikasi akan berjalan searah tanpa hasil.
            Bahasa tubuh atau gesture juga menjadi penting dalam melakukan negosiasi dengan pihak lain. Di lain sisi, bahasa tubuh dapat mengindikasikan psikologi seorang negosiator. Bahasa tubuh mengambil peran sebagai pembantu pihak lawan dalam meyakini apa yang sedang diucapkan oleh negosiator. Bahasa tubuh yang baik dan diatur sedemikian rupa indahnya akan mampu membuat pihak lawan untuk mempercayai apa yang dikatakan oleh negosiator (McNeill, 2008: 11). Kelemahan pada bahasa tubuh adalah ketika seorang negosiator tidak mengatur bahasa tubuhnya dengan baik, maka kebohongan-kebohonga yang diciptakan akan mudah dibaca melalui gerak-gerik tubuhnya. Sehingga, bahasa tubuh juga menjadi perhatian yang penting bagi para negosiator yang ingin melakukan diplomasi dengan negara lain. Seorang diplomat haruslah pandai mengatur gerak-gerik tubuhnya, baik dalam menyampaikan pendapatnya ataupun dalam menanggapi respon dari pihak lawan. Gerakan tubuh dalam merespon pihak lawan juga akan mempengaruhi pandangan lawan terhadap posisi seorang diplomat (McNeill, 2008: 11).
            Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa diplomasi memiliki kaitan yang erat dengan komunikasi, negosiasi, dan juga etika. Komunikasi yang meliputi komunikator, komunikan, pesan atau informasi, media, dan efek menjadi hal paling utama yang harus dipahami sebelum melakukan negosiasi. Negosiasi sebagai hubungan antar negara yang mengambil peran komunikator dan komunikan menjadi sebuah proses penting dalam diplomasi, yang pelaksanaannya tidak terlepas dengan etika dan bahasa yang digunakan. Etika adalah standar sosial yang nantinya menjadi kriteria dalam menilai sikap dan perilaku para negosiator. Etika bukanlah suatu kekangan, melainkan serangkaian cara yang telah diatur agak tidak menyimpang dari standar sosia. Sedangkan bahasa, meliputi bahasa verbal dan bahasa tubuh, menjadi alasan berhasil tidaknya sebuah negosiasi. Bahasa yang digunakan hendaknya dalah bahasa internasional, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman dan ketidaksesuaian. Bahasa tubuh juga haruslah diatur dengan baik agar apa yang disampaikan dapat meyakinkan lawan bicaranya.
            Penulis berasumsi bahwa keempat aspek, yaitu komunikasi, negosiasi, etika, dan bahasa merupakan hal penting yang menjadi penentu berhasil atau tidaknya sebuah diplomasi. Semuanya saling berkaitan dan harus diperhatikan secara adil. Selain itu, etika dan bahasa negara asal sebenarnya dapat pula dijadikan sebagai motivasi untuk mengembangkan dan mengenalkan negaranya. Indonesia misalnya, dengan budaya berpakaian batik, dengan tanpa melanggar etika yang ada diplomat Indonesia dapat mengenakan batik saat melakukan diplomasi dengan negara lain.

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook