Wednesday, March 23, 2016

JANGAN DIBERI HAK ANAK UNTUK MURTAD



HUMAN RIGHT VS AGAMA
Oleh Dr.Drs.H.M.Rakib,S.H.,M.Ag

JANGAN DIBERI HAK ANAK UNTUK MURTAD
 

1.       Perbandingan Konsep

jika anak diberi hak untuk murtad di sinilah rusaknya fondasi konsep dan falsafah yang dianut oleh Hukum Perlindungan Anak di seluruh dunia diprediksi disebabkan paradigma[1] HAM (Hak Asasi Manusia) yang bersifat liberal sekular,[2] tidak terkait dengan religious spiritual. Sedangkan menurut paradigma Hukum Islam ialah semua aturan telah ditetapkan Allah dan terkait langsung dengan religius spritual. Kemudian siapa yang melaksanakannya mendapat imbalan yang sama dengan ganjaran baik ketika melaksanakan ibadah.[3]
                                                                                                                                                                                                                                                                      Dalam kaitannya dengan perbedaan tentang perlindungan anak terhadap kekerasan, menurut Hukum Islam, tidak semua tindak  kekerasan diartikan melanggar hukum.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Tidak semua hal yang menimbulkan ketakutan itu terlarang. Lebih-lebih lagi jika diiringi dengan kebaikan dan dapat menampilkan rasa adil. Dalam pandangan Islam, ada kewajiban bagi umatnya agar memelihara  simbol-simbol kesucian agama.[4]



              [1]Usman Suparman, Hukum Islam, (Jakarta:Gaya media pratama, 2001) hlm 54. Paradigma diartikan sebagai kerangka berpikir. Paradigma Liberalisme dalam memberikan makna tentang kebebasan sering di terjemahkan dalam makna yang tidak pada tempatnya. Pemahaman liberal cenderung mengarah kepada kebebasan tanpa batas, walaupun ada sebagian para penggerak paham liberal, bahwa liberal juga punya batasan tentang sebuah kebebasan antara individu dan sosial. Namun dalam realita makna kebebasan hanya terbatas pada ranah individu, bukan kebebasan dalam makna secara universal, liberalisme berarti kebebasan menganut, meyakini, dan mengamalkan apa saja, sesuai kecenderungan, kehendak dan selera masing-masing. Bahkan lebih jauh dari itu, liberalisme mereduksi agama menjadi urusan privat. Artinya, konsep amar ma'ruf maupun nahi munkar bukan saja dinilai tidak relevan, bahkan dianggap bertentangan dengan semangat liberalisme. Asal tidak merugikan pihak lain, orang yang berzina tidak boleh dihukum, apalagi jika dilakukan atas dasar suka sama suka, menurut prinsip ini. Karena menggusur peran agama dan otoritas wahyu dari wilayah politik, ekonomi, maupun sosial, maka tidak salah jika liberalisme dipadankan dengan sekularisme.
           [2]Ibid. Sekular adalah pergerakan menuju pemisahan antara agama dan pemerintahan. Hal ini dapat berupa hal seperti mengurangi keterikatan antara pemerintahan dan agama negara, menggantikan hukum keagamaan dengan hukum sipil.
              [3] Daud Ali Mohammad, Hukum Islam , (Jakarta:Rajawali pers,2009) hlm 39.
               [4]Shihab, M.Quraish. Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. (Jakarta: Lentera Hati, 2002), hlm 231. Bandingkan Tim Penafsir Kemenag Republik Indonesia. al-Qur’an dan Tafsirnya. (Jakarta: Lentera Abadi, 2010), hlm 331. Lihat juga  al-Thabathaba’i, Muhammad Husein. al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an. Beirut: Muassasah al-A’lami li al-Mathbu’at, 1417 H/1997 M.
Lihat juga Yaqub, Ali Mustafa. Sejarah dan Metode Dakwah Nabi. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2008.
Bandingkan dengan al-Zuhaili, Wahbah. al-Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj.Beirut: Dar al-Fikr, 1430 H/2003 M.

1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete

Komentar Facebook