Wednesday, March 9, 2016

Pantun Kritik Pendidikan Di masa depan. Oleh Dr.H.M.Rakib,SH.,M.Ag




PENYEBAB PENGANGGURAN

 Pantun Kritik Pendidikan Di masa depan.
 Oleh Dr.H.M.Rakib,SH.,M.Ag

                      Cina terampil, mengelola anggur.
                      Disuguhkan kepada,  raja-raja
                      Bagaimana generasi muda tidak menganggur,
                      Setiap ujian, cuma pengetahuan saja.

Ketika membeli, kupaslah durian,
Jangan tertipu, walaupun seulas.
Keterampilan, seakan lepas dari tangan,
Generasi muda, cenderung malas.



1.     Pengangguran di bidang kesehatan

Fenomena seperti semakin banyak orang Indonesia berobat ke Singapura atau Malaysia sehingga kemudian sering menimbulkan pertanyaan, bagaimana dengan kualitas rumah sakit di Indonesia, apakah dokternya kurang ahli? Atau memang kualitas pelayanan yang belum memenuhi standar? Atau bahkan kurang lincahnya kita melakukan promosi sehingga produk dan jasa tidak dikenal?

2.     Perasingan dagang tidak sehat

3.     MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) merupakan persaingan pasar bebas dimana para pendatang atau pekerja dari luar Indonesia bisa masuk ke Indonesia atau bahkan sebaliknya. Artinya, persaingan lapangan kerja akan semakin meningkat.

4.     Menurut saya, untuk menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) pada tahun 2015

5.     Pendidikan Menciptakan Job seeker (Penbari kerja).

Nah, nanti, ada dua pilihan yang bisa kita pilih, yaitu Job Creator atau Job Seeker. Jika kita memilih sebagai Job Seeker, berarti kita akan menjadi seorang pekerja di suatu perusahaan, maka dari itu kita harus memiliki kemampuan dan ketrampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau bursa kerja. Jika kita memilih sebagai Job Creator, berarti kita akan menjadi seorang pengusaha yang menjual produk berupa barang atau jasa, maka dari itu kita harus membuat produk berupa barang atau jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.

6.     Kurikulum Mengajarkan siswa jadi konsumtif.
7.     Tidak diajarkan tehnik daya saing.
8.     Syarat menjadi Job Seeker  terlalu berat, yang memiliki daya saing yaitu :
o   Memiliki gelar pendidikan minimal setara S-1 atau Sarjana Muda
o   Memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas
o   Memiliki kemampuan berbahasa inggris dan bahasa asing lainnya
o   Memiliki banyak ketrampilan dan kemampuan dalam bekerja
o   Memiliki kemampuan dalam penggunaan komputer dan teknologi informasi

·         Syarat menjadi Job Creator yang memiliki daya saing, yaitu :
o   Memberikan produk berkualitas terbaik untuk konsumen
o   Memperhatikan kepuasan konsumen
o   Menggunakan teknologi terkini agar efektif dan efisiensi produksi

o   Mengikuti perkembangan keinginan dan kebutuhan konsumen.(Dikutip dari Mahendra Bakti Tri Putra).


1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete

Komentar Facebook