SEBAIKNYA SEBAGUSNYA... SOP... ITU DISUSUN MEMAKAI NOMOR-NOMOR, AGAR MUDAH
MELACAKNYA, BAHKAN MEMAKAI PASAL BARANGKALI JUGA TIDAK APA-APA, BIAR MIRIP
DENGAN KODE ETIK,
YANG BEDA HANYA
ISINYA. ITUPUN KALAU TEMAN-TEMAN SETUJU….KATA M.RAKIB JAMARI RIAU
INDONESIA.
SOP | Standar Operasional Prosedur
Dicatat By Muhammad
Rakib,S.H.,
Pengertian SOP
yang
penulis kutip dari media elektronik, terutama tulisan Dicki di Google:
1.
Suatu standar/pedoman tertulis yang dipergunakan untuk mendorong
dan menggerakkan suatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.
2.
SOP merupakan tatacara atau tahapan yang dibakukan dan yang
harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu.
ini juga
dikutip semua, sesuai dengan Saran Pak Taufik LPMP Riau
1.
Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja
petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
2.
Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi
dalam organisasi
3.
Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari
petugas/pegawai terkait.
4.
Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari
malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
5.
Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi dan
inefisiensi
1.
Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
2.
Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
3.
Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak.
4.
Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dalam
bekerja.
5.
Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
1.
SOP harus sudah ada sebelum suatu pekerjaan dilakukan
2.
SOP digunakan untuk menilai apakah pekerjaan tersebut sudah
dilakukan dengan baik atau tidak
3.
Uji SOP sebelum dijalankan, lakukan revisi jika ada perubahan
langkah kerja yang dapat mempengaruhi lingkungan kerja.
1.
SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana, menjadi alat
komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara
konsisten
2.
Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan
tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan
3.
SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan
bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai.
Dalam menjalankan operasional perusahaan, peran pegawai memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat signifikan. Oleh karena itu diperlukan standar-standar operasi prosedur sebagai acuan kerja secara sungguh-sungguh untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional, handal sehingga dapat mewujudkan visi dan misi perusahaan
Dalam
mengimplementasikan suatu Standar Operasional Prosedur (SOP) di suatu
organisasi baik swasta maupun pemerintah, bentuk dan jenis SOP yang dibuat
harus sesuai dengan budaya dan sistem organisasi itu sendiri. Kalau ada Contoh SOP perlu di
sesuaikan kembali agar cocok dengan lingkungan organisasi kita. dikarena kan
tujuan dari pembuatan SOP ini adalah untuk memudahkan dan menjelaskan proses
suatu kegiatan oleh semua pihak. Menurut Stup (2001), ada beberapa bentuk
dan criteria dalam pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP), yaitu :
1. Simple Steps
Prosedur yang singkat dan tidak membutuhkan banyak keputusan yang ditulis. SOP ini dianut oleh perusahaan yang memiliki pekerja tidak terlalu banyak.
2. Hierarchical Steps
Bentuknya cukup panjang lebih dari 10 langkah, tetapi tidak terlalu banyak keputusan.
No comments:
Post a Comment