Wednesday, February 10, 2016

SEBAIKNYA SOP ITU DISUSUN MEMAKAI NOMOR-NOMOR, AGAR

SEBAIKNYA  SEBAGUSNYA... SOP...  ITU DISUSUN MEMAKAI NOMOR-NOMOR, AGAR MUDAH MELACAKNYA, BAHKAN MEMAKAI PASAL BARANGKALI JUGA TIDAK APA-APA, BIAR MIRIP DENGAN KODE ETIK, 
YANG BEDA HANYA  ISINYA. ITUPUN KALAU TEMAN-TEMAN SETUJU….KATA M.RAKIB JAMARI RIAU INDONESIA.


 SOP | Standar Operasional Prosedur
Dicatat  By Muhammad Rakib,S.H.,
Pengertian SOP yang penulis kutip dari media elektronik, terutama tulisan Dicki di Google:



1.                  Suatu standar/pedoman tertulis yang dipergunakan untuk mendorong dan menggerakkan suatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.
2.                  SOP merupakan tatacara atau tahapan yang dibakukan dan yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu.
ini juga dikutip semua, sesuai dengan Saran Pak Taufik LPMP Riau


1.                  Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
2.                  Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi
3.                  Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
4.                  Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
5.                  Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi dan inefisiensi


1.                  Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
2.                  Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
3.                  Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak.
4.                  Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dalam bekerja.
5.                  Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.


1.                  SOP harus sudah ada sebelum suatu pekerjaan dilakukan
2.                  SOP digunakan untuk menilai apakah pekerjaan tersebut sudah dilakukan dengan baik atau tidak
3.                  Uji SOP sebelum dijalankan, lakukan revisi jika ada perubahan langkah kerja yang dapat mempengaruhi lingkungan kerja.


1.                  SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana, menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten
2.                  Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan
3.                  SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai.

Dalam menjalankan operasional perusahaan, peran pegawai memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat signifikan. Oleh karena itu diperlukan standar-standar operasi prosedur sebagai acuan kerja secara sungguh-sungguh untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional, handal sehingga dapat mewujudkan visi dan misi perusahaan

Dalam mengimplementasikan suatu Standar Operasional Prosedur (SOP) di suatu organisasi baik swasta maupun pemerintah, bentuk dan jenis SOP yang dibuat harus sesuai dengan budaya dan sistem organisasi itu sendiri.  Kalau ada Contoh SOP perlu di sesuaikan kembali agar cocok dengan lingkungan organisasi kita. dikarena kan tujuan dari pembuatan SOP ini adalah untuk memudahkan dan menjelaskan proses suatu kegiatan oleh semua pihak.  Menurut Stup (2001), ada beberapa bentuk dan criteria dalam pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP), yaitu :

1. Simple Steps
Prosedur yang singkat dan tidak membutuhkan banyak keputusan yang ditulis. SOP ini dianut oleh perusahaan yang memiliki pekerja tidak terlalu banyak.

2. Hierarchical Steps
Bentuknya cukup panjang lebih dari 10 langkah, tetapi tidak terlalu banyak keputusan.

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook