Sunday, February 7, 2016

UMTA MASUK LUBANG JARUM,,,KAJIAN ILMIAH DALAM CATATAN Dr.M.Rakib Jamari Riau



A.Syalaby Ichsan
fohn.net
Unta

 

REPUBLIKA.CO.ID, Pertanyaan apakah Unta bisa masuk ke lubang jarum bukanlah sebuah canda. Allah Swt berfirman dalam sebuah ayat  
Alquran di Surah Al Araf ayat 70.
"Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan dan sombong kepada ayat-ayat Kami, tidak akan dibukakan pintu-pintu langit. Dan mereka tidak akan masuk surga sampai Unta masuk ke lubang jarum. Dan begitu balasan bagi orang-orang yang terkutuk."
Dikutip dari buku "Percikan Sains dalam Alquran", penulis Ir Bambang Pranggono mempertanyakan, apakah mustahil seekor unta masuk ke dalam lubang jarum? Mantan Dekan Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung ini menjelaskan, terungkapnya teori lubang hitam (black hole) di ruang angkasa memungkinkan hal tersebut.
Lubang hitam adalah objek di ruang angkasa yang dibungkus oleh sesuatu yang disebut dengan event horizon. Menurut pakar Astrofisika Karl Schwarschild, apapun yang masuk melintasi batas itu akan meluncur ke dalam dan tidak akan kembali lagi.
Bambang mengungkap, seorang penulis buku science ruang angkasa yang sekarang menjadi konsultan NASA, Timothy Ferris, sempat menjelaskan, semakin mendekati dasar lubang, gravitasi akan semakin kuat menyedot.
Ferris menganalogikan, apabila kaki masuk duluan, maka kepala akan tertinggal. Dia pun mengungkapkan, apabila unta masuk kesana, maka akan terulur menjadi sebesar jarum.                   
Black hole adalah bintang yang setelah proses termonuklirnya padam, runtuh ke dalam karena kekuatan gravitasinya sendiri. Cahaya pun tersedot, tidak bisa keluar dan menjadi gelap dan hitam. Ruang angkasa pun dilubangi karena terbentuknya black hole.
Menurut Bambang, lubang hitam ini pun sudah diceritakan Allah dalam surah At Thariq ayat 1-3. "Demi langit dan yang datang pada malam hari, tahukah kamu apakah yang datang pada malam hari itu? Yaitu bintang yang cahayanya melubangi."


Sumber : Percikan Sains dalam Alquran

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook