Thursday, May 14, 2020

DITAKUTI BELANDA KERENA TIDAK BISA DIPANCING DENGAN SOGOK


SUFI DAN TAREKAT DITAKUTI BELANDA
KERENA TIDAK BISA DIPANCING DENGAN SOGOK

Catatan Kecil Dr.H.M.Rakib Jamari, S.H.,M.Ag


       Penulis membaca sedikit sejarah perlawan Turki terhadap penjajah, justru kaum sufi dan kalangan orang thariqatlah yang paling gigih melalawan habis habisan, karena itu mereka sangat ditakuti penjajah, karena mereka tidak mempan dengan pancingan kedudukan, perempuan cantik, rumah mewah, dan tidak pernah menerima uanh sogok.  Penulis setuju apa yang diungkapkan oleh Imam Tamaim Kamis, 12 Mar 2020, katanya siapa bilang tarekat identik dengan kejumudan, keterbelakangan dan jauh dari revolusioner karena hanya mengejar akhirat.

       Selanjtnya beliau menyatakan coba Lihat sejarah tentang perlawanan Pangeran Diponegoro. Sejarah mencatat, Perang Diponegoro adalah perlawanan rakyat Jawa yang paling merepotkan dan paling berdarah terhadap penjajah Belanda. Siapa Pangeran Diponegoro? Kiai Maja, tokoh spiritual kala itu, mengatakan kepada sang pangeran, “Kamu adalah seorang sufi.” Pernyataan ini ditegaskan Kiai Maja untuk menguatkan spirit Pangeran Diponegoro, yang juga pengikut Tarekat Sattariyah, saat berjuang melawan kolonialisme Belanda.

     Di berbagai belahan dunia, gerakan tarekat juga terbukti telah menjadi penggerak bagi perlawanan terhadap kolonialisme. Selain di Indonesia, perlawanan terhadap kolonial yang digerakkan kelompok tarekat juga terjadi di Afrika Utara ketika melawan kolonial Inggris dan Spanyol, juga di India.

Menurut penulis buku Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII, Prof. Azyumardi Azra, dua tarekat yang paling dikhawatirkan penjajah adalah Tarekat Qadariyah dan Tarekat Naqsabandiyah.

Baca juga: Apa Saja Benda Pusaka Milik Diponegoro
Kenapa Belanda amat takut dengan tarekat? Peneliti dan penulis Martin van Bruinessen mensinyalir, bahwa dalam pandangan para pejabat penjajah Belanda, Prancis, Italia dan Inggris, fanatisme penganut tarekat kepada guru mereka akan dengan mudah berubah menjadi fanatisme politik.

Selain Tarekat Qadiriyah dan Tarekat Naqsabandiyah di Nusantara juga berkembang Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah.


Lukisan Peristiwa Penangkapan Pangeran Diponegoro oleh Nicolaas Pieneman. Foto: Wikipedia
Tarekat ini merupakan penggabungan antara keduanya, dipelopori oleh Syekh Ahmad Khatib sambasi, yang berasal dari Kalimantan Barat.

Sejak abad ke-16, tarekat ini menyebar, khususnya di seluruh Jawa, seperti di Bogor Jawa Barat, Suryalaya Tasikmalaya Jawa Barat, Mranggen Jawa Tengah, Rejoso Jombang Jawa Timur dan Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur.

Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah berkembang pesat pada abad ke-19, terutama ketika menghadapi penjajahan Belanda.

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook