KATA
KIASAN DALAM AL-QUR’AN
MENJADIKAN PESAN LEBIH
BERBOBOT
Catatan Kecil
Dr.Drs.H.M.Rakib Jamari, S.H.,M.Ag.
Orang Barat
mengakui, majas, kiasan ayat al-Quran menjadikan pesan lebih berbobot dan
terasa lebih estetis. Pemakaian gaya bahasa yang tepat, sesuai dengan waktu dan
penerima yang menjadi sasaran, serta sesuai konteksnya akan dapat menarik
perhatian penerima.
Pemakaian gaya
bahasa juga dapat menghidupkan apa yang dikemukakan dalam teks karena gaya
bahasa dapat mengemukakan gagasan yang penuh makna dengan struktur yang
singkat. Selain dapat menghidupkan dan memberikan gambaran gagasan yang penuh
makna, metafora juga berperan besar dalam dunia ilmu pengetahuan. Demikian
besarnya peran metafora dalam dunia keilmuan dikemukakan oleh Ken Baake dalam Metaphor and Knowledge: The
Challenges of Writing Science sebagai berikut
Metaphor is one of
several tools for producing theory, along with mathematics, empirical research,
and intuition. Some metaphors, of course, are more powerful than others. A
metaphor that portrays atoms linked together like Tinkertoys to form molecules
is naïve, perhaps more appropriate as a means of delivering knowledge to children
than as an aid to adult scientific cognition. But almost any metaphor that a
scientist reaches for in an attempt to understand reality will have some value
in bringing that reality to light, even if the metaphor is later discarded.
(Even the Tinkertoy model would have been useful when molecular theory was
first developing).
Coming to peace with metaphor’s role in
producing knowledge is something of importance to members of the Santa Fe
Institute. If metaphor produces knowledge, then it is a semantic phenomenon
that demands much more attention among scientists and technical writers of
science than if it merely describes, delivers, or decorates knowledge.
Pandangan Ken
Baake tersebut dapat dikemukakan kembali
bahwa metafora merupakan salah satu sarana yang penting dalam
menghasilkan teori ilmu pengetahuan sebagaimana sarana penting lainnya seperti
matematika, penelitian empiris, dan intuisi. Sebagai contoh peran metafora,
untuk menggambarkan rangkaian atom yang membentuk molekul yang sebenarnya sulit
ditangkap oleh pancaindera atau abstrak,
digunakanlah metafora dengan
permainan yang disebut tinkertoys, sejenis bola kecil yang dirangkai menjadi
model atom tertentu.
Rangkaian bola
yang merupakan metafora
terhadap rangkaian atau struktur atom tersbut terkesan seperti mainan
untuk anak-anak. Akan tetapi, dengan rangkaian bola permainan tersebut sebuah
strukur atom yang rumit dan abstrak dapat tergambar secara jelas sehingga dapat menjelaskan teori
molekul yang abstrak menjadi mudah dipahami.
Sang kholiq,
Al-Rahman menguasai kerumitan Aras, dapat dipahami, surga di bawah telapak
kaki, dapat dipahami, anak SD, katanya surga di langit yang tinggi, dia menujuk
ka atas, “Nun jauh di surga sana,nyatanya dalam hadits dikatakan di bawah
telapak kaki ibu. Makanya jangan terlalu kaku, harfiyah, pakailah kiasan,
majas, metapora. Blaghoh, ilmu badi’, ilmu bayan. Lebih mudah unta masuk ke
lubang jarum, dibandingkan orang kaya masuk surga. Metapora dari mana ucapan
ini, disambung berikutnya.
No comments:
Post a Comment