Friday, May 15, 2020

KETIKA KALIMAT LA’ILAHA ILLALLAH DIJADIKAN TERSANGKA

KETIKA KALIMAT LA’ILAHA ILLALLAH DIJADIKAN TERSANGKA 
OLEH ORIENTALIS

BELAJAR KEUNGGULAN ISLAM DARI BAHASA INGGERIS

ISLAM IS INDEED, MUHC MORE THAN A SYSTEM OF THEOLOGY, IT’S A COMPLETE CIVILAZATION.
INDEED=Sesungguhnya
MORE THAN A SYSTEM OF THEOLOGY= Lebih dari system keagamaan
COMLETE CIVILIZATION= Peradaban Islam itu lengkap
Catatan Kecil Dr.Drs.H.M.Rakib Jamari, S.H.,M.Ag.

Hamilton A.R. Gibb, menyatakan kalimat yang paling di dunia dalah ucapan “La’ilaha illallah” atau kalimat tahlil, karena secara otomatis meniadakan tuhan-tuhan yang yang lain, selain Allah, karena itu kalimat ini dijadikan tersangka, penghancur semua paham syirik, paham ateis, paham sinkritisme, paham liberal, paham inklusif. Mereka berusaha meredam dimana saja orang mengucapkan kalimat LAILAHA ILLALLAH, apalagi sampai berulang-ulang seperti dalam tradisi lama, yang dilakukan secara bersama sama, atau berjamaah, juga bisa dilakukan sendiri. Tapi kalimat ini ada juga pada azan, karena itu mereka benci azan. Lebih-lebih lagi dibaca berulang-lang saat khaul, atau 3, 7, 41 hari kematian seseorang.
Mereka cari hadits-hadits yang bisa menjadikan kalimat LA’ILAHA ILLALLAH, sebagai tersangka, tapi hadits yang mereka temukan, malah hadits ini :
لَا يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُوْنَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ اِلَّا حَفَّتْهُمْ الْمَلَائِكَةُ وَغَشِيَتْهُمْ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمْ السَّكِيْنَةُ وَذَكَرَهُمْ اللهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ.
Tidaklah sekelompok orang yang duduk berdzikir kepada Allah kecuali mereka dikerumuni Malaikat, diliputi rahmat, dan ketentraman turun kepada mereka, serta Allah akan menyebut-nyebut mereka kepada para malaikat di sisi-Nya. (HR. Muslim)
وَاِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم خَرَجَ عَلَى حَلْقَةٍ مِنْ أَصْحَابِهِ فَقَالَ مَا أَجْلَسَكُمْ قَالُوْا جَلَسْنَا نَذْكُرُ اللهَ وَنَحْمَدُهُ عَلَى مَا هَدَانَا لِلْاِسْلَامِ وَمَنَّ بِهِ عَلَيْنَا قَالَ اللهِ مَا أَجْلَسَكُمْ اِلَّا ذَاكَ قَالُوْا وَاللهِ مَا أَجْلَسَنَا اِلَّا ذَاكَ قَالَ أَمَا اِنِّي لَمْ أَسْتَحْلِفْكُمْ تُهْمَةً لَكُمْ وَلَكِنَّهُ أَتَانِيْ جِبْرِيْلُ فَأَخْبَرَنِيْ أَنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يُبَاهِيْ بِكُمْ الْمَلَائِكَةَ. (رواه مسلم والترمذي)
Sesungguhnya Rasulallah Saw keluar dan mendapati sebuah kelompok dari beberapa sahabatnya, kemudian beliau bertanya, “Apa gerangan yang membuat kalian duduk duduk berkelompok? Mereka pun menjawab kami duduk duduk berdzikir kepada Allah dan memuji-Nya atas sesuatu yang menunjukkan kami kepada islam dan telah menjadikannya sebagai anugrah kepada kami beliau bertanya demi Allah benarkah tidak membuat kalian duduk berkelompok selain hal itu? Mereka menjawab demi Allah tidak membuat kami duduk berkelompok selain itu. Beliau bersabda ketahuilah sungguh aku tidak akan meminta kalian bersumpah karena curiga terhadap kalian, tetapi karena Jibril telah datang kepadaku dan memberitahuku bahwa sesungguhnya Allah Azza wa jallah membanggakan kalian di hadapan para malaikat. (HR. Muslim dan At-Tirmidzi).
Akhirnya orientalis asal Inggris, H.A.R. Gibb, makin dekat dengan Islam, karena kalimat LA’ILAHA ILLALLAH, mendatangkan efek positif terhadap jiwanya, dengan pernyataannya yang sangat terkenal, sebagai berikut:
ISLAM IS INDEED, MUHC MORE THAN A SYSTEM OF THEOLOGY, IT’S A COMPLETE CIVILAZATION.

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook