HAI WAHABI…MEMBAKAR MENYAN/KAYU GAHARU ITU SUNNAH NABI..?
Saya
(M.Rakib SH.,M.Ag).
Dari kota Pekenbaru- Riau, keloter 5
Rombongan 4, Penulis Naik haji mulai Jumat 13 September sampai 24 Oktober 2013.
Alangkah terkejutnya saya,
melihat ada bakaran kemenyan, dalam
Masjidil haram, yang dahulunya dituduh sebagai syirik dan bid’ah sesat……..Penasaran,
lalu penulis selidiki, ternyata Cuma mirip
menyan, tapi sebenarnya kayu gaharu, yang mirip kayu kemeyan….Wellaaah…Boleh
rupanya berasap asap model kemeyan…..MasyaAllah…..
Buat yg memvonis bakar kemenyan/kayu
gaharu sebagai musyrik mudah2an hadits di bawah jadi pelajaran. Di antaranya
dari website ulama Wahabi, Firanda, sendiri.
Membakar
kemenyan/kayu gaharu sebetulnya sunnah Nabi. Makanya banyak orang mengekspor
gaharu ke Arab. Itu sekedar pengharum ruangan sehingga jadi nyaman. Meski ulah
dukun yg bakar kemenyan itu musyrik, namun membakar kemenyan/kayu gaharu tetap
sunnah Nabi karena ada dalilnya:
Buat
yg menghukum bakar menyan pasti musyrik, silahkan kaji hadits2 berikut: Jauhkanlah
masjid-masjid kamu dari anak-anak kamu, dari pertengkaran kamu, pendarahan kamu
dan jual beli kamu. Ukuplah masjid-masjid itu pada hari perhimpunan kamu dan
jadikanlah pada pintu-pintunya itu alat-alat bersuci. (HR. Al-Thabrani).
Apabila kamu mengukup mayyit, maka ganjilkanlah (HR. Ibnu Hibban dan Alhakim)
http://www.sarkub.com/2011/bau-kemenyan-disukai-oleh-nabi
http://www.sarkub.com/2011/bau-kemenyan-disukai-oleh-nabi
“Rombongan
yang pertama kali masuk surga bentuk mereka seperti bentuk rembulan di malam
purnama, mereka tidak berludah, tidak beringus, tidak buang air. Bejana-bejana
mereka dari emas, sisir-sisir mereka dari emas dan perak, pembakar gaharu
mereka dari kayu india, keringat mereka beraroma misik, dan bagi setiap
mereka dua orang istri, yang Nampak sum-sum betis mereka di balik daging karena
kecantikan. Tidak ada perselisihan di antara mereka, tidak ada permusuhan,
hati-hati mereka hati yang satu, mereka bertasbih kepada Allah setiap pagi dan
petang” (HR Al-Bukhari no 3073) http://firanda.com/index.php/artikel/surga-a-neraka/177-berapa-jumlah-bidadari-bagi-setiap-penghuni-surga dan http://www.aldakwah.org/home/21-sifat-sifat-bidadari-surga.html
Nabi
memang suka yang wangi2. Zaman dulu tidak ada pewangi rungan macam bayfresh,
dsb. Jadi membakar kemenyan/gaharu/qusth/cendana adalah satu cara. Ini ada
hadits lagi: Hadis riwayat Ummu `Athiah ra.:
Bahwa
Rasulullah saw. bersabda: Tidak halal bagi seorang wanita berkabung atas
seorang mayat selama lebih dari tiga hari kecuali karena kematian suami, yaitu
selama empat bulan sepuluh hari. Selama itu ia tidak boleh mengenakan pakaian
yang dicelup kecuali pakaian yang sangat sederhana. Ia juga tidak boleh memakai
celak mata dan juga tidak boleh memakai wewangian, kecuali hanya sedikit
dari qusth (sejenis cendana yang digunakan untuk membuat asap yang wangi) atau
azhfar (sejenis wewangian). (Shahih Muslim No.2739)
Ada
lagi orang yang bilang “Mandi Air Kembang/Bunga” sebagai Musyrik. Padahal
Musyrik itu artinya “Orang yang menyembah selain Allah”. Bukan Orang yang Mandi
Air Kembang.
Pada
zaman sekarang memang orang biasa mandi pakai sabun. Jarang ada orang yang mau
mandi tanpa memakai sabun. Nah sebelum sabun umum dijual, tahun 1970-an saja
orang masih umum mandi pakai air kembang. Begitu pula orang-orang yang hidup di
zaman sebelumnya. Apa mereka semua itu musyrik?
Tapi
Nabi kan tak pernah mandi pakai air kembang, begitu dalih sebagian orang.
Memang di Madinah waktu itu ada kembang/bunga? Waktu saya ke Arab yang ada cuma
korma dan rumput. Meski demikian, Nabi senang wewangian dan senang memakai
parfum yang umumnya berasal dari bunga:
Yang
kusenangi dari urusan duniamu adalah wanita dan wewangian dan dijadikan
kesejukan mataku (sebagai biji mata) dalam shalat. (HR. An-Nasaa’i dan Al
Hakim)
Suatu
keharusan atas tiap orang muslim mandi dan memakai wewangian serta gosok gigi
pada hari Jum’at. (HR. Ahmad)
Hadis
riwayat Aisyah ra., ia berkata:
Seorang wanita bertanya kepada Nabi saw. tentang cara wanita mandi wajib dari haid? Perawi hadis berkata: Kemudian Aisyah menjelaskan bahwa beliau mengajarkannya cara mandi. (Di antara sabda beliau): Engkau ambil kapas yang diberi misik, lalu bersihkan dengan kapas itu. Wanita itu berkata: Bagaimana cara membersihkannya? Beliau bersabda: Maha suci Allah! Bersihkan saja dengan kapas itu. Dan beliau bersembunyi. (Sufyan bin Uyainah memberi isyarat tangan kepada kami pada wajahnya). Perawi hadis melanjutkan: Aisyah berkata: Aku tarik wanita itu mendekati aku. Aku tahu apa yang diinginkan Nabi saw, lalu aku berkata kepadanya: Bersihkan bekas darah haidmu dengan kapas itu. (Shahih Muslim No.499)
Seorang wanita bertanya kepada Nabi saw. tentang cara wanita mandi wajib dari haid? Perawi hadis berkata: Kemudian Aisyah menjelaskan bahwa beliau mengajarkannya cara mandi. (Di antara sabda beliau): Engkau ambil kapas yang diberi misik, lalu bersihkan dengan kapas itu. Wanita itu berkata: Bagaimana cara membersihkannya? Beliau bersabda: Maha suci Allah! Bersihkan saja dengan kapas itu. Dan beliau bersembunyi. (Sufyan bin Uyainah memberi isyarat tangan kepada kami pada wajahnya). Perawi hadis melanjutkan: Aisyah berkata: Aku tarik wanita itu mendekati aku. Aku tahu apa yang diinginkan Nabi saw, lalu aku berkata kepadanya: Bersihkan bekas darah haidmu dengan kapas itu. (Shahih Muslim No.499)
Mandi
itu adalah satu ibadah dalam Islam. Mandi Junub hukumnya wajib, sedang Mandi
sebelum sholat Jum’at itu disunnahkan. Jadi keliru jika bilang mandi dengan air
kembang itu Musyrik. Kalau tidak mandi kan dekil dan jorok. Begitu lho…
Tapi
mandinya pakai “Prosesi”, kata sebagian orang. Yang namanya proses atau
urutan/rukun/tertib itu biasa dalam Islam. Kalau di dunia umum ada yang namanya
SOP (Standard Operating Procedure) yang menggambarkan urutan proses-proses yang
dilakukan. Sholat dan juga Mandi Junub juga ada proses atau urutannya:
Hadis
riwayat Aisyah ra., ia berkata:
Adalah Rasulullah saw. jika mandi jinabat, beliau memulai dengan membasuh kedua tangan, lalu menuangkan air dengan tangan kanan ke tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan. Setelah itu berwudu seperti wudu untuk salat lalu mengguyurkan air dan dengan jari-jemari, beliau menyelai pangkal rambut sampai nampak merata ke seluruh tubuh. Kemudian beliau menciduk dengan kedua tangan dan dibasuhkan ke kepala, tiga cidukan, kemudian mengguyur seluruh tubuh dan (terakhir) membasuh kedua kaki beliau. (Shahih Muslim No.474)
Tidak bisa karena ah ada Prosesi
berarti Musyrik. Itu cuma pendapat orang yang memang menganut paham Takfiri.
Gemar mengkafirkan sesama Muslim.
Ini
ada 1 tulisan bagus agar kita tidak sembarang menuduh sesama Muslim itu
Musyrik. Karena Syirik itu dosa yg paling besar. Yg menuduh juga jika keliru,
maka mendapat dosa yg paling besar. Padahal lidahnya enteng sekali mengatakan
itu: Wahai saudaraku, jangan alergi dengan kalimat syirik, syirik itu adalah
bagi orang yang berkeyakinan ada Tuhan Lain selain Allah, atau ada yang lebih
kuat dari Allah, atau meyakini ada tuhan yang sama dengan Allah swt. Inilah
makna syirik. Mereka yang berkemenyan, sajen dlsb itu, tetap tak mungkin kita
pastikan mereka musyrik, karena kita tak tahu isi hatinya, sebagaimana Rasul
saw murka kepada Usamah bin Zeyd ra yang membunuh seorang pimpinan Laskar Kafir
yang telah terjatuh pedangnya, lalu dengan wajah tak serius ia mengucap
syahadat, lalu Usamah membunuhnya, ah? betapa murkanya Rasul saw saat mendengar
kabar itu.., seraya bersabda : APAKAH KAU MEMBUNUHNYA PADAHAL IA MENGATAKAN LAA
ILAAHA ILLALLAH..?!!, lalu Usamah ra berkata: Kafir itu hanya bermaksud ingin
menyelamatkan diri Wahai Rasulullah.., maka beliau saw bangkit dari duduknya
dengan wajah merah padam dan membentak : APAKAH KAU BELAH SANUBARINYA HINGGA
KAU TAHU ISI HATINYA??!!!, lalu Rasul saw maju mendekati Usamah dan mengulangi
ucapannya : APAKAH KAU BELAH SANUBARINYA HINGGA KAU TAHU ISI HATINYA??!!!,
Usamah ra mundur dan Rasul saw terus mengulanginya : APAKAH KAU BELAH
SANUBARINYA HINGGA KAU TAHU ISI HATINYA??!!!, hingga Usamah ra berkata : Demi
Allah dengan peristiwa ini aku merasa alangkah indahnya bila aku baru masuk
islam hari ini..(maksudnya tak pernah berbuat kesalahan seperti ini dalam
keislamanku). (Shahih Muslim Bab 41 no. 158 dan hadits yang sama no.159)
Dan
juga dari peristiwa yang sama dengan riwayat yang lain, bahwa Usamah bin Zeyd
ra membunuh seorang kafir yang kejam setelah kafir jahat itu mengucap Laa
Ilaaha Illallah, maka Rasul saw memanggilnya dan bertanya : MENGAPA KAU
MEMBUNUHNYA..?!, Usamah menjawab : Yaa Rasulullah, ia telah membunuh fulan dan
fulan, dan membantai muslimin, lalu saat kuangkat pedangku kewajahnya maka ia
mengatakan Laa Ilaaha illallah.., lalu Rasul saw menjawab : LALU KAU
MEMBUNUHNYA..?!!, Usamah ra menjawab : benar, maka Rasulullah saw berkata : APA
YANG AKAN KAU PERBUAT DENGAN LAA ILAAHA ILLLALLAH BILA TELAH DATANG HARI
KIAMAT..?!!, maka Usamah berkata : Mohonkan pengampunan bagiku Wahai
Rasulullah??, Rasul saw menjawab dengan ucapan yang sama : APA YANG AKAN KAU
PERBUAT DENGAN LAA ILAAHA ILLLALLAH BILA TELAH DATANG HARI KIAMAT..?!!!, dan
beliau terus mengulang ulangnya.. (Shahih Muslim Bab 41 no.160).
Kita tak bisa menilai orang yang
berbuat apapun dengan tuduhan syirik, dia berkomat kamit dengan sajen dan mandi
sumur tujuh rupa dan segala macam kebiasaan orang kafir lainnya, ini merupakan
adat istiadat biasa, tak mungkin kita mengatakannya musyrik hanya karena
melihat perbuatannya, kecuali ia ber ikrar dengan lidahnya.
Satu contoh, seorang muslim mandi air kembang, berendam di air mawar, lalu menaruh keris di pinggangnya, lalu menyalakan kemenyan, lalu ia shalat, musyrikkah ia?,
dan orang lain mandi dengan shower, berendam di air hangat, menggunakan busa mandi, lalu menaruh pistol dipinggangnya, lalu menyemprotkan pewangi ruangan, lalu shalat, musyrikkah dia?,
apa bedanya?, keduanya melakukan kebiasaan orang kafir..
Satu contoh, seorang muslim mandi air kembang, berendam di air mawar, lalu menaruh keris di pinggangnya, lalu menyalakan kemenyan, lalu ia shalat, musyrikkah ia?,
dan orang lain mandi dengan shower, berendam di air hangat, menggunakan busa mandi, lalu menaruh pistol dipinggangnya, lalu menyemprotkan pewangi ruangan, lalu shalat, musyrikkah dia?,
apa bedanya?, keduanya melakukan kebiasaan orang kafir..
Kesimpulannya adalah, tidak ada
kalimat musyrik bisa dituduhkan kepada siapapun terkecuali dengan kesaksian
lidahnya. Hati-hatilah dengan ucapan syirik, bila seseorang muslim lalu
musyrik, maka pernikahannya batal, istrinya haram dikumpulinya, jima dengan
istri terhitung zina, anaknya tak bernasab padanya, kewaliannya atas putrinya
tidak sah, dan bila keluarganya wafat ia tak mewarisi dan bila ia wafat tak
pula diwarisi, ia diharamkan shalat, diharamkan dikuburkan di pekuburan
muslimin.
BAU KEMENYAN dan KAYU GAHARU DISUKAI
NABI
By H.M.RAKIB, S.H., M.Ag.,Drs.
Sering kali kita
jumpai pembakaran kemenyan di tempat-tempat tertentu (misalnya makam para
wali). Dan juga sering dijumpai pada acara-acara tertentu (seperti doa
sedekah bumi) yang dilakukan secara islami dengan menggunakan bahasa Arab. Bagi
sebagian warga bau kemenyan diidentikan dengan pemanggilan roh, dan sebagian
yang lain menganggapnya sebagai pengharum ruangan, dan ada pula yang merasa
terganggu dengan bau kemenyan. Bagaimanakah sebenarnya hukum menggunkan
kemenyan? Baik dalam kehidupan sosial bermasyarakat maupun dalam urusan
beribadah?
Mengharumkan ruangan
dengan membakar kemenyan, dupa, mustiki, setinggi kayu gaharu yang mampu
membawa ketenangan suasana adalah suatu hal yang baik. Karena hal ini
itba’
dengan Rasulullah saw. beliau sendiri
sangat menyukai wangi-wangian, baik minyak wangi, bunga-bungaan ataupun
pembakaran dupa. Hal ini turun temurun diwariskan oleh beliau kepada sahabat
dan tabi’in. Hingga sekarang banyak sekali penjual minyak wangi dan juga kayu
gaharu, serta dupa-dupaan di sekitar Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.
Beberapa hadits
menerangkan tindakan sahabat yang menunjukkan kegemaran mereka terhadap
wangi-wangian hal ini ditunjukkan dengan hadits:
اذا جمرتم الميت فأوتروا
Artinya: Apabila kamu
mengukup mayyit, maka ganjilkanlah (HR. Ibnu Hibban dan Alhakim)
Addailami juga
menerangkan
جمروا كفن الميت
Artinya: Ukuplah
olehmu kafan maayit
Dan Ahmad juga
meriwayatkan:
اذا اجمرتم الميت فاجمرواه ثلاثا
Artinya: Apabila kamu
mengukup mayyit, maka ukuplah tiga kali
Bahkan beberapa
sahabat berwasiat agar kain kafan mereka diukup
أوصى أبوسعيد وابن عمر وابن عباس رضي الله عنهم ان
تجمر اكفنهم بالعود
Artinya: Abu Said,
Ibnu Umar dan Ibnu Abbas ra. Berwasiat agar kain-kain kafan mereka diukup
dengan kayu gaharu
Bahkan Rasulullah
saw. pernah bersabda
جنبوا مساجدكم صبيانكم وخصومتكم وحدودكم وشراءكم
وبيعكم جمروها يوم جمعكم واجعلوا على ابوابها مطاهركم (رواه الطبرانى)
Artinya; Jauhkanlah
masjid-masjid kamu dari anak-anak kamu, dari pertengkaran kamu, pendarahan kamu
dan jual beli kamu. Ukuplah masjid-masjid itu pada hari perhimpunan kamu dan
jadikanlah pada pintu-pintunya itu alat-alat bersuci. (HR. Al-Thabrani).
Hadits-hadits di atas
sebenarnya menunjukkan betapa wangi-wangian adalah sesuatu yang telah
mentradisi di zaman Rasulullah saw dan juga para sahabat. Hanya saja media
wangi-wangian itu bergeser bersamaan dengan perkembangan zaman dan teknlogi.
Sehingga saat ini kita merasa aneh dengan wangi kemenyan dan dupa. Padahal
keduanya merupakan pengharum ruangan andalan pada masanya.
Di satu sisi
persinggungan dengan dunia pasar yang semakin bebas menyebabkan selera ‘wangi’
jadi bergeser. Yang harum dan yang wangi kini seolah hanya terdapat dalam parfum,
bay fress dan fress room. Sedangkan bau kemenyan dan dupa malah diidentikkan
dengan dunia klenik dan perdukunan.
Komentar(10
komentar)
Ahad,
08/01/2012 14:40
Nama: Suparjo
tanya
maaf, saya mau tanya kalau menyalakan kemenyan ukup itu boleh atau tidak dan termasuk sunah tidak? terimakasih.
tanya
maaf, saya mau tanya kalau menyalakan kemenyan ukup itu boleh atau tidak dan termasuk sunah tidak? terimakasih.
Sabtu,
27/08/2011 10:04
Nama: dimas cokro pamungkas
Sepakat
Sepakat dengan artikelnya.
Sepakat
Sepakat dengan artikelnya.
Kamis,
05/05/2011 20:25
Nama: abdul muhlis
sedikit
mas mukti dinasti: aduuhh setiap permasalahan takan pernah selesai, ok ada sebuah pendapat dari ulama yg maksudnya seperti ini,, " jawaban yang paling tepat untuk orang bodoh adalah DIAM", maksudnya bodoh apa,?? bodoh itu orang yang sudah tau namun masih saja bertanya untuk menyalahkan sebuah pendapattt.. sampean jngn sepertiorang bodoh itu... kalo sampean ngga mau di bilang BOODOOHH!!!!!
sedikit
mas mukti dinasti: aduuhh setiap permasalahan takan pernah selesai, ok ada sebuah pendapat dari ulama yg maksudnya seperti ini,, " jawaban yang paling tepat untuk orang bodoh adalah DIAM", maksudnya bodoh apa,?? bodoh itu orang yang sudah tau namun masih saja bertanya untuk menyalahkan sebuah pendapattt.. sampean jngn sepertiorang bodoh itu... kalo sampean ngga mau di bilang BOODOOHH!!!!!
Sabtu,
16/04/2011 16:27
Nama: ahmad
coment
udah jgan saling mnyalahkan,,tujuan ditulisnya artikel ini bukan utk saling membanggakan dri,,klo mnurut saya intinya itu menggunakan wewangian di anjurkan Nabi SAW,mengacu ke kemenyan,kaya gaharu,atau minyak wangi adlah pilihan masing2,,karena hidung seseorang itu punya masing2,jadi seleranya juga masing2...mari kita bersatu menegakan khilafah islam.
coment
udah jgan saling mnyalahkan,,tujuan ditulisnya artikel ini bukan utk saling membanggakan dri,,klo mnurut saya intinya itu menggunakan wewangian di anjurkan Nabi SAW,mengacu ke kemenyan,kaya gaharu,atau minyak wangi adlah pilihan masing2,,karena hidung seseorang itu punya masing2,jadi seleranya juga masing2...mari kita bersatu menegakan khilafah islam.
semakin orang mudah memusrikan orang semakin bodohlah dia hahaha
ReplyDeletesaya mengucapkan banyak terima kasih kepada aki sUkrO yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama aki sUkrO dan dengan senang hati aki sUkrO mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi aki sUkrO semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi aki sUkrO DI =081 242 333 760 ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama aki sUkrO
Deleteapakah anda termasuk yang tercantung di bawah ini.?
1. Di Lilit Hutang
2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togei
4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasiikan
5'atm ghoib
6'uang bolak balik
7.jual tuyul
Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…!!!
Anda sudah berada Di blog yang sangat tepat anda bisa rubah nasib disini dengan angka rit
al 2D=3D=4D
Kami akan membantu anda semua dengan Angka 2D 3D atau 4D hAsil Riktual Kami
Anda Cukup Mengganti Biaya Riktual Angka Nya Saja 300rb Dengan
cara kirim pulsa 300 ribu di no:081 242 333 760
kami hanya membantu anda semua dengan Angka ritual Kami..Kami dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan…Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Otimis Anda bisa Menang…!!!
Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual aki sUkrO 2D,3D,4D di jamin Tembus 100% terimakasih