S A P
SATUAN ACARA PENATARAN
Materi PAI SMP-SMA
Mata Tatar
:
PENDALAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SMP-SMA
Widyaiswara Penatar
: Drs.Mhd.Rakib, S.H.,M.Ag
Standar Kompetensi : Guru Memiliki kedalaman materi
PAI di SMP-SMA
Diskripsi Mata Tataran : Mata tataran ini memberikan pemahaman
kepada para guru agama tentang materi PAI di Sekolah Menengah Pertama dan
Sekolah Menengah Atas, sekaligus mendalami tentang materi PAI yang diajarkan di
SMP dan SMA, setelah penataran ini guru PAI diharapkan dapat
menguasai, mendalami, serta mempraktekkan dalam proses pembelajaran di SMP dan
SMA.
Urgensi mata tatar :
Memahami,
menghayati dan mendalami beberapa materi yang diajarkan di SMP dan SMA,
sekaligus memberikan pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam tentang
materi PAI serta mampu mempraktekkan dalam proses pembelajaran di SMP dan SMA.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi pokok dan uraian
|
Pengalaman belajar
|
Alokasi waktu
|
Penilaian
|
Sumber
|
1
|
Memiliki kedalaman materi PAI
SMP-SMA
|
Mahasiswa faham dan menguasai
serta mampu menjelaskan bahan ajar PAI SMP-SMA
|
Pendalaman Materi PAI SMP/SMA
|
Penjelasan singkat,Diskusi, Tanya
Jawab
|
100 Menit
|
Performance proyek paper, dan ters
tulis
|
Kurikulum Dan Hasil Belajar GBPP
PAI SMP Variable Pembelajaran,Buku Tajwid Terjemah Al-Qur’an Depag Buku Ajar
Buku Suplemen
|
2
|
Memiliki kedalaman Konsep PAI
SMP-SMA
|
Guru faham dan menguasai serta
mampu menjelaskan Konsep PAI SMP-SMA
|
Konsep PAI di Sekolah
|
Guru membaca, menganalisis, menulis makalah,
presentasi berdiskusi
|
100 Menit
|
Performance proyek paper, dan ters
tulis
|
|
3
|
Memiliki kedalaman materi ajar PAI
SMP-SMA
|
Guru PAI faham dan menguasai serta
mampu menjelaskan bahan ajar al Qur’an Hadis di SMP
|
Pendalaman Mata Pelajaran al-Quran
Hadis di SMP
|
Guru PAI membaca, menganalisis,
menulis makalah, presentasi berdiskusi
|
100 Menit
|
Performance proyek paper, dan ters
tulis
|
|
4
|
Guru PAI faham dan menguasai serta
mampu menjelaskan bahan ajar al Qur’ di SMA
|
Pendalaman Mata Pelajaran al-Quran
Hadis di SMA
|
Guru PAI membaca, menganalisis,
menulis makalah, presentasi berdiskusi
|
100 Menit
|
Performance proyek paper, dan ters
tulis
|
||
5
|
Guru PAI faham dan menguasai serta
mampu menjelaskan bahan ajar Akidah Akhlak PAI di SMP
|
Pendalaman Mata Pelajaran Akidah
Akhlak di SMP
|
Guru PAI membaca, menganalisis,
menulis makalah, presentasi berdiskusi
|
100 Menit
|
Performance proyek paper, dan ters
tulis
|
||
6
|
Guru PAI faham dan menguasai serta
mampu menjelaskan bahan ajar Akidah Akhlak di SMA
|
Pendalaman Mata Pelajaran Akidah
Akhlak di SMA
|
Guru PAI membaca, menganalisis,
menulis makalah, presentasi berdiskusi
|
100 Menit
|
Performance proyek paper, dan ters
tulis
|
||
7
|
Guru PAI faham dan menguasai serta
mampu menjelaskan bahan ajar Fiqih SMP
|
Pendalaman Mata Pelajaran Fikih di
SMP
|
Guru PAI membaca, menganalisis,
menulis makalah, presentasi berdiskusi
|
100 Menit
|
Performance proyek paper, dan ters
tulis
|
||
8
|
Guru PAI faham dan menguasai serta
mampu menjelaskan ajar Fiqih di SMA
|
Pendalaman Mata Pelajaran Fikih di
SMA
|
Guru PAI membaca, menganalisis,
menulis makalah, presentasi berdiskusi
|
100 Menit
|
Performance proyek paper, dan ters
tulis
|
||
9
|
Guru PAI faham dan menguasai serta
mampu menjelaskan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam di SMP
|
Pendalaman Mata Pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di SMP
|
Guru PAI membaca, menganalisis, menulis makalah,
presentasi berdiskusi
|
100 Menit
|
Performance proyek paper, dan ters
tulis
|
||
10
|
Guru PAI faham dan menguasai serta
mampu menjelaskan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam di SMA
|
Pendalaman Mata Pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di SMA
|
Guru PAI membaca, menganalisis,
menulis makalah, presentasi berdiskusi
|
100 Menit
|
Performance proyek paper, dan ters
tulis
|
||
11
|
Memiliki keterampilan dalam
mendisain pembelajaran PAI SMP-SMA
|
Guru PAI memiliki kemampuan dan
keterampilan dalam menyusun perangkat pembelajaran PAI serta dapat menyajikan
dan mengevaluasi dengan baik dan benar
|
Konsep membuat silabus dan
RPPAplikasi penyusunan silabus dan RPP PAI SMP-SMA
|
Silabus dan RPP dan mempresentasikan
makalah dan berdiskusi Tanya jawab
|
100 Menit
|
Performance proyek paper, dan ters
tulis
|
Daftar Bacaan :
- UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
- PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permenag No. 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah
- Supiana, Materi Pendidikan Agama Islam, Bandung: Rosdakarya, 2006.
- E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
- Buku-buku Pendidikan Agama Islam untuk SD, SMP, dan SMA.
- Buku-buku al-Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI untuk MI, MTs, dan MA/MAK
- Pedoman Materi PAI di Sekolah Umum, Departemen Agama RI
- E.Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2006.
Pekanbaru, Riau 20 Pebruari 2013
Widyaiswara LPMP Riau.
Penatar
Drs.Mhd.Rakib, S.H., M.Ag
N I P. 1959
0831 1986 011001
No comments:
Post a Comment