Monday, February 10, 2014

PERUBAHAN MINDSET GURU & SISWA PADA KURIKULUM 2013



http://image.slidesharecdn.com/0-130715203421-phpapp02/95/slide-1-638.jpg?cb=1373938499


                                         http://image.slidesharecdn.com/ik20131-130729145710-phpapp01/95/slide-3-638.jpg?cb=1375128068
http://image.slidesharecdn.com/ik20131-130729145710-phpapp01/95/slide-5-638.jpg?cb=1375128068
http://image.slidesharecdn.com/ik20131-130729145710-phpapp01/95/slide-6-638.jpg?cb=1375128068






 
PERUBAHAN MINDSET GURU & SISWA PADA KURIKULUM 2013
OLEH  Drs.Mhd.Rakib,S.H.,M.Ag
Perubahan yang terjadi:
Perubahan mendasar pada kurikulum 2013 yang kami rangkum, adalah sebagai berikut:
1. Dulunya sumber ilmu bahwa Sekolah Adalah Segala-galanya menjadi Sekolah, Keluarga, Pergaulan Sosial (Society)
2. Siswa menghafal menjadi Berpikir
3. Siswa pasif (passive) menjadi tegas (Assertive)
4. Penilaian berpatokan IQ /kepintaran menjadi proses/perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap
5. Siswa belajar karena takut, menjadi belajar menyenangkan dan enjoy.
6. Nilai didasarkan hanya pada kertas ujian, menjadi didasarkan sikap dan aktivitas
7. Materi terpisah, menjadi terintegrasi
8. Berubah dari mindset “apa yang kita punya” menjadi “apa yang kita kembangkan”
demikianlah mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua..

 


 


http://image.slidesharecdn.com/0-130715203421-phpapp02/95/slide-1-638.jpg?cb=1373938499


                                         http://image.slidesharecdn.com/ik20131-130729145710-phpapp01/95/slide-3-638.jpg?cb=1375128068
http://image.slidesharecdn.com/ik20131-130729145710-phpapp01/95/slide-5-638.jpg?cb=1375128068
http://image.slidesharecdn.com/ik20131-130729145710-phpapp01/95/slide-6-638.jpg?cb=1375128068

Novel EdukasiMuhammad Rakib Janib JamariBIDADARI TEPIANhttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuctSKLM-f0evbM7v6u1h98I3qD1FVsDaD0F8ZZwz8-3fNMvWazz9vlVizyrjEDnEFwLJF9ebv7NrJJRQOKKdFYaUI633KofqQLC0iglc5bFhg2Z-M_gYlZJdr9rXk_GigMlTFeEGMybg/s400/PasirdanKerikil.JPGhttps://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSWc4WPsHrkuEWFNSeh0pOrROwV-IqqP7gkIhu62P4_7fAxZUk_CQSUNGAI KAMPAR 2





BAGIAN PERTAMA

BIDADARI DI TEPIAN SUNGAI KAMPAR .2.

Cahyani al-Kampari, kemarilah sebentar.
Ada apa Bang, wajahnya senyum, agak malu.
“Kamu sudah lama mengenal diriku, aku juga sudah lama mengenal dirimu.
Sekarang pertanyaanku, “Sudikah engkau menjadi pendamping dalam hidupku?”
Cahyani  : Aku pikirkanlah dahulu.
Aku        : Tidak ada lagi waktu untuk berfikir. Kalau kalum ya,    katakan iya, kalau tidak, katakan tidak.

   Kok dodak, kotokan dodak,
Jan deyen, tatompi-tompi,
 Kok indak, kotokan indak,
Ijan deyen, tananti-nanti.

Kalau tidak, tiada mengapa, hanya mungkin aku tidak akan kemari lagi. Biarlah aku pergi membawa luka hati.
Cahyani  : Ya, aku sudi menerima cintaku, aku bersedia menjadi pendamping dalam hidupku.
Mendengar jawaban itu, hatiku berbunga-bunga. Serasa seluruh dunia ini, akulah yang punya, sedangkan yang hanya mengontrak di duniaku. Yang bahagia hanya aku.
Waktu itu belum ada listrik masuk Desa.
Belum ada toilet di rumah penduduk., tahun 1970-an.
Semua aktivitas cuci mencuci, dilakukan di tepain sungai Kampar.
Waktu itulah aku menemukan kerikil kecil yang sangat indah, berkilau bak mutiara.
Akupun jatuh cinta pada kerikil itu.
Akupun membuat cerita tentang kerikil yang merindu
Cahyani al-Kampari, nama bidadari di tepian itu.
Aku ingat  kau sebuah melalui sebuah cerita
tentang kerikil yang hempas
oleh derap langkah kaki yang tegas
pada bata-bata yang tersusun regas 
tahukah kau, kerikil itu
ialah aku dari kikis batu
di alir sungai yang menggerutu
 tahukah kau, kerikil itu
merindu pantai berpasir ungu
yang di bibirnya, rebah sebatang kayu
tahukah kau,
apa yang kerikil rindu?


 
Novel Edukasihttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuctSKLM-f0evbM7v6u1h98I3qD1FVsDaD0F8ZZwz8-3fNMvWazz9vlVizyrjEDnEFwLJF9ebv7NrJJRQOKKdFYaUI633KofqQLC0iglc5bFhg2Z-M_gYlZJdr9rXk_GigMlTFeEGMybg/s400/PasirdanKerikil.JPG





BAGIAN PERTAMA

BIDADARI DI TEPIAN SUNGAI KAMPAR .2.

Cahyani al-Kampari, kemarilah sebentar.
Ada apa Bang, wajahnya senyum, agak malu.
“Kamu sudah lama mengenal diriku, aku juga sudah lama mengenal dirimu.
Sekarang pertanyaanku, “Sudikah engkau menjadi pendamping dalam hidupku?”
Cahyani  : Aku pikirkanlah dahulu.
Aku        : Tidak ada lagi waktu untuk berfikir. Kalau kalum ya,    katakan iya, kalau tidak, katakan tidak.

   Kok dodak, kotokan dodak,
Jan deyen, tatompi-tompi,
 Kok indak, kotokan indak,
Ijan deyen, tananti-nanti.

Kalau tidak, tiada mengapa, hanya mungkin aku tidak akan kemari lagi. Biarlah aku pergi membawa luka hati.
Cahyani  : Ya, aku sudi menerima cintaku, aku bersedia menjadi pendamping dalam hidupku.
Mendengar jawaban itu, hatiku berbunga-bunga. Serasa seluruh dunia ini, akulah yang punya, sedangkan yang hanya mengontrak di duniaku. Yang bahagia hanya aku.
Waktu itu belum ada listrik masuk Desa.
Belum ada toilet di rumah penduduk., tahun 1970-an.
Semua aktivitas cuci mencuci, dilakukan di tepain sungai Kampar.
Waktu itulah aku menemukan kerikil kecil yang sangat indah, berkilau bak mutiara.
Akupun jatuh cinta pada kerikil itu.
Akupun membuat cerita tentang kerikil yang merindu
Cahyani al-Kampari, nama bidadari di tepian itu.
Aku ingat  kau sebuah melalui sebuah cerita
tentang kerikil yang hempas
oleh derap langkah kaki yang tegas
pada bata-bata yang tersusun regas 
tahukah kau, kerikil itu
ialah aku dari kikis batu
di alir sungai yang menggerutu
 tahukah kau, kerikil itu
merindu pantai berpasir ungu
yang di bibirnya, rebah sebatang kayu
tahukah kau,
apa yang kerikil rindu?





PERUBAHAN MINDSET GURU & SISWA PADA KURIKULUM 2013
OLEH  Drs.Mhd.Rakib,S.H.,M.Ag

Perubahan yang terjadi:
Perubahan mendasar pada kurikulum 2013 yang kami rangkum, adalah sebagai berikut:
1. Dulunya sumber ilmu bahwa Sekolah Adalah Segala-galanya menjadi Sekolah, Keluarga, Pergaulan Sosial (Society)
2. Siswa menghafal menjadi Berpikir
3. Siswa pasif (passive) menjadi tegas (Assertive)
4. Penilaian berpatokan IQ /kepintaran menjadi proses/perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap
5. Siswa belajar karena takut, menjadi belajar menyenangkan dan enjoy.
6. Nilai didasarkan hanya pada kertas ujian, menjadi didasarkan sikap dan aktivitas
7. Materi terpisah, menjadi terintegrasi
8. Berubah dari mindset “apa yang kita punya” menjadi “apa yang kita kembangkan”
demikianlah mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua..


PERUBAHAN MINDSET GURU & SISWA PADA KURIKULUM 2013
OLEH  Drs.Mhd.Rakib,S.H.,M.Ag
Perubahan yang terjadi:
Perubahan mendasar pada kurikulum 2013 yang kami rangkum, adalah sebagai berikut:
1. Dulunya sumber ilmu bahwa Sekolah Adalah Segala-galanya menjadi Sekolah, Keluarga, Pergaulan Sosial (Society)
2. Siswa menghafal menjadi Berpikir
3. Siswa pasif (passive) menjadi tegas (Assertive)
4. Penilaian berpatokan IQ /kepintaran menjadi proses/perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap
5. Siswa belajar karena takut, menjadi belajar menyenangkan dan enjoy.
6. Nilai didasarkan hanya pada kertas ujian, menjadi didasarkan sikap dan aktivitas
7. Materi terpisah, menjadi terintegrasi
8. Berubah dari mindset “apa yang kita punya” menjadi “apa yang kita kembangkan”
demikianlah mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua..

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook