Pertanyaan Tidak Terjawab
M.Rakib
Muballigh IKMI Riau Indonesia
BANYAK ORANG YANG RAPI DISIPLIN PANDAI TAPI MENJADI MUSUH MASYARAKAT/KORUPTOR.
Mengapa orang Barat dan Jepang yang tak memakai seragam sekolah dan berambut gondrong, tapi
bisa menguasai dunia dengan kepintarannya. Banyak orang Indonesia yang
rapi,disiplin,pandai, tapi menjadi musuh masyarakat/koruptor. Itu semua kebaikannya, hanya topeng
belaka, jangan mendidik siswa dengan topeng. Seakan-akan niat tulus itu tak
berarti apa-apa dibandingkan BP3 dan seragam sekolah. Itu sebabnya banyak siswa
nakal menjadi pembangkang, karena
mereka ketika sekolah tidak didasari niat itu tadi dengan keikhlasan dan keinsyafan..Banyak salah yang persepsi dari orangtua
terhadap hukuman yang didapat sang anak dari guru mereka, di sekolah dan di pesantren..
Jawabannya, segala
hukuman harus diberikan penejelasan mudarat dan manfaatnya.
Yusuf al-Qardhawi. Dirasat fi Fiqh Maqashid
Asy-Syari’ah (Baina al-Maqashid al-kulliyyah wa an-Nushush al-Juz’iyyah,
Ada beberapa manfaat bila kita mempelajari Maqashid Syari’ah,
antara lain:
- Mengungkapkan tujuan, alasan, dan hikmah tasyri’ baik yang umum atau khusus, integral atau parsial di segala bidang kehidupan dan dalam setiap ajaran Islam.
- Menegaskan karakteristik Islam yang sesuai dengan setiap zaman, abadi, realistik dan menarik.
- Membantu ulama dalam berijtihad dalam bingkai tujuan syari’at.
- Memadukan secara seimbang prinsip “Mengambil zhahir nash” dengan prinsip “memperhatikan ruh dan substansi nash”
- Mempersempit perselisihan dan ta’ashub di antara pengikut mazhab fiqih.
Pengertian Maqashid Syari’ah
Maqashid bererti kesengajaan atau
tujuan, Maqashid merupakan bentuk jama’ dari maqsud yang berasal dari suku kata
Qashada yang berarti menghendaki atau memaksudkan, Maqashid berarti hal-hal
yang dikehendaki dan dimaksudkan. Sedangkan syari’at secara bahasa
berarti المواضع تحدر الي الماء ertinya Jalan menuju sumber air, jalan
menuju sumber air dapat juga diartikan berjalan menuju sumber kehidupan.
Didalam Al-Qur’an Allah swt.
menyebutkan beberapa kata syari’at diantaranya sebagai mana yang terdapat dalam
Surah Al-Jassiyah dan Asy-Syura:
ثُمَّ جَعَلْنَاكَ عَلَى شَرِيعَةٍ
مِنَ الأمْرِ فَاتَّبِعْهَا وَلا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَ الَّذِينَ لا يَعْلَمُونَ
(١٨)
Kemudian Kami jadikan kamu berada di
atas suatu syari’at (peraturan) dari urusan (agama itu), maka ikutilah syari’at
itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui. (Al-Jatsiyah 45 : 18)
أَمْ لَهُمْ شُرَكَاءُ شَرَعُوا
لَهُمْ مِنَ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ اللَّهُ وَلَوْلا كَلِمَةُ الْفَصْلِ
لَقُضِيَ بَيْنَهُمْ وَإِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ (٢١)
Dia telah mensyari’atkan bagi kamu
tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami
wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan
Isa iaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. (Asy-Syura 42: 13)
Perkataan syari’at apabila disebut
para ulama boleh terdiri kepada dua pengertian;
- Seluruh agama yang mencakup akidah, ibadah, adab, akhlak, hukum dan mu’amalat
- Sisi hukum amal di dalam agama
Di dalam tulisan ini, kami memlilih
yang kita maksudkan syari’at adalah seluruh maksud Islam kerana akidah adalah
pokok, asas dan banggunan seluruh agama.
Dalam istilah para ulama, Maqashid
Asy-Syari’ah adalah: tujuan yang menjadi target nash dan
hukum-hukum partikular untuk direalisasikan dalam kehidupan manusia, baik
berupa perintah, larangan, dan mubah. Untuk individu, keluarga, jamaah dan
umat. 2
““Maksud-maksud” juga boleh disebut
dengan hikmah-hikmah yang menjadi tujuan ditetapkan huku. Baik yang diharuskan
ataupun tidak. Kerana dalam setiap hukum yang disyari’atkan oleh Allah untuk
hambaNya pasti terdapat hikmah.” 3
Contohnya di dalam pewarisan harta,
syari’at Islam memberikan hak istimewa kepada anak perempuan daripada anak
lelaki kerana meskipun tidak perlu menanggung kewajipan seperti yang ditanggung
anak lelaki, anak perempuan tetap diberikan harta waris.
“Maksud-maksud syari’at bukanlah ‘illat (motif
penetapan hukum) yang disebutkan oleh para ahli ushul fikih dalam bab qiyas dan
didefinisikan edngan “sifat yang jelas, tetap, dan sesuai dengan hukum.” Illat
tersebut sesuai dengan hukum, tetapi ia bukan maksud bagi hukum tersebut.” 4
Sebagai contoh, ‘illat rukhsah
ketika safar baik dalam bentuk jama’-qashar atau berbuka ketika shaum di bulan
Ramadhan adalah safar, bukannya hikmah yakni kesusahan yang dirasakan sewaktu
bermusafir. Para ahli ushul fikih tidak menyatukan antara hukum dan
hikmah kerana hikmah sulit untuk ditetapkan contohnya jika kesusahan itu i’llat,
mungkin ada orang yang mengatakan saya tidak susah.
Jalan Menuju Maqashid Syari’ah
Untuk menuju kepada maksud-maksud
syari’at. Hujjatul Islam Abul Hamid Al-Ghazali telah membuat satu perbahasan
khusus yang menjelaskan tentang maslahat sebagai asal yang tidak jelas (ash
mauhum) dan membahaginya kepada tiga (3) tingkatan yang kemudiannya dirinci
oleh Imam Asy-Syathibi 5 dll iaitu:
الضروريات مقاصد, حاجيات مقاصد dan مقاصد التحسينات
- Dharûriyât (primer) ertinya harus ada demi kemaslahatan hamba, yang jika tidak ada, akan menimbulkan kerusakan, misalnya rukun Islam.
- Hâjiyât (sekunder) maksudnya sesuatu yang diperlukan untuk menghilangkan kesempitan, seperti rukhsah (keringanan) tidak berpuasa bagi orang sakit.
- Tahsiniat (tertier) ertinya sesuatu yang diambil untuk kebaikan kehidupan dan menghindarkan keburukan, semisal akhlak yang mulia, menghilangkan najis, dan menutup aurat.
Dharûriyât dijelaskan dengan lebih rinci mencakup lima tujuan (al-kulliyyat
al-khamsah), iaitu :
- menjaga agama (hifzh ad-din)
- menjaga jiwa (hifzh an-nafs)
- menjaga akal (hifzh al-‘aql)
- menjaga keturunan (hifzh an-nasl)
- menjaga harta (hifzh al-mal)
Sehingga tujuan dari Maqashid
Syariah akan tercapai jika terpenuhinya penjagaan kelima unsur yang telah
disebutkan tadi.
Ibn
Qayyim, I’lam al-Muaqi’in Rabb al- ‘Alamin, (Beirut: Dar al-Jayl, t.th.),
Jilid III h.3. lihat juga Izzuddin Ibn Abd al-salam, Qawaid al-Ahkam fi
Mashalih al-Anam,(Bairut: Dar al-Jail, t.thn), jilid II, h. 72
No comments:
Post a Comment