Tuesday, September 15, 2015

KAEDAH FIQHIYYAH DENGAN CONTOH-CONTOH BARU





Contoh-Contoh yang Kurang Berkembang  


                         Kewajiban para, doktor baru saat ini,

                         membuat contoh,  kaedah  fiqih
                         Agar masyarakat, jadi peduli
                         Sambil belajar, sambil menikmati


Catatan  M.Rakib  Pekaanbaru  Riau Indonesia


      Qawaid Fiqhiyyah merupakan bukti kemajuan keilmuan Fiqih Islam, dimana para ulama’ selain menuliskan cabang-cabang hukum fiqih, mereka telah menyederhanakan kecenderungan hukum-hukum fiqih itu kepada beberapa kaedah dengan bahasa yang simpel, mudah dihafal dan bisa diterapkan sepanjang masa. Hal itu menunjukkan majunya logika berpikir dari para ulama’.

      Benih Qawaid Fiqhiyyah memang sudah ada dalam al-Quran maupun Sunnah. Hanya saja, belum tersusun dengan baik. Setelah abad ke-4 hijriyyah baru mulai berkembang[1]. Sampai akhirnya banyak ulama’ yang menuliskan cabang ilmu ini ke dalam sebuah kitab tersendiri pada abad ke-7 sampai abad ke-10 hijriyyah.

Maka dari itu, banyak manfaat yang bisa diambil dari belajar Qawaid Fiqhiyyah ini. Diantaranya yang paling nyata adalah memudahkan thalib ilmi dalam memahami hukum fiqih dan menghafalkannya. Sebagaimana ketika ujian sekolah, salah satu cara mempermudah menghafal pelajaran adalah membuat ringkasannya.

Tiga Bentuk Kaedah

Secara umum, ada tiga macam kaedah yang telah ditetapkan oleh para ulama’ dalam keilmuan hukum Islam:

1. Kaedah Istinbath Hukum dan Ijtihad

Kaedah ini berisi metode-metode yang dipakai oleh seorang mujtahid dalam memahami hukum-hukum syariat dari sumbernya, sebelum menetapkan hukumnya. Kaedah ini sering disebut sebagai Qawaid Ushul Fiqih atau Kaedah-Kaedah Ushul Fiqih. Sebagai contoh: Asal perintah adalah wajib, asal larangan adalah haram, dsb.

2. Kaedah Takhrij

Kaedah ini ditetapkan oleh ulama’ hadits dalam menetapkan derajat suatu riwayat hadits, diterima dan tidaknya suatu hadits, al-jarh wa at-ta’dil seorang penyampai hadits. Untuk nantinya diambil sebagai sumber hukum Islam. Kaedah ini sering disebut dengan Ilmu Mushthalah Hadits atau Ushul al-Hadits atau Qawaid at-Tahdits. Sebagai contoh: Hadits mutawatir berfaedah yakin, hadits bisa diterima/ shahih jika memenuhi lima syarat, dsb.
3. Kaedah Hukum-Hukum Fiqih
Kaedah ini biasanya dibuat oleh ulama’ suatu madzhab fiqih, dalam rangka mengumpulkan hukum-hukum fiqih yang serupa atau hampir sama. Selanjutnya ditetapkan sisi keserupaannya untuk ditetapkan kaedah yang mengikat antara hukum-hukum yang serupa tadi. Inilah yang nantinya dikenal dengan sebutan Qawaid Fiqhiyyah.
Tantangan Qawaid Fiqhiyyah
Paling tidak, ada beberapa tantangan yang dihadapi Qawaid Fiqhiyyah saat ini. Diantaranya:
1. Qawaid Fiqhiyyah Perbandingan Madzhab
Penetapan Qawaid Fiqhiyyah biasanya menggunakan metode induktif, dimana beberapa contoh cabang hukum fiqih dikumpulkan lalu ditetapkan kesamaannya untuk dibuat sebuah kaedah.
Secara umum, Qawaid Fiqhiyyah tiap madzhab memang sama. Tetapi ada beberapa cabang kaedah yang berbeda antar madzhab, karena memang ada perbedaan dalam hukum masing-masing madzhab. Sebagai contoh:
الأصل في الأشياء الإباحة حتى يدل الدليل على التحريم
Kaedah: Asal dari segala sesuatu adalah boleh, kecuali ada dalil yang menunjukkan keharamannya. Ini adalah kaedah Jumhur ulama’ dari Maliki, Syafi’i  dan Hanbali[2]. Sedangkan menurut sebagian Hanafiyyah, asal sesuatu adalah haram, kecuali ada dalil yang menyatakan halal[3].
Contoh lagi, kaedah:
الزُخص لا تُنَاط بالمعاصي
Rukhsah atau keringanan dalam syariat itu tidak bisa diperoleh karena suatu maksiat
Kaedah ini banyak dipakai dalam Madzhab Syafi’i dan Hanbali, tetapi tidak dalam Madzhab Hanafi[4]. Contoh nyatanya, qashar shalat boleh dilakukan oleh seorang musafir asal bukan bepergian untuk maksiat. Sedangkan menurut Hanafiyyah, jenis safar tidak mempengaruhi boleh tidaknya suatu rukhsah atau keringanan ibadah.
Tentu ini menjadi tantangan tersendiri dalam menuliskan Kaedah-Kaedah Fiqih lintas madzhab.
2. Contoh-Contoh yang Kurang Berkembang
Salah satu tantangan Qawaid Fiqhiyyah adalah contoh-contoh yang cenderung sama dari dulu. Jika kita buka kitab-kitab Qawaid Fiqhiyyah, maka kebanyakan contohnya memang hanya itu saja. Laiknya contoh dalam pelajaran Nahwu, contoh: qoma zaidun atau dhoroba zaidun amran takkan ketinggalan dalam setiap buku nahwu.
Kadang contoh kaedah sangat jauh dari realita saat ini, khususnya terkait masalah perbudakan. Cukup banyak contoh kaedah fiqhiyyah dalam kasus perbudakan. Contohnya kaedah:
الرِّضَا بِالشَّيْءِ رِضًا بِمَا يَتَوَلَّدُ مِنْهُ
Rela terhadap sesuatu artinya rela terhadap hal-hal yang keluar dari sesuatu tersebut[5]
Imam as-Suyuthi (w. 911 H) memberikan contoh; ketika seseorang menyewakan budak kepada seorang penyewa, ia merelakan budaknya untuk dipukul. Jika budak itu dipukul lantas mati, maka si penyewa tidak akan mendapatkan tuntutan ganti rugi. Karena memang pemilik budak sudah merelakan budaknya untuk dipukul.
Tentu masih banyak contoh lain yang kadang berbeda contoh kasusnya, saat kitab Qawaid Fiqhiyyah dibuat dahulu dengan zaman sekarang.
Seiring berkembangnya zaman, maka seharusnya berkembang pula contoh kekinian yang bisa terjawab oleh Qawaid Fiqhiyyah. Misalnya: Kebijakan menaikkan harga BBM; antara ditunda atau APBN jebol, bahaya manakah yang harus didahulukan untuk dihindari.
Dalam praktek kredit motor dengan sistem bai’ al-murabahah lil wa’id bis syira’. Jika pihak bank langsung memberikan uang kepada nasabah, untuk selanjutnya nasabah yang membeli motor sendiri. Apakah yang dianggap adalah niat dari akad ataukah lafadz dari akad.
Masih banyak lagi contoh kekinian yang sepertinya menarik untuk digali hukumnya dengan Qawaid Fiqhiyyah ini.
3. Otoritas Qawaid Fiqhiyyah
Kaedah Fiqih ini memang hasil ijthad dari para ulama’. Euforia kembali langsung kepada al-Quran dan Sunnah sedikit banyak memberikan dampak akan ketidakpercayaan hasil ijtihad para ulama’, jika tidak disebutkan dalilnya dari al-Quran maupun Sunnah.
Sebuah hukum yang baru, jika dalilnya hanya Qawaid Fiqhiyyah tentu saja dianggap kurang kuat. Sebagai contoh: Seorang yang duduk di masjid untuk i’tikaf, maka harus niat di awal. Dalilnya adalah:
الْأُمُورُ بِمَقَاصِدِهَا
Setiap perkara itu tergantung niatnya[6]
Tentu bagi sebagian orang akan bertanya, mana dalil al-Quran yang menyebutkan harus ada niat dalam i’tikaf? Apakah Nabi dan Salaf Shalih dahulu juga mensyaratkan niat sebelum i’tikaf? Mana hadits shahihnya?
Perlu diketahui bahwa setiap kaedah fiqih biasanya mempunyai landasan dari al-Quran maupun Hadits, baik secara lafadz atau makna.
Pengertian Qawaid Fiqhiyyah
Sepertinya setiap penulis yang membahas Qawaid Fiqhiyyah, sudah menuliskan secara lengkap dan terperinci mengenai pengertian Qawaid Fiqhiyyah, baik secara bahasa maupun istilah. Maka menuliskannya kembali bisa dikatakan tahshil al-hasil atau mengulangi pekerjaan yang sudah selesai.
Tapi, sebagai pengingat kembali ada baiknya dibahas secara sekilas sebagai pembuka belajar.
Secara mudah, Qawaid Fiqhiyyah dimaknai dengan kaedah-kaedah fiqih. Untuk lebih lengkapnya, Qawaid Fiqhiyyah terdiri dari dua kata; Qawaid dan Fiqhiyyah. Qawaid secara bahasa adalah bentuk prular dari Qa’idah, wazan isim fa’il dari qa-‘a-da yang berarti duduk. Qa’idah artinya asas atau pilar[7]. Sebagaiman termaktub dalam surat al-Baqarah: 127 yang berbunyi:
وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَاهِيمُ الْقَوَاعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَإِسْمَاعِيلُ ...
dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail…
Sebagai tambahan, Meski qa-‘a-da dan ja-la-sa mempunyai makna sama yaitu duduk, tapi kadang ahli Bahasa Arab membedakan keduanya. Qa-‘a-da berarti duduk setelah berdiri. Sedangkan ja-la-sa adalah duduk setelah tiduran[8].
Qa’idah secara istilah adalah hal yang bersifat menyeluruh, yang mencakup banyak bagian dan cabang yang ada di bawahnya[9].
Sedangkan arti fiqhiyah diambil dari kata fiqh yang diberi tambahan ya’ nisbah yang berfungsi sebagai penjenisan atau membangsakan.
Maka, Kaidah-kaidah fikih yaitu kaidah-kaidah yang disimpulkan secara general dari materi fikih dan kemudian digunakan pula untuk menentukan hukum dari kasus-kasus baru yang timbul, yang tidak jelas hukumnya di dalam nash.
Kitab-Kitab Qawaid Fiqhiyyah
A. Madzhab Hanafi
  1. Ushul al-Karkhi, Abu Hasan al-Karkhi (260-340 H) memuat 37 kaidah fikih.
  2. Ta’sis al-Nazhar, Abu Zaid al-Dabusi (w. 430 H) memuat 86 kaidah fikih.
  3. Al-Asybah wa al-Nazhair, Ibnu Nuzaim (w. 970 H) memuat 25 kaidah fikih.
  4. Majami’ al-Haqaiq, Abi said al-Khadimi memuat 154 kaidah fikih.
  5. Majalah al-Ahkam al-Adliyah, Ahmad Udat Basya memuat 99 fikih.
B. Madzhab Maliki
  1. Ushul al-Futiya fi al-Fiqh ’ala Mazhab al-Imam Malik, Ibnu Haris al-Husyni (w. 361 H)
  2. Al-Furuq, al-qurafi (w. 684 H) memuat 548 kaidah fikih.
  3. Al-Qawa’id, al-Maqari (w. 758 H) memuat 758 kaidah fikih.
  4. Idhah al-Masalik ila Qawa’id al-Imam Malik, al-Winsyarisi (w. 914 H) memuat 118 kaidah fikih.
C. Madzhab Syafi’i
  1. Qawa’id al-Ahkam fi Mashalih al-Anam, Izzuddin bin Abd al-Salam (577-660 H).
  2. Al-Asybah wa al-Nazhair, Ibnu al-Wakil (w. 716 H).
  3. Al-Majmu al-Mudzhab fi Qawa’id al-Mazhab, Abu Sa’id al-Ala’i (w. 761 H).
  4. Al-Asybah wa al Nazhair, Taj al-Din Ibnu al-Subki (w. 771 H).
  5. Al-Mansur fi Tartib al-Qawa’id al-Fiqhiyah atau al-Qawa’id fi al Furu, al-Zarkasyi (w. 794 H).
  6. Al-Asybah wa al-Nazhair, Imam al-Suyuthi (w. 911 H) memuat 20 kaidah.
  7. Al-Istighna fi al-Farqi wa al-Istitsna, Badrudin al-Bakri.
D. Madzhab Hanbali
  1. Al-Qawa’id al-Nuraniyah al-Fiqhiyah, Ibnu Taimiyah (661-728 H).
  2. Al-Qawa’id al-Fiqhiyah, Ibnu Qadhi al-Jabal (w. 771 H).
  3. Taqrir al-Qawaid wa Tahrir al-Fawaid, Ibnu Rajab al-Rahman memuat 160 kaidah.
  4. Al-Qawa’id al-Kulliyah wa al-Dhawabith al-Fiqhiyah,Ibnu Abd al-Hadi (w. 909 H).
Selain dari empat madzhab, ada juga kitab Qawaid Fiqhiyyah yang dikarang oleh ulama’ kontemporer; diantaranya:
  1. al-Qawa’id al-Fiqhiyah oleh Ali Ahmad al-Nadawi.
  2. Syarh al-Qawa’id al-fiqhiyah oleh Syekh Ahmad bin Syekh Muhammad Zarqa.
  3. Al-Wajiz fi Idhah Qawa’id al-Fiqh al-Kuliyyah oleh Muh. Shiddieqy bin Ahmad al-Burnu.
  4. Idhah al-Qawa’id al-Fiqhiyah oleh Syekh Abdullah bin Said Muhammad Ibadi.
  5. Kaidah-kaidah Fikih oleh Asymuni A Rahman (dalam Bahasa Indonesia).
  6. Kaidah Fikih oleh oleh Jaih Mubarok (dalam Bahasa Indonesia).
Tentu ini hanya sebagai muqaddimah saja sebelum membahas lebih jauh kaedah-kaedah fiqih beserta contohnya.
[bersambung inysaallah]

Footnote:
[1] Muhammad Mushtafa az-Zuhaili, al-Qawaid al-Fiqhiyyah wa Tathbiqatuha fi al-Madzahib al-Arba’ah, (Damaskus: Dar al-Fikr, 1427 H), juz 1, h. 5
[2] Muhammad Mushtafa az-Zuhaili, al-Qawaid al-Fiqhiyyah wa Tathbiqatuha fi al-Madzahib al-Arba’ah , juz 1, h. 190
[3] Ibnu Nujaim Zainuddin bin Ibrahim bin Muhammad (w. 970 H), al-Asybah wa an-Nadzair, (Baerut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1419 H), h. 57 
[4] Muhammad Mushtafa az-Zuahli, al-Qawaid al-Fiqhiyyah wa Tathbiqatuha fi al-Madzahib al-Arba’ah , juz 1, h. 33
[5] Jalaluddin Abd al-Rahman al-Suyuthi (w. 911 H), al­-Asybah wa al-Nazhair fi Qawa’id wa Furu’ Fiqh al-Syafi’i, h. 141
[6] Jalaluddin Abd al-Rahman al-Suyuthi (w. 911 H), al­-Asybah wa al-Nazhair fi Qawa’id wa Furu’ Fiqh al-Syafi’i, h. 8
[7] Ahmad bin Faris bin Zakariyya ar-Razi, Mu’jam Maqayis al-Lughat, (Baerut: Dar al-Fikr, 1399 H), juz 5, h. 109
[8] Abdurrahman bin Shalih Abdullatif, al-Qawaid wa ad-Dhawabith al-Fiqhiyyah al-Mutadhamminah li at-Taisir, (Saudi Arabia: Imadat al-Bahts al-Ilmi, 1423 H), juz 1, h. 33
[9] Jalaluddin Abd al-Rahman al-Suyuthi (w. 911 H), al­-Asybah wa al-Nazhair fi Qawa’id wa Furu’ Fiqh al-Syafi’i, cet. I, (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1399 H), h.5
Hanif Luthfi, S.Sy.

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook