TERBARU..PANTUN SYAIR     LESSON    
STUDY, KONAIKENSHU
By    Dr. M.Rakib 
Jamari. WI  LPMP Riau di Pekanbaru Indonesia     1 Februari 2016
                 Salam diulur , kasih
tersebar,
Persaudaraan, terus berkobar.,
Lesson Study, telah digelar,
Tingkatkan kemampuan, dalam mengajar.
Persaudaraan, terus berkobar.,
Lesson Study, telah digelar,
Tingkatkan kemampuan, dalam mengajar.
Hubungan antara , sesama guru,
Hati bertaup, rasa terharu,
Saling memberi, informasi baru,
Selalu menyapa, sering bertemu.…
Hati bertaup, rasa terharu,
Saling memberi, informasi baru,
Selalu menyapa, sering bertemu.…
        Bukan mudah,
mendidik  generasi,
Bukan sukar, mengubah situasi,
Ikhlas nurani, tegarkan diri,
Ingatlah Tuhan, ada di sisi…
Bukan sukar, mengubah situasi,
Ikhlas nurani, tegarkan diri,
Ingatlah Tuhan, ada di sisi…
Lesson  study, 
dari Jepang,
Belajar aktif, terang benderang,
Dibentuk kelompok, beberpa orang,
Belajar kreatif, sangat merangsang.
Belajar aktif, terang benderang,
Dibentuk kelompok, beberpa orang,
Belajar kreatif, sangat merangsang.
     Lesson 
study,memerlukan  media,
Menetaapkan model, pelaksana,
Memudahkan guru, dalam bekerja,
Akhirnya dievaluasi, bersama-sama.
Menetaapkan model, pelaksana,
Memudahkan guru, dalam bekerja,
Akhirnya dievaluasi, bersama-sama.
Kolaborasi  dan 
refleksi,
Sangat  dominan, dengan cara ini,
Kritik  dan saran,  
terus  diberi,
                                                                 Setiap  waktu, 
diperbaiki.
Tiga  tahap, 
lesson   study,
    Yang 
disebut,   plan   do  
see,
           Diiringi 
dengan, berbagai  diskusi,        
              Semua
permasalahan,  diidentifikasi.
Pertama  rencana, kedua petunjuk pelaksana,
Ketiga
lembaran kerja,  dan alat perag
Keempat
instrumen penilaian, harus tersedia.,
Lembaran
observasi, sangat  berguna
Sangat  menarik, tahap  refleksi,
              Rencana pembelajaran, harus  dikoreksi,     
Penelitian
dalam,  bentuk  aksi,
               
Melalui  kelompok,  learning community.
         Manfaat lesson study , paling penting,
Agar guru tidak, merasa terasing,    
      Dalam kelompoknya, tidak bersaing
Ttiada konflk 
membuat pusing,,
.
Guru,
merasa terasing, cpat bosan,
Tiada
komunikasi, dengan teman,
Emosinya
tinggi, tiada tertahan,
Memperbaiki
diri, tiada berkenan
Panataran
tiada, tindak lanjut,
Kurikulum
berubah, gurunya takut.
Gaya
lama, tetap diturut,
Inovasi
harus segera, direbut.
Pelatihan
selalu, tidak merata,
Kesempatan
tidak terbuka, untuk semua
Sedangkan
zaman,terus berubah.
Gaya
mengajar, begutu-begitu jua
Tolong
perhatikan daya saing global,
Tidak melupakan, kecerdasan
lokal,
Kreativitas rendah,
pendidikan gagal,
Akan terjadi, pengangguran
massal.
Tingkatkan penguasaan,
materi  ajar
Bahasa Inggris, sealu
digelar,
Bahasa teknologi, tak
dapat  dihindar,
Semua ketinggalan,harus  dikejar
Tingkatkan kemampuan,
mengobservasi,
Berbagai penilaian, harus
dikoreksi,
Semua murid harus,
termotivasi,
Tujuan jangka panjang harus,
terealisasi..
.
Perhatikanhasil,
kerja kelompok,
Berikan
solusi, paling pokok,
Pilih laporan,
yang elok
Untuk
perbaikan,di hari esok.
.Murid
memahami, fenomena alam,
Lapisan
bumi, timbul tenggelam.
Gunung
meletus, semuanya paham,
                     Tsunami melanda,
daratanpun karam
Adapaun
belajar, berbasis, sekolah,
KONAIKENSHU,
diberi nama,
Andalan
Jepang, sangatlah gagah,
Kini
menyebar ke seluruh dunia..
No comments:
Post a Comment