Sunday, January 31, 2016

TERBARU..PANTUN SYAIR LESSON STUDY, KONAIKENSHU By Dr. M.Rakib Jamari

TERBARU..PANTUN SYAIR     LESSON     STUDY, KONAIKENSHU


By    Dr. M.Rakib  Jamari. WI  LPMP Riau di Pekanbaru Indonesia     1 Februari 2016

                 Salam diulur , kasih tersebar,
           Persaudaraan, terus berkobar.,
           Lesson  Study,    telah  digelar,
                                Tingkatkan kemampuan, dalam  mengajar.

Hubungan antara , sesama guru,
Hati bertaup,  rasa terharu,
Saling memberi, informasi baru,
Selalu menyapa,  sering bertemu
.…


        Bukan mudah, mendidik  generasi,
    Bukan sukar,  mengubah  situasi,
Ikhlas nurani,  tegarkan diri,
 Ingatlah Tuhan, ada  di sisi

Lesson  study,  dari Jepang,
Belajar aktif,  terang benderang,
Dibentuk  kelompok, beberpa orang,
Belajar kreatif,  sangat  merangsang.

     Lesson  study,memerlukan  media,
Menetaapkan model, pelaksana,
        Memudahkan guru, dalam bekerja,
           Akhirnya dievaluasi, bersama-sama.

Kolaborasi  dan  refleksi,
Sangat  dominan, dengan cara ini,
Kritik  dan saran,   terus  diberi,
                                                                 Setiap  waktu,  diperbaiki.

Tiga  tahap,  lesson   study,
    Yang  disebut,   plan   do   see,
           Diiringi  dengan, berbagai  diskusi,       
              Semua permasalahan,  diidentifikasi.

Pertama  rencana, kedua petunjuk pelaksana,
Ketiga lembaran kerja,  dan alat perag
Keempat instrumen penilaian, harus tersedia.,
Lembaran observasi, sangat  berguna

Sangat  menarik, tahap  refleksi,
              Rencana pembelajaran, harus  dikoreksi,    
Penelitian dalam,  bentuk  aksi,
                Melalui  kelompok,  learning community.

    


          

         Manfaat lesson study , paling penting,
Agar guru tidak, merasa terasing,   
      Dalam kelompoknya, tidak bersaing
Ttiada konflk  membuat pusing,,
.
Guru, merasa terasing, cpat bosan,
Tiada komunikasi, dengan teman,
Emosinya tinggi, tiada tertahan,
Memperbaiki diri, tiada berkenan

Panataran tiada, tindak lanjut,
Kurikulum berubah, gurunya takut.
Gaya lama, tetap diturut,
Inovasi harus segera, direbut.

Pelatihan selalu, tidak merata,
Kesempatan tidak terbuka, untuk semua
Sedangkan zaman,terus berubah.
Gaya mengajar, begutu-begitu jua

Tolong perhatikan daya saing global,
Tidak melupakan, kecerdasan lokal,
Kreativitas rendah, pendidikan gagal,
Akan terjadi, pengangguran massal.

Tingkatkan penguasaan, materi  ajar
Bahasa Inggris, sealu digelar,
Bahasa teknologi, tak dapat  dihindar,
Semua ketinggalan,harus  dikejar

Tingkatkan kemampuan, mengobservasi,
Berbagai penilaian, harus dikoreksi,
Semua murid harus, termotivasi,
Tujuan jangka panjang harus, terealisasi..
.

Perhatikanhasil, kerja kelompok,
Berikan solusi, paling pokok,
Pilih laporan, yang elok
Untuk perbaikan,di hari esok.


.Murid memahami, fenomena alam,
Lapisan bumi, timbul tenggelam.
Gunung meletus, semuanya paham,
                     Tsunami melanda, daratanpun karam

Adapaun belajar, berbasis, sekolah,
KONAIKENSHU, diberi nama,
Andalan Jepang, sangatlah gagah,
Kini menyebar ke seluruh dunia..




No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook