Friday, January 29, 2016

KONFLIK SOKRATES DAN TEMANNYA Renungan pagi M.Rakib Jamari, S.H.


KONFLIK SOKRATES DAN TEMANNYA
Renungan pagi M.Rakib Jamari, S.H.
Konflik antar teman karena gersangnya moral rohani.

  Siapa yang tidak taat etik,
  Pasti akan, terlibat konflik.
  Setan dan Iblis, terus mengusik,
  Menampilkan siafat munafik.

      Suatu cara berpikir induktif dan membuat definisi universal. Cara berpikir ini kemudian dikenal sebagai metode Sokrates. Tapi akhirnya Sokrates dihukum mati, hanya karena ada yang menggiring opini ke arah pertentangan antara Sokrates dan penguasa waktu itu. Penggiringannya mirip dengan penggiringan dalam taktik licik Sun Tzu yang misterius sebagai maha guru seni berperang. Sun Tzu diketahui lahir pada 535 SM di Kota Tung-an di Semenanjung Shantung. "Seorang jenderal yang memproteksi para prajuritnya seperti bayi, akan membimbing mereka ke jurang terdalam. Seorang...
SENI BERPERANG oleh : Sun Tzu 13 Bab Strategi Militer Klasik 1. Kalkulasi2. Perencanaan3. Strategi4. Kekuatan pertahanan5. Formasi6. Kekuatan dan kelemahan7. Manuver8. Sembilan varuiasi9. Mobilitas10. Tanah lapang11. Sembilan situasi klasik12. Menyerang dengan api13. Intelijen..

Sokrates yang lugu dan lucu, akhirnya terjebak. Walaupun demikian, ia tetap  orang pertama di dunia yang mengemukakan bahwa di dalam diri manusia terdapat jiwa/ rohani. Ia menyadari bahwa jiwa jauh lebih penting daripada tubuh fisik dan jiwa tidak akan mati. Karena penemuannya inilah, banyak orang menganggapnya sebagai bapak psikologi rasional.

Ia juga menemukan bahwa Tuhan hanya satu dan memiliki kekuasaan terhadap segala sesuatu. Ia menemukan hal ini melalui pemikirannya sendiri, sebelum  Al-quran dan Injil. Karena, kenyataan menunjukkan bahwa kedua kitab tersebut baru ada setelah beberapa abad kemudian. Dengan penemuannya ini ia sangat ingin mendidik moral masyarakat Athena menjadi lebih baik.

Namun, penemuannya ini malah dianggap sebagai ajaran sesat yang hanya akan meracuni pikiran dan jiwa anak-anak muda. Ia dianggap melanggar ajaran keyakinan masyarakat Yunani yang pada saat itu menyembah banyak dewa.

Oleh karena itu, ia ditangkap dan dijatuhi hukuman mati. Ia diperintahkan untuk meneguk racun dan ia mematuhi perintah tersebut. Meskipun pada saat itu sebenarnya ia mempunyai kesempatan untuk melarikan diri dari hukuman, namun ia lebih memilih untuk meminum racun karena ia patuh terhadap hukum.

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook