SAYA AKAN MENDIRIKAN
SYARIKAT DAGANG MUSLIM
Sembilan dari sepuluh rezeki, dituangkan Allah melalui perdagangan. Nabi Muhammad dan para sahabatnya adalah pedagang. Khadijah juga pedagang yang kaya raya.
Sembilan dari sepuluh rezeki, dituangkan Allah melalui perdagangan. Nabi Muhammad dan para sahabatnya adalah pedagang. Khadijah juga pedagang yang kaya raya.
PERSATUSNNYS, Syarikat Dagang Muslim, sekolahnya
sekolah TEMPE (Tehnik Mengatasi Penjajahan Ekonomi(Hayalan M.Rakib Jamari)
Penulis sebelum membuat syarikat
dagang muslim, sudah tertarik dengan
sejarah SDI. Sejak permulaan Serikat
Dagang Islam didirikan olehH Samanhudi pada tanggal 16 Oktober 1905 di Solo dan
kemudian ketika Syarikat Islam diresmikan dengan Akte Notaris pada tanggal 10
September 1912 denganberkedudukan di kota Solo, Syarikat Islam telah meletakan
dasar perjuangannyaatas tiga prinsip dasar, yaitu :
Asas Islam sebagai dasar perjuangan organisasi
Asas Kerakyatan sebagai dasar himpunan
organisasi,dan
Asas Sosial Ekonomi sebagai usaha untuk
meningkatkankesejahteraan rakyat yang umumnya berada dalam taraf kemiskinan dan
kemelaratan
Islam sebagai Dasar Perjuangan
Syarekat Islam menetapkan dasar Islam
sebagailandasan perjuangannya adalah karena pemimpin-pemimpin pejuang Syarekat
Islamhaqqul yakin hanya landasan Islamlah yang mampu mempersatukan ummat Islam
yangtertindas oleh para penguasa Belanda dan Cina dari segenap penjuru waktu
itu.
Amelz dalam buku HOS Tjokroaminoto- Hidup
danPerjuangannya menuliskan tentang keinginan pemerintahan Belanda terhadap
Islamsebagai berikut :
” Karena jikalau rakyat Indonesia menjadi
politikbewust, menjadi sadar terhadap hak-hak politiknya, niscaya bahaya besar
akanmenimpa penjajah, akan dapat mereka rebut kembali hak-haknya yang luhur
itu.Terutama bagi Agama Islam dan kaum Muslimin tersebut senjata-senjata
yangkhusus ditangan penjajah. Belanda menginsafi bahaya seperti yang
ditimbulkanoleh Tengku Tjik di Tiro, oleh Imam Bonjol, oleh Diponegoro dan
lain-lainpemimpin Islam. Perjuangan mereka itu melawan penjajahan, bukan
hanyadidasarkan oleh semangat kemerdekaan tanah air, terutama adalah didorong
olehkepercayaan keagamaan, yaitu kepercayaan hendak menyirnakan golongan
yangdzalim.
Belanda tidak ingin melihat terulangnya
riwayatTengku Tjhik di Tiro, Imam Bonjol dan Dipenogoro itu. Mereka berupaya
supayarakyat Indonesia jangan sampai menjadi Islam bewust. Disumbat hendaknya
segalamacam jalan dan saluran yang menjadi sebab rakyat sadar kepada
ajaran-ajaranagamanya (Islam).
Boleh orang memeluk agama Islam. Tetapi
caramemeluknya itu hanyalah sebatas kepercayaan dalam hatinya seseorang
belaka,sebagai alat untuk menyembah Tuhannya di dalam mesjid dan surau.
JanganlahIslam dijadikan alat dalah hidup perjuangannya seseorang, apalagi
sebagai dasarperjuangan untuk menentang kolonial.
Dengan begitu diusahakan Belanda, supaya agama
itumenjadi pengertian yang mati, menjadi falsafah yang hanya hidup dalam
khayal,menjadi sebutan bibir belaka. Islam hendak dijadikan tinggal huruf
belakadengan tiada jiwanya lagi”.
Asas Kerakyatan
Pada saat Sarikat Dagang Islam didirikan
dankemudian berubah menjadi Syarikat Islam, masyarakat pada saat itu berada
dalamposisi yang sangat terpojok akibat ” Poenale Sanctie dan Koelie
Ordonantie”serta akibat fasilitas dan monopoli di bidang perdagangan yang diberikan
olehpemerintahan Belanda kepada golongan Cina.
Ide dan asas perjuangan Syarikat Islam adalah
idedan asas kerakyatan Syarikat Islam (SI) berjuang untuk rakyat yang miskin
danhidup sengsara. Meskipun di antara pemimpin-pemimpin SI ada yang berasal
darigolongan ningrat, tetapi tujuan perjuangan SI tidak pernah menyimpang
daritujuan semula. Pemimpin-pemimpin SI tetap berjuang untuk kepentingan
rakyatjelata dengan suatu tekad suci, yaitu kemiskinan dan kemelaratan rakyat
yangharus dilenyapkan.
Asas Sosial Ekonomi
Cina memegang monopoli perdagangan hampir
dalamsegala sektor, keadaan demikian terjadi karena golongan Cina sendiri
olehpemerintahan Belanda diberikan hak-hak istimewa dan diperlakukan
istimewasebagai kaula negara Belanda yang dinamakan Vreem de Oosterlingen
sementarapenduduk pribumi berada pada klas ketiga (rendah) yang disebut
sebagai“inlanders”.
Maka untuk menghadapi persaingan dan
tantangandemikian tidak mungkin hanya dihadapi oleh para pengusaha pribumi
saja. Tetapiseluruh potensi khususnya Ummat Islam harus dikerahkan dalam
usahamempertahankan hak dan martabat bangsa Indonesia. Atas dasar itu pula
kata“Dagang” dihilangkan menjadi Syarikat Islam, sehingga seluruh Ummat
Islammemiliki rasa tanggung jawab dan mampu menghadapi segala halang rintang
dantantangan bersama, diantaranya dalam persoalan ekonomi menghadapi
konglomerasiCina.
TUJUANSYARIKAT ISLAM
Di dalam akte notaris yang memuat statuen
dariperkumpulan Syarikat Islam tertanggal 10 September 1912, ditetapkan tujuan
dariperkumpulan itu, pada waktu itu dalam bahasa Belanda, terjemahannnya ialah
:
Tujuan Syarikat Islam :
Memajukan Perdagangan (jadi tujuan ini
tetapdipertahankan sejak SDI) Memberikan pertolongan kepada anggota-anggota
yang mengalamikesukaran (jadi semacam koperasi)
Memajukan kepentingan rohani dan jasmani
daripenduduk asli
Memajukan kehidupan agama Islam
Dalam hubungan dengan tujuan Syarikat Islam ini,
HOSTjokroaminoto mengemukakan sebagai berikut : ” Pada umumnya, maka
pergerakan(Syarikat Islam) bermaksud :
Menghilangkan anggapan yang sangat sesat
tentangagama Islam, dan memajukan peri-kehidupan menurut ajaran Islam, serta
memajukanamal saleh dan kebaktian kepada Allah, diantara rakyat Indonesia
Memelihara tali cinta diantara sesama para
anggotadan membangun hati mereka untuk mengerjakan tolong-menolong satu sama
lain
Memberikan pertolongan kepada anggota yang
bukankarena salahnya sendiri dan tidak sengaja mendapat kesusahan. Buat
meneguhkankeyakinan, untuk membesarkan kekuatan batin dan semangat serta
menyucikan hatitiap-tiap anggota, maka sekalian anggota partai, dengan
kemampuannya sendirimenyatakan janji dan sumpah, bahwa mereka itu :
Akan maju untuk menjalankan perbuatan suci
Maju untuk mencari kepandaian
Maju untuk mengerjakan perbuatan yang benar
Maju untuk melaksanakan penyempurnaan Ilmu
Cita Politik Syarikat Islam
PERSATUANUMAT
Kemenangan Belanda menjajah bumi nusantara
bukansaja karena memiliki senjata dan mesiu yang lengkap, tetapi juga karena
merekamendapat bantuan dari golongan bangsa kita sendiri yang rasa
nasionalitasnyamasih nihil. apalagi karena godaan kedudukan, uang dan kekayaan.
Selain itusepanjang abad ke-19 karena perjuangan mereka dalam menghadapi
kekuasaanBelanda yang telah menimbulkan penderitaan rakyat yang demikian parah
tidakdidasarkan pada usaha memiliki organisasi yang teratur dan rapi, tidak
jugamemiliki program dan arah yang terencana. Maka atas dasar pemikiran
itulahSyarikat Islam berpendapat bahwa persatuan dan kesatuan umat menjadi
suatu yangmutlak dan tak bisa ditawar lagi. Malah lebih dari itu Syarikat Islam
inginmenciptakan satu persatuan dan kesatuan umat Islam sedunia, yang lebih
dikenaldengan istilah Pan-Islamisme.
KEMERDEKAANUMAT
Yang dimaksud dengan kemerdekaan umat
adalahkemerdekaan bangsa Indonesia dalam bidang politik dan bidang
ekonomi.Kemerdekaan adalah mutiara kehidupan bagi setiap insan yang ingin
menikmatirahmat dan karunia Allah.
Kemerdekaan dan kedaulatan yang telah hilang
danlenyap karena diperkosa oleh Belanda, maka menjadi kewajiban
untukmengembalikan kemerdekaan dan kedaulatan dan kewajiban untuk melenyapkan
segalaperbedaan-perbedaan. Tegasnya kemerdekaan umat adalah “melenyapkan
perbudakanmanusia atas manusia”.
PERSATUSNNYS, Syarikat Dagang Muslim, sekolahnya
sekolah TEMPE (Tehnik Mengatasi Penjajahan Ekonomi(Hayalan M.Rakib Jamari)
Penulis sebelum membuat syarikat
dagang muslim, sudah tertarik dengan
sejarah SDI. Sejak permulaan Serikat
Dagang Islam didirikan olehH Samanhudi pada tanggal 16 Oktober 1905 di Solo dan
kemudian ketika Syarikat Islam diresmikan dengan Akte Notaris pada tanggal 10
September 1912 denganberkedudukan di kota Solo, Syarikat Islam telah meletakan
dasar perjuangannyaatas tiga prinsip dasar, yaitu :
Asas Islam sebagai dasar perjuangan organisasi
Asas Kerakyatan sebagai dasar himpunan
organisasi,dan
Asas Sosial Ekonomi sebagai usaha untuk
meningkatkankesejahteraan rakyat yang umumnya berada dalam taraf kemiskinan dan
kemelaratan
Islam sebagai Dasar Perjuangan
Syarekat Islam menetapkan dasar Islam
sebagailandasan perjuangannya adalah karena pemimpin-pemimpin pejuang Syarekat
Islamhaqqul yakin hanya landasan Islamlah yang mampu mempersatukan ummat Islam
yangtertindas oleh para penguasa Belanda dan Cina dari segenap penjuru waktu
itu.
Amelz dalam buku HOS Tjokroaminoto- Hidup
danPerjuangannya menuliskan tentang keinginan pemerintahan Belanda terhadap
Islamsebagai berikut :
” Karena jikalau rakyat Indonesia menjadi
politikbewust, menjadi sadar terhadap hak-hak politiknya, niscaya bahaya besar
akanmenimpa penjajah, akan dapat mereka rebut kembali hak-haknya yang luhur
itu.Terutama bagi Agama Islam dan kaum Muslimin tersebut senjata-senjata
yangkhusus ditangan penjajah. Belanda menginsafi bahaya seperti yang
ditimbulkanoleh Tengku Tjik di Tiro, oleh Imam Bonjol, oleh Diponegoro dan
lain-lainpemimpin Islam. Perjuangan mereka itu melawan penjajahan, bukan
hanyadidasarkan oleh semangat kemerdekaan tanah air, terutama adalah didorong
olehkepercayaan keagamaan, yaitu kepercayaan hendak menyirnakan golongan
yangdzalim.
Belanda tidak ingin melihat terulangnya
riwayatTengku Tjhik di Tiro, Imam Bonjol dan Dipenogoro itu. Mereka berupaya
supayarakyat Indonesia jangan sampai menjadi Islam bewust. Disumbat hendaknya
segalamacam jalan dan saluran yang menjadi sebab rakyat sadar kepada
ajaran-ajaranagamanya (Islam).
Boleh orang memeluk agama Islam. Tetapi
caramemeluknya itu hanyalah sebatas kepercayaan dalam hatinya seseorang
belaka,sebagai alat untuk menyembah Tuhannya di dalam mesjid dan surau.
JanganlahIslam dijadikan alat dalah hidup perjuangannya seseorang, apalagi
sebagai dasarperjuangan untuk menentang kolonial.
Dengan begitu diusahakan Belanda, supaya agama
itumenjadi pengertian yang mati, menjadi falsafah yang hanya hidup dalam
khayal,menjadi sebutan bibir belaka. Islam hendak dijadikan tinggal huruf
belakadengan tiada jiwanya lagi”.
Asas Kerakyatan
Pada saat Sarikat Dagang Islam didirikan
dankemudian berubah menjadi Syarikat Islam, masyarakat pada saat itu berada
dalamposisi yang sangat terpojok akibat ” Poenale Sanctie dan Koelie
Ordonantie”serta akibat fasilitas dan monopoli di bidang perdagangan yang diberikan
olehpemerintahan Belanda kepada golongan Cina.
Ide dan asas perjuangan Syarikat Islam adalah
idedan asas kerakyatan Syarikat Islam (SI) berjuang untuk rakyat yang miskin
danhidup sengsara. Meskipun di antara pemimpin-pemimpin SI ada yang berasal
darigolongan ningrat, tetapi tujuan perjuangan SI tidak pernah menyimpang
daritujuan semula. Pemimpin-pemimpin SI tetap berjuang untuk kepentingan
rakyatjelata dengan suatu tekad suci, yaitu kemiskinan dan kemelaratan rakyat
yangharus dilenyapkan.
Asas Sosial Ekonomi
Cina memegang monopoli perdagangan hampir
dalamsegala sektor, keadaan demikian terjadi karena golongan Cina sendiri
olehpemerintahan Belanda diberikan hak-hak istimewa dan diperlakukan
istimewasebagai kaula negara Belanda yang dinamakan Vreem de Oosterlingen
sementarapenduduk pribumi berada pada klas ketiga (rendah) yang disebut
sebagai“inlanders”.
Maka untuk menghadapi persaingan dan
tantangandemikian tidak mungkin hanya dihadapi oleh para pengusaha pribumi
saja. Tetapiseluruh potensi khususnya Ummat Islam harus dikerahkan dalam
usahamempertahankan hak dan martabat bangsa Indonesia. Atas dasar itu pula
kata“Dagang” dihilangkan menjadi Syarikat Islam, sehingga seluruh Ummat
Islammemiliki rasa tanggung jawab dan mampu menghadapi segala halang rintang
dantantangan bersama, diantaranya dalam persoalan ekonomi menghadapi
konglomerasiCina.
TUJUANSYARIKAT ISLAM
Di dalam akte notaris yang memuat statuen
dariperkumpulan Syarikat Islam tertanggal 10 September 1912, ditetapkan tujuan
dariperkumpulan itu, pada waktu itu dalam bahasa Belanda, terjemahannnya ialah
:
Tujuan Syarikat Islam :
Memajukan Perdagangan (jadi tujuan ini
tetapdipertahankan sejak SDI) Memberikan pertolongan kepada anggota-anggota
yang mengalamikesukaran (jadi semacam koperasi)
Memajukan kepentingan rohani dan jasmani
daripenduduk asli
Memajukan kehidupan agama Islam
Dalam hubungan dengan tujuan Syarikat Islam ini,
HOSTjokroaminoto mengemukakan sebagai berikut : ” Pada umumnya, maka
pergerakan(Syarikat Islam) bermaksud :
Menghilangkan anggapan yang sangat sesat
tentangagama Islam, dan memajukan peri-kehidupan menurut ajaran Islam, serta
memajukanamal saleh dan kebaktian kepada Allah, diantara rakyat Indonesia
Memelihara tali cinta diantara sesama para
anggotadan membangun hati mereka untuk mengerjakan tolong-menolong satu sama
lain
Memberikan pertolongan kepada anggota yang
bukankarena salahnya sendiri dan tidak sengaja mendapat kesusahan. Buat
meneguhkankeyakinan, untuk membesarkan kekuatan batin dan semangat serta
menyucikan hatitiap-tiap anggota, maka sekalian anggota partai, dengan
kemampuannya sendirimenyatakan janji dan sumpah, bahwa mereka itu :
Akan maju untuk menjalankan perbuatan suci
Maju untuk mencari kepandaian
Maju untuk mengerjakan perbuatan yang benar
Maju untuk melaksanakan penyempurnaan Ilmu
Cita Politik Syarikat Islam
PERSATUANUMAT
Kemenangan Belanda menjajah bumi nusantara
bukansaja karena memiliki senjata dan mesiu yang lengkap, tetapi juga karena
merekamendapat bantuan dari golongan bangsa kita sendiri yang rasa
nasionalitasnyamasih nihil. apalagi karena godaan kedudukan, uang dan kekayaan.
Selain itusepanjang abad ke-19 karena perjuangan mereka dalam menghadapi
kekuasaanBelanda yang telah menimbulkan penderitaan rakyat yang demikian parah
tidakdidasarkan pada usaha memiliki organisasi yang teratur dan rapi, tidak
jugamemiliki program dan arah yang terencana. Maka atas dasar pemikiran
itulahSyarikat Islam berpendapat bahwa persatuan dan kesatuan umat menjadi
suatu yangmutlak dan tak bisa ditawar lagi. Malah lebih dari itu Syarikat Islam
inginmenciptakan satu persatuan dan kesatuan umat Islam sedunia, yang lebih
dikenaldengan istilah Pan-Islamisme.
KEMERDEKAANUMAT
Yang dimaksud dengan kemerdekaan umat
adalahkemerdekaan bangsa Indonesia dalam bidang politik dan bidang
ekonomi.Kemerdekaan adalah mutiara kehidupan bagi setiap insan yang ingin
menikmatirahmat dan karunia Allah.
Kemerdekaan dan kedaulatan yang telah hilang
danlenyap karena diperkosa oleh Belanda, maka menjadi kewajiban
untukmengembalikan kemerdekaan dan kedaulatan dan kewajiban untuk melenyapkan
segalaperbedaan-perbedaan. Tegasnya kemerdekaan umat adalah “melenyapkan
perbudakanmanusia atas manusia”.
No comments:
Post a Comment