MEMUKUL ANAK ITU BAGUS
BESAR HIKMAHNYA
M.RAKIB LPMP RIAU INDONESIA RAYA
Pukullah anak menurut petunjuk Rasulullah bahwa shalat itu
tiang agama mempunyai implikasi luas. Sebuah petunjuk yang lengkap dan
sistematis. Ia akan disiplin dan malu jika tidak shalat, demikian juga ia akan
malu kalau mengonsumsi narkoba, mencuri, dsb.
Hal ini mampu memberikan rasa tanggung jawab kepada anak, the power of family. Ketika anak telah memiliki fondasi keimanan kuat, maka apapun profesinya akan tetap berjiwa agama. Bagaimana dengan pemberian hadiah dalam memotivasi anak belajar agama, mengingat hal itu akan sangat berperan dalam perkembangan pribadi si anak kelak?Dalam Alquran dan Hadis terdapat istilah ''Bashiran wanadhiran.'' Sesuatu yang menggembirakan dan menakutkan, reward and punishment. Namun, dalam konsep Islam lebih mengutamakan reward. Lebih tegas lagi disebutkan: ''Yassiru wa latuassiru,'' mudahkanlah dan jangan dipersulit. Karena itu, dalam mengajarkan semua ilmu kepada anak, seharusnya dengan cara yang menyenangkan sehingga tidak menimbulkan dendam dan kebencian. Bukankah Alquran menyatakan bahwa Allah memuliakan anak-anak Adam. Bahkan di negara-negara Barat, negara akan menghukum orang tua yang tidak memberikan pendidikan dan penghidupan dengan baik kepada anaknya. Anak itu pun akan diambil oleh negara.
Kecuali sangat terpaksa, hukuman boleh dilakukan. Namun, harus sebagai jalan terakhir dan tidak boleh diulang-ulang, karena tidak akan efektif lagi. Hukuman sebaiknya yang lebih mendidik dan memotivasi anak. Dalam kaitan ini, betapa Nabi Muhammad SAW sangat peduli dalam memperlakukan anak-anak. Dikisahkan, suatu ketika seorang wanita datang menemui Nabi dengan menggendong bayinya. Nabi pun meminta menggendong bayi itu setelah sang ibu menolak karena khawatir ia kencing di gendongan Nabi. Ternyata benar bayi itu mengencingi pakaian Nabi dan sontak sang ibu mengambilnya dengan agak kasar karena malu pada Nabi. Tentu, Rasulullah melarang perlakuan sang ibu tersebut dengan mengatakan, ''bukankah pakaian yang najis ini bisa dicuci. Ini tak seberapa dibanding dengan dampak psikologis terhadap anak tersebut.'' Nabi juga tak marah ketika sang cucu, Husin, menaiki punggungnya sewaktu ia shalat sekalipun harus bersujud lama. Pendidikan agama dimaksudkan untuk membentuk anak berkepribadian religius, yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Bagaimana penjelasannya?
Dalam pendidikan terdapat tanggung jawab tiga angle. Rumah tangga sebagai pembentukan sikap (afektif), sekolah sebagai wahana pengembangan kognitif (intelektual), dan masyarakat sebagai psikomotorik. Ketiganya harus ada kesatuan. Rumah tangga sebagai afektif adalah tempat melatih anak bersifat jujur, ikhlas, dermawan, dsb. Nah, sekarang ini ketiga hal itu tidak jalan. Semua hal yang semestinya dilakukan di rumah tangga, diserahkan ke sekolah. Sementara kemampuan sekolah sangat terbatas. Dalam menghadapi era global sekarang ini, sebaiknya jika ketiga hal itu dapat dibangun dengan baik. Kini, kerap muncul nada minor mengenai pengaruh negatif TV, khususnya terhadap anak-anak. Tayangan TV juga dapat membuat anak 'kecanduan' dan terikat dengan televisi. Pada gilirannya, kecanduan ini akan menjadi masalah yang lebih besar. Bagaimana sebaiknya orang tua bersikap?TV adalah sebuah media yang tidak memiliki salah apa-apa. Tapi, program yang dibuat itulah yang akan memberikan dampak bagi anak-anak. Yang terpenting adalah bagaimana orang tua lebih mempunyai kemampuan mengawasi anak-anaknya. Kita tidak bisa membatasi sama sekali anak-anak dari menonton TV, bagian-bagian yang penting memang harus ditonton, khususnya dalam mendukung perkembangan pendidikan anak. Memang sangat sulit melakukan pembatasan, tapi ini merupakan tantangan bagi kita semua. Saya kira kita bisa melakukan hal itu.
Untuk menjadi orang baik pada zaman sekarang ini memang tidak semudah seperti zaman orang-orang dulu, ketika TV belum ada. Orang tua tidak begitu repot. Tapi kini orang tua juga harus sadar dengan kondisi perkembangan yang ada. Kita tidak bisa mendidik anak-anak sama dengan yang dilakukan 20 tahun lalu. Karena itu, sekali lagi diperlukan the power of family. Dengan wawasan dan metode yang baik kita bisa melakukan itu. Bukankah masih banyak contoh anak-anak keluarga Muslim yang berhasil di zaman sekarang ini.sam/dokrep/Januari 2004
m.rakib lpmp riau indonesia 2014
SALAH SATU HIKMAH MENGAPA ANAK YANG TIDAK
SHALAT BOLEH DIPUKUL IALAH KARENA ANAK TIDAK BOLEH DIMANJAKAN
Petunjuk Rasulullah bahwa shalat itu tiang agama
mempunyai implikasi luas. Sebuah petunjuk yang lengkap dan sistematis. Ia akan
disiplin dan malu jika tidak shalat, demikian juga ia akan malu kalau
mengonsumsi narkoba, mencuri, dsb.Hal ini mampu memberikan rasa tanggung jawab
kepada anak, the power of family. Ketika anak telah memiliki fondasi keimanan
kuat, maka apapun profesinya akan tetap berjiwa agama. Bagaimana dengan
pemberian hadiah dalam memotivasi anak belajar agama, mengingat hal itu akan
sangat berperan dalam perkembangan pribadi si anak kelak?Dalam Alquran dan
Hadis terdapat istilah ''Bashiran wanadhiran.'' Sesuatu yang menggembirakan dan
menakutkan, reward and punishment. Namun, dalam konsep Islam lebih mengutamakan
reward. Lebih tegas lagi disebutkan: ''Yassiru wa latuassiru,'' mudahkanlah dan
jangan dipersulit. Karena itu, dalam mengajarkan semua ilmu kepada anak,
seharusnya dengan cara yang menyenangkan sehingga tidak menimbulkan dendam dan
kebencian. Bukankah Alquran menyatakan bahwa Allah memuliakan anak-anak Adam.
Bahkan di negara-negara Barat, negara akan menghukum orang tua yang tidak memberikan pendidikan dan penghidupan dengan baik kepada anaknya. Anak
itu pun akan diambil oleh negara.
Kecuali sangat terpaksa, hukuman boleh dilakukan. Namun, harus sebagai jalan terakhir dan tidak boleh diulang-ulang, karena tidak akan efektif lagi. Hukuman sebaiknya yang lebih mendidik dan memotivasi anak.
Jangan memnajakan anak dalam hal yang berkaitan dengansalat dan yang di luar salat. Menarik juga yang ditulis
Oleh: Ellen
White [AkhirZaman.org]
Kasih yang Sejati Tidak Bersifat Memanjakan. Kasih adalah kunci ke hati
seorang anak, tetapi kasih yang menuntun orang tua untuk memanjakan anak‑anak
mereka di dalam keinginan‑keinginan yang tidak halal bukanlah satu kasih yang
akan mendatangkan kebajikan bagi mereka. Kasih sayang yang sungguh‑sungguh yang
timbul dari kasih kepada Tuhan, salat kepadaNya, akan menyanggupkan orang tua
menggunakan wewenang yang bijaksana dan menuntut penurutan yang segera. Hati
orang tua dan anak‑anak harus dilebur menjadi satu, sehingga sebagai satu
keluarga mereka dapat menjadi satu saluran melalui mana hikmat, kebajikan,
kesabaran, kemurahan hati, dan kasih dapat mengalir.1
Anak
yang tidak pernah dipukul fisik dan mentalnya, tidak akan mandiri. Terlalu Banyak Kebebasan akan Menghasilkan Anak‑anak yang
Pemboros. Alasan mengapa anak‑anak tidak
beribadat (Salat) adalah oleh karena mereka diberikan terlalu banyak kebebasan.
Kemauan dan kecenderungan mereka manjakan.... Banyak anak‑anak pemboros menjadi
demikian oleh sebab manjakan di dalam rumah tangga, oleh sebab orang tua mereka
bukanlah orang‑orang yang menurut Firman itu. Pikiran dan tujuan harus ditopang
oleh prinsip yang kokoh, tidak menyeleweng dan prinsip yang disucikan.
Keteguhan dan kasih sayang harus dikuatkan oleh satu teladan yang teguh dan
penuh kasih.2
Lebih
Banyak Memanjakan, Lebih Sulit Pengaturannya.
Orang tua, jadikan rumah tangga menyenangkan bagi anak‑anakmu. Dengan hal ini,
yang saya maksudkan, bukanlah bahwa engkau harus memanjakan mereka. makin
dimanjakan mereka, maka akan lebih sulit mereka diatur, dan lebih sulit bagi
mereka untuk hidup dengan jujur dan dengan agung bilamana mereka terjun ke dalam
masyarakat. Jikalau engkau membiarkan mereka berbuat menurut kemauan mereka,
maka kesucian dan keindahan tabiat mereka akan segera pudar. Ajar mereka
menurut. Biarlah mereka menyadari bahwa wewenangmu harus dihormati. Hal ini
tampaknya memberikan kepada mereka sesuatu yang tidak menyenangkan sekarang
ini, tetapi hal ini akan menjauhkan dari mereka banyak hal yang tidak
menyenangkan pada kemudian hari.3
Memanjakan
seorang anak pada waktu masih kecil dan pada waktu berbuat kesalahan adalah
satu dosa. Seorang anak harus dikendalikan.4
Jikalau
anak‑anak dibiarkan mengikuti jalan mereka sendiri, maka mereka akan
berpendapat bahwa mereka itu harus diawasi, diurus, dimanjakan, dan
disenangkan. Mereka beranggapan bahwa segala keinginan dan kemauan mereka harus
dikabulkan.5
Tidak
bolehkah seorang ibu membiarkan anaknya mengikuti jalan sendiri sekali‑sekali,
membiarkan dia untuk berbuat menurut keinginannya sendiri, dan membiarkan dia
untuk tidak menurut? Tentu saja tidak, oleh karena bilamana ia berbuat
demikian, ia membiarkan setan mengibarkan bendera kejahatannya itu di dalam
rumah tangga. Ibu harus terjun dalam peperangan yang dihadapi oleh anaknya itu
dimana ia tidak dapat berperang bagi dirinya sendiri. Ini adalah pekerjaannya,
untuk mengusir si jahat, untuk mencari Allah dengan sungguh‑sungguh, dan jangan
sekali‑kali membiarkan setan merebut anaknya dari tangannya dan menempatkan
anak itu pada pangkuan setan.6
Sikap
Memanjakan Menyebabkan Kebodohan dan kemalasan,
Kegelisahan dan Ketidakpuasan.
Di dalam beberapa keluarga keinginan anak‑anak adalah merupakan undang‑undang.
Segala sesuatu yang ia ingin diberikan kepadanya. Untuk segala sesuatu
yang tidak disukainya, ia didorong untuk tidak menyukainya. Pemanjaan seperti
ini disangka akan menjadikan anak itu berbahagia, tetapi hal‑hal inilah yang
menjadikan dia gelisah, tidak puas, dan tidak merasa puas dengan sesuatupun.
Pemanjaan telah merusak seleranya untu makanan yang sederhana dan menyehatkan,
untuk menggunakan waktunya dengan baik dan dengan cara yang menyehatkan;
pemanjaan telah mengakibatkan rusaknya tabiat untuk sekarang ini dan untuk
selama‑lamanya.7
Teguran
Elisa yang Efektif Terhadap Sikap yang Tidak Hormat. Pendapat bahwa kita harus menyerah kepada kemauan anak‑anak
yang keras kepala adalah suatu kesalahan. Elisa, pada awal pekerjaannya, telah
diolok‑olok dan dicemoohkan oleh anak‑anak muda di Betel. Dia adalah seorang
yang amat lemah lembut, tetapi Roh Allah menggerakkan dia untuk mengucapkan
satu kutuk terhadap diri orang‑orang yang mengolok‑oloknya itu. Mereka telah
mendengar tentang Elia naik ke sorga, dan mereka telah menjadikan hal yang
khidmat ini sebagai bahan ejekan mereka. Elisa menyatakan bahwa ia tidak boleh
diremehkan, oleh orang tua atau orang muda, di dalam panggilannya yang
suci itu. Bilamana mereka mengatakan kepadanya bahwa lebih baik dia naik ke
sorga, sebagaimana yang telah dilakukan oleh Elia sebelumnya, ia telah mengutuk
mereka dalam nama Tuhan. Hukuman yang hebat yang terjadi ke atas diri mereka
berasal dari Allah.
Sesudah
peristiwa ini, Elisa tidak mengalami kesulitan lain di dalam tugasnya. Untuk
lima puluh tahun lamanya ia keluar masuk pintu gerbang Betel, dan hilir mudik
dari kota ke kota, sambil melewati banyak orang muda yang paling jahat, paling
kasar dan tidak berakhlak; tetapi tidak seorangpun pernah mengolok‑olok dia
atau mencemoohkan sifat‑sifatnya sebagai nabi dari Yang Mahatinggi.8
Jangan
Menyerah Kepada Bujukan Aanak-anak anda.
Orang tua mempunyai banyak hal untuk dipertanggung-jawabkan pada hari
penghukuman oleh sebab mereka telah memanjakan anak‑anak mereka. Banyak orang
tua mengabulkan setiap keinginan yang tidak masuk akal, oleh karena adalah
lebih mudah untuk mengatasi tuntutan mereka dengan cara seperti ini daripada
dengan cara lainnya. Seorang anak harus dididik sedemikian rupa sehingga satu
penolakan akan diterima dengan roh yang benar dan diterima sebagai satu
keputusan terakhir.9
Jangan
Abaikan Kata‑kata Orang Lain Karena Percayai Kata‑kata Anakmu. Orang tua jangan meremehkan dosa anak‑anak mereka.
Bilamana dosa‑dosa ini dinyatakan oleh beberapa orang sahabat yang setia, orang
tua jangan merasa bahwa haknya telah diganggu, bahwa ia telah menerima satu
penghinaan pribadi. Kebiasaan setiap anak dan orang muda mempengaruhi
kesejahteraan masyarakat. Tindakan yang salah dari seorang anak muda dapat
menuntun banyak anak muda lainnya dalam satu jalan yang jahat.l0
Jangan
biarkan anak‑anakmu mengetahui bahwa engkau lebih mempercayai kata‑kata mereka
daripada pernyataan orang‑orang Kristen yang lebih tua. Engkau tidak dapat
berbuat kesalahan yang lebih besar lagi terhadap mereka. Dengan mengatakan,
Saya percaya akan anak‑anak saya lebih daripada mereka yang dengannya saya
mempunyai bukti bahwa mereka adalah anak‑anak Allah, maka engkau sedang
memperkembangkan di dalam diri mereka kebiasaan untuk berdusta.11
Kejahatan
adalah Warisan daripada Seorang Anak yang Dimanja. Mustahillah untuk menggambarkan kejahatan yang diakibatkan
oleh membiarkan seorang anak untuk mengikuti kemauannya. Beberapa orang yang
tersesat oleh sebab kelalaian pada masa kecilnya kelak akan, melalui penanaman
pelajaran‑pelajaran yang praktis, sadar kembali; tetapi akan banyak yang hilang
untuk selama‑lamanya oleh karena pada masa kanak‑kanak dan pada masa muda
mereka telah menerima satu pendidikan yang sepihak saja. Anak yang dimanja
mempunyai satu beban yang berat yang harus dipikulnya untuk seumur hidup.
Penulis
setuju dengan Ellen
White bahwa di dalam ujian, di dalam kekecewaan, di dalam
penggodaan, ia akan mengikuti kemauannya yang tidak berdisiplin, dan salah
arah. Anak‑anak yang tidak pernah belajar untuk menurut akan memiliki tabiat
yang lemah dan mudah terpengaruh oleh dorongan hati. Mereka berusaha untuk
memerintah, tetapi tidak pernah belajar untuk menyerah. Mereka tidak mempunyai
kekuatan moral untuk mengekang sifat‑sifat mereka yang tersesat, untuk
memperbaiki kebiasaan mereka yang salah, atau untuk mengalahkan kemauan mereka
yang tidak terkendalikan. Kesalahan‑kesalahan dari masa kanak‑kanak yang tidak
dididik dan tidak didisiplin akan menjadi warisan pada waktu sudah menjadi
dewasa. Pikiran yang sudah rusak tidak akan dapat membedakan antara yang benar
dan yang palsu.
No comments:
Post a Comment