Saturday, March 29, 2014

SEKILAS RAMALAN CUACA DI LPMP RIAU.2



SEKILAS RAMALAN CUACA

DI LPMP RIAU.2

Mr.HM.Rakib Ciptakarya LPMP Riau.2014

Anda mungkin mengenal para peramal fenomenal dunia seperti Nostra-damus, Dimitrova, Mother Shipton, dan Jayabaya? Memang ada ramalan mereka yang kebetulan terbukti benar. Namun, waspadalah! Bila Anda memercayainya niscaya Anda dapat terjerumus pada kekufuran. Tapi tidak demikian dengan Rasulullah. Mungkin tidak banyak di antara kita yang tahu bahwa beliau memiliki mukjizat dapat memprediksi peristiwa yang akan terjadi. Nubuat Rasulullah itu bersifat pasti karena dibimbing oleh wahyu Allah. Lalu, seperti apa saja prediksi Rasulullah itu?
Cerita islami ini merupakan lanjutan dari cerita nabi yusuf sebelumnya yang berkisah tentang nabi yusuf masuk penjara.  Yaitu cerita mukjizat nabi yusuf yang mampu mentafsir mimpi.

Suatu hari, raja dalam tidurnya bermimpi. Dalam mimpinya ia melihat dirinya berdiri di tepi sungai Nil. Air sungail nil turun di depan matanya. Air sungai nil tenggelam dan habis sehingga sungai itu menjadi tumpukan tanah yang kosong dari air. Kemudian ikan-ikan melompat-lompat sehingga tersembunyi dalam tanah sungai. Lalu keluarlah dari sungai itu tujuh sapi yang gemuk dan keluar juga tujuh sapi yang kurus. Sapi-sapi yang kurus itu malah menyerang sapi sapi yang gemuk. Sapi sapi yang kurus itu berubah menjadi binatang-binatang buas yang melahap sapi-sapi yang gemuk. Dalam mimpinya itu raja berdiri dan menyaksikan pemandangan yang mengerikan dan menakutkan itu. Ia menyaksikan teriakan-teriakan sapi sapi yang gemuk itu saat dimakan oleh para sapi kurus.

mukjizat nabi yusuf tafsir mimpi

Kemudian di atas tepi sungail nil muncul tujuh tangkai hijau dan tujuh tangkai hijau itu tenggelam dalam tanah. Dan muncullah ditanaha yang sama tu tujuh tangkai yang kecing.  Setelah melihat mimpi itu, tiba tiba raja bangun dari tidurnya dengan diselimuti rasa takut.  Setelah itu raja menceritakan mimpinya kepada para peramal, para dukun dan juga para menterinya. Ia meminta kepada mereka untuk mengartikan mimpinya. Seorang peramal mengatakan  bahwa mimpinya cukup aneh, bagamana sapi sapi kurus dapat memakan sapi-sapi yang gemu. Peramal itu mengira bahwa mimpinya hanya kembang mimpi bias ayang tiada artinya. Ahlimimpi, dan orang orang disekitar raja juga berpendapat sama, bahwa tidak ada arti khusus dari mmpi sang raja.

cerita Mukjizat Nabi Yusuf – Kabar mengenai mimpi raja itu akhirnya sampai ke telinga petugas pemberi minum raja yang dulu sempat di penjara. Pikirannya bergejolak ketika mendengar mimpi raja itu. Ia kemudian mengingat ingat mpimpi yang dilihatnya di penjara. Kemudian ia mengingat, bahwa ada seorang yang bernama Yusuf yang mentafsirkan mimpinya. Ia pun segera bergegas ke tempar sang raja dan menceritakan apa yang dialaminya bersama Yusuf . Kemudian tukang pemberi minum itu berkata kepada raja: “Sesungguhnya hanya Yusuf satu-satunya yang mampu mentafsirkan mimpimu. Sebarnya ia telah berpesan kepada ku agar aku menyebut keadaannya di depanmu tetapi terus terang, aku lupa menyampaikan pesannya”. Kemudian raja mengutus orang itu ke penjara untuk menemui Yusuf dan bertanya kepadanya perihal mimpinya.

Beberapa saat kemudian pemberi minum raja itu mendatangi Nabi Yusuf as yang sedang berada di penjara. Utusan itu menanyakan kepadanya mengenai arti dari mimpi raja. Nabi Yusuf pun menerima apa yang diminta utusan itu tanpa mengajukan imbalan apapun, atau meminta mengeluarkan dari penjara. Ia tidak mengatakan banyak hal selain berusaha untuk mentafsirkan mimpi raja itu. Itulah salah satu sikap seorang raja ketika orang lain membutuhkan bantuannya, meskipun yang meminta pertolongan itu berbuat tidak adil padanya.

 Kemudian Nabi Yusuf pun mampu mentafsirkan mimpi sang raja. Ia menjelaskan kepada utusan itu bahwa negeri mesir akan mengalami masa masa yang subur selama tujuh tahun di mana saat itu tanaman tamanan akan tumbuh segar, dan hendaklah orang orang mesir tidak melampui batas dalam memanfaatkan musim subur ini karena akan disusul dengan tujuh tahun paceklik. Pada masa itu, apa saja yang disimpan oleh penduduk mesir akan habis. Oleh karena itu, cara yang terbaik untuk menyimpan hasil tanaman mereka adalah dengan membiarkan atau merawat  tangkai tangkainya tidak rusak atau terkena hama, atau merawat sebaik baiknya karena bisa berubah karena cuaca.

Setelah menjelaskan tentang mimpi sang raja, Nabi Yusuf as melanjutkan dengan pembicaraan tentang keadaan suatu tahun yang belum pernah dimimpikan oleh raja. Yaitu tahun yang penuh kebahagiaan. Tahun dimana manusia mendapatkan karunia dan banyak tanaman tanaman yang tumbuh dan air yang melimpah dan juga tumbuhnya anggur-angur yang mereka tanaman sehingga mereka bisa memerahnys sebagai minuman khamer. Juga pohon zaitun yang mereka tanam sehingga bisa menjadikan minyak zaitun. Tahun ini tidak ada dalam mimpi sang raja. Ini adalah ilmu khusus yang dapatkan Nabi Yusuf as dari Allah SWT. Nabi Yusuf as menyampaikan kepada pemberi minum raja itu dan memesan kepadanya agar bagian ini pun juga dikemukakan kepada raja dan masyarakat. Setelah mendengarkan penjelasan dari Nabi Yusuf as, utusan raja yang juga pemberi minum itu mengampaikan kepada raja.,

Mendengar semua penjelasan dari Yusuf, raja menjadi heran. Kemudian ia berkata “Siapa garangan orang yang dipenjara ini. Sungguh luar biasa. Ia menceritakan hal hal yang akan terjadi, bahkan lebih dari itu dia memberikan cara-cara mengatasi persoalan yang akan terjadi tanpa meminta upah atau balasan atau agar ia dibebaskan dari penjara”

cerita Mukjizat Nabi Yusuf – Kemudian raja mengluarkan perintah agar Nabi Yusuf as dibebaskan dari penjara dan dihadirkan kepadanya. Lalu utusanraja pergi ke penjara. Utusan itu bukan utusan pertama yang merupakan pembeiri minum. Namun ia adalah seorang yang menyandang jabatan penting. ia meminta kepada Yusuf agar keluar dari penjara dan menemui raja.

 Namun ternyata Nabi Yusuf menolak keluar dari penjara kecuali semua tuduhan yang diarahkan kepadanya dicabut.  Sebelumnya Nabi Yusuf masuk penjara karena tuduhan telah memotong tangan para wanita. Orang pemerintahan menggunakan berbagai macam kebohongan yang sulit diterima akal, namun bagi mereka itu adalah sesuatu yang sah. Dan Nabi Yusuf tidak akan mau keluar dari penjara jika tuduhannya tidak dicabut.

 Utusan itu kembali kepada raja. Raja berteriak saat melihat utusan tanpa membawa Yusuf, kemudian ia berteriak  :

Raja : “Dimana Yusuf? ,

utusan itu berkata “Ia masih dipenjara” ,

raja bangkit dari tempat duduk kemudian berkata : “ Bukankah aku memerintahkanmu untuk menghadirkannya?”,

kemudian utusan itu berkata : “ia menolak keluar dari penjara kecuali semua tuduhan yang arahkan kepadanya dicabut. Paduka yang mulia bertanggung jawab dalam menyelesaikan kasusnya bersama wanita wanita di istana yang telah memotong tangan mereka”

Raja berkata : “kalau begitu, panggillah semua isteri isteri menterimu, dan hadirkanlah isteri Al Aziz, saya minta semua hadir”

 Raja merasa bahwa Nabi Yusuf as sedang menghadapi masalah di mana ia tidak mengetahui secara pasti titik terangnya. Sepertinya sang raja telah mendengar berbagai macam gosip yang terjadi di kalangan para menteri dan kisah yang melihatkan isteri ketua menterinya dengan Nabi Yusuf as, namun raja tidak terlalu peduli dengan gosip yang didengarnya. Sebab cerita seperti itu sudah umum terjadi, bahkan sering terjadi di lingkungan istana yang glamor.

 Selanjutnya semua yang diperintahkan hadir akhirnya hadir juga, isteri Al Aziz dan semua wanita yang pernah dijamunya telah hadir di depan raja. Kemudian raja bertanya : “Bagaimanakah cerita Yusuf yang sebenarnya? Apa yang kalin ketahui tentangnya. Apa benar ia terlibat dalam skandal perselingkungan?

Kemudian ada salah satu perempuan memotong pembicaraan raja  kemudian berkata  “Demi Allah, kami tidak mengetahui bahwa ia melakukan suatu keburukan”, Lalu wanita lain berkata  : “Yusuf adalah seorang yang suci bagaikan seorang malaikat”, Lalu pandangan tertuju pada isteri al aziz yang terlihat pucat. Ia menampilkan kerinduan untuk melihat wajah Nabi Yusuf as.  Ia mengakut bahwa ia telah berbohong dan Nabi Yusuf as adalah orang yang benar. Ia benar benar telah menggoda Nabi Yusuf as namun Nabi Yusuf menolak. Ia menegaskan bahwa ia benar benar mengatakan yang benar, bukan karena takut kepada rajia dan juga wanita yang lain. Pikirannya masih berputar putar sekitar Nabi Yusuf as. Setelah mendengar pernyataan dari para wanita, akhirnya Nabi Yusuf as pun dibebaskan dari berbagai tuduhan.

Raja berkata “Bawalah Yusuf kepadaku, agar aku memilih dia sebagai orang ayng tepat bagiku”. Nabi Yusuf as masuk menemui raja. Raja berbicara dengannya dengan bahasanya, dan Yusuf bisa menjawabnya. Kemudian raja berbicara dengan bahasa kedua, Yusuf bisa menjawabna dengan bahasa Arab. Kemudian raja bertanya :

Raja : “Bahasa apa ini?”

Yusuf : “Ini bahasa Ismal, paman ayahku,

Kemudian raja bertanya dengan bahasa Ibrani lalu raja berkata

Raja  : “Bahasa apa ini?”

Nabi Yusuf : “ini adalah bahasa orang tuaku, ibrahim, ishak, dan yakub.

Setelah mengetahui pengetahuan nabi yusuf yang begitu banyak, raja pun menyukai nabi yusuf. Selanjutnya ia pun mempercayai nabi yusuf dan mengangkatnya  menjadi meteri di mesir. Silahkan baca kisah nabi yusuf menjadi meteri untuk mengetahui kisah selanjutnya.

Pinger print berjalan aktif sejak  pertengahan Maret 1014. Para widyaiswara turun ke daerah harus membawa surat tugas. Dengan adanya pinger print, tidak ada lagi yang meminta ditandatangankan kepada temannya, agar dianggap hadir tepat waktu…Inilah bagian dari klimatologi dan meteorologi  yang  dapat digunakan untuk membaca suasana apapun yang ada di bumi ini.
Ilmu cuaca atau meteorology (meteorology) dan ilmu iklim atau klimatologi (climatology) adalah dua cabang ilmu pengetahuan (fisika) yang membahas proses dan gejala yang terjadi di atmosfer bumi.
Meteorology (bahasa Yunani : meteoros atau ruang atas, yakni atmosfer; logos atau ilmu), adalah cabang ilmu pengetahuan yang membahas pembentukan dan gejala perubahan cuaca serta fisika yang berlangsung di atmosfer.  Proses fisika tersebut berlangsung sangat dinamis, rumit dan terus menerus.  Akibatnya cuaca senantiasa berubah menurut ruang dan waktu.  Ilmu cuaca mendasarkan penggunaan ilmu fisika dan matematika untuk menganalisis perubahan atmosfer.
Klimatologi atau ilmu iklim yakni cabang ilmu pengetahuan yang membahas sintesis atau statistic unsur-unsur cuaca hari demi hari dalam periode beberapa tahun di suatu tempat atau wilayah tertentu.  Sintesis unsur-unsur cuaca meliputi nilai rata-rata, maksimum dan minimum, frekuensi kejadian nilai unsur cuaca tertentu dan penyimpangannya.  Mengingat besarnya pengaruh fisiografi (tata bumi) terhadap sifat cuaca dalam jangka panjang maka dalam ilmu iklim ditekankan pemahaman penggunaan ilmu fisika, statistika dan geografi.

Pembagian Ilmu Iklim
Klimatologi dapat dibagi menjadi berbagai cabang keilmuan iklim berdasarkan :
  1. Metode pendekatan keilmuan
  2. Ruang lingkup di atmosfer
  3. Pemanfaatannya.
Mengingat bahwa iklim adalah suatu sumber daya yang penggunaannya sangat luas dan pada berbagai bidang kegiatan, maka metode pendekatannya, ruang lingkup serta pemanfaatannya sangat beragam.
Berdasarkan pendekatan keilmuan, terdapat empat cabang klimatologi sebagai berikut :
  1. 1.      Klimatograf
Klimatologi yang pembahasannya secara deskriptif (apa adanya) berdasarkan data, peta dan gambar/photo.  Umumnya dikembangkan oleh para pakar ilmu bumi (geografi)
  1. 2.      Klimatologi Fisik
Klimatologi yang membahas perilaku dan gejala-gejala cuaca yang terjadi di atmosfer dengan menggunakan dasar-dasar ilmu fisika dan matematika.  Tinjauannya ditekannkan pada neraca energy dan neraca air antara bumi dan atmosfer
  1. 3.      Klimatologi dinamik
Klimatologi yang membahas pergerakan atmosfer dalam berbagai skala, terutama tentang peredaran atmosfer umum diberbagai wilayah di seluruh dunia
  1. 4.      Klimatologi terapan
Klimatologi yang membahas penerapan ilmu iklim untuk memecahkan berbagai masalah praktis yang dihadapi masyarakat.  Berikut adalah beberapa contoh klimatologi terapan :
  1. Klimatologi pertanian atau Agroklimatologi (Agricultural Climatology)
  2. Klimatologi Perkotaan (Urban Climatology)
  3. Klimatologi Kelautan (Marine Climatology)
  4. Klimatologi Bangunan (Building Climatology)
  5. Bioklimatologi (Bioclimatology).
Berdasarkan ruang lingkup atmosfer yang dibahas, terdapat tiga macam klimatologi dengan rincian :
  1. Mikroklimatologi, yakni ilmu iklim yang membahas atmosfer sebatas ruang antara perakaran hingga sekitar puncak tajuk tanaman, atau sifat atmosfer di sekitar permukaan tanah.  Unsur-unsur iklim tersebut mudah terpengaruh oleh perubahan pemanasan dan pendinginan permukaan tanah dan benda atau tumbuhan setempat
  2. Meso klimatologi, yaitu klimatologi yang membahas perilaku atmosfer dalam daerah yang relative sempit, tetapi pola iklimnya seudah berbeda dari iklim wilayah sekitarnya.  Sebagai contoh adalah iklim perkotaan dan iklim pada daerah badai.  Skala iklim meso berkisar antara 0 – 100 km
  3. Makro klimatologi adalah klimatologi yang menekankan pembahasannya pada penelaahan iklim daerah luas dan skala besar.  Wilayah lingkupnya mulai batas ruang iklim mikro hingga puncak atmosfer, serta meliputi seluruh dunia.  Factor pengendali utama massa udara antara benua dan samudera. ___________________
Mekanisme Pembentukan Cuaca dan Iklim
Penyerapan energy surya oleh permukaan bumi mengaktifkan molekul gas atmosfer sehingga terjadilah pembentukan cuaca.  Perubahan sudut dating sinar surya tiap saat dalam sehari dan tiap hari dalam setahun pada titik lokasi di bumi mengakibatkan perubahan jumlah energy surya.  Akibatnya terjadi perubahan cuaca diurnal (selama 24 jam) dan perubahan tiap bulan dalam setahun.  Perubahan tersebut antaralain meliputi pemanasan dan pendinginan udara, peningkatan dan penurunan tekanan udara, gerakan vertical dan horizontal udara (angin) penguapan dan kondensasi uap air (pengembunan), pembentukan awan dan prespitasi (hujan, salju), menjadi kering atau menjadi lembab serta proses perubahan cuaca lainnya.
Keadaan sesaat dari cuaca serta perubahannya dapat dirasakan (kualitatif) dan diukur (kuantitatif) berdasarkan perubahan fisika atmosfer, yang kita namai unsur iklim (weather elements).  Nilai rata-rata jangka panjangnya kita namai unsur iklim (climatic elements).  Aktivitas dan gerakan atmosfer lebih jauh dipengaruhi atau dikendalikan oleh factor lingkungan seperti fisiografi bumi, potensi tempat dan percampuran udara dengan atmosfer lain pada lintasannya.  Factor lingkungan tersebut selanjutnya disebut factor pengendali cuaca atau factor pengendali iklim (climatic controls).
Manfaat Informasi Cuaca dan Iklim
Cuaca dan iklim adalah factor lingkungan yang besar pengaruhnya terhadap kehidupan makhluk hidup.  Oleh sebab itu, informasi berupa data atau keterangan tentang cuaca dan iklim akan sangat diperlukan.  Data yang benar dan lengkap, melalui analisis meteorology dan klimatologi akan membuka kejelasan tentang gejala dan perilaku cuaca maupun keadaan iklim setempat serta dapat membuat manusia melakukan usaha optimasi bidang kegiatannya.  Akibat yang tidak diinginkan dapat dihindari sehingga cuaca atau iklim setempat tidak menjadi factor pengganggu maupun pembawa bencana.  Dengan penerapan ilmu dan teknologi yang tepat, cuaca dan iklim dapat menjadi sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan.
Kajian meteorology dan klimatologi yang benar akan mengubah pandangan kita terhadap cuaca dan iklim dari factor penghambat menjadi factor penunjang yang sangat bermanfaat dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan pendugaan hasil pada berbagai kegiatan.  Penerapan ilmu cuaca dan iklim tersebut diantaranya pada bidang pertanian, kehutanan, peternakan, perikanan, kelautan, teknik sipil, kesehatan, perhubungan serta pertahanan negara.
Tiga manfaat pokok dari informasi data cuaca dan iklim, yakni :
  1. Meningkatkan kewaspadaan terhadap akibat-akibat negative yang dapat ditimbulkan oleh keadaan cuaca/iklim yang ekstrem misalnya kekeringan, banjir serta angin kencang
  2. Menyesuaikan diri atau berusaha untuk menyelenggarakan kegiatan dan usaha yang serasi dengan sifat cuaca dan iklim sehingga terhindar dari hambatan atau kerugian yang diakibatkannya
  3. Menyelenggarakan kegiatan dan usaha di bidang teknik, social dan ekonomi dengan menerapkan teknologi pemanfaatan sumber daya cuaca dan iklim.
Tabel contoh unsur cuaca/iklim dan satuannya
Unsur cuaca/iklim
Satuan SI
Satuan lama
  1. Kerapatan fluks radiasi surya
  2. Lama penyinaran surya
  3. Suhu udara dan tanah
  4. Tekanan udara
  5. Kelembaban udara
  6. Keawanan
  7. Curah huja
  8. Penguapan
  9. Kecepatan angin
  10. Arah angin (0)
W m2
Jam
0C
Pa
%
Persepuluhan
mm
mm
km jam-1, m s-1
Derajat mata angin (0)
cal cm-2men-1
jam, %
0C, 0F, 0R
mb, mmHg
%
  • oktaf
mm, inch
mm, inch
km jam-1, knot
derajat mata

Pustaka : Handoko.  1993.  Klimatologi Dasar (Landasan pemahaman fisika atmosfer dan unsur-unsur iklim. PT Dunia Pustaka Jaya ; Jakarta.  Halaman 4 – 11.



Ilmu Iklim & Ruang lingkup ilmu iklim

        Pemahaman ilmu Klimatologi akan sangat bermanfaat dalam
perencanaan, pelaksanaan dan pendugaan di berbagai bidang kegiatan
seperti pertanian, kehutanan, peternakan, perikanan, perhubungan,
teknik, perdagangan dan pariwisata. Adapun beberapa alasan kenapa
penting kita mempelajari Klimatologi adalah sebagai berikut:
1. Klimatologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan.
2. Klimatologi berusaha menjelaskan gejala atmosfer yang terlihat
dan mengusahakan sistematika pengkajian dan penjelasan tentang
gejala/kejadian tersebut.
3. Klimatologi juga mempelajari sebagian dari lingkungan tempat
manusia hidup dan melakukan kegiatannya.
         Hal senada juga disampaikan Handoko dalam bukunya yang
diterbitkan tahun 1995, yang menyatakan bahwa terdapat tiga manfaat
pokok mempelajari klimatologi dan meteorologi yaitu :
1. Meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan akibat negatif
yang ditimbulkan oleh kondisi cuaca/iklim yang ekstrim seperti
kekeringan, banjir, badai, badai salju, gelombang udara panas,
gelombang udara dingin, dan sebagainya.
2. Menyesuaikan diri atau berusaha menyelenggarakan kegiatan yang
serasi dengan karakter iklim sehingga terhindar dari hambatan atau
kerugian yang diakibatkannya.
3. Menyusun rekayasa bidang teknik, bidang sosial dan bidang
ekonomi dengan menerapkan teknologi pemanfaatan sumberdaya
cuaca/iklim seperti listrik tenaga angin, tenaga surya, hujan
buatan, pertanian hidroponik, rumah kaca, rumah plastik dan
sebagainya.
Kajian klimatologi yang benar akan mengubah pandangan
masyarakat terthadap gejala cuaca/iklim dan posisinya sebagai
penimbul bencana dan penghambat kehidupan menjadi faktor
penunjang kehidupan. Teknologi berdasarkan ilmu iklim akan sangatbermanfaat untuk perencanaan, pelaksanaan dan pendugaan hasil
berbagai kegiatan. Beberapa contoh aplikasinya antara lain di bidang
pertanian, kehutanan, peternakan, perikanan, kelautan, teknik sipil,
kesehatan, perhubungan dan militer.
 
F. Ruang Lingkup Ilmu Iklim
            Iklim merupakan ilmu yang mempelajari pola tingkah laku cuaca
suatu tempat atau wilayah yang berulang selama suatu jangka waktu
tertentu. Sebagai suatu sistem iklim yang bisa berskala global sampai
lokal, tetap merupakan suatu kisaran keadaan atmosfer yang
bersinambung dan tidak terpisah. Selain itu kajiannya menyangkut
berbagai aspek proses pembentukan iklim.
Menurut Tjasjono (1999), mengatakan bahwa klimatologi dapat
dibagi menjadi 3 bagian, yaitu klimatologi fisis, klimatologi
kedaerahan (regional) dan klimatologi terapan. Klimatologi fisis
mempelajari sebab terjadinya ragam pertukaran panas, pertukaran air
dan gerakan udara terhadap waktu dan tempat, sehingga di muka bumi
ini terdapat iklim yang berbeda. Klimatologi kedaerahan bertujuan
memberikan gambaran (deskripsi) iklim dunia yang meliputi sifat dan
jenis iklim.
Klimatologi terapan merupkan cabang ilmu klimatologi yang
mencari hubungan klimatologi dengan ilmu lain, misalnya
Agroklimatologi. Agroklimatologi (Agricultural Climatology)
merupakan cabang ilmu iklim yang mengkaji berbagai aspek iklim
yang berhubungan dengan permasalahan pertanian, baik dalam
pengertian pertanian secara sempit (hanya tanaman) maupun
pengertian pertanian secara luas meliputi peternakan, kehutanan dan
perikanan.
Dalam Rozari (1992) membuat pembedaan sehingga ruang lingkup
klimatologi menjadi :
1. Pembedaan menurut gatra kajian
�� Klimatologi Dinamik. Deskripsi yang menjelaskan iklim suatu
tempat yang diakibatkan oleh sirkulasi yang berlaku di tempat
itu dan gangguan atmosfer di situ atau sekitarnya.
�� Klimatologi Fisik. Pengkajian tingkah laku suatu unsur atau
proses dalam atmosfer dari segi fisik prosesnya. Penekanan
disini bukan pada gerak (dinamik), tetapi pada rejim energi
neraca air.
�� Klimatologi Sinoptik. Deskripsi dan analisis keseluruhan dari
iklim di suatu tempat atau di daerah dari segi sifat dan gerak
atmosfer di tempat/daerah itu dan sekitamya.

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook