BAGIAN
KE-12 DARI NOVEL
EMPAT PROFESOR SATU CINTA
Karya M.Rakib Pekanbaru Riau Indonesia 2015
DALIL HUKUM YANG
SAMAR-SAMAR
Profesor Amar Makruf : Semua dalil hukum itu samar-samar, maka
disertasi anda harus diubah, dan ditambah satu bab lagi khusus untuk penjelasan
istilah-istilah. Anda harus menembah waktu penulisan ini, paling tidak satu tahun lagi.
Sang penyair : Aduh Mak, kok tambah satu tahun lagi, habislah umur saya hanya disertasi saja Pak, Bapak kan bukan pembimbing saya, Bapak hanaya penguji saja, ujilah apa
danya, nati setelah selesai ujian, kan ada perbaikan lagi, saya sudah tersdesak
waktu Pak. S3 saya sudah 13 tahun.
Profesor Amar Makruf : Dalil
hukum itu samar-samar, jangan terlalu banyak anda pakai di sini. Apa sebenarnya
yang anda tahu tentang dalil yang samar-samar, yang disebut denmgan istilah
zhonni itu?
Sang penyair : Istilah
zhonni (Samar-smar) itu sudah pernah menjatuhkan teman saya Pak, di dalam
ujian, saya harap Bapak memperbesar maslah ini, karena sulit memuntaskannya.
Selanjutnya sang penyair menyatakana bahwa Sheikh Yusuf Al-Qaradhawi pernah
berkata: sebagian besar daripada hadith-hadith Nabi s.a.w. itu bersifat zhoniyatu
As-Thubut (samar dari sudut kesahihannya) dan zhonniyatu Ad-Dilalah, sedangkan
sebagian besar daripada nas-nas Al-Qur'an terdiri daripada zhonniyatu
Ad-Dilalah (samar maknanya). (min ajli sohwah rasyidah oleh Sheikh Dr. Yusuf
Al-Qaradhawi, m/s 52)
Hasilnya, kebanyakkan daripada
nas-nas Al-Qur'an dan As-Sunnah mengandung zhonniyah (samar) yang menjadi medan
para untuk para ulama' berijtihad dalam mengeluarkan suatu hukum.
Sheikh Dr. Muhammad Abu Al-Fath
Al-Bayyanuni berkata: "Perselisihan berlaku pada perkara-perkara furu' bukan
pada perkara-perkara usul.
Yang dimaksudkan dengan
perkara-perkara furu' (cabang) adalah, perkara-perkara yang biasanya terbit
daripada dalil-dalil yang zhonni (samar), apakah dari sudut maknanya
(Ad-Dilalah) atau dari sudut kesahihannya (As-Thubut), apakah perkara-perkara
tersebut berkaitan dengan masalah aqidah ataupun masalah fiqh.
Yang dimaksudkan dengan
perkara-perkara usul di sini adalah perkara-perkara yang besar (pokok) yang
lahir daripada dalil-dalil yang qathi (jelas) apakah dari sudut maknanya atau
dari sudut kesahihannya (As-Thubut), apakah perkara-perkara usul tersebut
berkaitan dengan masalah aqidah atau masalah fiqh.
Contoh masalah-masalah usul yang
qothi dalam aqidah adalah: pembahasan tentang iman kepada Allah s.w.t. dan
sifat-sifatNya, keimanan kepada malaikat, para rasul, hari akhirat dan
sebagainya.
Antara contoh-contoh masalah furu'
dalam aqidah adalah: pembahasan tentang sifat Kursi, tentang yang mana dulu
antara timbangan amal atau telaga haud dan sebagainya.
di Antara contoh-contoh masalah usul
dalam fiqh qothi : kewajiban solat lima waktu, penjelasan tentang bilangan
solat-solat wajib, kewajiban zakat, kewajiban berpuasa, kewajiban haji dan
sebagainya.
di Antara contoh-contoh masalah
furu' dalam fiqh: bacaan ma'mum di belakang imam, pembahasan tentang angkat
tangan dalam solat, kaifiyat solat witir dan hukumnya, dan sebagainya, yang
sangat banyak." (dirasaat fi Al-Ikhtilafat Al-Ilmiyyahkarangan Dr.
Muhammad Abu Al-Fath Al-Bayynuni, m/s 32-33)
Imam Ibn Hazm berkata: "Kebanyakkan
perselisihan ahlus sunnah wal-jamaah adalah dalam fatwa (perkara-perkara fiqh),
dan sedikit dalam perkara aqidah" (Al-Fisol fi Al-Milal wa An-Nihal 2/111)
Hal ini menunjukkan bahwa, para
ulama' berselisih dalam perkara-perkara furu', kebanyakkannnya dalam masalah
fiqh dan sedikit dalam masalah aqidah.
Adapun dalam masalah fiqh ini,
seseorang ulama' yang berinteraksi dengan nas-nas zhonniyah (samar) untuk
mengeluarkan hukum daripadanya, dikenal sebagai proses berijtihad.
Mafhum Ijtihad:
Para ulama' Usuliyyin (usul fiqh)
berkata:
"Ijtihad ialah, sesuatu
kesungguhan dalam mengeluarkan hukum-hukum syar'iyyah daripada dalil-dalil
syarak" (tashil al-wusul karangan Imam Al-Mahlawi m/s 320)
Sheikh Dr. Yusuf Al-Qaradhawi
berkata: "Ijtihad ialah, menggunakan seluruh usaha dan keupayaan, dan
bersikap lapang selapang-lapangnya (tidak jumud), dalam menggali hukum-hukum
syarak daripada dalil-dalilnya (syarak), dengan jalan penelitian akal dan
menggunakan pemikiran." (min ajli sohwah rasyidah m/s 51)
Syarat berijtihad sangat banyak dan
teliti, yang mana, siapa yang tidak memiliki syarat-syarat tersebut, maka dia
bukanlah ahli dalam berijtihad. Syarat-syarat tersebut disebutkan dalam
buku-buku usul fiqh.
Maka, ijtihad adalah berkaitan dengan
pendapat-pendapat ulama'-ulama' yang ahli dalam berijtihad, berkenaan dengan
hukum-hukum yang dikeluarkan daripada dalil-dalil syarak, yang mana,
kebanyakkannya bersifat zhonni.
Dr. Al-Qaradhawi berkata lagi:
Dua situasi yang memerlukan kepada
ijtihad:
Pertama: Apabila tidak ada nas
tentang sesuatu perkara, sebagai rahmat dari Allah s.w.t., agar diberi ruang
ijtihad. Para ulama' selalu menggunakan kaedah qiyas, maslahah mursalah dan
sebagainya.
Kedua: Apabila nas-nas tersebut
bersifat zhonni (samar) apakah dari sudut makna (Ad-Dilalah) atau kesahihan
(As-Thubut)." (ibid m/s 51-53)
Faktor utama yang menyebabkan
berlakunya perselisihan dalam memahami nas-nas zhonni adalah: perbezaan kadar
dan kemampuan dan ilmu antara para ulama' itu sendiri.
Berbedanya akal mereka menyebabkan
berbedanya ijtihad mereka dalam memahami nas-nas yang samar tersebut.
Nas-as qat'ie (jelas) + femahaman
yang sama = kesepakatan pendapat
Nas-nas zhonni + perbedaan kadar
akal dan ilmu para ulama' = perbedaan ijtihad
Maka, hasilnya, perselisihan dan
perbedaan pendapat berlaku krna dua faktor utama iaitu, adanya pelbagai
tafsiran dan makna nas-nas zhonni dan perbedaan kadar akal para ulama'.
Contoh Zhonni dan Qat'ie dari Sudut
Ad-Dilalah
Contoh ayat qat'ie dari sudut
petunjuknya (Ad-Dilalah): Kepada orang-orang yang meng-ilaa' isterinya
(bersumpah tidak mencampuri isteri), diberi tangguh empat bulan. Kemudian jika
mereka kembali (kepada isterinya), Maka Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi
Maha Penyayang. (Surah Al-Baqarah 226).
Dalam ayat ini, jelas yang
dimaksudkan oleh Allah s.w.t. di sini adalah empat bulan, krna makna asyhur
(bulan) itu tidak mengandung melainkan satu makna saja iaitu bulan, tidak
mempunyai makna lain dari sudut bahasa Arab.
Contoh ayat zhonni dari sudut
petunjuknya (Ad-Dilalah): Wanita-wanita yang ditalak handaklah menahan
diri (menunggu) tiga kali quru' (Surah Al-Baqarah: 228)
Abu 'Amru bin Al-'Ala berkata: Ada
dari kalangan orang-orang Arab yang menamakan haidh sebagai qur'u dan ada juga
yang yang menamakan suci sebagai qur'u. (Tafsir Al-Qurtubi: 3/113)
Quru' dalam bahasa Arab sendiri
memiliki lebih dari satu makna, dalam bahasa Arab, iaitu, haidh ataupun suci.
Daripada perkataan yang mengandung
lebih dari satu makna inilah, akhirnya para ulama' salaf berselisih pendapat
tentang makna quru' dalam ayat di atas.
Imam Al-Qurtubi berkata:
"Ahli Kufah berkata, makna
qur'u dalam ayat tersebut adalah haidh. Pendapat ini adalah pendapat Saidina
Umar r.a., Saidina Ali r.a., Saidina Ibn Mas'ud r.a., Saidina Abu Musa r.a.,
Imam Mujahid, Imam Qatadah, Imam Al-Dhihak, Imam Ikrimah dan sebagainya.
No comments:
Post a Comment