Friday, March 6, 2015

OH TUHAN, PENIPUAN APA LAGI INI ?



PENIPUAN APA LAGI  INI  ?

 

M.Rakib IKMI Pekanbaru  Riau Indonesia


Ada VGMC, ada platinum.
Ada koperasi istimewa, dengan keuntungan pasti.
Ada usaha tambang emas, bagi hasil.
Semuanya penipu.
Awas jerat sang penipu
telah terpasang di sekelilingmu

bukan satu tapi beratus beribu
sentiasa menanti menunggu.
Namun kata sang penipu
walaupun begitu
tak semua yang masuk perangkapku
kecuali si mangsa yang alpa dan dungu.

Berteman, tapi curiga jalan terus.

Tips untuk Menghindari Penipuan melalui Telepon
Modus-modus Penipuan Melalui Telepon
Mungkin anda sudah sering mendengar dan/atau mengalami sendiri penipuan lewat SMS yang sudah sangat sering kita jumpai di negeri harapan. Banyak juga website yang memberi tahu cara melaporkan penipuan lewat SMS.
Modus penipuan melalui telepon jauh lebih meyakinkan dibanding SMS karena si penipu berbicara secara langsung dengan anda. Mereke biasanya menelepon korbannya di pagi dini hari, atau tengah malam dimana orang berada di posisi yang tidak dapat berpikir dengan jernih (masih tidur!). Beberapa modus yang sempat saya himpun:
a. Anaknya Kecelakaan di Sekolah dan/atau di sebuah tempat
Modus yang pertama ini kesannya untung-untungan. Biasanya si penipu akan bilang bahwa anaknya sedang di Rumah Sakit karena terlibat kecelakaan sewaktu di sekolah dan membutuhkan biaya yang urgent.
Yang lucu, kadang si pelaku ngasi nama anaknya lumayan ngasal, dan/atau si anak padahal masih pada tidur di rumah!
b. Anaknya sedang lagi di kantor polisi
Untuk modus yang ketiga ini, para penipu (ya! ada dua pelakunya!) cukup lihai dalam role-playing nya. Penipu pertama akan berpura-pura menjadi anak anda yang sedang tertimpa ‘musibah’ di kantor polisi, dengan disertai bumbu tangisan dan suara mengiba yang mungkin akan menyebabkan banyak orang tua terlena. Kemudian pelaku kedua masuk sebagai ‘bad cop’ yang akan mengancam menyebarluaskan masalah ini ke media cetak dan/atau mempersulit prosesnya jika tidak ada ‘uang pelicin’ kepada ‘polisi’ gadungan tersebut.
Bagaimana Cara Mereka Mendapatkan data pribadi anda?
a. Semakin maraknya penggunaan media sosial yang (buat orang Indonesia) tidak dibatasi umur dan tidak diberi batasan-batasan khusus (privacy settings) menyebabkan mudahnya para penipu ini untuk mengakses data pribadi anda. Apalagi, kalo ada yang lengkap menyantumkan Nomer Hape, hubungan keluarga, alamat email, dan lain lain.
b. Ada juga jebakan dimana anda disuruh mengisi survey  dan/atau formulir yang di iming-iming hadiah gratis. Jika perusahaan survey nya meragukan dan/atau alamat website tidak sesuai dengan nama perusahaan survey nya, sebaiknya jangan dilanjutkan. Karena dapat dipastikan data anda dapat dijual ke pihak ketiga.
c. Data tersebut dicuri oleh si penipu dari situs-situs yang tidak memiliki enkripsi yang aman. Jika anda memberikan data di situs yang bukan https://, data anda dapat lebih mudah di curi.
d. Data anda memang dijual oleh pihak penyedia saluran telepon dan/atau website anda dengan pihak ketiga.

Penipuan melalui Telepon
Tips untuk menghindari Penipuan melalui Telepon
Beberapa tips yang dapat dipakai agar anda terhindar dari ‘musibah’ seperti tersebut diatas.
1. Jangan Panik!
Hal ini mungkin agak susah untuk dilakukan, apalagi jika anda mendengar secara langsung kejadian-kejadian ‘urgent’, di jam yang kita sangat ‘vulnerable’, dan si penipu yang dengan cekatan mendesak anda untuk gegabah.
Tetapi hal ini teramat sangat penting untuk dilakukan. Jika kita panik dengan ketakutan mendadak yang teramat sangat, akan susah bagi kita untuk berpikir dengan tenang dan logis.
2. Minta tolong orang rumah, teman, dan/atau keluarga dekat untuk memvalidasi.
Usahakan untuk memvalidasi kejadian ini dengan yang bersangkutan. Mintalah tolong orang di rumah anda, teman, atau keluarga dekat untuk menghubungi keluarga anda yang sedang tertimpa ‘musibah’ ini. Meskipun mungkin mereka berdalih bahwa keluarga anda sedang terluka parah, koma, dll, tetaplah anda coba hubungi.
3. Jangan takut terhadap ancaman si penipu

Prediksi Jitu benar-benar membuat amblas uang saku. Ini terjadi pada sekitar tahun 1967 an. Kalau itu di kota Surabaya banjir lotre totalisator alias lotto. Hebatnya, kala itu lotto main setiap hari, bergantian antara lotto Surya dan Lotto Surya.
Di mana saja,kapan saja banyak orang yang mengotak-atik kode lotto yang terdiri dari gambar binatang, gambar aneka olahraga plus angka-angka yang letaknya bertebaran pada selembar kertas. Ada angka yang tampak jelas, ada pula angka yang digambar secara samar-samar atau berdempetan.
Kode pada selembar kertas tersebut namanya juga beraneka-ragam. Ada kode Mbah Raymoe, Kode Gunung Mbledhos atau Kode Ampuh Kuku Item. Para pembuat gambar dengan seenaknya memasang gambar, tulisan dan angka. Apa nggak bikin pening kepala yang mencoba menerka angka yang akan keluar. Benar-benar absurd, aeh dan menggelikan jika ada orang yang percaya prediksi jitu tersebut.
Prediksi Jitu
Akibat terpengaruh oleh lingkungan, sayapun akhirnya ikut latah mengotak-atik rumus lotto tersebut. Akibatnya, nggak sampai sebulan auang saku saya amblas. Sebagai hadiahnya, saya mendapat hadiah dari Emak berupa jeweran di telinga.

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook