PENDAHULUAN
Mengungkapkan
keberhasilan Nabi Muhammad, dalam mempengruhi orang lain, sehingga dinobatkan
sebagai manusia yang paling berpengaruh di dunia ini.Buku yang secara garis
besar dibagi menjadi 4 bagian ini dimulai dengan bagaimana Nabi Muhammad
berhasil berinteraksi dengan orang lain. Bagian
pertama, dikemukakan unsure penting dalam pergaulan dengan orang lain dengan
cara memelihara persahabatan. Pada bgian ini dikemukakan bahwa agar kita
berhasil memperoleh sahabat maka hal penting yang harus diperhatika adalah:
Setiap orang senang diperhatikan,setiap orang senang terhadap orang yang
ramah,setiap orang sangat memperhaikan namanya,setiap orang senang berbicara,
dan setiap orang senang dikagumi dan dihargai.
Bagian kedua dikemukakan jejak Nabi Muhammad dalam menghadapi manusia. Pada bagian ini diuraikan bagaimana cara kita menghadapi orang antara lain: Menyadari bahwa setiap orang merasa dirinya baik, menyadari bahwa setiap orang ingin dianggap penting, dan menyadari pula bahwa setiap orang pada prinsipnya tidak senang diperintah.
BAB I
NABI MENGUBAH PENDIRIAN ORANG
Pada bagian ketiga diungkapkan bagaimana cara mengubah pendirian orang lain misalnya : Cara menunjukkan kesalahan orang, cara mengkritik orang,katakanlah rendahnya diri,jangan memerintah,jagalah harga diri orang lain,siapa orang yang kuat, menganggap bahwa setiap orang baik, bersikap seolah-olah kesalahan orang lain tidak terlalu, dan menyenangkan hati orang,
Pada bagian teakhir dikemukakan bagaimana cara meyakinkan orang lain
melalui hal berikut : Cara mendebat,jangan menyalahkan,akulah kelemahan diri,
berbaik budilah,dukunglah perkataan dan perbuatannya,rendahkanlah diri, ajaklah
bekerja sama,belajar melihat melalui kaca mata orang lain, bersimpatilah, usul
yang baik tantanglah orang lain untuk berbuat baik, buatlah teladan bagi orang
lain. Dengan uraian tersebut tidak heran
kalau kita dapat menyaksikan Nabi Muhammad merupakan manusia yang perlu kita
ikuti jejaknya.
Dengan kemampuan membaca pikiran orang lain, maka kita tidak akan pernah kesulitan untuk memikat hati orang tersebut, maka dari itu agar kita dapat memikat
hati orang lain, kita harus terlebih dahulu mengetahui bagaimana keinginan dan
cara berpikir orang tersebut.
Berikut ini adalah 5 Cara Paling Mudah Untuk Membaca
Pikiran Orang Lain:
1.Kenali Dengan Baik
Untuk dapat membaca
pikiran orang, tentu anda harus mengenali terlebih dahulu dengan baik orang
tersebut. Jika anda sudah kenal maka tentu hal itu akan membuat anda lebih
enjoy dengan apa yang akan anda lakukan. Dilain sisi anda juga dapat melihat
kepribadiannya, sehingga anda lebih leluasa untuk mengamatinya maka disitulah
anda dapat membaca pikirannya.
2.Minta Umpan Balik
Cara untuk membaca
pikiran orang lain bukan hanya sekedar mengamati dan membaca pikirannya saja,
namun anda juga bisa menanyakan kebenaran yang benar terjadi atau yang dialami
orang tersebut. Berilah pertanyaan yang menyatakan kebenaran apa yang anda bisa
tebak darinya.
3.Perhatikan Bagian Atas
Dari Wajah
Mengapa demikian? Ini
karena biasanya pada bagian itu sering sekali orang mengungkapkan apa yang
sedang dipikirkannya. Seperti sekitar mata yang dapat anda lihat jawaban dari
pikiran orang itu.
4.Santi dan Relax
Tentu jika anda ingin
bisa membaca apa yang orang lain pikirkan, anda harus terlebih dahulu bisa
bersikap santai, tidak tegang. Mengapa demikian? Karena agar orang tersebut
tidak menjadi resah dan gelisah karena tingkah laku anda. Bersikap santai dan
terbuka agar dia merespons dengan baik.
5.Lebih Ekspersif
Ingat! semakin anda
ekspresif, semakin pula anda dengan mudah mendapatkan informasi tentangnya.
Karena dari situlah anda bisa mengetahui yang tadinya tidak anda ketahui.
Trik diatas memanglah
sangat sederhana, tetapi jika anda terapakan maka anda akan dengan mudah dapat
membaca pikiran orang lain, dan akan sangat efektif jika dibarengi dengan Bagaimana Cara Membaca Pikiran
Orang Lewat Mata? Tentu
yang akan saya bagikan di posting selanjutnya. Selamat menikmati.
Cara Mempengaruhi Orang Lain
Saat Kecil, kami pernah
mendapat sebuah pelajaran yang besar ketika memancing ikan..Awalnya, kami
memancing ikan dengan umpan yang kami buat dari adonan telur, mentega dan
tepung, dan ternyata tak satupun umpan kami yang dimakan ikan.. Dan ketika hari
sudah agak siang dan kami mulai frustasi, kami pun beralih menggunakan umpan
cacing seperti teman-teman kami yang lain lakukan..Dan hasilnya menakjubkan!
Satu persatu ikan memakan
umpan kami dan hanya dalam satu jam kami mendapat belasan ikan..Dari pengalaman
ini kami belajar bahwa jangan memancing ikan menggunakan makanan yang kita
inginkan..Pancinglah ikan dengan apa yang disukai ikan..Lantas, Kenapa kita
tidak memakai psikologi yang sama untuk mempengaruhi manusia? Cara termudah Mempengaruhi orang lain adalah dengan
berbicara tentang minat atau keinginan orang lain itu..*
Lalu
tunjukkan bagaimana cara memperolehnya, yang sesuai dengan apa yang kita
inginkan..Sederhana kan?.Tapi, entah kenapa, kebanyakan orang tidak
melakukannya.. Maksud dari tulisan diatas adalah,, Kita bisa mempengaruhi orang
lain dengan menggunakan apa yg menjadi ketertarikan orang lain..bukan dengan
apa yang membuat diri kita tertarik.. Misalnya, saat kita ingin mengajak
sahabat kita ke toko buku, padahal kita tau sahabat kita sama sekali tidak suka
membaca buku -seperti kita- dan hanya menyukai segala hal tentang olahraga.. Pancinglah
dia menggunakan apa yang disukainya, yakni koran atau tabloid olahraga dan buku
atlet idolanya..
Memintanya
menemani kita dengan menggunakan apa yang membuat kita tertarik -membaca buku-,
hanya akan membawa penolakan..Simple kan?
Pernahakah
anda mencoba untuk mempengaruhi orang lain baik dalam pemahaman, pikiran dan
tindakan? Sebagian orang mudah kita pengaruhi dan ada juga sebagian orang yang
sulit untuk dipengaruhi. Kenapa sulit untuk mempengaruhi seseorang? sebab kita
tidak tahu bagaimana cara untuk meyakinkan mereka agar memiliki kesamaan dengan
apa yang kita pikirkan.
Tidak ada salahnya jika
kita menggunakan teknik tertentu yang dapat mempengaruhi mereka semua. Cara mempengaruhi orang lain dengan dasar Pendekatan Komunikasi Persuasi dikemukakan oleh Aristotle yang menyatakan terdapat 3
pendekatan dasar dalam komunikasi yang mampu mempengaruhi orang lain, yaitu;
1.
Logical argument (logos), yaitu penyampaian ajakan
menggunakan argumentasi data-data yang ditemukan. Hal ini telah disinggung
dalam komponen data.
2.
Psychological/ emotional argument (pathos), yaitu
penyampaian ajakan menggunakan efek emosi positif maupun negatif. Misalnya,
iklan yang menyenangkan, lucu dan membuat kita berempati termasuk menggunakan
pendekatan psychological argument dengan efek emosi yang positif. Sedangkan
iklan yang menjemukan, memuakkan bahkan membuat kita marah termasuk pendekatan
psychological argument dengan efek emosi negatif.
3.
Argument based on credibility (ethos), yaitu ajakan
atau arahan yang dituruti oleh komunikate/ audience karena komunikator
mempunyai kredibilitas sebagai pakar dalam bidangnya. Contoh, kita menuruti
nasehat medis dari dokter, kita mematuhi ajakan dari seorang pemuka agama, kita
menelan mentah-mentah begitu saja kuliah dari dosen. Hal ini semata-mata karena
kita mempercayai kepakaran seseorang dalam bidangnya.
Menurut Burgon &
Huffner (2002), terdapat beberapa pendekatan yang dapat dilakukan agar
komunikasi persuasi menjadi lebih efektif. Maksudnya lebih efektif yaitu agar
lebih berkesan dalam mempengaruhi orang lain. Beberapa pendekatan itu
antaranya;
1.
Pendekatan berdasarkan bukti, yaitu mengungkapkan data
atau fakta yang terjadi sebaga bukti argumentatif agar berkesan lebih kuat
terhadap ajakan.
2.
Pendekatan berdasarkan ketakutan, yaitu menggunakan
fenomena yang menakutkan bagi audience atau komunikate dengan tujuan mengajak
mereka menuruti pesan yang diberikan komunikator. Misalnya, bila terjadi
kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah maka pemerintah dengan pendekatan
ketakutan dapat mempersuasi masyarakat untuk mencegah DBD.
3.
Pendekatan berdasarkan humor, yaitu menggunakan humor
atau fantasi yang bersifat lucu dengan tujuan memudahkan masyarakat mengingat
pesan karena mempunyai efek emosi yang positif. Contoh, iklan-iklan yang
menggunakan bintang comedian atau menggunakan humor yang melekat di hati
masyarakat.
4.
Pendekatan berdasarkan diksi, yaitu menggunakan
pilihan kata yang mudah diingat (memorable) oleh audience/ komunikate dengan
tujuan membuat efek emosi positif atau negative. Misalnya, iklan rokok dengan
diksi “nggak ada loe nggak rame…”.
Namun keempat
pendekatan tersebut dapat dikombinasikan sesuai dengan tujuan persuasi dari
komunikator. Misalnya pendekatan berdasarkan humor dikombinasikan dengan
pendekatan berdasarkan diksi. Ataupun pendekatan berdasarkan ketakutan
dikombinasikan dengan pendekatan berdasarkan bukti.
Daftar Pustaka
M. Ghojali Bagus A.P., S.Psi. Buku Ajar Psikologi Komunikasi – Fakultas Psikologi Unair 2010
M. Ghojali Bagus A.P., S.Psi. Buku Ajar Psikologi Komunikasi – Fakultas Psikologi Unair 2010
Cara Sukses Mempengaruhi Orang lain
Ciri- Ciri Orang
yang Bisa Memotivasi / Memepengaruhi Orang Lain
Salah satu ciri orang yang bisa memotivasi orang lain
adalah antusiasme, mereka peduli dan paham dengan apa yang dininginkan oleh
orang lain dan mengkomunikasikannya dengan meyakinkan pada orang lain bahwa apa
yang diinginkan itu penting dan dapat terwujud. Ia juga memberikan teladan yang
dapat menjadi inspirasi bagi orang lain.
Ciri-ciri orang yang berkualitas dan bisa memotivasi /
mempengaruhi orang lain adalah yang melakukan hal-hal sebagai berikut :
1.Tertarik pada setiap
orang dan masalahnya.
2.Menjadi pendengar
yang baik
3.Bisa mendorong orang
lain untuk berbicara tentang dirinya.
4.Menganggap orang lain
penting.
5.Berbuat sesuatu untuk
orang lain dengan tulus.
6.Membangun Hubungan
Kerja Sama
Selama
ini orang beranggapan bahwa hubungan yang terjadi antara seorang dengan orang
lain adalah saling memanfaatkan, contoh Pengusaha hanya memanfaatkan pekerja
untuk kepentingan usahanya saja, seorang atasan hanya memanfaatkan bawahan
untuk dirinya sendiri, dan sebagainya. Seharusnya seseorang harus dapat
meyakinkan orang lain bahwa apa yang dikerjakan itu untuk kepentingan bersama
sesuai dengan keinginan bersama. Hal ini bisa dilakukan dengan langkah –
langkah sebagai berikut :
Mengetahui dengan tepat siapa orang yang dihadapi.
Menemukan dengan tepat apa yang dinginkan oleh orang
yang dihadapi.
Menetapkan secara tepat bagaimana membantu mendapatkan
yang dinginkan oleh orang yang dihadapi.
Untuk mendukung kerja sama yang baik maka seseorang
harus mengetahui apa yang bisa dilakukan / diperbuat untuk menarik perhatian
orang lain dan orang tersebut menjadi yakin bahwa dengan kerjasama itu
keinginan mereka dapat terwujud.
Cara-Cara Mendapatkan Kepercayaan Orang
Untuk menjadi Pengusaha sukses diperlukan adanya
kepercayaan dari orang lain, agar arah dan tujuan yang ingin dicapai bisa
dilaksanakan sepenuhnya oleh orang lain. Bukankah manajer yang baik adalah
orang yang bisa mempengaruhi dan menggerakan orang lain untuk melaksanakan
serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan?
Berikut ini adalah ada 3 cara bagaimana mendapatkan
kepercayaan orang lain, yaitu :
Memiliki kepercayaan pada diri sendiri (self
confidence) yang tinggi
Menguasai dan menjadi ahli di bidang yang ditekuni
Memberi pancaran positif akan kepercayaan diri pada
orang lain
Untuk berhubungan dengan orang lain, maka harus
diketahui beberapa hal yang berhubungan dengan keyakinan pada diri sendiri.
diantaranya adalah :
Memilih cara dan metode berbicara dengan orang lain
yang tepat termasuk memperhatikan
penampilannya
Menginformasikan dengan jelas tujuan yang ingin dicapai
Menghubungkan kegiatan usaha dengan apa yang dinginkan
oleh orang lain
Melakukan improvisasi-improvisasi yang bertujuan untuk
menciptakan rasa percaya orang lain.
Menanamkan nilai atau pandangan hidup yang positif
tentang bidang usaha yang digeluti, dipandang sebagai jalan untuk mewujudkan
keinginan secara bersama.
Menceritakan keberhasilan para tokoh-tokoh dunia yang
dimulai dengan mimpi-mimpi mereka dan ceritakan juga cara-cara mereka meraih
mimpi-mimpi itu. Ajak orang lain untuk bermimpi meraih sukses dalam bidang
yang sedang ditekuni, seperti mimpinya para tokoh dunia tersebut.
Memberikan respon positif kepada orang lain ketika mereka berhasil melakukan sebuah
pekerjaan. Respon positif ini bisa berupa pujian, hadiah, atau
pernyataan-pernyataan positif lainnya.
Dengan mengetahui keinginan orang lain maka sesorang
akan dapat mempengaruhi orang lain untuk dapat menjalankan usahanya. Dengan
mengetahui kebutuhan orang lain dan membuat orang lain percaya, maka seorang
pengusaha akan dapat dengan mudah mengelola dan menggerakan semua rangkaian
usahanya untuk mencapai tujuan tertentu.
Sukses Mulia adalah sukses dengan cara mensukseskan
orang lain, Pengusaha yang benar – benar dikatakan sukses apabila dia dan
karyawanya bisa mencapai tujuan dan keinginan secara bersama-sama. Dengan
mengetahui keinginan orang lain seorang Pengusaha bisa mempengaruhi orang lain
tersebut untuk mewujudkan kesuksesan dengan mudah karena semua orang percaya
dan yakin kepadanya bahwa dengan bekerjasama dengan dia keinginan mereka
diwujudkan secara bersama.
Mudah – mudahan Bermanfaat….
nice post
ReplyDeletesalam silaturahmi :)