Saturday, May 25, 2013

Keberhasilan Nabi Muhammad, mempengruhi orang lain



PENDAHULUAN


         Mengungkapkan keberhasilan Nabi Muhammad, dalam mempengruhi orang lain, sehingga dinobatkan sebagai manusia yang paling berpengaruh di dunia ini.Buku yang secara garis besar dibagi menjadi 4 bagian ini dimulai dengan bagaimana Nabi Muhammad berhasil berinteraksi dengan orang lain. Bagian pertama, dikemukakan unsure penting dalam pergaulan dengan orang lain dengan cara memelihara persahabatan. Pada bgian ini dikemukakan bahwa agar kita berhasil memperoleh sahabat maka hal penting yang harus diperhatika adalah: Setiap orang senang diperhatikan,setiap orang senang terhadap orang yang ramah,setiap orang sangat memperhaikan namanya,setiap orang senang berbicara, dan setiap orang senang dikagumi dan dihargai.

        Bagian kedua dikemukakan jejak Nabi Muhammad dalam menghadapi manusia. Pada bagian ini diuraikan bagaimana cara kita menghadapi orang antara lain: Menyadari bahwa setiap orang merasa dirinya baik, menyadari bahwa setiap orang ingin dianggap penting, dan menyadari pula bahwa setiap orang pada prinsipnya tidak senang diperintah.


BAB       I

NABI MENGUBAH PENDIRIAN ORANG

        Pada bagian ketiga diungkapkan bagaimana cara mengubah pendirian orang lain misalnya : Cara menunjukkan kesalahan orang, cara mengkritik orang,katakanlah rendahnya diri,jangan memerintah,jagalah harga diri orang lain,siapa orang yang kuat, menganggap bahwa setiap orang baik, bersikap seolah-olah kesalahan orang lain tidak terlalu, dan menyenangkan hati orang,
Pada bagian teakhir dikemukakan bagaimana cara meyakinkan orang lain melalui hal berikut : Cara mendebat,jangan menyalahkan,akulah kelemahan diri, berbaik budilah,dukunglah perkataan dan perbuatannya,rendahkanlah diri, ajaklah bekerja sama,belajar melihat melalui kaca mata orang lain, bersimpatilah, usul yang baik tantanglah orang lain untuk berbuat baik, buatlah teladan bagi orang lain. Dengan uraian tersebut tidak heran kalau kita dapat menyaksikan Nabi Muhammad merupakan manusia yang perlu kita ikuti jejaknya.


          Dengan kemampuan membaca pikiran orang lain, maka kita tidak akan pernah kesulitan untuk memikat hati orang tersebut, maka dari itu agar kita dapat memikat hati orang lain, kita harus terlebih dahulu mengetahui bagaimana keinginan dan cara berpikir orang tersebut.

Berikut ini adalah 5 Cara Paling Mudah Untuk Membaca Pikiran Orang Lain:

1.Kenali Dengan Baik
Untuk dapat membaca pikiran orang, tentu anda harus mengenali terlebih dahulu dengan baik orang tersebut. Jika anda sudah kenal maka tentu hal itu akan membuat anda lebih enjoy dengan apa yang akan anda lakukan. Dilain sisi anda juga dapat melihat kepribadiannya, sehingga anda lebih leluasa untuk mengamatinya maka disitulah anda dapat membaca pikirannya.

2.Minta Umpan Balik
Cara untuk membaca pikiran orang lain bukan hanya sekedar mengamati dan membaca pikirannya saja, namun anda juga bisa menanyakan kebenaran yang benar terjadi atau yang dialami orang tersebut. Berilah pertanyaan yang menyatakan kebenaran apa yang anda bisa tebak darinya.

3.Perhatikan Bagian Atas Dari Wajah
Mengapa demikian? Ini karena biasanya pada bagian itu sering sekali orang mengungkapkan apa yang sedang dipikirkannya. Seperti sekitar mata yang dapat anda lihat jawaban dari pikiran orang itu.

4.Santi dan Relax
Tentu jika anda ingin bisa membaca apa yang orang lain pikirkan, anda harus terlebih dahulu bisa bersikap santai, tidak tegang. Mengapa demikian? Karena agar orang tersebut tidak menjadi resah dan gelisah karena tingkah laku anda. Bersikap santai dan terbuka agar dia merespons dengan baik.

5.Lebih Ekspersif
Ingat! semakin anda ekspresif, semakin pula anda dengan mudah mendapatkan informasi tentangnya. Karena dari situlah anda bisa mengetahui yang tadinya  tidak anda ketahui. 

Trik diatas memanglah sangat sederhana, tetapi jika anda terapakan maka anda akan dengan mudah dapat membaca pikiran orang lain, dan akan sangat efektif jika dibarengi dengan Bagaimana Cara Membaca Pikiran Orang Lewat Mata? Tentu yang akan saya bagikan di posting selanjutnya. Selamat menikmati.

Cara Mempengaruhi Orang Lain
        Saat Kecil, kami pernah mendapat sebuah pelajaran yang besar ketika memancing ikan..Awalnya, kami memancing ikan dengan umpan yang kami buat dari adonan telur, mentega dan tepung, dan ternyata tak satupun umpan kami yang dimakan ikan.. Dan ketika hari sudah agak siang dan kami mulai frustasi, kami pun beralih menggunakan umpan cacing seperti teman-teman kami yang lain lakukan..Dan hasilnya menakjubkan!
        Satu persatu ikan memakan umpan kami dan hanya dalam satu jam kami mendapat belasan ikan..Dari pengalaman ini kami belajar bahwa jangan memancing ikan menggunakan makanan yang kita inginkan..Pancinglah ikan dengan apa yang disukai ikan..Lantas, Kenapa kita tidak memakai psikologi yang sama untuk mempengaruhi manusia? Cara termudah Mempengaruhi orang lain adalah dengan berbicara tentang minat atau keinginan orang lain itu..*
         Lalu tunjukkan bagaimana cara memperolehnya, yang sesuai dengan apa yang kita inginkan..Sederhana kan?.Tapi, entah kenapa, kebanyakan orang tidak melakukannya.. Maksud dari tulisan diatas adalah,, Kita bisa mempengaruhi orang lain dengan menggunakan apa yg menjadi ketertarikan orang lain..bukan dengan apa yang membuat diri kita tertarik.. Misalnya, saat kita ingin mengajak sahabat kita ke toko buku, padahal kita tau sahabat kita sama sekali tidak suka membaca buku -seperti kita- dan hanya menyukai segala hal tentang olahraga.. Pancinglah dia menggunakan apa yang disukainya, yakni koran atau tabloid olahraga dan buku atlet idolanya..
        Memintanya menemani kita dengan menggunakan apa yang membuat kita tertarik -membaca buku-, hanya akan membawa penolakan..Simple kan? 
         Pernahakah anda mencoba untuk mempengaruhi orang lain baik dalam pemahaman, pikiran dan tindakan? Sebagian orang mudah kita pengaruhi dan ada juga sebagian orang yang sulit untuk dipengaruhi. Kenapa sulit untuk mempengaruhi seseorang? sebab kita tidak tahu bagaimana cara untuk meyakinkan mereka agar memiliki kesamaan dengan apa yang kita pikirkan.
Tidak ada salahnya jika kita menggunakan teknik tertentu yang dapat mempengaruhi mereka semua. Cara mempengaruhi orang lain dengan dasar Pendekatan Komunikasi Persuasi dikemukakan oleh Aristotle yang menyatakan terdapat 3 pendekatan dasar dalam komunikasi yang mampu mempengaruhi orang lain, yaitu;
1.      Logical argument (logos), yaitu penyampaian ajakan menggunakan argumentasi data-data yang ditemukan. Hal ini telah disinggung dalam komponen data.
2.      Psychological/ emotional argument (pathos), yaitu penyampaian ajakan menggunakan efek emosi positif maupun negatif. Misalnya, iklan yang menyenangkan, lucu dan membuat kita berempati termasuk menggunakan pendekatan psychological argument dengan efek emosi yang positif. Sedangkan iklan yang menjemukan, memuakkan bahkan membuat kita marah termasuk pendekatan psychological argument dengan efek emosi negatif.
3.      Argument based on credibility (ethos), yaitu ajakan atau arahan yang dituruti oleh komunikate/ audience karena komunikator mempunyai kredibilitas sebagai pakar dalam bidangnya. Contoh, kita menuruti nasehat medis dari dokter, kita mematuhi ajakan dari seorang pemuka agama, kita menelan mentah-mentah begitu saja kuliah dari dosen. Hal ini semata-mata karena kita mempercayai kepakaran seseorang dalam bidangnya.
Menurut Burgon & Huffner (2002), terdapat beberapa pendekatan yang dapat dilakukan agar komunikasi persuasi menjadi lebih efektif. Maksudnya lebih efektif yaitu agar lebih berkesan dalam mempengaruhi orang lain. Beberapa pendekatan itu antaranya;
1.      Pendekatan berdasarkan bukti, yaitu mengungkapkan data atau fakta yang terjadi sebaga bukti argumentatif agar berkesan lebih kuat terhadap ajakan.
2.      Pendekatan berdasarkan ketakutan, yaitu menggunakan fenomena yang menakutkan bagi audience atau komunikate dengan tujuan mengajak mereka menuruti pesan yang diberikan komunikator. Misalnya, bila terjadi kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah maka pemerintah dengan pendekatan ketakutan dapat mempersuasi masyarakat untuk mencegah DBD.
3.      Pendekatan berdasarkan humor, yaitu menggunakan humor atau fantasi yang bersifat lucu dengan tujuan memudahkan masyarakat mengingat pesan karena mempunyai efek emosi yang positif. Contoh, iklan-iklan yang menggunakan bintang comedian atau menggunakan humor yang melekat di hati masyarakat.
4.      Pendekatan berdasarkan diksi, yaitu menggunakan pilihan kata yang mudah diingat (memorable) oleh audience/ komunikate dengan tujuan membuat efek emosi positif atau negative. Misalnya, iklan rokok dengan diksi “nggak ada loe nggak rame…”.
Namun keempat pendekatan tersebut dapat dikombinasikan sesuai dengan tujuan persuasi dari komunikator. Misalnya pendekatan berdasarkan humor dikombinasikan dengan pendekatan berdasarkan diksi. Ataupun pendekatan berdasarkan ketakutan dikombinasikan dengan pendekatan berdasarkan bukti.
Daftar Pustaka
M. Ghojali Bagus A.P., S.Psi. Buku Ajar
 Psikologi Komunikasi – Fakultas Psikologi Unair 2010
Cara Sukses Mempengaruhi Orang lain
Ciri- Ciri Orang  yang Bisa Memotivasi / Memepengaruhi Orang Lain
Salah satu ciri orang yang bisa memotivasi orang lain adalah antusiasme, mereka peduli dan paham dengan apa yang dininginkan oleh orang lain dan mengkomunikasikannya dengan meyakinkan pada orang lain bahwa apa yang diinginkan itu penting dan dapat terwujud. Ia juga memberikan teladan yang dapat menjadi inspirasi bagi orang lain.

Ciri-ciri orang yang berkualitas dan bisa memotivasi / mempengaruhi orang lain adalah yang melakukan hal-hal sebagai berikut :

1.Tertarik pada setiap orang dan masalahnya.
2.Menjadi pendengar yang baik
3.Bisa mendorong orang lain untuk berbicara tentang dirinya.
4.Menganggap orang lain penting.
5.Berbuat sesuatu untuk orang lain dengan tulus.
6.Membangun Hubungan Kerja Sama

          Selama ini orang beranggapan bahwa hubungan yang terjadi antara seorang dengan orang lain adalah saling memanfaatkan, contoh Pengusaha hanya memanfaatkan pekerja untuk kepentingan usahanya saja, seorang atasan hanya memanfaatkan bawahan untuk dirinya sendiri, dan sebagainya. Seharusnya seseorang harus dapat meyakinkan orang lain bahwa apa yang dikerjakan itu untuk kepentingan bersama sesuai dengan keinginan bersama. Hal ini bisa dilakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut :

Mengetahui dengan tepat siapa orang yang dihadapi.
Menemukan dengan tepat apa yang dinginkan oleh orang yang dihadapi.
Menetapkan secara tepat bagaimana membantu mendapatkan yang dinginkan oleh orang yang dihadapi.
Untuk mendukung kerja sama yang baik maka seseorang harus mengetahui apa yang bisa dilakukan / diperbuat untuk menarik perhatian orang lain dan orang tersebut menjadi yakin bahwa dengan kerjasama itu keinginan mereka dapat terwujud.

Cara-Cara Mendapatkan Kepercayaan Orang

Untuk menjadi Pengusaha sukses diperlukan adanya kepercayaan dari orang lain, agar arah dan tujuan yang ingin dicapai bisa dilaksanakan sepenuhnya oleh orang lain. Bukankah manajer yang baik adalah orang yang bisa mempengaruhi dan menggerakan orang lain untuk melaksanakan serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan?

Berikut ini adalah ada 3 cara bagaimana mendapatkan kepercayaan orang lain, yaitu :

Memiliki kepercayaan pada diri sendiri (self confidence) yang tinggi
Menguasai dan menjadi ahli di bidang yang ditekuni
Memberi pancaran positif akan kepercayaan diri pada orang lain
Untuk berhubungan dengan orang lain, maka harus diketahui beberapa hal yang berhubungan dengan keyakinan pada diri sendiri. diantaranya adalah :

Memilih cara dan metode berbicara dengan orang lain yang  tepat termasuk memperhatikan penampilannya
Menginformasikan dengan jelas tujuan  yang ingin dicapai
Menghubungkan kegiatan usaha dengan apa yang dinginkan oleh orang lain
Melakukan improvisasi-improvisasi yang bertujuan untuk menciptakan rasa percaya orang lain.
Menanamkan nilai atau pandangan hidup yang positif tentang bidang usaha yang digeluti, dipandang sebagai jalan untuk mewujudkan keinginan secara bersama.
Menceritakan keberhasilan para tokoh-tokoh dunia yang dimulai dengan mimpi-mimpi mereka dan ceritakan juga cara-cara mereka meraih mimpi-mimpi itu.  Ajak orang lain  untuk bermimpi meraih sukses dalam bidang yang sedang ditekuni, seperti mimpinya para tokoh dunia tersebut.
Memberikan respon positif kepada orang lain  ketika mereka berhasil melakukan sebuah pekerjaan. Respon positif ini bisa berupa pujian, hadiah, atau pernyataan-pernyataan positif lainnya.


Dengan mengetahui keinginan orang lain maka sesorang akan dapat mempengaruhi orang lain untuk dapat menjalankan usahanya. Dengan mengetahui kebutuhan orang lain dan membuat orang lain percaya, maka seorang pengusaha akan dapat dengan mudah mengelola dan menggerakan semua rangkaian usahanya untuk mencapai tujuan tertentu.

Sukses Mulia adalah sukses dengan cara mensukseskan orang lain, Pengusaha yang benar – benar dikatakan sukses apabila dia dan karyawanya bisa mencapai tujuan dan keinginan secara bersama-sama. Dengan mengetahui keinginan orang lain seorang Pengusaha bisa mempengaruhi orang lain tersebut untuk mewujudkan kesuksesan dengan mudah karena semua orang percaya dan yakin kepadanya bahwa dengan bekerjasama dengan dia keinginan mereka diwujudkan secara bersama.

Mudah – mudahan Bermanfaat….

1 comment:

Komentar Facebook