Thursday, May 30, 2013

PILIH BIDADARI ATAU NENEK SIHIR (Novel M.Rakib Jamari)




Ramalan Nenek Sihir
       NASIBKU diramal oleh Nenek Sihir, sebagai orang yang tidak berhsil. Buktinya  ibu kandungku sendiri tidak sayang kepadaku, apalagi orang lain. Aku menceritakan tentang orang tuaku tidak sayang kepadaku, dengan tujuan agar NENEK Sihir akan kasihan. Tapi yang terjadi sebaliknya. “Mengapa pula kasihan kepada sang Penyair, sedangkan orang tuanya sendiri, tidak sayang kepadanya. “
       Aku diejek orang dengan istilsh pujangga yang tersesat atau sang Penyair kecil. AKU TERKEJUT KETIKA pertama kali dari kejauhan melihat Putri Nurmeyanti, tetangga terdekat Nenek Sihir, yang kusangka dia dalah bidadari yang turun ke bumi, seperti yang kudengar dalam sandiwara radio Singapura, yang selalu kuikuti ketika masih bersama dengan orang tua kandung di Kuala Kampar.

Kisah cintaku, dengan Puteri,
Sering bertemu, di tepian mandi
Sebelas tahun, umurnya masih,
Tujuh belas, umurku sendiri.

Di surau, sama-sama  mengaji,
Berhadapan duduk, bebeda sisi,
Kecantikannya tampak, berseri-seri
Potretnya lengket, di dalam hati.

Ceburulah pemuda, bernama Jeky
Mengapa dia, tidak dicintai,
Padahal tampan, wajah berseri.
Dibandingkan diriku, tiada arti.

JEKY menemui, Nenek  Sihir,
Agar Sang Putri, tetap hadir,
Dalam genggamannya, tiada menyingkir,
Calon isteri, alis berukir.
       Aku adalah pendatang di kampung itu. Aku belum mengerti cara berak dan buang air kecil di sungai Kampar yang airnya super jernih.Menumpang tinggal di gubuk Nenek Sihir, demi sekolah di sebuah madrasah pinggir sawah.Umurku waktu itu  tiga belas tahun. Sejak awal dinasehatkan orang, jangan tinggal di rumah Nenek Sihir. . Meski tak lebih dari dukun kampung, kabarnya Nenek Sihir ini, memiliki kehebatan dalam mempertemukan jodoh orang dan memberi anak kepada pasangan yang sudah bertahun-tahun tidak mendapatkan anak.
       Demi sesuap nasi dan demi sekolahku, aku bertahan tinggal di gubuk itu. Sekolahku masih dua tahun lagi. Kucatat dalam syair riwayat hidupku begini:

           Pernah kucoba berladang padi,
           Lima tahun, mengorbankan diri,
           Sambil sekolah, mencari  rezeki,
           Ke daerah Kampar, pergi mengaji.

Adapun kaedaan, ayah dan ibu,
Hidupnya miskin, sejak dahulu,
sampai sekarang, terus begitu,
Itulah takdir, dari Tuhanku.

               Teman lain belajar, cukup belanja,
               Tiap hari, mereka gembira,
               Sedangkan aku, berhati  duka,
                Caci maki, selalu kuterima.
                
Lahirku di, Pulau Penyalai,
Sepnjang pantai, nyiur melambai,
Nyamuknya banyak, tidak terlerai,
Tapi masyarakatnya, tenang dan damai.


          
       

4 comments:

  1. silahkan dicek tulisan ini:
    - http://www.kemudian.com/node/265448

    - http://fiksi.kompasiana.com/cerpen/2013/02/08/terawangan-mbah-kunto-532354.html

    -http://pawonpoetri.blogspot.com/2013/06/terawangan-mbah-kunto.html

    saya sebagai penulis asli dari buah pikir saya yang berjuduk Terawangan Mbah Kunto,, merasa jika telah terjadi tindak plagiasi yang sangat berat pada tulisan CINTA PERTAMAKU TETANGGA NENEK SIHIR (Novel M.Rakib Jamari) .

    silahkan konfirmasi ke saya tentang tulisan anda, atau kasus ini akan ditidak lanjuti.

    ini FB saya:
    herlambang satrio wibowo

    ReplyDelete
  2. hehehe ini plagiarisme ya? waduh bahaya sekali....

    ReplyDelete
  3. ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN AKI,JATI LUHUR KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, JATI LUHUR KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN AMIN.

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI JATI LUHUR DI NMR (_+_6_2_8_5_2_2_9_4_8_7_8_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK) www.uangghaib.webs.com SAYA SUDAH
    BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
    ╔══╗═════╔╗═════
    ╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
    ═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
    ═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
    ═══════╚═╝═╚═╝══
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★

    ReplyDelete

Komentar Facebook