Monday, May 27, 2013

Jangan salah, mengartikan cerdas Kalau jahat, suka menindas

Makanan yang Dapat Merangsang
  • Bertoleransi, dianggap bodoh,
  • Tenggang rasa, dituduh ceroboh,
  • Cerdas akhlaknya, imannya kokoh
  • Calon pemimpin, jadikan tokoh

  • Jangan salah, mengartikan cerdas
  • Kalau jahat, suka menindas
  • Itulah Yahudi, zalimnya keras
  • Seluruh dunia, merasa gemas
Kecerdasan Anak


Drs.M.Rakib,S.H.,M.Ag


Kecerdasan otak anak dari tradisi bangsa yahudi
        Pada dasarnya pakar kesehatan atau ahli biologis dunia menggunakan beberapa cara untuk melatih kecerdasan , namun secara nyata cara-cara untuk melatih kecerdasan ini , semuanya diambil dari cara bangsa yahudi untuk melatih kecerdasan mereka, kecerdasan bangsa yahudi memang harus di akui karena dengan jumlah mereka yang sedikit nama mereka mampu mendunia dengan jumlah individu yang tidak sedikit, mereka melatih kecerdasan bukan sejak dini melainkan sejak dalam kandungan, berikut beberapa cara bangsa yahudi melatih kecerdasan mereka yang juga dipakai oleh bangsa lainnya didunia, seperti misalnya :
Mendengarkan musik klasik sejak dalam kandungan
        Cara ini adalah cara yang paling sering digunakan oleh ibu hamil di muka bumi, sebab dengan ara mendengarkan musik klasik dapat merangsang pertumbuhan kecerdasan si anak sejak dalam kandungan,
Menghindari asap rokok
Negara israel  adalah ialah negara dimana didalamnya berisi bangsa yahudi, mereka mempunyai aturan tersendiri tentang rokok, baik dalam hukum maupun tradisi, dalam tradisi bertamu sambil merokok  dianggap sangat tidak sopan sehingga diisrael bisa dikatakan tidak ada orang yang bertamu sambil merokok, begitupun berdasarkan hukum, tidak disemua tempat, oang-orang diisrael boleh merokok dimana peraturan ini berbalik dengan peraturan negara kita, ada yang di bus, dan tempat umum lainnya, peraturan ini bagi mereka tidak hanya sekedar peraturan tetapi juga di patuhi oleh semuanya, misalnya jika seorang sedang merokok bila melihat wanita hamil disekitarnya, ia akan mematikan rokok tersebut sebelum jaraknya dekat dengan wanita hamil itu karena selain peraturan, mereka juga menjaga kelebihan mereka yang sudah di tetapkan tuhan sebagai bangsa tercerdas di muka bumi.

      Mengerjakan soal matematika
Mengerjakan soal matematika pada hakikatnya  ia melatih otak anak-anaknya agar tumbuh genius,cerdas dan mempunyai  kecekatan berfikir yang ccemerlang dan juga para ibu ini juga tidak pernah lelah dalam mengerjakan soal matematika selama 9 bulan proses kehamilannya
Makanan yang diKonsumsi oleh ibu hamil
Tidak semua makanan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil tersebut, pasalnya ada beberapa jenis dan cara makan yang ia lakukan pada saat hamil, misalnya kacang badam , korma, dan susu makanan ini adalah beberapa diantara jenis makanan yang wajib dikonsumsi oleh para ibu hamil, pasalnya makanan tersebut banyak mengandung sari-sari vitamin  yang berguna untuk mengembangkan kecerdasan si jabang bayi, selain itu juga ada ikan, dimana ikan ini juga memiliki jenis yang baik untuk dikonsumsi salah satunya ikan salmon dan juga tidak semua bagian dari ikan tersebut yang dapat dikonsumsi , ikan akan lebih baik dikonsumsi jika bagian kepala ikan dibuang, karena bagian dari kepala ikan dipercaya mengandung zat kimia sehingga tidak baik untuk menkonsumsi kepala ikan tersebut.
Melatih kecerdasan sejak usia dini.

       Jika si anak sudah lahir, dan tumbuh hingga usia dini, bangsa yahudi dan negara maju lainnya kerap, melatih anak mereka dengan memainkan oleh raga menembak dan memanah, karena jika olah raga ini ditanamkan kepada anak sejak usia dini olah raga ini dapat melatih si anak untuk fokus dan melatih konsentrasi.
Cara cara diatas dipakai oleh dunia untuk melatih kecerdasan anak mereka namun cara tersebut tidak lain dan tidak bukan berasal dari tradisi bangsa yahudi dimana dengan bukti yang ada dengan jumlah orang yang sedikit mereka mampu mendunia, diantara lain seperti :
1. Mike Lazaridis(penemu blackberry)
2. Mark Zuckerberg (penemu dan pendiri facebook)
3. Bill Gates (penemu microsoft)
4. Larry page (pencipta google)
5. Albert einstein (tokoh pertama fisika)
6. Lionel Messi (pemain teraik 2009, 2010, 2011)

Dengan kecerdasan yang dimiliki apalagi kecerdasan yang dibentuk sejak awal, manusia tidak hanya mampu untuk menghadapi dan keluar dari masalah tetapi juga mampu memperoleh materi dan gelar yang akan didapat.


       Anak membutuhkan asupan gizi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan otak mereka. Nutrisi yang baik dari makanan dapat meningkatkan memori otak dan keterampilan anak, sehingga mereka menjadi lebih mahir dalam menghafal atau mengingat sesuatu.Makanan otak dapat meningkatkan memori dan keterampilan, sehingga membuat anak lebih mahir dalam menghafal atau mengingat sesuatu.Orang tua mana yang tidak ingin anaknya cerdas. Namun, yang masih menjadi pertanyaan, apa saja yang dibutuhkan si kecil agar pertumbuhan otaknya menjadi optimal ? Otak merupakan benda yang paling vital dalam tubuh. Organ ini mengatur seluruh bagian dalam tubuh diantaranya gerakan motorik, pengaturan suhu tubuh, pengaturan tekanan darah, sekresi hormon,pernapasan, emosi dan berbagai macam kegiatan manusia.

        Berbagai proses dalam otak itu yakni peenambahan sel (poliferasi), perpindahan sel (migrasi), perubahan sel (differensiasi), pembentukan system jalinan saraf antara satu dengan lainnya (sinaptogenesis) dan pembentukan selubung saraf (mielinisasi). Yang penting dicatat, organ ini tumbuh secara luar biasa pada masa anak-anak. Sampai pada usia 2 tahun berat otak akan mencapai 75% otak dewasa. Menurut dr. Hartono Gunadi, Sp.A, dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, sampai dengan bayi berusia 2 tahun, pertumbuhan dan perkembangan otak anak telah mencapai 90%.
Factor yang paling penting untuk pembentukan otak adalah factor nutrisi untuk mendukung pembentukan sel-sel otak. Sebagai orang tua yang bertanggung jawab terhadap kehidupan anak, Anda perlu tahu nutrisi seperti apa yang berperan dalam pembentukan otak sang buah hati, mulai dari dalam kandungan hingga remaja.
Masih ada lagi hal yang penting pada proses pertumbuhan seorang anak, yakni prosestumbuh kembang. Makna pertumbuhan berkaitan dengan perubahan dalam besar, jumlah, ukuran, atau dimensi dalam tingkat sel, organ atau individu.
Sedangkan perkembangan lebih menitikberatkan pada aspek perubahan bentuk atau fungsi pematangan organ ataupun individu, termasuk perubahan aspek sosial atau emosional akibat pengaruh lingkungan. Yang jelas, untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, Anda harus mengetahui factor dan aspek apa saja yang mempengaruhinya.
Peranan Nutrisi

Cikal bakal otak mulai terbentuk pada minggu ketiga kehamilan berupa lempeng saraf, berubah menjadi tabung saraf pada minggu keempat dan mulai terbentuk otak besar, batang otak, otak kecil dan medulla spinalis pada minggu kelima kehamilan.
Setelah bayi lahir, maka usia yang paling penting dalam pertumbuhan otak adalah 0-2 tahun. Periode tersebut penting karena masa ini adalah periode emas. Dalam periode inilah terjadi perkembangan saraf otak yang tercepat, khususnya mielinisasi. Selanjutnya memang terus terjadi perkembangan hingga usia 5 tahun, namun tidak secepat pada usia sebelumnya. Dalam masa ini maka yang terjadi adalah pengorganisasian perkembangan dan hubungan antar jaringan (impuls) otak.
Factor nutrisi berperan mulai dari kandungan, jadi seorang ibu yang hamil harus memperhatikan asupan gizi, bukan hanya untuk dirinya, juga untuk sang janin. Yang harus diperhatikan adalah protein dan asam lemak esensial.
Air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik untuk bayi. Setelah bayi lahir, kebutuhan zat gizi dilakukan melalui pemberian ASI Eksklusif sejak hari pertamanya sampai usia 6 bulan. Tapi setelah proses menyusui terlampaui, Anda harus memikirkan nutrisi sang anak.
Bagi Anda yang tak dapat menyusui anak karena sesuatu hal, pemilihan nutrisi untuk bayi harus dipertimbangkan dengan matang, demi perkembangan kecerdasannya. Nutrisi yang diyakini dapat meningkatkan kualitas otak anak adalah asam lemak DHA (asam dokosaheksanoat) dan AA (asam arakhidonat). Asam lemak ini merupakan asam lemak esensial, artinya tidak dapat dibentuk oleh tubuh sehingga harus ditambah dari luar.


         Setelah berumur 2 tahun ke atas, tentu bayi tetap memerlukan asupan nutrisi pendukung untuk merangsang kecerdasan otaknya. Salah satu langkah yang sering dilakukan adalah memberikan asupan nutrisi tambahan seperti susu formula untuk anak usia 2 tahun ke atas. Namun hal ini perlu dicermati setiap ibu karena jika salah memilih susu formula untuk si kecil maka beberapa efek buruk bisa terjadi seperti kerusakan gigi dan kegemukan bahkan diabetes pada anak karena kandungan gula yang berlebih pada susu formula tersebut. Selain itu juga bisa menyebabkan diare dan alergi untuk susu yang tidak cocok untuk si buah hati. Kalau sudah begitu untuk fungsi otaknya mana? Nah, Mead Johnsonmenghadirkan susu Enfagrow A+ untuk kebutuhan fungsi otak si kecil.Mead Johnson menemukan kalau aktivitas bayi dan nutrisi yang baik akan memberikan stimulan lebih kepada pertumbuhan bayi. Bayi dapat merasakan perhatian, ingatan, dan pemecahan masalah. Oleh karena itu susu ini dibuat dengan manfaat untuk kesehariannya.
Susu ini mengandung beberapa zat penting yaitu :
  • DHA , untuk meningkatkankecerdasan otak. Enfagrow selain mengandung DHA yang cukup, Mead Johnson sebagai perusahaan yang memproduksiEnfagrow telah membuktikannya melalui lebih dari 30 studi ilmiah dalam bidang nutrisi anak. 4 studi klinis diantaranya telah menunjukkan bahwa pemberian nutrisi dengan kadar DHA 17mg/100kkal dan ARA 34mg/100kkal terbukti klinis mendukung perkembangan otak sikecil.
  •  
  • FOS & Inulin,untuk memperbaiki fungsi usus dengan cara meningkatkan seringnya buang air besar dan mengasamkan pH usus, selain dari mempunyai efek untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida serta menekan pertumbuhan kuman yang merugikan kesehatan dalam usus besar. Selain daripada itu, inulin dan FOS merangsang pertumbuhan bifidobacteria dalam usus sehingga menghambat pertumbuhan kuman yang berbahaya.
  •  
  • Zink,Fungsi Seng (Zink/Zinc/Zn) banyak diantaranya pada pelepasan vitamin A dari hati, fungsi normal indera perasa, penciuman, merupakan komponen penting dalam berbagai enzim dan untuk system kekebalan tubuh. Kekurangan Seng mengakibatkan hambatan pertumbuhan fisik (kerdil), penurunan kekebalan, hambatan perkembangan alat seks juga diduga berkaitan dengan kejadian bibir sumbing. Konsumsi berlebih mengakibatkan iritasi lambung dan muntah.
  •  
  • Zat Besi.Pada anak-anak, zat besi akan menjamin asupan oksigen ke darah yang juga akan memastikan anak selalu berenergi dan penuh konsentrasi. Zat besi juga sangat penting untuk pertumbuhan otot dan organ tubuh lainnya, baik langsung maupun bersama dengan asupan penting lainnya sehingga mempengaruhi ketahanan fisik dan kemampun beraktivitas. Dengan demikian, pertumbuhan anak pun akan lebih terjamin sehingga ia akan menjadi anak yang aktif di setiap perkembangannya.
  • Vitamin A, C, & E untuk tumbuh kembang bayi maksimal.
Susu ini akan memberikan asupan terbaiknya sehingga bayi tidak hanya tumbuh secara fisik, namun juga tumbuh denganperkembangan otak yang lebih baik.
Faktor Pendukung

Setelah otak seorang anak terbentuk, maka ada berbagai factor yang mempengaruhi perkembangannya. Teramat sayang bila anak Anda sudah memiliki sel-sel otak yang berkualitas, namun dibiarkan tanpa didukung perkembangannya.
Factor pendukung antara lain perhatian dan kasih sayang orang tua dan lingkungannya yang berpengaruh bagi aspek emosi. Mulai dari kontak fisik, sentuhan, belaian dan nyanyian.
Factor yang tak kalah pentingnya yaitu kebutuhan mental, misalnya proses pembelajaran, agama dan kepribadian. Factor pendukung inilah yang dapat menjadi stimulasi bagiperkembangan otak anak, juga akan mengaktifkan sel otak anak Anda sehingga perkembangannya akan lebih terpacu. Stimulasi ini penting sekali, sebab, jaringan saraf otak akan hilang dengan sendirinya apabila jarang atau tidak pernah sama sekali mendapat stimulasi.
Stimulasi pada anak dapat diterima melalui sentuhan, pendengaran, penglihatan, pengecapan yang kesemuanya sudah dapat diproses sejak bayi baru lahir. Pemprosesan informasi atau stimulasi dari luar tergantung dari takaran dan derajat stimulasi yang diterima serta kemampuan si anak memproses stimulasi tersebut.
Interaksi orangtua dengan penuh kasih sayang dapat merangsang imajinasi dan gagasan kreatif anak. Stimulasi dapat dimulai dari dalam kandungan. Contohnya, si ibu yang hamil bisa mendengarkan musik sambil mengelus perutnya.

          Contoh lain stimulasi setelah anak lahir adalah dengan bercerita atau mendongeng. Mendongeng selain dapat mengajarkan kata-kata, juga dapat menjadi simbolisasi pendidikan. Misalnya bagaimana berbuat baik dan bagaimana memecahkan suatu masalah.
Kemudian permainan juga merupakan stimulasi yang sangat tepat bagi anak. Usahakan memberi variasi permainan dan sangat baik kalau orangtua melibatkan diri secara langsung dalam permainan. Perlu diingat juga, jangan selalu melarang anak melakukan aktivitas sepanjang tidak berbahaya.
Selain itu,makanan tambahan lain juga banyak manfaatnya untuk meningkatkankeerdasan otak anak.

Saya sendiripun juga sudah pernah mencoba membuat kombinasi masakan untuk sikecil seperti bubur ditambah ikan atau sayuran. Si kecil pun makan dengan lahap karena dia juga tidak pilih - pilih kalau mau makan. Diantara makanan tambahan yang bermanfaat untukkecerdasan otak si kecil yaitu :
1. Telur
Jenis makanan ini sangat mudah dan murah, tetapi sangat bergizi. Telur merupakan sumber protein. Kuning telur yang berada di dalamnya mengandung kolin yang berkhasiat membantu perkembangan otak. Biasakan secara rutin memberikan sarapan atau makan malam yang sehat dengan menu yang terbuat dari telur.
2. Sayuran bewarna
Tomat, wortel, bayam atau labu adalah makanan yang kaya antioksidan. Makanan ini dipercaya dapat membantu mempertahankan kekuatan dan kesehatan membran sel. Semakin segar dan cerah warna sayuran, makin tinggi kandungan antioksidannya. Beberapa sayuran juga memiliki manfaat mencegah kanker.
3. Selai kacang
Kacang adalah makanan yang kaya akan vitamin E dan juga antioksidan yang dapat melindungi membran sel - sel otak terhadap radikal bebas terutama kacang macadamia dan almond. Untuk hasil terbaik, pilihlah selai kacang yang rendah gula dan natrium.
4. Daging sapi bebas lemak
Makanan ini adalah sumber zat besi yang dapat membantu membuat anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber terbaik zat besi karena mudah diserap oleh tubuh. Faktanya, satu ons daging sapi setiap hari membantu tubuh menyerap zat ebsi dari sumber makanan lainnya. Daging sapi juga mengandung zinc yang membantu memelihara daya ingat.
5.Ikan
Para ahli menyarankan untuk memilih ikan yang mengandung asam lemak yang bermanfaat seperti salmon. Ikan ini merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak. Faktanya, beberapa studi juga membuktikan, mereka yang gemar menyantap ikan yang mengandung omega 3 memiliki pikiran yang tajam dan mencatat hasil yang baik dalam tes kemampuan mental.
6. Buah beri
Buah seperti stroberi, blueberi dan blackberi kaya akan zat antioksidan seperti vitamin C . Sejumlah studi menunjukan bahwa buah beri dapat memperbaiki daya ingat.
7. Kacang hijau
Makanan ini adalah salah satu yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh anak-anak mengingat nutrisinya yang sangat lengkap. Selain tinggi kadar protein dan karbohidrat kompleks, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, tembaga, mangan, fosfor dan thiamin yang semuanya penting bagi tubun dan perkembangan otak.
8. Susu dan yogurt
Produk susu termasuk di dalamnya yogurt adalah makanan yang kaya protein, vitamin D dan vitamin B yang berperan penting dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Yogurt merupakan makanan yang semi padat sehingga lebih mudah dicerna dalam proses metabolisme tubuh.
Penelitian terbaru juga menunjukkan, anak-anak dan remaja memerlukan vitamin D 10 kali lebih banyak dari yang direkomendasikan. Vitamin D berguna untuk memelihara siklus hidup sel serta fungsi saraf dan otot.
9. Oat/Oatmeal
Oat ini adalah salah satu bahan yang terkandung dalam sereal yang digemari anak-anak. Makanan ini mengandung karbohidrat yang secara bertahap akan diserap oleh otak anak selama proses belajar di sekolah. Oat juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin E, B, potasium dan zinc yang membantu tubuh dan otak untuk bekerja secara optimal.


Top of Form
Jadilah orang pertama yang menyukai tulisan ini

Bottom of Form


  • Bertoleransi, dianggap bodoh,
  • Tenggang rasa, dituduh ceroboh,
  • Cerdas akhlaknya, imannya kokoh
  • Calon pemimpin, jadikan tokoh

  • Jangan salah, mengartikan cerdas
  • Kalau jahat, suka menindas
  • Itulah Yahudi, zalimnya keras
  • Seluruh dunia, merasa gemas

        Punya anak cerdas dan berprestasi di sekolah adalah dambaan setiap orangtua. Tentu saja kecerdasan tidak terlepas dari asupan gizi dan nutrisi yang mereka konsumsi setiap hari. Selain itu, ada baiknya pula mengkonsumsi makanan terbaik. Makanan yang dijuluki "Brain Food" ini diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak. Inilah makanan yang disebut brain food :
      Salmon. Merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan.
Telur. Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.
Berry. Strawberry, cherry, blueberry dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutrisi yang dikandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker.
Sayuran berwarna. Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.
Susu dan Yogurt. Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim.


Almond, Kacang Badam Kaya Manfaat

Almond (Prunus dulcis), adalah tanaman asli Timur Tengah, buahnya sebenarnya bukan merupakan kacang, namun merupakan buah berbiji yang terdiri dari kulit luar yang diselubungi cangkang keras. Almond biasanya dijual dalam bentuk masih bercangkang atau juga dengan cangkang yang yang sudah dilepas.
Meskipun almond berasal dari Timur Tengah, akan tetapi kini banyak negara banyak yang membudidayakannya, antara lain Amerika Serikat, Spanyol, Siria, Italia, Iran, Maroko, Turki, dan China.
Almond dapat dikonsumsi secara langsung, dan juga dengan diolah. Irisan almond dapat ditambahkan pada es krim, coklat, atau kue. Almond dapat pula dibuat menjadi "susu almond", terutama diperuntukkan bagi orang yang memiliki intoleransi laktosa dan juga vegetarian.
Almond mengandung 49% minyak, dimana tersusun atas 62% asam lemak omega-9, 24% asam lemak omega-6, dan 6% asam palmitat. Oleum amigdalae, adalah sejenis minyak yang diperoleh dari almond, yang tergolong gliseril oleat. Minyak ini memiliki aroma ringan dan berasa kacang, tidak larut alkohol, namun mudah larut dalam kloroform atau eter.
Ternyata almond juga bernutrisi, almond mengandung 26% karbohidrat (12% serat makanan, 6,3% gula, serta 0,7% pati). Selain itu almond kaya akan vitamin E, yakni 24 mg per 100 gram. Almond juga memiliki banyak kandungan asam lemak tak jenuh, yang dapat menurunkan kolesterol LDL. Nutrisi lain yang terdapat pada almond adalah vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan seng.
Almond diklaim memiliki manfaat mempercepat pergerakan makanan di kolon, dan mencegah kanker usus besar. Beberapa penelitian terbaru mengkaitkan almond dengan penurunan kolesterol LDL. Almond juga memiliki khasiat anti inflamasi/radang, memperkuat daya tahan tubuh, dan melindungi hati.
Akan tetapi bagi beberapa orang, almond dapat mengakibatkan alergi yang gejalanya bervariasi dari gejala lokal (misalnya contact urticaria) hingga gejala sistemik (misalnya angioedema, urticaria, atau juga rasa tidak nyaman di perut/saluran pernafasan).


Kacang Almond, Camilan yang ber – Khasiat
Jika anda suka ‘ngemil’, ada baiknya anda menyimpan kacang almond. Makanan ringan yang satu ini selain bisa dikunyah agar mulut tidak menganggur juga berkhasiat menjaga kesehatan tubuh. Kacang yang pertama kali ditanam oleh orang Yunani ini dapat membantu menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung.
Kacang almond adalah salah satu jenis kacang yang paling kaya nutrisi. Dibandingkan dengan jenis kacang lain, dengan berat yang sama kacang almond memiliki kandungan protein, vitamin dan mineral yang paling tinggi.
Pemilik nama latin Prunus dulcis merupakan gudang kebaikan gizi. Almond  adalah sumber vitamin E, magnesium, mangan, tembaga, fosfor, sumber serat yang baik dan riboflavin. Dalam 100 gram almons, mengandung 13 gram lemak tidak jenuh yang baik, hanya 1 gram lemak jenuh, dan selalu bebas kolesterol.
Almond kaya vitamin dan mineral. Dua komponen itu membantu reaksi kimia dalam tubuh menjadi lebih cepat. Vitamin E berfungsi menjaga kesehatan jantung dan lever. Tubuh akan lebih rentan terhadap penyakit tertentu jika tidak diberi vitamin E yang cukup. Alpha-tokoferol dari vitamin E yang ditemukan di almond adalah salah satu antioksidan penting. Alpha-tokoferol membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh sehingga berpotensi menyebabkan kanker. Hampir setiap hari ketika mendapatkan paparan sinar matahari berlebih, tubuh menerima serangan radikal bebas dari sinar Ultra Violet (UV).
Selain vitamin E, almond juga kaya akan kalsium. Satu biji almond dapat berisi sampai seperempat dari kebutuhan kalsium sehari-hari. Kalsium berfungsi dalam menguatkan tulang dan gigi.
 Almond (Prunus dulcis), adalah tanaman asli Timur Tengah, buahnya sebenarnya bukan merupakan kacang, namun merupakan buah berbiji yang terdiri dari kulit luar yang diselubungi cangkang keras. Almond biasanya dijual dalam bentuk masih bercangkang atau juga dengan cangkang yang yang sudah dilepas.
Meskipun almond berasal dari Timur Tengah, akan tetapi kini banyak negara banyak yang membudidayakannya, antara lain Amerika Serikat, Spanyol, Siria, Italia, Iran, Maroko, Turki, dan China.
Almond dapat dikonsumsi secara langsung, dan juga dengan diolah. Irisan almond dapat ditambahkan pada es krim, coklat, atau kue. Almond dapat pula dibuat menjadi "susu almond", terutama diperuntukkan bagi orang yang memiliki intoleransi laktosa dan juga vegetarian.
Almond mengandung 49% minyak, dimana tersusun atas 62% asam lemak omega-9, 24% asam lemak omega-6, dan 6% asam palmitat. Oleum amigdalae, adalah sejenis minyak yang diperoleh dari almond, yang tergolong gliseril oleat. Minyak ini memiliki aroma ringan dan berasa kacang, tidak larut alkohol, namun mudah larut dalam kloroform atau eter.
Ternyata almond juga bernutrisi, almond mengandung 26% karbohidrat (12% serat makanan, 6,3% gula, serta 0,7% pati). Selain itu almond kaya akan vitamin E, yakni 24 mg per 100 gram. Almond juga memiliki banyak kandungan asam lemak tak jenuh, yang dapat menurunkan kolesterol LDL. Nutrisi lain yang terdapat pada almond adalah vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan seng.
Almond diklaim memiliki manfaat mempercepat pergerakan makanan di kolon, dan mencegah kanker usus besar. Beberapa penelitian terbaru mengkaitkan almond dengan penurunan kolesterol LDL. Almond juga memiliki khasiat anti inflamasi/radang, memperkuat daya tahan tubuh, dan melindungi hati.
Akan tetapi bagi beberapa orang, almond dapat mengakibatkan alergi yang gejalanya bervariasi dari gejala lokal (misalnya contact urticaria) hingga gejala sistemik (misalnya angioedema, urticaria, atau juga rasa tidak nyaman di perut/saluran pernafasan).

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook