Monday, August 17, 2015

abstraction or generalization from experience



WHAT IS  THE CONCEPT

 
M. Rakib  Kritik tentang konsep kekerasan
 terhadap anak menurut fiqih
A concept is an abstraction or generalization from experience or the result of a transformation of existing ideas. The concept is instantiated (reified) by all of its actual or potential instances, whether these are things in the real world or other ideas. Concepts are treated in many if not most disciplines both explicitly, such as in psychology, philosophy, etc., and implicitly, such as in mathematics, physics, etc.
(Latin conceptum – "something conceived"), but what is today termed "the classical theory of concepts" is the theory of Aristotle on the definition of terms.[citation needed] The meaning of "concept" is explored in mainstream information science,[3][4] cognitive science, metaphysics, and philosophy of mind. In computer and information science contexts, especially, the term 'concept' is often used in unclear or inconsistent ways.
        Suatu Representasi Abstrak Dan Umum Tentang Sesuatu. Karena sifatnya yang abstrak dan umum, maka konsep merupakan suatu hal yang bersifat mental. Representasi sesuatu itu terjadi dalam pikiran. Sebuah konsep mempunyai rujukan pada kenyataan. Ada juga yang mengartikan bahwa, pengertian konsep adalah suatu medium yang menguhubungkan subjek penahu dan objek yang diketahui, pikiran, dan kenyataan. Konsep termasuk dalam jenis medium in quo. Dalam sebuah konsep, kita mengenal, memahami, dan menyebut objek yang kita ketahui. Kekhususan dari medium in quo adalah walaupun dalam pengenalan akan objek tertentu, yang langsung kita sadari bukan konsepnya tetapi objek fisik itu sendiru, tetapi dalam suatu refleksi, konsep sendiri dapat menjadi objek perhatian dan kesadaran kita.

        Pengertian konsep dapat dimengerti dari sisi subjek maupun dari sisi objek. Dari sisi subjek, suatu konsep adalah kegiatan merumuskan dalam pikiran atau menggolong-golongkan. Sedangkan, dari sisi objek, konsep adalah isi kegiatan tersebut, artinya, apa makna konsep itu. Sebagai sesuatu yang bersifat umum, konsep adalah suatu yang bersifat universal. Konsep universal dapat bersifat langsung, bisa juga tidak langsung. Konsep universal langsung adalah konsep yang bisa dipredikasikan secara univok (secara persis sama) dan secara distributif (satu per satu) pada banyak individu.

       Misalnya, konsep "manusia". Konsep ini dapat dipakai dalam arti yang persis sama untuk menyebut Uni, Ita, ataupun Nita. Konsep yang tidak langsung adalah konsep universal refleks. Maksudnya, konsep yang menyebut suatu kelas atau golongan dan tak dapat dipredikasikan pada individu-individu. Misalnya konsep "kemanusiaan". Tak satupun dari ketiga nama di atas dapat disebut kemanusiaan, walaupun masing-masing dapat dikatakan termasuk dalam kelompok yang tergolong dalam konsep tersebut.

When the mind makes a generalization such as the concept of tree, it extracts similarities from numerous examples; the simplification enables higher-level thinking.
In metaphysics, and especially ontology, a concept is a fundamental category of existence. In contemporary philosophy, there are at least three prevailing ways to understand what a concept is:[1][See talk page]
  • Concepts as mental representations, where concepts are entities that exist in the brain,
  • Concepts as abilities, where concepts are abilities peculiar to cognitive agents, and
  • Concepts as abstract objects, where objects are the constituents of propositions that mediate between thought, language, and referents.

No comments:

Post a Comment

Komentar Facebook